Engineer, Profesi Tepat Untuk Kemampuan Yang Hebat

Profesi pekerjaan di dunia memang saat ini ada banyak pilihan. Mulai dari profesi sebagai guru, ilmuwan, tenaga pemasaran, hingga engineer. Tentu banyak orang mengidam-idamkan profesi yang satu ini. Dianggap sebagai garda terdepan pelaksana teknologi, profesi ini begitu menjanjikan dan sangat menantang. Seperti apa profesi tersebut? Apa saja pilihan dan tantangan yang harus dihadapi? Simak sedikit informasinya berikut ini.

Tentang Menjadi Engineer

Engineer sendiri adalah mereka yang memiliki profesi dengan tugas mendesain, merancang, menghitung dan merencanakan sebuah desain tertentu. Dalam pekerjaannya, menjadi seorang engineer membutuhkan dukungan software, mesin, dan berbagai macam hal lainnya untuk mengembangkan teknologi yang berkaitan.

Berliku-liku latar belakang dan harapan adalah salah satu hal yang mendasari mengapa seseorang memilih menjadi engineer. Tentu bukan hal yang muncul begitu saja, karena kebanyakan mereka yang memilih profesi tersebut memiliki kemampuan dasar yang hebat dalam hal eksak dan ilmu pengetahuan. Apalagi tidak mudah untuk menamatkan bangku pendidikan dalam meraih gelar sarjana di bidang yang satu ini. Belum lagi tantangan berkarir ke depan yang memiliki banyak sekali pilihan serta hambatan. Memilih profesi ini bukan hanya soal bisa menghitung dan mengerjakan kalkulasi semata, tetapi juga mengikuti perkembangan yang terus berlangsung termasuk terus belajar di dalam hidupnya untuk bisa berkembang sesuai teknologi yang ada.

Jenis Pilihan Profesi

Ada beberapa pilihan yang bisa ditentukan bagi mereka yang tertarik untuk terjun sebagai engineer. Mulai dari jurusan yang paling umum hingga sangat spesifik. Sampai saat ini di dunia ada berbagai macam hingga puluhan profesi pilihan di bidang engineering. Sehingga banyak sekali pelajar yang ingin menempuh studi untuk mendapatkan profesi ini merasa kesulitan dalam memilih. Memang ada banyak profesi yang cukup umum di bidang ini. Tetapi banyak yang belum paham juga, ada profesi spesifik sebagai engineer yang ke depannya sangat menantang dan pekerjaan juga cukup mengasyikkan. Mau tau apa saja pilihan profesi tersebut? Berikut ini beberapa di antaranya.

• Geotechnical Engineer

Bergelut di bidang geoteknik, ini adalah profesi bagi mereka yang khusus bekerja untuk meneliti structural tanah yang ada di dunia. Di balik pekerjaan tersebut, tentu butuh ilmu dan kesabaran dalam bekerja untuk meneliti satu persatu informasi yang berkaitan dengan prefesinya tersebut.

• Software Engineer

Tentu banyak yang paham jika ditanya adanya Google, Yahoo, Youtube, atau bahkan Instagram. Tetapi siapa yang berada di balik media sosial yang keren tersebut? Ya, software engineer, merekalah salah satu yang mengembangkan platform-platform elektronik dunia maya. Tidak sebatas media sosial saja, tetapi juga membangun berbagi perangkat lunak lainnya untuk mendukung berbagai macam pekerjaan.

• Subsea Pipeline Engineer

Tidak banyak orang dengan profesi yang satu ini di Indonesia, bahkan mungkin tidak banyak yang mengenalinya. Profesi ini bergelut untuk mendesain sekaligus memasang perpipaan bawah laut untuk menyalurkan minyak dan gas dari sumur-sumur di dalam laut hingga sampai ke daratan.

• Mining Engineer

Pertambangan hingga saat ini masih menjadi hal yang sangat penting. Oleh sebab itu setiap tahunnya ada banyak peminat yang ingin menjajal profesi tersebut. Mulai dari tambang nikel, tambang emas, dan berbagai macam jenis tambang yang lainnya.

• Aerospace Engineer

Rupanya pesawat terbang tidak bisa melayang begitu saja! Di balik teknologi yang keren dan super canggih, ada profesi tersebut yang siap untuk memastikan teknologi di udara terus meningkat dan makin mudah digunakan siapa saja.

Tantangan Berkarir Sebagai Engineer

Setiap pilihan karir tentu ada tantangannya! Demikian pula bagi mereka yang memilih menjadi seorang engineer. Meski sejumlah manfaat positif bisa didapatkan, mulai dari tingkat kesejahteraan yang tinggi, hingga jenjang karir yang pasti, tetapi selalu ada tantangan yang mewarnai hari-hari seorang engineer. Beberapa di antaranya bahkan mempertaruhkan waktu dan nyawa, seperti misalnya tantangan berikut ini:

• Meraih sertifikasi profesional

Profesi ini memang membutuhkan sertifikasi lanjutan sesuai dengan bidang yang dipilih masing-masing. Sehingga mempelajari ilmu yang berkaitan dengan pilihan prefesi engineering tidak terhenti sebatas hanya di jenjang bangku perkuliahan. Sebagian besar meluangkan waktunya untuk terus belajar dan memastikan teknologi terbaru dikuasai dengan baik. Salah satunya melalui sertifikasi profesional yang umumnya diberikan secara berkala apabila ada ketentuan dan perkembangan teknologi yang membutuhkan keahlian tertentu tersebut.

• Teknologi Yang Berkembang

Pengetahuan dan teknologi memang tidak ada batasannya. Oleh sebab itu siapa saja yang memutuskan untuk mengambil profesi ini maka harus siap untuk terus memacu dirinya mengembangkan diri dalam berbagai macam segi bidang pengetahuan tersebut. Termasuk menguasai perangkat elektronik dan software yang berkaitan dalam mendukung profesi yang dipilih tersebut. Sehingga dengan kata lain dalam profesi ini tidak ada kata berhenti untuk belajar, melainkan terus menerus mencari inovasi terbaru yang sesuai dengan apa yang dikerjakan saat ini.

• Pengorbanan waktu dan tenaga

Bekerja di bidang ini juga sering kali tidak kenal lelah dan waktu. Dalam sehari rotasi perputaran profesi tersebut di lapangan harus terus berlangsung 24 jam. Apalagi jika ada tenggang waktu pekerjaan dan projek yang harus diselesaikan. Maka tak jarang lembur atau pekerjaan di akhir pekan menjadi pilihan yang kurang menyenangkan.

• Resiko nyawa

Berapa banyak mereka dengan profesi ini mengorbankan diri untuk melaksanakan tugasnya. Bahkan sebagian ada yang bertaruh nyawa saat harus bertugas di lapangan. Baik di laut, udara, maupun pelosok hutan terpencil untuk membantu terlaksananya teknologi. Tentu saja bagi sebagian orang tantangan yang satu ini tidak mudah dihadapi. Namun dari sisi profesionalitas, menjadi engineer artinya harus siap dan mampu berkorban menghadapi resiko keselamatan di dalam pekerjaan mereka.

Memilih profesi sebagai engineer bisa jadi cukup membanggakan, tetepi ada banyak tantangan yang harus dihadapi di baliknya. Oleh sebab itu sebaiknya pelajari semua kemungkinan kendala dalam profesi tersebut. Sedemikian detil mengelola kendala sebagai engineer, sedemikian pula mengelola sebuah perusahaan profesional. Tentu dibutuhkan pengelolaan sistem keuangan yang tepat dan efisien. Sehingga tidak heran jika perusahaan membutuhkan produk yang tepat untuk hal tersebut. Seperti misalnya menggunakan JojoExpense.

Mengapa menggunakan produk yang satu ini? Hal tersebut tidak lain karena kemampuan JojoExpense dalam mengatur keuangan perusahaan secara lebih rinci dan detail. Seluruh catatan keuangan akan tercatat rapi, baik pengeluaran dan pemasukan. Selain itu produk ini juga membantu sistem reimburse serta penyediaan cash advance yang cepat. Sehingga proses keuangan dalam perusahaan berjalan optimal dan lancar.

Tentu saja berbagai manfaat tersebut bisa didapatkan berkat adanya fitur andalan yang disematkan pada JojoExpense. Mulai dari fitur Multiple Receipts Attachment, Approval Policies by Amount, Multi-stage Approval & Disbursement Flow, Approval Status Tracking Monitor, dan lain sebagainya. Melalui fitur tersebut, tentu saja mengukuhkan produk yang satu ini sebagai produk andalan keuangan perusahaan yang terpercaya. Jadi, tunggu apa lagi? Segera dapatkan coba gratis JojoExpense di perusahaan Anda sekarang juga. Jangan berlarut-larut dalam sistem keuangan perusahaan yang kacau dan tak tersistem. Gunakan saja JojoExpense segera!