Keuntungan Belajar Python, Serta Kelebihannya

keuntungan belajar python
keuntungan belajar python
Sumber : blog.usejournal.com

Apa Itu Python ?

Keuntungan Belajar Python – Python pada umumnya diartikan sebagai bahasa pemrograman interpretatif multiguna yang mana menggunakan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Pasalnya python berisikan gabungan antara kemampuan, kapabilitas dan juga sintaks kode fungsi pustaka berkualitas tinggi.

Pentingnya Belajar Python

Bahasa yang ditawarkan oleh python memang sangat sederhana dibandingkan dengan Java dan juga C++. Atau dapat dikatakan python menawarkan bahawa pemograman yang sangat simpel dengan tata bahasa yang simpel bagai berbicara dengan komputer. Berikut ini adalah alasan mengapa anda harus belajar python :

  • Bagi anda yang baru mulai belajar mengenai ilmu coding, python merupakan jawaban yang sangat tepat untuk anda sebagai alat untuk belajar coding.
  • Python mudah untuk dipelajari sehingga sangat cocok untuk dipelajari dengan relatif cepat.
  • Program pengcodingan python banyak digunakan oleh perusahaan sehingga hal ini merupakan hal yang bagus untuk anda mempelajarinya. Sehingga dapat anda gunakan dan manfaatkan dalam pekerjaannya nanti.
  • Untuk anda yang penasaran dengan hal percodingan dan sekedar ingin tahu saja tanpa ingin mempelajari lebih dalam. Maka python merupakan pilihan yang tepat sebagai jawabannya.

Kelebihan Dan Kekurangan Python

Sama seperti pemrograman lainnya tentu saja ada kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan yang didapatkan dari pemograman pyhton :

Kelebihan

Pustaka Yang Luas

Penyimpanan atau pustaka yang luas dimiliki oleh python dan menjadi sebagai kelebihannya. Tak hanya disediakan dengan pustaka yang luas, namun juga terdapat berbagai jenis modul untuk digunakan. Dalam python disediakan beberapa macam kode yang dapat dipilih dan digunakan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Karena itu pengguna python tidak lagi butuh untuk menuliskan kode lengkap dengan manual.

Meningkatkan Produktifitas Developer

Mengapa python membantu developer dalam meningkatkan produktifitasnya ?. Karena selain dengan adanya pustaka yang luas, pengguna juga tidak perlu mengetik kode secara lengkap. Lewat kelebihan – kelebihan yang dimiliki python ini menyebabkan developer mengalami peningkatan peroduktifitas.

Mendukung IoT

IoT sendiri merupakan kepanjangan dari Internet Of Things, dan juga bahwasannya python ini sendiri sangat mendukung IoT. Dengan adnaya IoT anda dapat menghubungkan benda yang berada disekitar anda kedalam suatu jaringan yang dapat menghubungkannya satu dengan lainnya.

Embeddable

Yang perlu anda ketahui dalam penggunaan pyhton yaitu bahwasanya ia dapat disematkan atau ditanam juga. Yaitu misalnya anda dapat menyematkan kode python anda kedalam program coding lain misalnya C++. Dengan kelebihan ini memungkinkan anda untuk menambah kemampuan scripting dalam bahasa program lain.

Kekurangan

Lambat Mengeksekusi

Kekurangan pertama yang dimiliki python yaitu dimana proses eksekusi yang terkesan lambat. Hal ini dikarenakan python sendiri merupakan bahasa interpreter yang bekerja menggunakan kompiler. Karena itu dalam eksekusinya python beralan lebih lambat dibandingkan dengan bahas ayang lainnya. namun, hal ini juga bergantung kepada seberapa besar program yang sedang dibuat.

Komputasi Mobile Lemah

Hal lainnya yang menjadi kekuranga python yaitu lemahnya saat digunakan untuk komputasi mobile. Python akan lebih cocok untuk digunakan dalam platform dekstop dan juga server. Karena itu rasanya python ini kurang cocok jika digunakan untuk pengembangan gime dan mobile.

keuntungan belajar python
Sumber : codecampus.com.ng

Kesalahan Run Time

Karena python yang diseting untuk menuliskan tipe variabel dalam menuliskan kode atau dapat dikatakan di buat secara dimanis. Tentu saja hal ini akan sangat membantu seseorang dalam melakukan pengkodean. Namun yang menjadi masalah yaitu hal ini dapat menjadikan adanya kesalahan saat melakukan run time.

Kesusahan Dalam Bahasa Pemrograman Lain

Ketika seseorang sudah terlalu sering dan hafal dalam melakukan koding dengan menggunakan python. Ini akan membuat orang tersebut menjadi terbiasa dengan pustaka dan juga fitur didalamnya yang luas. Hal ini menyebabkan pengguna harus melakukan penyesuaian saat melakukan bahasa pemrograman yang lainnya.

Dukungan Multiprosesor Kurang

Kita ketahui dalam python memang sudah didukung dengan multiprosesor didalamnya. Namun, dukungan multiprosesor yang dimiliki oleh python kurang fleksibel dan juga tidak senyaman bahasa pemograman lain karena oenulisan kode sedikit dibatasi.

Keuntungan Belajar Python

Selain hal – hal terkait python yang sudah dijelaskan diatas. Terdapat juga keuntungan belajar python yang harus anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa keuntungan belajar python :

  • Keuntungan belajar python yang pertama yaitu lebih mudah dipelajari. Terlebih untuk orang yang baru saja mulai belajar bahasa pemrograman maka python adalah pilihan yang tepat karena sintaks yang dimilikinya jelas dan mudah dibaca.
  • Python sangat serbaguna. Yangmana dapat digunakan untuk sekian banyak kebutuhan anda dalam mengcoding. Baik dalam hal pemrograman dekstop dan mobile , web, hacking, IoT dan masih banyak lagi.
  • Popularitas python sangat baik, bahkan dia berada dalam rangking 3 besar dalam TIOBE tahun 2020. Dan juga dinobatkan sebagai bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan berdasarkan penelitian Stackoverflow tahun 2020 kemarin.
  •  Banyak digunakan oleh perusahaan. Hal yang perlu anda ketahui adalah python banyak sekali digunakan di banyak perusahaan. Bahkan baik dari mesin pencarian Google, instagram, youtube dan masih banyak lagi mengguakan bahasa pemrograman python.
  • Sarana untuk memperlajari python juga mudah didapatkan dimana – mana. Misalnya anda dapat belajar python dengan mudah misalnnya berasal dari buku cetak, E-book, video dan lain sebagainya sudah banyak sekali.
keuntungan belajar python

Fitur – Fitur Dalam Python

Terdapat banyak sekali fitur yang disediakan atau terdapat dalam python yang dapat dimanfaatkan. Berikut ini adalah beberapa fitur python yang menjadi keunggulannya dibandingkan pemrograman lain :

  • Python lebih beriorientasi kepada objeknya.
  • Pemrograman python sangat mudah sekali untuk dikembangkan dengan craa mencipatakan modul-modul yang baru. Yang mana dari modul – modul tersebut dapat dibangun menggunakan bahasa python.
  • Tata bahasa yang dimiliki pyhton relatif lebih mudah dipahami dan juga dipelajari.
  • Program python ini sudah didukung dengan sistem pengelolaan memori yang dilakukan secara otomatis sehingga membutuhkan kinerja didalamnya saat melakukan coding.
  • Fasilitas pendukung yang dimiliki python sangat banyak. Dan fitur kelebihan lainnya yang dimiliki pyhton yaitu pengoperasiannya yang diketahui lebih mudah dan cepat.

Setelah anda tahu mengenai keuntungan dari belajar python dan coding maka tentu saja ini menarik untuk dilakukan. Dengan anda memperlajari pemrograman, akan memberikan kesempatan untuk anda membuat sistem yang bermanfaat. Salah satu contoh sistem yang bermanfaat misalnya untuk memudahkan pengelolaan keperluan perusahaan. Seperti produk dari JojoPayroll dari Jojonomic yang akan memudahkan anda dalam mengatur gaji karyawan.

JojoPayroll ini akan memudahkan anda melakukan transfer pembayaran gaji karyawan dengan otomatis kepada lebih dari 150 akun bank di Indonesia. kelebihyan lainnya yaitu slip gaji pembayaran yang akan dikirimkan tepat waktu. Bahkan sistem perhitungan kehadiran telah dibuat otomatis untuk perhitungan gaji karyawan.

Tunggu apa lagi ??? Segera gunakan JojoPayroll rasakan manfaatnya dan coba kesempatan gratisnya !!!