Penyebab Serta Dampak Pengangguran Friksional di Indonesia

pengangguran friksional

Pengangguran friksional mungkin masih belum semua orang memahami makna dari istilah ini. Sebenanrya hampir semua orang tahu apa arti dari kata pengangguran. Namun jika ada tambahan kosa kata di belakang kata pengangguran tentu orang akan berpikir lebih keras  untuk mencari artinya. Pengangguran friksional pada dasarnya merupakan salah satu jenis dari pengangguran. Jadi pengangguran friksional bisa diartikan sebagai pengangguran yang terjadi karena adanya kesulitan untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi tertentu.

Kesulitan dalam mencari pekerjaan memang bisa saja terjadi pada setiap orang. Terlebih lagi bila pekerjaan yang dicari tersebut merupakan pekerjaan yang sesuai misalnya dengan latar belakang pendidikan Anda ataupun sesuai dengan pengalaman kerja Anda. Maka tentunya siapa saja tidak ingin mengalaminya. Pengangguran memang menjadi suatu fenomena yang membuat kehidupan seseorang menjadi kuran sejahtera. Sebab tidak bekerja tentu akan membaut seseorang tidak mendapatkan penghasilan. Dalam hal ini termasuk pula pengangguran jenis friksional yang bisa saja terjadi dan dialami oleh Anda karena adanya beberapa faktor.

Penyebab Pengangguran Friksional

Kurangnya informasi

Anda bisa saja menjadi seorang pengangguran friksional dikarenakan kurangnya informasi. Maksudnya Anda tidak mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang sekiranya memang sesuai dengan kualifikasi diri Anda. Mungkin saja Anda mendengar ada banyak lowongan kerja. tetapi bisa saja lowongan kerja yang Anda dengar dan Anda dapatkan tidak sesuai dengan keinginan Anda. Maka Anda tetap tidak bekerja karena tidak ada info mengenai lowongan kerja yang diinginkan dan dibutuhkan. Hal ini memang bisa terjadi pada setiap orang. Termasuk pula pada orang yang baru lulus kuliah dan ingin mencari kerja.

Lokasi tidak strategis

Faktor penyebab kedua yang bisa berpeluang menimbulkan pengangguran friksional adalah lokasi tempat tinggal yang tidak strategis. Misalnya jika Anda tinggaldi sebuah pemukiman yang sangat jauh dari kota. Tentu saja akses untuk mendapatkan lowongan kerja menjadi terhambat. Sekalipiun jika Anda mendapatkan lowongan kerja yang sesuai maka belum tentu Anda bisa meraihnya. Itu sebabnya setiaporang yang tidak tinggal di kota besar seringkali kurang dapat mengembangkan kariernya.

Waktu yang terbatas

Selain kedua hal di atas rupanya pengangguran berjenis friksional juga bisa terjadi karena maslah waktu. Mungkin saja Anda mendapatkan informasi mengenai sebuah lowongan kerja dalam wkatu yang tidak tepat. Anda mungkin mendapatkannya seharti sebelum lowongan kerja itu ditutup. Maka kesempatan bagi Anda untuk melamar posisi kerja tersebut menjadi terkendala waktu. Seolah wkatu terasa sangat terbatas bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan tertentu. Tentu hal ini akan sangat disayangkan. Keterbatasan waktu ini bisa saja berkaitan dengan adanya lokasi tempat tinggal yang tidak strategis sehingga kurang mendapat info mengenai pekerjaan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Terjadinya pemecatan

Mungkin saja saat ini Anda sedang mengalami pemecatan atau PHK dari perusahaan tempat Anda bekerja selama ini. Mungkin saja pemecatan terjadi karena tempat kerja Anda ini tutup sehingga Anda terpaksa kehilangan pekerjaan. Kemudian Anda tentu ingin tetap bekerja dan mencari lowongan kerja yang sesuai dengan keualifikasi diri Anda. Maka dalam hal ini Anda sedang mengalami kondisi pengangguran friksional.

Dampak Pengangguran Friksional

Menurunkan pendapatan per kapita negara

Pendapatan per kapita negara adalah pendapatan rata-rata dari seluruh penduduk yang tinggal di suatu negara. Jadi untuk menghitungnya bisa digunakan rumus pendapatan nasional dibagi jumlah penduduk yang tinggal di negara tersebut. Maka satu orang saja yang bekerja tentu akan menambah jumlah pendapatan per kapita negara.

Sebaliknya jika seseorang yang tadinya bekerja lalu tiba-tiba ia tak bekerja lagi maka hal ini akan berpengaruh pada pendapatan per kepita. Tentu dalam hal ini pendapatan per kapita akan mengalami penurunan. Oleh karena itu bagaimanapun juga maslaah pengangguran bisa menjadi masalah sosial yang penting bagi negara. Sebab hal ini bisa berdampak pula pada pendapatan yang dihitung dalam lingkupnasional.

Menurunkan pajak

Pajak penghasilan umumnya dikenakan pada setiap warag negara dengan batas usia tertentu misalnya usia produktif. Namun pajak umumnya dibebankan pada seseorang yang bekerja. Misalnya pajak penghasilan yang tentu harus dibayarkan oleh Anda yang bekerja dan mendapatkan penghasilan cukup. Jumlah wajib pajak yang ada di suatu daerah tentu saja turut berpengaruh pada jumlah pajak. Jika wajib pajak ada banyak maka sudah tentu jumlah pajak yang dietrima akan menjadi banyak pula. Namun jika orang yang membayar pajak hanya sedikit maka jumlah pajak juga akan sedikit. Oleh karena itu pengangguran sudah seharusnya diatasi. Sebab pengangguran atau orang yang tidak bekerja tidak akan melakukan pembayaran pajak. Tentu jumlah pajak yang diperoleh negara akan semakin menurun.

Menimbulkan beban bagi orang lain

Jika Anda tidka bekerja maka Anda tentu akan menjadi beban bagi orang lain. Sebab setiap orang perlu dipenuhi kebutuhan pokoknya yang meliputi kebutuhan pangan dan kebutuhan sandang serta kebutuhan papan. Jadi seorang pengangguran yang seharusnya bekerja bisa menjadi beban untuk orang lain misalnya untuk orang tuanya ataupun untuk saudaranya. Tentu hal ini menjadi suatu hal yang tidak baik dan bahkan bisa merugikan orang lain. Tidak hanya orang dekat Anda saja tetapi jika Anda tidak bekerja maka bisa saja Anda menjadi beban bagi daerah Anda dan bagi negara.

Kemunculan Pengangguran Friksional

Pengangguran friksional yang merupakan bagian atau jenis dari pengangguran tentu saja tidak diinginkan oleh siapa saja. terlebih lagi oleh penduduk usia produktif yang seharusnya mendapatkan pekerjaan layak dan terus berkarya untuk mendapatkan penghasilan atau pendapatan. Namun pengangguran friksional bisa saja terjadi kapan saja.

Pengangguran jenis ini akan muncul ketika seseorang di suatu negara mengalami transisi sementara dalam kehidupannya. Misalnya saat seseorang harus mencari pekerjaan yang barui dan ia masih belum dapat menemukannya. Tentu saja hal ini akan berdampak dalam kehidupan perekonomian orang tersebut. Sebab orang tersebut tidak akan bisa memperoleh pendapat selama waktu tertentu. Oleh karena itu kemunculan pengangguran jenis ini sebisa mungkin dihindari demi terwujudnya kesejahteraan sosial yang merata pada masyarakat.

Tentu saja kenyataan adanya hal tersebut seperti kenyataan sulitnya mencari sistem keuangan terbaik untuk perusahaan. Tapi sebaiknya jangan khawatir karena saat ini sudah terdapat berbagai macam jalan keluar yang efektif, salah satunya dengan cara menggunakan JojoExpense. Produk ini dipercaya dapat membantu mencatat seluruh aktivitas keuangan perusahaan secara rinci dan akurat. Bukan hanya itu saja, tetapi produk ini membantu memberikan laporan keuangan perusahaan yang lebih efektif serta terbebas dari resiko kecurangan.

Semua manfaat ini berkat beberapa fitur andalan yang dimiliki oleh JojoExpense. Misalnya saja fitur monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun dan juga fitur proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan. Oleh karena itu jangan ragu, segera daftarkan perusahaan Anda. Dapatkan coba gratis JojoExpense sekarang juga dan rasakan seluruh manfaatnya.