Mengenal Tugas Utama Seorang HR di Perusahaan

HRD adalah singkatan dari human resources development yang dapat diartikan sebagai manajemen sumber daya manusia. Sumber daya manusia tersebut adalah karyawan yang merupakan suatu aset yang penting bagi perusahaan. Karena pentingnya karyawan bagi jalannya operasional perusahaan, tugas utama seorang HR yaitu untuk mengelola karyawan yang tentu jumlahnya tidak sedikit.

HRD merupakan komponen penting dari jenis bisnis apapun, HRD bertugas memaksimalkan produktivitas karyawan dan melindungi perusahaan dari masalah apapun. Untuk itu, departemen HR merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari perusahaan. Apalagi untuk perusahaan yang skala bisnisnya besar, bagian HRD merupakan divisi yang penting.

Berdirinya sebuah perusahaan juga akan selalu diikuti dengan HRD yang memiliki fungsi dalam menaungi hubungan kerja antara karyawan dan perusahaan. HRD akan selalu berkatan dengan kesejahteraan karyawan, baik yang bersifat honor, pendidikan, atau perekrutan karyawan dan segala kebijakan yang berhubungan langsung dengan karyawan.

Kebijakan yang berkaitan dengan karyawan dapat berupa pelatihan kerja, kompensasi, pesangon, tunjangan kesehatan, serta sistem komunikasi yang dapat dijadikan landasan kerjasama antara perusahaan dan karyawan.

Mengingat pentingnya keberadaan HRD di dalam sebuah perusahaan, maka orang-orang yang berada di suatu divisi HR biasanya orang yang terbiasa memiliki kemampuan manajerial. Pada umumnya, orang-orang yang mengisi posisi HRD merupakan orang dengan latar belakang Psikolog atau Manajemen. Jadi, jika Anda melihat lowongan kerja sebagai HR memang rata-rata minimal pendidikan di bidang tersebut.

Berikut ini kami akan membahas fungsi beserta tugas utama seorang HR di sebuah perusahaan. Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Fungsi HRD Bagi Perusahaan

pengertian costumer engagement

Fungsi HRD atau Human Resources Development adalah melakukan tugas perencanaan sumber daya manusia, rekrutmen, seleksi, pengembangan, penggajian, performance management, hingga menumbuhkan hubungan industrial. Intinya segala hal dalam mengelola sumber daya manusia dan hubungan perusahaan dengan pihak lain.

HRD di perusahaan memiliki fungsi khusus, diantaranya adalah fungsi internal dan fungsi eksternal. Fungsi internal HRD adalah memberikan pelatihan kepada karyawan di perusahaan. Dan fungsi eksternal HRD yaitu memberikan  konseling di luar kategori perusahaan dapat dilihat dari tingginya tingkat kemampuan dan kemauan dari kemampuan akan mengikuti.

Tugas Utama Seorang HR di Perusahaan

Tugas General Affair

Sangat penting bagi perusahaan dalam memilih  HRD yang cerdas, teliti, dan juga komunikatif. Adapun tanggung jawab HRD memang menjaga kelancaran operasional perusahaan. Seperti membentuk atau membuat desain organisasi perusahaan, mengatur karyawan, melakukan penilaian kerja karyawan, merencanakan tata cara kompensasi dan penghargaan serta pengembangan organisasi karyawan, Untuk info lengkapnya, yang menjadi tugas utama seorang HR adalah perluasan dari tanggung jawab yang diberikan kepada bagian HRD adalah sebagai berikut :

1.      Merekrut Karyawan Baru

Salah satu alasan kenapa HRD merupakan salah satu divisi yang menjadi favorit adalah tugasnya dalam merekrut karyawan baru. Dalam merekrut karyawan baru, tentu para HRD dan HRD Manager memiliki kesempatan untuk mengenal orang baru, dan mengenal sifat mereka. Itulah yang dikatakan mengapa latar belakang HRD kebanyakan berasal dari lulusan Psikologi.

Sebelumnya, HRD juga perlu mengurus segala perlengkapan rekrutmen, mulai dari pembukaan lowongan kerja, wawancara, sampai dengan proses merekrut karyawan tersebut secara sah dan resmi menjadi bagian karyawan di perusahaan. Poin pertama ini merupakan tugas HR di segala jenis bidang bisnis perusahaan.

2.      Menjamin Kesejahteraan Karyawan

Yang kedua yaitu menjamin kesejahteraan karyawan dengan mengurus kenaikan gaji, kenaikan jabatan, bonus, dan berbagai penawaran lainnya yang diurus HRD dengan kesepakatan HR Manager dan owner Perusahan. Oleh karena itu, penting bagi setiap HR dalam memperhatikan perkembangan kerja setiap karyawan perusahaan.

3.      Memotivasi Karyawan

Hal seperti memotivasi karyawan juga menjadi tugas utama seorang HR yang tidak terpisahkan lho. Jika Anda mendapatkan bahwa ada karyawan yang tidak bersemangat dalam bekerja atau sedang bermasalah dalam tim, merupakan tugas utama HR untuk menjadi teman berbicara dan membantu mengembalikan motivasi tersebut.

4.      Memastikan Hubungan Antar Karyawan

Dalam setiap kantor atau perusahaan lumrah terjadi satu atau dua orang yang tidak cocok antara satu sama lain. Hal tersebut juga menjadi tugas bagi seorang HR dalam memastikan hubungan baik antar karyawan. Jika memang terdapat hubungan yang kurang baik, tidak ada salahnya untuk mencari tahu penyebabnya dan membantu menyelesaikan permasalahannya agar tidak mempengaruhi pekerjaan.

5.      Training

strategi menarik kandidat
Mature business man training his associates during a meeting

Biasanya, setiap perusahaan akan memberikan fasilitas kepada karyawan berupa pelatihan kerja atau training demi meningkatkan kualitas dan kemampuan karyawan. Dengan diberikannya training maka bisa meningkatkan kompetensi sumber daya manusia pada perusahaan tersebut.

Ciri-ciri HRD yang Baik

kemampuan dasar HRD

Ada banyak ciri-ciri yang dapat menggambarkan seorang HRD yang baik dan profesional. Setidaknya, seorang HRD harus memiliki sikap seperti di bawah ini :

  • Memiliki sikap yang tidak mudah menyerah dan terus berusaha dengan permasalahan atau hambatan yang terjadi di dalam perusahaan.
  • Memiliki kemampuan untuk selalu menerima apapun hasil dari tugas-tugas pekerjaan dan berusaha menyelesaikan segala pekerjaannya.
  • Dapat mempertanggungjawabkan perkataan dan dapat menerapkannya pada perbuatan sehari-hari, sehingga menjadi contoh yang baik bagi seluruh karyawan.
  • Mampu mengontrol perkataan dan perbuatan, sehingga dapat juga mengontrol seluruh karyawan
  • Memiliki kemampuan dalam menjalin dan menjaga hubungan baik dengan orang lain. Sehingga lebih mudah dalam bergabung di kelompok-kelompok.
  • Memiliki tekad kuat dan keyakinan dalam meningkatkan hasil dan mencapai target secara maksimal.
  • Disiplin dan tepat waktu.
  • Berpikir terbuka dan selalu mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi di dalam perusahaan.
  • Peka terhadap permasalahan yang terjadi dan memiliki sikap cepat tanggap.

Solusi Mengetahui Aktivitas Karyawan Secara Real Time

Hal penting yang berkaitan dengan tugas utama seorang HR di perusahaan adalah memastikan bahwa hubungan perusahaan dan karyawan berjalan dengan baik. Sehingga mendatangkan manfaat satu sama lain. Dengan begitu keberlangsungan perusahaan juga akan berjalan dengan baik. Begitu pula dengan kualitas hidup karyawan juga akan dijamin baik oleh perusahaan.

Mengingat tugas dan tanggung jawab HRD begitu banyak terhadap perusahaan dan karyawan, maka penggunaan fitur aplikasi Payroll memang diperlukan. apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini yang semakin pesat menawarkan berbagai kemudahan bagi setiap HRD di perusahaan dalam pengelolaan segala urusan administrasi yang berhubungan dengan karyawan. Mulai dari data absensi dan cuti karyawan, sistem penggajian, dan lain sebagainya kini dapat dilakukan secara lebih mudah dan praktis.

Dengan aplikasi ini HR dapat mengetahui aktifitas karyawan secara real time. JojoTimes dari Jojonomic menyediakan banyak fasilitas sehingga mempermudah kinerja HR. Jadi HR bisa dengan mudah memantau aktifitas apa saja yang dilakukan oleh pegawai.

Jika selama ini proses absensi menggangu produktifitas HR. Dengan adanya JojoTimes dari Jojonomic akan meringankan kinera HR sehingga dapat lebih fokus pada hal rekruitmen perusahaan. Nikmati keunggulannya, ayo segera coba !!! versi demonya Gratis!