Peran Jumlah Penduduk Indonesia dalam Pembangunan Berkelanjutan

Indonesia menjadi salah satu negara agraris dengan jumlah penduduk paling banyak di dunia. Menurut data tahun 2019 saja, jumlah penduduk Indonesia saat itu berhasil mencapai di angka 270 juta. Jumlah tersebut merupakan angka yang cukup besar untuk suatu negara berkembang. 

Dalam 10 tahun belakangan saja Indonesia mengalami peningkatan jumlah penduduk hingga kurang lebih 30 juta warga. Jumlah yang fantastis ini sebenarnya memberikan dampak baik dan buruk secara bersamaan.

Di satu sisi, pertumbuhan penduduk akan membawa negara menjadi berkembang lebih pesat. Hal ini diharapkan lewat bertambahnya jumlah penduduk tersebut, maka jumlah tenaga kerja pun akan semakin banyak. Dengan demikian, angka produksi pun akan mengalami peningkatan pula.

Namun hal tersebut tidak akan bisa terwujud jika pertumbuhan penduduk tidak diimbangi dengan peningkatan kapasitas ekonomi suatu bangsa. Sebab, dalam hal ini jumlah penduduk yang bertambah dapat menciptakan masalah baru seperti meningkatnya angka pengangguran, meningkatnya kasus kriminalitas, hingga kurangnya kesejahteraan yang diperoleh masyarakat.

Untuk itu diharapkan, setiap lapisan masyarakat mau turut berkontribusi dalam menciptakan kehidupan yang sejahtera. Hal tersebut bisa dilakukan lewat mengembangkan potensi dalam diri dan menjadikan individunya menjadi lebih berkualitas serta berperan dalam proses pembangunan berkelanjutan.

Nah, pada artikel kali ini, Jojonomic akan mengajak Anda untuk membahas peran penduduk terhadap program pembangunan berkelanjutan yang digalakkan oleh pemerintah. Penasaran, kan? Simak artikel lengkapnya berikut ini, ya.

Apa Itu Pembangunan Berkelanjutan?

Pembangunan Berkelanjutan

Definisi dari pembangunan berkelanjutan sendiri adalah menjalankan proses pembangunan untuk saat ini dengan memanfaatkan sumber daya alam dan manusia yang ada demi memenuhi kebutuhan saat ini. Pembangunan tersebut perlu dilakukan tanpa harus mengorbankan kebutuhan untuk generasi di masa mendatang. Sehingga dengan demikian, setiap generasi baru akan menuai hasil yang jauh lebih baik. 

Dalam hal ini, pembangunan tersebut dilaksanakan dalam berbagai macam sektor termasuk ekonomi, infrastruktur, lingkungan, sosial, kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat. Pembangunan tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam jangka panjang. 

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Tujuan pembangunan berkelanjutan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tujuan dari pembangunan berkelanjutan adalah untuk menciptakan kesejahteraan di masyarakat dan kualitas SDM yang mumpuni. 

Namun secara spesifik, pembangunan ini memiliki visi utama untuk membantu peran pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat langkah sebagai berikut:

1. Mengentaskan kemiskinan yang tersebar di berbagai tempat

2. Menekan atau menghilangkan angka kasus kelaparan yang terjadi di setiap daerah

3. Memperbaiki masalah kesehatan yang masih banyak dianggap remeh, terutama bagi masyarakat yang tinggal di pinggiran kota

4. Memberikan pendidikan yang berkualitas lewat program kesempatan belajar bagi semua orang secara merata

5. Memperhatikan isu kesetaraan gender dan memberikan pemberdayaan pada perempuan

6. Menjamin akses air bersih terhadap semua masyarakat di daerah yang sering mengalami kesulitan

7. Memberikan jaminan terhadap pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan

8. Melakukan pembangunan infrastruktur yang kuat dan terstruktur

9. Mengurangi kesenjangan yang masih sering terjadi

10. Menangani perubahan iklim yang menjadi masalah utama global warming

11. Melindungi, mengelola dan mengolah sumber daya alam di laut maupun hutan dalam negeri dengan baik dan maksimal

12. Menjamin keadilan dan perdamaian dalam kehidupan bermasyarakat

Peran Jumlah Penduduk Indonesia dalam Pembangunan Berkelanjutan

Peran Jumlah penduduk indonesia dalam pembangunan berkelanjutan

Pada dasarnya, dalam setiap pembangunan keberadaan penduduk memegang peranan yang cukup penting. Karena bagaimana pun mereka adalah bagian dari subjek maupun objek dari proses pembangunan berkelanjutan ini.

Nah, jumlah penduduk Indonesia yang tinggi sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk membantu proses pembangunan yang lebih cepat. Sayangnya, hal tersebut hanya bisa diwujudkan apabila kualitas penduduknya cukup mumpuni untuk berkontribusi. Apabila pertumbuhan penduduk yang semakin padat dari hari ke hari namun masih memiliki kualitas yang rendah, maka hal tersebut hanya akan memperlambat proses pembangunan.

Jumlah penduduk yang besar serta berkualitas dapat membantu negara dalam mempercepat proses pembangunan berkelanjutan ini. Sebab penduduk yang berkualitas memiliki kemungkinan dapat mengelola dan mengolah sumber daya alam yang ada di Indonesia dengan cara yang tepat, efisien dan maksimal.

Dengan demikian, penduduk yang berkualitas ini dapat membantu perkembangan ekonomi. Misalnya lewat pembukaan lapangan kerja yang dapat menyerap lebih banyak pengangguran di sekitar serta berkontribusi dalam menggerakkan roda ekonomi bangsa kita.

Faktor Pembangunan Berkelanjutan

Faktor Pembangunan Berkelanjutan

Mengutip dari buku Kualitas Lingkungan Hidup Indonesia (1993) karya Surna T Djajadiningrat, disebutkan bahwa pembangunan berkelanjutan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Sumber daya alam

Seperti yang kita tahu, bagaimana pun proses pembangunan akan sangat erat kaitannya dengan pemanfaatan sumber daya alam yang ada di sekitar. Untuk itu, suatu negara harus memiliki kapasitas SDA yang mumpuni agar proses pembangunan ini dapat berjalan dengan lancar dan seimbang.

Selain itu, beberapa sumber daya alam juga merupakan produk yang tidak dapat diperbarui. Sehingga hal tersebut juga membutuhkan proses dan pengolahan yang optimal agar tidak membuangnya secara sia-sia.  Negara juga diharapkan dapat menciptakan inovasi teknologi yang bisa bermanfaat dalam pengelolaan dan pengolahan sumber daya alam.

2. Kualitas lingkungan

Kualitas lingkungan ini juga sangat erat kaitannya dengan kondisi sumber daya alam. Lingkungan yang buruk tentu tidak akan memiliki SDA yang berkualitas sehingga dapat menghambat dalam proses pembangunan berkelanjutan yang akan dilakukan. Untuk itu diharapkan masyarakat juga mau berperan dalam menjaga dan mengelola lingkungan dengan baik agar setiap proses pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah dapat segera dirasakan.

3. Faktor kependudukan

Seperti yang telah disebutkan di awal, kualitas penduduk dalam suatu negara sangat berpengaruh terhadap bagaimana proses pembangunan tersebut berlangsung. Sumber daya manusia yang berkualitas rendah hanya akan menghambat proses pembangunan berkelanjutan ini. 

Sebab, semakin banyak jumlah penduduk, maka beban yang ditanggung oleh negara pun juga akan semakin besar. Jika tidak diimbangi dengan input yang sepadan, maka berpotensi memperlambat setiap proses pembangunan yang sedang dilakukan.

Penutup

Jojo Expense

Demikianlah artikel mengenai jumlah penduduk Indonesia dan perannya dalam pembangunan berkelanjutan. Bagaimana pun, kita tidak boleh hanya mengandalkan pemerintah dan kebijakannya, namun juga harus turut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup bermasyarakat.

Selain itu, bagi Anda yang memiliki bisnis atau usaha juga harus meningkatkan kualitas kompetensi dalam diri agar dapat bersaing dengan produk maupun tenaga asing. 

Anda mungkin juga akan membutuhkan sistem manajemen keuangan dalam perusahaan yang baik dan terstruktur. Dalam hal ini, Jojo Expense dapat dijadikan solusi dari permasalahan para pengusaha yang sering kesulitan dalam membuat anggaran, melacak transaksi keluar dan lain-lain.

Jojo Expense sendiri adalah aplikasi yang dapat membantu Anda dalam manajemen pengeluaran perusahaan dengan cara yang lebih efisien. Perangkat ini digadang-gadang dapat meningkatkan efektivitas kinerja manajemen pengeluaran perusahaan hingga 76 persen.

Selain itu, Jojo Expense juga dibekali ragam fitur yang cukup lengkap. Sebut saja mulai dari Capture Expense, Reimbursement Online, Cash Advance, Mobile Approval dan masih banyak lagi lainnya. Aplikasi ini juga dibekali teknologi canggih berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan perusahaan dapat terhindar dari aksi penipuan keuangan. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Expense dan permudah cara Anda dalam mengelola keuangan perusahaan sekarang juga!