Jenis Pengangguran di Indonesia Yang Harus Diatasi Pemerintah

jenis pengangguran

Jenis pengangguran sebenarnya ada beberapa macam. Tentu setiap jenis memiliki arti atau makna masing-masing. Penganguran memang merupakan suatu permasaahan yang harus dihadapai oleh suatu negara. Oleh karena itu keberadaan pengangguran tidak bisa dianggap sepele. Justru harus ada solusi lebih lanjut untuk mengatasi berbagai jenis pengangguran yanga ada di negeri ini.

Pengangguran struktural

Jenis pengangguran yang pertama kali akan dibahas kali ini adalah pengangguran struktural. Pengangguran jenis struktural ini muncul karena adanya persepsi nilai tentang SDM. Bisa saja seseorang bekerja dengan memberikan ketrampilan yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh perusahaan. Ketrampilan kerja memang menjadi hal penting yang perlu dipertimbangkan baik oleh tenaga kerja maupun oleh perusahaan. Saat Anda tidak bisa beradaptasi dengan keinginan perusahaan maka bisa saja anda berhenti bekerja. Pada akhirnya Anda bisa mengalamikondisi yang disebut pengangguran struktural.

Jenis pengangguran siklis

Jenis pengangguran yang selanjutnya adalah pengangguran siklis. Pada dasarnya pengangguran siklis ini hampir mirip denganjenis pengangguran struktural. Namun pengangguran siklis ini lebih cenderung mudah berubah. Saat kondisi ekonomi sedang naik maka sebuah perusahaan bisa saja mempekerjakan semakin banyak karyawan. Maka dalam hal ini jumlah pengangguran akan menurun. Sebaliknya jika kondisi ekonomi melemah maka bisa saja perusahaan membiarkan para pekerjanya pergi. Bahkan bisa saja perusahaan melakukan pemecatan kepada beberapa karyawan. Pemecatan tersebut bisa saja terjadi sebelum karyawan pensiun. Tentu kondisi ini pada akhirnya dapat menimbulkan adanya pengangguran siklis.

Pengangguran friksional

Pengangguran berjenis friksional umumnya merupakan suatu fenomena yang bersifat sementara saja. Hal ini umumnya terjadi karena sulitnya lapangan kerja yang didapatkan oleh seseorang. Kesulitan yang dialami oleh seseorang dalam hal mendapatkan pekerjaan ini membuatnya menjadi seorang pengangguran friksional. Ada banyakhal yang bsia menyebabkan terjadinya kondisi pengangguran seperti ini. Misalnya saja karena lokasi tempat tinggal yang membuat seseorang menjadi sulit mendapatkan akses untuk bekerja ataupun untuk menerima info mengenai lowongan pekerjaan tertentu.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Jenis pengangguran musiman

Jenis pengangguran yang lainnya adalah pengangguran musiman. Dilihat dari namanya saja tentu bisa diambil kesimpulan bahwa penganguran jenis ini terjadi karena adanya usaha atau industri musiman. Hal ini mengacu pada beberapa industri yang mungkin saja hanya membuka usahanya selama beberapa periode tertentu saja. Misalnya pada saat musim hari raya atau musim-musim lainnya. Jika perusahaan buka pada saat musim tertentu maka tentu dibutuhkan para pekerja musiman. Sebaliknya jika musim berganti dan usaha ini harus berakhir maka akan timbul banyak pengangguran musiman.

Pengangguran regional

Ada pula pengangguran jenis regional yang bisa menjadi suatu permaslahan besar baik bagi daerah atau wilayah regional. Umumnya hal ini terjadi karena semakin menurunnya permintaan akan pekerja musiman. Saat pekerja musiman ini sama-sama tidak bekerja maka akan terjadi penganguran regional. Sebab pengangguran menjadi lebih tinggi terutama bagi karyawan regional. Oleh karena itu hal ini bisa sjaa menjadi suatu permaslahan yang cukup besar bagi suatu wilayah dan harus segera ditangani. Terlebih lagi di wilayah yang kebanyakan bidang usahanya bergerak di sektor pertanian dan pariwisata.

Pengangguran sukarela

Pada umumnya bisa dijumpai pula beberapa orang yang memang memutuskan untuk tidak bekerja misalnya untukbeberapa waktu. Bisa saja seseorang memtuskan untuk mengambilpesangon besar dan kemudian tidak lagi bekerja. Maka ia hanya akan menghabiskan hidupnya degan menikmati uang pesangonnya tersebut. Orang yang seperti ini bisa digolongkan sebagai pengangguran sukarela. Sebab selama beberapa waktu ia memang memutuskan untuk tidak berkarya dan menjalani kehidupannya dengan menghabiskan uang dari hasil pesangon ataupun tunjangannya.

Jenis pengangguran santai

Untuk yang satu ini sebenarnya cenderung terjadi jika Anda bekerja di bidang pekerjaan dengan sistem kontrak. Sebab melalui adanya sistem kontrak maka Anda bisa memutuskan apakah Anda akan memperpanjang kontraksaat masa kontrak Anda habis atau selesai. Jika memang masa kontrak tidak diperpanjang maka Anda bsia beralih untuk mencari pekerjaan yang baru. Maka kondisi selama Anda mencari pekerjaan baru ini bisa membuat Anda menjadi pengangguran santai. Jadi pekerjaan hanya Anda dapatkan jika masa produksi berjalan dan Anda memang masih terikat dengan pekerjaan tersebut.

Pengangguran teknologi

Dunia teknologi di masa sekarang ini memang semakin maju. Di mana-mana tentu terdapat penggunaaan peralatan tekonologi yang semakin canggih. Begitu pula di berbagai tempat kerja seperti misalnya di perusahaan dan pabrik serta lainnya. Adanya kemajuan teknologi yang semakin canggih cenderung membuat sebuah bisnis atau usaha tidak memerlukan lagi banyak tenaga manusia. Sebab tenaga manusia ini bisa digantikan oleh peralatan teknologi dan mesin canggih. Akhirnya kesempatan untuk masyarakat bekerja menjadi berkurang karena pergeseran peran SDM yang digantikan oleh teknologi.

Pengangguran kronis

Pengangguran kronis juga menjadi salah satu yang banyak terjadi. Jenis ini cenderung mengarah pada orang yang tidak bekerja karena adanya SDM yang rendah. Artinya kualitas SDM cenderung di bawah rata-rata karena adanya berbagai faktor penyebab. Misalnya saja karena adanya pertumbuhan populasi yang semakin tinggi sehingga kesempatankerja seolah tampak semakin sedikit. Di samping itu kondisi atau keadaan teknologi yang kurang berkembang juga menyebabkan terjadinya pengangguran jenis ini. Pada dasarnya jenis kronis ini dapat membuat sebuah negara menjadi menderita terutama bagi negara terbelakang. Sebab hal ini dapat membuat suatu negara memiliki banyak masyarakat yang berada di lingkaran kemiskinan.

Jenis pengangguran terselubung

Jenis yang terakhir dari pengangguran adalah pengangguran terselubung. Pengangguran jenis ini bisa digambarkan sebagai orang yang bekerja namun produktivitasnya rendah. Hal ini bisa ssaja terjadi karena seseorang bekerja di bidang yang tidak disukainya. Atau bisa juga orang tersebut bekerja dalam kondisi yang terpaksa. Maka saat emnjalani pekerjaannya ini orang tersebut tidak begitu produktif. Bahkan orang yang seperti ini tidak dapat mengembangkan kreativitasnya dan inovasinya lagi. Sebab mungkin saja orang ini tidak ahli dalam melakukan pekerjaan yang digelutinya.

Jenis pengangguran di atas diharapkan bisa memberikan pengetahuan yang lebih bagi Anda sekalian terutama mengenai isu ketenagakerjaan di negara ini. Sehingga kedepannya bisa diberikan solusi yang efektif dalam menghadapi berbagai jenis dari tipe pengangguran di atas. Dengan demikian maka angka pengangguran di Indonesia sendiri bisa ditekan lebih maksimal. Dan kesejahteraan juga bisa meningkat lebih baik.

Seperti juga saat mencari sistem payroll terbaik perusahaan. Sebaiknya percayakan saja pada JojoPayroll. Dimana produk ini menjamin adanya sistem payroll yang bisa diatur secara otomatis. Sehingga payroll perusahaan berjalan lebih efektif dan efisien.

Semua berkat fitur-fitur andalan di dalam JojoPayroll. Misalnya saja fitur sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis. Atau ada pula Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis. Jadi jangan merasa ragu, segera gunakan JojoPayroll. Dapatkan coba gratis dan rasakan sendiri seluruh manfaatnya tersebut di atas.