Hukum Ekonomi : Pengertian, Klasifikasi, dan Tujuannya

hukum ekonomi

Perkembangan hukum ekonomi karena didorong oleh pertumbuhan dan perkembangan pesat kegiatan ekonomi hampir di seluruh wilayah dunia. Keberadaan hukum economi terutama untuk mengatur dan membatasi segala kegiatan ekonomi, agar penyelenggaraan kegiatan ekonomi dan pembangunan ekonomi selalu selaras, dan hak-hak masyarakat luas tidak diabaikan.

Jika baru pertama kali mengenal yang namanya hukum economi, maka perlu dinyatakan terlebih dahulu bahwa hukum economi di sini adalah pengaturan di bidang ekonomi, bukan kegiatan hukum dalam arti keputusan yang timbul dari perekonomian.

Pengertian Hukum Ekonomi

hukum ekonomi

Pengertian hukum economi adalah keseluruhan peraturan hukum, yang mengatur dan mempengaruhi segala sesuatu yang berkaitan dengan perekonomian nasional dan kehidupan negara, baik itu privat maupun publik, tertulis dan tidak tertulis mengatur kegiatan dan kehidupan perekonomian nasional.

Lahirnya hukum economi disebabkan oleh pertumbuhan dan perkembangan ekonomi yang pesat. Dalam hal ini peran hukum adalah untuk membatasi dan mengatur kegiatan ekonomi, sehingga pembangunan ekonomi tidak mengabaikan hak-hak masyarakat.

Sebagai negara kesejahteraan, pemerintah berkewajiban melindungi hak dan kepentingan masyarakat dalam bentuk hukum yang umum. Hukum formal inilah yang akan mencapai tujuan yang ingin dicapai dalam pembangunan ekonomi. Oleh karena itu, seluruh kegiatan ekonomi akan diatur dengan undang-undang formal sebagai sarana untuk mencapai kebijakan pembangunan ekonomi yang pada akhirnya akan meningkatkan taraf hidup dan tingkat kecerdasan bangsa Indonesia.

Klasifikasi Hukum Ekonomi

hukum ekonomi

Indonesia memiliki dua kategori hukum economi, yaitu hukum pembangunan ekonomi dan hukum sosial ekonomi. Undang-Undang Ekonomi Pembangunan mengacu pada peraturan perundang-undangan, termasuk undang-undang dan gagasan hukum tentang bagaimana meningkatkan dan mengembangkan kehidupan ekonomi di negara atau seluruh Indonesia, sedangkan hukum sosial ekonomi mengacu pada peraturan perundang-undangan tentang bagaimana meningkatkan kehidupan ekonomi Indonesia.

Hasil pembangunan ekonomi nasional dapat dibagi secara merata berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa Hukum Economi Indonesia adalah segala peraturan dan keputusan hukum yang secara khusus mengatur kegiatan dan kehidupan perekonomian Indonesia. Definisi ini cukup sederhana dan mudah dimengerti.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Karena hukum economi merupakan bagian dari sistem hukum Indonesia dan memegang peranan yang sangat penting dalam mengatur kegiatan perekonomian Indonesia, karena sifatnya yang sangat mendasar, sebenarnya dapat dengan mudah ditemukan dalam berbagai peraturan perundang-undangan di Indonesia. Temukan peraturan tentang hukum economi.

Tujuan dan Sumber Hukum Ekonomi

hukum ekonomi

Hukum bertujuan untuk menjamin kepastian hukum dalam masyarakat, dan hukum juga harus dilandasi oleh keadilan, asas keadilan dalam masyarakat. Asal mula hukum adalah segala sesuatu yang dapat menghasilkan aturan yang memaksa, yaitu aturan yang akan menghasilkan sanksi yang tegas dan praktis jika dilanggar.

Sumber hukum material

Sumber hukum material dapat ditinjau dari berbagai sudut, seperti ekonomi, sosiologi, sejarah, dan filsafat, contoh:

  1. Seorang ekonom mengatakan bahwa kebutuhan ekonomi masyarakat adalah penyebab hukum.
  2. Seorang ahli sosial (sosiolog) akan mengatakan bahwa sumber hukum adalah peristiwa yang terjadi di masyarakat.

Sumber Hukum Formil

  1. Hukum (Regulasi). Ini adalah hukum nasional dengan kekuatan hukum mengikat yang dipegang dan dipertahankan oleh penguasa negara.
  2. Kebiasaan (Universe). Ini adalah perilaku manusia, yang masih diulang dengan cara yang sama. Jika kebiasaan tersebut diterima oleh masyarakat, dan kebiasaan tersebut selalu diulangi dengan berbagai cara, sehingga perilaku yang bertentangan dengan kebiasaan tersebut dianggap sebagai pelanggaran rule of law, maka akan muncul suatu kebiasaan hukum dan masyarakat akan menganggapnya sebagai hukum.
  3. Putusan hakim (legal trial). Jelas dari ketentuan Pasal 22 A dan B, hakim berhak merumuskan aturannya sendiri untuk menyelesaikan perkara. Oleh karena itu, jika undang-undang atau adat istiadat tidak memberikan regulasi yang bisa digunakan untuk menyelesaikan perkara, hakim harus membuat aturan sendiri.
  4. Perjanjian.
  5. Pendapat lulusan hukum (teori).
  6. Kodifikasi Hukum. Ini adalah pembukuan yang sistematis dan lengkap dari jenis hukum tertentu dalam peraturan.

Hukum dan Ekonomi adalah Hukum Ekonomi?

para ahli

Prof. Dr. Abdul Manan mengatakan bahwa globalisasi ekonomi saat ini telah melahirkan banyak hal baru dalam perkembangan ekonomi dunia, di antaranya munculnya era pasar bebas internasional, bidang politik dan ekonomi, serta budaya dan teknologi. Saling ketergantungan sistem dan lahirnya berbagai bentuk.

Lembaga ekonomi internasional dan sebagainya. Berkaitan dengan itu, diperlukan prinsip hukum yang dapat mengatur mekanisme hubungan agar tidak terjadi benturan kepentingan dalam pembangunan ekonomi negara. Selain untuk menjaga ketertiban, hukum juga dibutuhkan sebagai penunjuk jalan bagi pembangunan ekonomi, sehingga para pelaku ekonomi dapat memiliki kepastian hukum dan rasa keadilan.

Sejauh ini belum ada satu kesatuan definisi hukum yang digunakan oleh semua kalangan, karena setiap ahli hukum memberikan definisi hukum berdasarkan sudut pandangnya masing-masing. Misalnya hakim akan mempertimbangkan profesinya, ilmuwan juga akan Hukum akan dilihat dari perspektif profesi ilmiahnya. Hal ini sesuai dengan pernyataan Emmanuel Kant bahwa tidak ada sarjana hukum yang dapat membuat definisi hukum yang tepat.

Sama seperti ilmu hukum, ilmu ekonomi itu sama, artinya ekonom tidak memiliki kesamaan dalam memberikan definisi yang spesifik. Menurut M. Manulang, ilmu ekonomi adalah ilmu yang mengkaji komitmen masyarakat terhadap kesejahteraan. Kemakmuran adalah kondisi manusia untuk memenuhi kebutuhan akan barang dan jasa. Sementara itu, hukum economi yang dimaksud Rachmad Soemitro merupakan bagian dari keseluruhan norma yang dirumuskan oleh pemerintah atau otoritas, mengatur personifikasi masyarakat dan mengatur kepentingan economi masyarakat yang saling berhadapan.

Prinsip Hukum Ekonomi

Sebagai bagian dari sistem hukum Indonesia, hukum economi harus mengikuti prinsip-prinsip berikut:

  1. Prinsip Demokrasi Pancasila.
  2. Manfaat.
  3. Kemandirian.
  4. Keadilan.
  5. Hukum.
  6. Prinsip Keuangan.
  7. Prinsip Ilmiah.
  8. Asas kemerdekaan berwawasan kebangsaan.
  9. Iman dan prinsip pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  10. Asas persatuan, kekeluargaan, keseimbangan dan keberlanjutan dalam kemakmuran rakyat.
  11. Prinsip keseimbangan dan harmoni dan harmoni dalam hidup.
  12. Prinsip-prinsip pembangunan ekonomi berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

Contoh Kasus

  • Jika harga sembako naik, biasanya harga kebutuhan lain juga naik.
  • Bila harga sebuah pusat perbelanjaan besar sangat murah, maka pengecer atau toko kecil terdekat pasti akan kehilangan bisnis atau tutup.
  • Jika nilai tukar dolar naik tajam, banyak perusahaan dengan pinjaman luar negeri akan bangkrut.
  • Penurunan harga LPG / LPG akan meningkatkan volume penjualan kompor gas yang diproduksi di dalam dan luar negeri.
  • Semakin tinggi tingkat bunga tabungan bank, semakin kecil jumlah mata uang yang beredar, dan penurunan permintaan barang dan jasa secara keseluruhan.

Kesimpulan

Tujuan dipelajarinya Hukum economi bagi sebuah perusahaan adalah prinsip keadilan dan kenyamanan saat bertransaksi keuangan dalam sebuah bisnis atau usaha. Jika anda memiliki keluhan demikian, maka JojoPayroll adalah jawabannya.

JojoPayroll adalah software Akuntansi penggajian otomatis. Gaji bulanan perusahaan dapat dikelola dengan mudah menggunakan aplikasi otomatisasi JojoPayroll. Semua perhitungan telah disesuaikan dengan kebijakan ketenagakerjaan Indonesia, di mana database karyawan dapat diintegrasikan dengan pajak pribadi, asuransi, benefit dan reimbursement.

Transfer bank yang nyaman. JojoPayroll dapat mentransfer gaji secara otomatis ke lebih dari 150 rekening bank di Indonesia dengan satu klik. Simple bukan? Tunggu apalagi, daftarkan perusahaan anda dan nikmati uji cobanya sekarang juga!