HRM : Definisi, Manfaat, dan Penerapannya dalam Perusahaan

Dalam perusahaan, kita sering mendengar istilah HRM atau human resource management atau manajemen sumber daya manusia dalam bahasa Indonesia. Karena manusia adalah sumber daya yang paling berharga di semua perusahaan.

Tidak hanya di industri IT, perbankan, retail atau asuransi, sumber daya manusia juga merupakan sumber daya terpenting dalam proses kerja perusahaan. Sumber daya manusia adalah usaha pekerjaan atau jasa yang diberikan untuk melakukan proses produksi. Dengan kata lain, sumber daya manusia adalah kualitas usaha seseorang untuk menghasilkan jasa atau barang dalam jangka waktu tertentu.

Apa Itu HRM?

hrm

Sebagai pemilik bisnis atau praktisi HR, Anda tentu membutuhkan sumber daya yang dapat bekerja dengan cara terbaik. Inilah pentingnya manajemen sumber daya manusia.

Tujuan dibuatnya sistem ini adalah untuk memaksimalkan kinerja setiap orang secara efektif, sehingga dapat mencapai tujuan dan cita-cita perusahaan. Manajemen sumber daya manusia hanya memanfaatkan pengetahuan profesional karyawan dan menempatkannya pada posisi yang tepat sesuai dengan bidang yang dikuasainya.

Sehingga pegawai yang nantinya ditugaskan pada suatu jabatan dapat berperan paling besar dalam memenuhi tugas dan tanggung jawab yang telah disepakati sesuai dengan keahliannya.

Oleh karena itu, pada hakekatnya HRM atau Human Resource Management adalah untuk mengimbangi, mengintegrasikan, memelihara dan mengakhiri hubungan kerja untuk membantu mencapai tujuan organisasi atau perusahaan. Selain itu, manajemen sumber daya manusia adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan pengadaan, pengembangan dan pengiriman.

Pandangan Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia (HRM)

  1. Karyawan/staf adalah aset manusia, dan jika kebijakan dan rencana investasi yang benar diterapkan, akan meningkatkan nilai organisasi.
  2. Organisasi yang efektif mengakui bahwa modal dan aset berwujud karyawan dan organisasi sama berharganya.
  3. Karyawan adalah sumber daya yang berharga untuk mendapatkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

Indikator HRM dalam Manajemen Sumber Daya Manusia

hrm

1. Job Analysis

Proses sistematis untuk menentukan keterampilan, tugas, dan pengetahuan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan dalam suatu organisasi.

2. Human Resource Planning

Dalam jangka waktu tertentu, suatu proses sistematis untuk mencocokkan kebutuhan organisasi atau posisi pekerjaan yang dibutuhkan oleh organisasi dengan pasokan personel eksternal; atau organisasi berusaha memastikan bahwa ia memiliki jumlah personel yang memenuhi syarat dengan tepat, waktu dan proses yang cocok untuk bekerja.

3. Proses Recruitment

Proses menarik sejumlah individu yang cukup memenuhi syarat untuk melamar organisasi pada waktu yang tepat.

4. Selection

Proses pemilihan dari sekelompok pelamar individu yang paling cocok untuk posisi dan organisasi tertentu.

Fungsi Manajemen Sumber Daya

Pada dasarnya manusia dapat menghasilkan jasa atau barang melalui pekerjaan. Selain itu, mampu bekerja berarti mampu melakukan berbagai kegiatan yang bernilai ekonomis.

Demikian pula sumber daya manusia atau calon karyawan yang direkrut oleh perusahaan biasanya memiliki keterampilan dan kemampuan yang berbeda-beda, sehingga perlu dilakukan pengaturan agar sumber daya tersebut dapat menemukan posisi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Untuk itu, guna memastikan kebutuhan perusahaan secara keseluruhan dapat terpenuhi, HRD perlu memetakan kekuatan dan keterampilan karyawan sesuai kebutuhan area kerja masing-masing.

Konsep Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Penerapannya

hrm

Konsep HRM adalah memperlakukan manusia sebagai sumber daya, jika digunakan terus menerus suatu saat akan habis. Oleh karena itu, dalam pengelolaan sumber daya manusia juga dilakukan pengelompokan keterampilan dan upaya untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan profesional tersebut.

Untuk mengharapkan manajemen perusahaan memiliki sumber daya berkualitas tinggi yang memenuhi harapan manajemen dan spesifikasi keterampilan di masa depan.

Manfaat Manajemen Sumber Daya Manusia Di Perusahaan

Melalui pengelolaan sumber daya perusahaan yang baik, secara tidak langsung perusahaan akan memperoleh banyak keuntungan.

Beberapa manfaat dari manajemen sumber daya manusia adalah:

Manfaat manajemen sumber daya manusia memang sangat penting untuk memandu kinerja karyawan yang diharapkan perusahaan.

1. Membantu mencapai tujuan perusahaan

Manfaat manajemen sumber daya manusia juga dapat dijadikan sebagai penggerak cita-cita perusahaan, yang secara tidak langsung dapat membantu perusahaan untuk benar-benar meningkatkan pendapatan dan laba.

2. Sumber Panduan

Membantu mengarahkan kinerja karyawan ke tempat yang tepat, memungkinkan mereka untuk mencapai hasil maksimal jauh melampaui acak dan tanpa pengawasan.

3. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya

Atur waktu kerja terlama dan optimal agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat tanpa menghabiskan lebih banyak waktu atau sumber daya tambahan.

4. Bantu pemimpin

Lebih mudah untuk membimbing orang ke tugas yang sesuai, dan untuk mencapai tujuan setiap orang secara lebih optimal.

5. Memberi Pembekalan

Memberikan pelatihan berdasarkan minat dan bakat sehingga lebih mudah untuk melihat seluruh potensi karyawan di bidangnya.

Bagaimana Menerapkan Manajemen Sumber Daya Manusia Di Sebuah Perusahaan?

hrm

Saat ini, meskipun komputer telah mampu menyederhanakan alur kerja di sebagian besar departemen, tenaga kerja masih diperlukan bahkan di industri yang berorientasi pada mesin seperti manufaktur dan produksi.

Namun, mengelola manajemen sumber daya manusia tentu bukan tugas yang mudah. Tim pengembangan sumber daya manusia membutuhkan kerja keras dan upaya untuk menggabungkan keterampilan setiap karyawan dan menempatkan mereka pada posisi yang sesuai.

Selain itu, untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, perlu adanya pembagian tugas dan pekerjaan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan profesional pegawai. Oleh karena itu, diperlukan imbauan dan langkah yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Sehingga jika salah langkah, perusahaan tidak bisa memanfaatkan sumber daya yang dimiliki secara maksimal. Agar semua ini berjalan lancar, sebagai seorang wirausahawan, sebaiknya lakukan langkah-langkah berikut untuk mengelola sumber daya manusia dengan sebaik-baiknya.

1. Identifikasi sumber daya manusia

Saat menentukan sumber daya manusia, Anda membutuhkan kandidat yang cocok yang dapat mengelola pembuatan dan perencanaan struktur karir karyawan dan meja kerja.

Karyawan di departemen sumber daya manusia juga harus memiliki kemampuan untuk mendukung pengembangan mereka sebagai sumber daya manusia yang profesional. Oleh karena itu, perusahaan perlu memastikan data karyawan yang tepat dan benar. Terutama dalam hal pengetahuan profesional dan latar belakang pendidikan. Hal ini diperlukan agar tim HRD perusahaan dapat lebih mudah membimbing seseorang ke posisi yang diinginkan.

2. Tentukan keterampilan sumber daya manusia

Strategi manajemen sumber daya manusia yang kedua ini penting karena karyawan tidak hanya ditempatkan di lapangan sesuai dengan yang mereka lamar, tetapi akan lebih baik jika diatur sesuai dengan kemampuan dan keahliannya.

Hal ini dilakukan agar mereka dapat menciptakan inovasi dalam pekerjaannya untuk perusahaan, karena mereka bekerja sesuai dengan keahliannya. Tetapkan tugas dan beban kerja kepada karyawan yang sesuai dengan keahlian mereka.

Pastikan juga bahwa beban kerja yang diberikan sesuai dengan jumlah pengalaman. Tentu saja, mereka yang baru saja lulus tidak bisa sama dengan mereka yang telah bekerja bertahun-tahun. Tim HRD harus jeli melihat potensi karyawan dengan lebih selektif.

3. Trainee manajemen lulusan baru

Merekrut fresh graduate juga dinilai lebih efektif dalam memenuhi kebutuhan sumber daya manusia target perusahaan. Dengan diadakannya program management trainee ini, perusahaan dapat mengatur tenaga kerja sesuai kebutuhan.

4. Lakukan penilaian

Setelah adanya pembagian kerja maka perlu dilakukan penilaian kinerja pegawai untuk melihat apakah pembagian kerja tersebut sudah memenuhi SOP.

Jika pembagian kerja sudah tepat, sebaiknya terus meningkatkan keterampilan karyawan dengan memberikan pelatihan yang sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Langkah ini tentunya akan membantu meningkatkan kemampuan karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya dengan lebih cepat, sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan dengan lebih baik.

Kesimpulan HRM

Bagian terakhir dari rencana pengelolaan sumber daya manusia yang tidak boleh ditinggalkan adalah memberikan dukungan dan menghormati kebutuhan karyawan.

Selain itu, selalu berikan apresiasi kepada SDM untuk setiap tugas yang dilakukan dan berikan mereka kemudahan yang diperlukan. Hal ini akan meningkatkan produktivitas perusahaan.

Terakhir, untuk mencapai efisiensi yang maksimal, selalu evaluasi efisiensi dan produktivitas karyawan Anda secara komprehensif. Oleh karena itu, jika seorang karyawan dianggap tidak efisien atau tujuannya tidak tercapai sepenuhnya, mudah untuk mencari solusi.

Pantau kehadiran karyawan Anda di mana saja. JojoTimes memungkinkan karyawan Anda masuk dan keluar dari mana saja.

Dilengkapi dengan pengenalan wajah biometrik, lokasi GPS yang akurat dan deteksi identitas palsu, tidak perlu khawatir tentang penipuan dan bermain bohong.

Karyawan Anda dapat diminta untuk melaporkan kegiatan mereka ketika mereka bekerja dari jarak jauh. Dengan cara ini Anda selalu dapat memastikan bahwa karyawan Anda benar-benar menggunakan jam kerja dengan seharusnya.

Jadwal dan shift kerja karyawan juga dapat dikelola dan diatur sesuai dengan kebutuhan masing-masing divisi untuk mengoptimalkan sinkronisasi antara pengusaha dan karyawan.

Serahkan kebutuhan administratif Anda pada proses-proses otomatis dan biarkan karyawan Anda fokus pada tugas-tugas yang lebih penting yang akan membantu perusahaan Anda tumbuh secara eksponensial. “Yuk pakai software hris dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari”