Kenapa Sih Masyarakat Banyak Tertarik Jadi PNS (ASN)?

Pengumuman dan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selalu dinanti setiap tahunnya, walaupun sebenarnya moratorium penerimaan CPNS masih tetap berlaku pada Alasan Kenapa Banyak Yang Tertarik Jadi PNS.

Alasan Mengapa Banyak Orang Ingin Jadi PNS

Namun itu tidak berarti pemerintah menutup kemungkinan Kamu untuk menjadi PNS. Buktinya, walaupun moratorium PNS masih tetap berlaku, pemerintah masih saja tetap membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

ni semua tidak lain dan tidak bukan karena memang pemerintah masih kekurangan jumlah pegawai, di hampir semua instansi.

Baik itu instansi pusat maupun daerah. Pemerintah Pusat maupun pemerintah provinsi, kabupatenatau kota tertarik jadi pns.

Kementerian maupun lembaga tinggi negara, saat ini masih sangat kekurangan jumlah pegawai tertarik jadi pns.

Karena memang pekerjaan PNS adalah melayani masyarakat, yang mana jumlah penduduk Indonesia saat ini saja sudah lebih dari 250 juta jiwa.

Dan tentu saja jika dibandingkan dengan jumlah PNS yang ada saat ini, yakni sekitar 4 jutaan pegawai, tidaklah memadai untuk melayani penduduk yang berjumlah 250 juta jiwa itu.

Karena itu, walaupun pemerintah masih memberlakukan moratorium PNS, dipastikan masih tetap akan ada penerimaan PNS apalagi setiap tahunnya banyak PNS yang memasuki usia purna baktiatau pensiun.

tertarik jadi pns

Lebih Memahami Alasan Kenapa Banyak Yang Tertarik Jadi PNS

Dengan banyaknya jumlah PNS yang pensiun otomatis mengurangi jumlah PNS yang ada sehingga, sudah barang tentu akan menambah beban kerja PNS yang ada.

Namun, walaupun demikian, pemerintah tetap mempertimbangkan kemampuan keuangan negara dalam menerima dan mengangkat PNS. Karena PNS digaji oleh negara, yakni dari APBN dan APBD.

tertarik jadi pns

Untuk itulah pemerintah hanya dapat mengangkat PNS secara bertahap, dan hanya dapat mengangkat CPNS untuk menggantikan PNS yang pensiun tadi.

Pembukaan lowonga dan seleksi penerimaan CPNS selalu menjadi berita yang dinanti-nanti oleh hampir semua orang. Apalagi bagi mereka yang baru lulus kuliah, atau karena memang mereka ngebet untuk jadi PNS.

Penerimaan CPNS tahun  yang awalnya dijadwalkan pada bulan April sampai Mei, ditunda pemerintah, dengan alasan karena adanya pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah secara serentak bulan Juli  ini.

Sehingga, pemerintah merencanakan akan membuka pendaftaran penerimaan CPNS pada bulan Juni, dan seleksinya baru akan digelar di Juli atau setelah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Lowongan CPNS yang dibuka untuk sekitar 200 ribu kursi PNS, untuk kebutuhan Kementerianatau Lembaga dan pemerintah daerah. Jumlah lowongan kursi CPNS sekitar 200 ribu PNS ini tergolong cukup besar.

tertarik jadi pns

12 Alasan Menjadi PNS Yang Tepat Buat Kamu Tambah Yakin Jadi PNS

Pemerintah Indonesia membuka penerimaan pegawai negeri sipil atau PNS pada 2019 untuk berbagai Kementerian dan Pemerintah Daerah. Banyak orang mendaftarkan diri untuk mengikuti tes CPNS tersebut. Sebenarnya fasilitas apa yang ditawarkan hingga PNS dianggap prestise tersendiri? Yuk, simak 10 alasan menjadi PNS sangat tepat buat Kamu berikut!

1. Membangun Bangsa

Terdengar muluk? Sebenarnya dibandingkan kritik yang tidak disertai solusi konkrit, ada baiknya Kamu terjun langsung ke pemerintahan agar bisa menyelesaikan akar permasalahan. Siapa tahu negeri ini bakal lebih maju di tangan pegawai kredibel sepertimu, bukan?

2. Berkesempatan Melanjutkan Studi

Siapa bilang karirmu bakal terhenti setelah menjadi PNS? Jangan salah, Kamu bisa melanjutkan pendidikan ke luar negeri lewat beasiswa instansi pemerintah atau lembaga donor.

3. Tak Perlu Khawatir Dengan Masa Depan

Tugasmu adalah bekerja untuk negeri alias rakyat tanpa perlu takut dengan risiko PHK dan lain-lain. Asal Kamu bekerja sesuai aturan dan mematuhi kode etik pegawai negeri, karir dan kehidupan masa depan dijamin aman oleh pemerintah.

4. Gaji Dan Tunjangan Yang Lumayan

Alasan menjadi PNS tepat buat Kamu yang ingin memiliki kehidupan terjamin sebab gaji dan tunjangan lumayan mencukupi kebutuhan hidup kok. Tak hanya itu saja, Kamu tetap bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan berwirausaha. Asal tidak mengganggu pekerjaan utama sebagai pegawai negeri ya!

5. Jenjang Karir Yang Jelas

Menjadi PNS cocok buat Kamu yang suka kepastian daripada PHP. Pasalnya, jenjang karir yang diberikan panjang dan jelas. Bisa saja Kamu naik jabatan karena memiliki prestasi tersendiri atau tingkat eselonmu akan terus meningkat seiring pendidikan yang Kamu tempuh kok.

6. Memiliki Sistem Kerja Profesional

Jangan Kamu pikir kalau PNS itu santai atau bekerja sesuka hati. Pemerintah juga akan selektif memilih pegawai negeri yang kredibel alias bekerja keras. Kalau Kamu suka mangkir dari tugas, siap-siap saja mendapatkan hukuman seperti mutasi dan lain-lain.

7. Memiliki Jaminan Masa Tua

Siapa yang tidak suka dengan jaminan masa tua yang pasti? Ya, Kamu wajib menjadi PNS kalau ingin hidup terjamin di masa tua nanti. Setidaknya Kamu memiliki dana pensiun yang sangat bermanfaat saat usia senja.

8. Memiliki Kesempatan Bekerja Sambil Jalan-Jalan

Kamu bisa menyelam sambil minum air kalau suka traveling sekaligus bekerja. Menjadi pegawai negeri bisa saja membuatmu mendapatkan tugas untuk keliling daerah di Indonesia. Tentu Kamu juga akan mendapatkan pengalaman dan wawasan baru.

9. Lebih Percaya Diri

Tak hanya karir saja yang cukup mentereng, Kamu juga bisa mendapatkan kemudahan dalam hal pergaulan atau mencari pasangan. Siapa tahu calon mertuamu bakal terpesona dengan jejak karir yang Kamu capai. Setidaknya memiliki pekerjaan tetap akan membuat Kamu percaya diri lho!

10. Mengembangkan Kreativitas

Banyak orang bilang bahwa Millenial tidak cocok menjadi PNS padahal alasan menjadi PNS karena butuh ide segar dari anak muda untuk membangun bangsa. Siapa tahu kreativitas Kamu bisa semakin berkembang untuk menyelesaikan semua permasalahan negeri ini.

11. Mudah mendapatkan pasangan

Selain mendapat kemudahan dalam hal pelayanan, PNS juga memiliki kemudahan dalam mendapatkan pasangan hidup lho.

Pekerjaan dan penghasilan tetap yang stabil serta berbagai tunjangan yang dimiliki oleh PNS membuat seorang PNS menjadi pasangan idaman sebagian warga Indonesia.

Apalagi kebanyakan wanita Indonesia ingin mempunyai suami yang berstatus PNS dikarenakan jaminan yang diberikan ketika masa tua.

12. Disukai calon mertua

Paradigma orang tua zaman sekarang itu masih tetap sama dengan pada zaman dulu. Orang tua cederung terbuka pada pacar anaknya yang berprofesi sebagai PNS dibandingkan profesi lainnya.

Ketika kamu ngapel ke rumah mertua mungkin akan ditanya kerja dimana, nah bagi yang kerjanya sebagai PNS mungkin ini akan menjadi nilai tambah.

Jenis pekerjaanmu akan mudah diterima oleh mereka karena mereka beranggapan bahwa pekerjaanmu sebagai PNS akan mampu menghidupi anaknya hingga hari tua nanti. Bahkan kemungkinan besar, setelah menikah nanti kamu akan menjadi menantu kesayangan mereka.

12 alasan menjadi PNS di atas mungkin bisa membuatmu tertarik mengisi lowongan pekerjaan di berbagai Kementerian atau Pemerintah Daerah. Siapa tahu Kamu adalah calon penerus bangsa yang bisa membawa perubahan negeri dengan menjadi PNS berprestasi.

Penutup

Jojo Times

Onboarding sendiri merupakan hal penting yang harus dilakukan perusahaan terutama untuk para karyawan baru. Karena dengan proses onboarding yang baik kaan menjadikan karyawan yang potensial dan berkualitas kedepannya. Salah satu yang dapat anda lakukan untuk memantau karyawan baru adalah menggunakan sistem absensi dari Jojo Times

Jojo Times merupakan aplikasi absensi online yang berbasis cloud sehingga sangat cocok sekali untuk digunakan pada perusahaan. Perangkat lunak yang satu ini mempermudah Anda dalam memantau absensi karyawan secara realtime kapan dan dimanapun.