Teknologi Mobil Listrik Yang Makin Canggih dan Mendunia

mobil listrik

Teknologi otomotif sampai detik ini masih terus maju ke arah yang lebih tinggi. Dahulu, banyak orang yang ingin membuat mobil kencang, dengan cc tinggi. Tidak hanya tenaga yang disalurkan oleh mesin ke roda, mobil yang diidamkan saat ini adalah mobil yang nyaman, aman, dan irit bahan bakar. Mobil dengan bahan bakar bensin atau solar masih mendominasi di bumi ini. tidak ada pabrikan mobil yang tidak memiliki mobil berbahan bakar bensin kecuali merk Tesla. Saat ini, teknologi di bidang otomotif sudah mulai berpindah dari bahan bakar bensin ke bahan bakar listrik. Secara umum, sebutan mobil tersebut adalah mobil listrik.

Pembuatan Mobil Listrik

Sebenarnya, mobil dengan bahan bakar gas sudah mendahului mobil listrik. Beberapa mobil angkutan umum menggunakan converter gas untuk menjalankan mesin, namun sepertinya, minat para produsen mobil kurang dan tidak berencana untuk mengeluarkan dananya pada teknologi tersebut. lain halnya dengan mobil yang menggunakan bahan bakar berupa listrik, pabrikan mobil di Eropa, Jepang, maupun Amerika sudah melakukan riset dan menghasilkan 1 atau 2 buah mobil yang dijual secara massal di seluruh belahan dunia.

Mobil Buatan Jepang

Pabrikan mobil asal Jepang, Honda, sudah meluncurkan beberapa mobil bertenaga listrik. Meski banyak ditemui di internet, namun website resmi Honda untuk Indonesia belum menyertakan mobil hybrid mereka dalam kolom modelnya. Hal ini tidak serta merta membuat para pecinta mobil dengan bahan bakar listrik di Indonesia tidak bisa memiliki mobil keluaran dari Honda.

Mobil yang honda lempar ke pasar adalah mobil hybrid, dimana mobil tersebut mendapatkan tenaga bukan hanya dari bensin tapi juga dari listrik. Mungkin Honda menilai bahwa saat ini, proses pengisian listrik pada mobil masih dirasa jauh lebih lambat daripada pengisian bahan bakar bensin. Untuk kebutuhan yang mendesak, bisa jadi bensin atau solar masih diperlukan saat mobil tidak bisa mendapatkan pasokan listrik saat dibutuhkan.

Selain Honda, Toyota juga mengikuti perkembangan teknologi ini dan menerapkannya pada mobil flagship mereka. Beberapa mobil yang dibuat hybrid, bertenaga listrik dan bensin, Corolla Hybrid, Camry Hybrid, dan beberapa mobil lainnya tengah dijual di pasaran dengan harga yang lebih tinggi daripada mobil tipe yang sama bermesin bensin saja. Jika dilihat dari harga, mobil dengan teknologi listrik ini memang dipatok lebih tinggi.

Hal ini dikarenakan biaya riset dan material yang digunakan memang lebih mahal. Mobil hybrid dengan tenaga listrik harus tersedia baterai untuk menyimpan listrik dengan kapasitas yang memadai. Berbeda dengan mobil bertenaga bahan bakar biasa, mobil hanya perlu wadah bahan bakar dan mesin untuk mengkonversi bahan bakar menjadi tenaga. Mobil yang dibuat oleh Toyota mampu mengisi listrik ke baterai saat kondisi sedang berjalan. Teknologi ini sangat berguna karena listrik dapat disuplai meski mobil dalam kondisi berjalan.

Mobil Buatan Jerman

Selain Jepang, industri otomotif di Jerman tidak kalah berkembangnya. Dibuktikan dengan adanya mobil yang memakai listrik buatan pabrik mobil Jerman, BMW. Pabrikan ini mengeluarkan mobil dengan bahan bakar listrik bernama BWM i8. Desain mobil BMW yang satu ini sangat nyentrik dan sangat kental dengan tema futuristiknya. Mobil berjenis sedan ini hanya memiliki 2 pintu dan sangat nyaman untuk dikendarai. Jika anda bertanya dalam hati, berapa kecepatan maksimal jika dibawa lari, silahkan mencoba sendiri kengerian mobil ini untuk mengetahui rasa penasaran anda.

Desain BMW i8 bisa dibilang sangat berbeda dengan mobil BMW pada umumnya. Dengan sekali lihat saja, Anda pasti mengetahui bahwa mobil ini adalah BMW i8 tanpa perlu membandingkan dengan mobil keluaran lainnya. Teknologi mobil ini adalah yang paling canggih di kelasnya. Dengan harga istimewa dari BMW, pecinta speed streak yang kaya tidak akan ragu membeli mobil ini meski harganya sudah mencapai milyaran rupiah.

Mobil Buatan Amerika

Anda pasti pernah mendengar nama Nicola Tesla. Nama ini memang nama salah satu ilmuan yang mampu memecahkan teori arus bolak balik atau alternating current. Nama Tesla diambil dan dijadikan nama perusahaan pembuat mobil dengan energi listrik paling canggih saat ini. Istilah canggih ini bukan hanya pada teknologi mesin bertenaga listriknya saja. Kecanggihan mobil buatan pabrikan dari Amerika ini juga bisa dirasakan saat mengendarai mobil tersebut. Harga yang dipatok untuk setiap mobil yang sudah diproduksi oleh Tesla memang tidak murah alias cukup tinggi.

Pabrikan Tesla saat ini memiliki 4 tipe mobil yang dapat dipesan dan dibeli oleh masyarakat umum. Kenyamanan pengendara saat mengendarai mobil ini sudah teruji oleh banyak reviewer otomotif di belahan bumi ini. Kesempurnaan mobil ini didasari oleh sifat dan karakter pemilik Tesla, yiatu Elon Musk. Elon Musk tidak akan mengeluarkan mobil buatannya jika masih dirasa belum pantas dilepas ke pasar. Meskipun kekurangan mobil bukan merupakan hal yang krusial, namun kesempurnaan mobil buatannya telah melewati evaluasi detail dari Elon Musk sendiri. Oleh karena itu, harga mobil ini sudah sepantasnya dijual dengan harga yang istimewa.

Harga Mobil Listrik Di Pasaran

Mobil listrik yang dijual di pasaran saat ini masih cukup mahal. Harga mobil paling murah yang dijual masih berkisar 400 jutaan. harga ini adalah harga minimal di mana banyak mobil lainnya yang dijual hingga milyaran. Semakin lama, pabrikan mobil akan melakukan riset lebih lagi untuk dapat memproduksi mobil listrik dengan harga lebih murah dan lebih terjangkau. Mungkin dalam kurun waktu 5 sampai 10 tahun ke depan, akan ada mobil dengan jenis ini yang dijual dengan harga terjangkau dan masyarakat menengah mampu untuk membawa pulang ke rumah.

Maka dari itu untuk membantu supaya harga mobil yang satu ini lebih terjangkau, tentunya ada banyak wacana yang akan dilakukan. Salah satunya yaitu memastikan adanya industri mobil dengan bahan bakar listrik ini secara lokal. Maupun bisa juga memastikan supaya assembly produk mobil tersebut dapat dilakukan di dalam negeri untuk mengurangi komponen biaya yang diperlukan. Sehingga harga mobil jauh lebih hemat dan terjangkau.

Tentu saja dalam mengatasi hal tersebut seperti juga saat perusahaan berusahan untuk mengatasi masalah absensi karyawan. Harus diperhatikan dengan baik dan maksimal. Salah satunya dengan jalan menggunakan sistem absen yang tepat dan telah terbukti, yaitu JojoTimes. Dimana sistem yang satu ini dapat memastikan absensi karyawan berjalan optimal dengan baik kapan saja dan dimana saja.

Hal ini karena beberapa fitur yang dimiliki oleh JojoTimes, yaitu seperti misalnya fitur-fitur berikut ini:

  • Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  • Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  • Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  • Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Karena itu jangan ragu, yuk segera coba aplikasi absensi online dari Jojonomic, dan dapatkan coba gratis 14 hari di perusahaan Anda sekarang juga.