Pangsa Pasar adalah: Definisi dan Peran Pentingnya dalam Bisnis

Market share

Market share atau yang lebih akrab disebut dengan pangsa pasar adalah sebuah persentase data yang menunjukkan seberapa besar dominasi suatu perusahaan terhadap pasar yang ditargetkannya. Dalam hal ini, Anda harus membandingkan data tersebut dengan milik kompetitor lain yang menjalankan bisnisnya pada bidang yang sama atau menjual produk serupa.

Tujuan dari mengetahui pangsa pasar adalah untuk mencari tahu sejauh mana produk Anda dapat diterima di masyarakat. Selain itu, lewat pengenalan pangsa pasar ini, Anda juga bisa menentukan ke depannya strategi pemasaran seperti apa yang lebih tepat untuk diterapkan.

Karena seperti yang kita tahu, market share atau pangsa pasar sangat berkaitan erat dengan hasil penjualan sebuah bisnis. Semakin besar pangsa pasar yang Anda jangkau, tentu semakin besar pula omzet serta profit yang bisa didapat. 

Sedangkan semakin kecil pangsa pasar Anda dibandingkan kompetitor, maka berarti terdapat hal yang salah dari cara Anda menjalankan bisnisnya. Bisa saja karena Anda tidak mengenali kebutuhan calon konsumen yang ditargetkan atau strategi pemasaran yang dijalankan salah dan kurang efektif. 

Untuk itu, pada artikel kali ini, Jojonomic akan mengajak Anda untuk membahas lebih dalam mengenai pangsa pasar. Mulai dari definisi hingga peran pentingnya dalam bisnis yang sedang dijalankan.

Definisi Pangsa Pasar Menurut Para Ahli

definisi pangsa pasar
Pen and business graph

Di awal sudah kami jelaskan mengenai definisi pangsa pasar secara general. Nah, di bawah ini kami juga akan memberikan Anda beberapa definisi tentang pangsa pasar menurut para ahli. 

Menurut Griffith dan Reenen (1999), market share atau pangsa pasar adalah sebuah rasio total dari penjualan suatu perusahaan yang kemudian dibandingkan dengan total penjualan dari bisnis lain di industri yang sama.

Sedangkan menurut Philip Kotler (2006), seorang penulis sekaligus ahli pemasaran menyatakan bahwa pangsa pasar adalah sebuah persentase besarnya penjualan yang dimiliki oleh kompetitor dalam market yang relevan. 

Selanjutnya ada definisi market share menurut Baroes (2009) yang menyatakan pangsa pasar adalah besaran bagian pasar yang dikuasai oleh perusahaan tertentu dengan perhitungannya menggunakan persentase. 

Dari beberapa definisi pangsa pasar menurut para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa komponen ini digunakan untuk menunjukkan seberapa besar pengaruh suatu produk terhadap masyarakat. Semakin besar pangsa pasar yang dikuasai perusahaan tertentu maka semakin besar pula pengaruhnya terhadap konsumen yang menggunakannya.

Peran Penting Pangsa Pasar dalam Bisnis

Peran penting market share

Setelah mengetahui beberapa definisi pangsa pasar menurut para ahli di atas. Berikutnya kami juga akan memberikan Anda informasi mengenai peran penting komponen yang satu ini dalam perjalanan sebuah bisnis. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengetahui posisi bisnis Anda di pasar 

Memahami persentase data pangsa pasar membantu Anda dalam mengetahui di mana posisi perusahaan Anda saat ini dibandingkan kompetitor. Apakah Anda berada di puncak dan memimpin persaingan atau malah sebaliknya? Semakin tinggi peringkat Anda dalam persaingan tersebut, tentu akan semakin baik. Itu artinya, masyarakat sudah banyak yang percaya terhadap produk maupun brand Anda.

Sedangkan jika Anda berada di peringkat tengah atau bahkan terbawah. Hal ini bisa dipengaruhi oleh berbagai macam hal. Mulai dari strategi pemasaran yang kurang tepat, kurangnya inovasi, kualitas yang kurang bersaing dan masih banyak lagi lainnya.

Jika memang Anda mengalami permasalahan tersebut, ada baiknya untuk segera memperbaikinya dan mencari solusi yang tepat untuk mengambil posisi pangsa pasar yang lebih besar. Bisa dimulai dengan menciptakan inovasi produk yang belum pernah diusung oleh pesaing maupun dengan menggalakkan promosi yang menarik.

2. Meningkatkan profit atau keuntungan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, semakin besar pangsa pasar yang Anda kuasai maka semakin besar pula omzet dan profit yang bisa Anda dapatkan. Perusahaan yang mendominasi persaingan pasar akan lebih banyak mendapatkan trust dari konsumen. Sehingga grafik penjualan perusahaan tersebut pun akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Jika Anda sudah berada di puncak podium dan memimpin pangsa pasar suatu industri. Anda harus mempertahankannya dengan tetap memberikan pelayanan serta produk yang berkualitas. Anda pun tak boleh cepat berpuas diri dengan pencapaian tersebut. Pastikan untuk senantiasa menciptakan inovasi terbaru yang progresif agar tidak kalah saing dengan kompetitor.

3. Mengetahui seberapa efektif strategi pemasaran bisnis Anda

Peran penting pangsa pasar yang selanjutnya adalah sebagai patokan untuk mengetahui seberapa efektif strategi pemasaran yang dijalankan. Tentunya semakin besar market share perusahaan Anda, artinya semakin besar pula pengaruh strategi marketing yang digunakan.

Saat ini strategi pemasaran yang paling efektif adalah dengan menggunakan media digital seperti Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube, email maupun website/blog. Hal ini dikarenakan media tersebut dapat diakses dengan mudah oleh siapapun. Sehingga cakupan pasar yang ditargetkan pun jauh lebih luas dibandingkan Anda menggunakan media konvensional seperti koran, radio atau televisi. 

Di mana media tersebut hanya dapat menjangkau target market lokal saja. Tidak seperti sosial media yang dapat diakses oleh orang-orang dari berbagai penjuru dunia dan memungkinkan Anda bisa mendapat konsumen dari mancanegara.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Cara Meningkatkan Pangsa Pasar Sebuah Bisnis

Cara meningkatkan pangsa pasar

Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis dan mau memperluas pangsa pasarnya. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menciptakan produk dengan inovasi terbaru

Cara termudah untuk memperluas jangkauan pangsa pasar Anda adalah dengan memberikan pelayanan maupun produk yang disertai inovasi terkini. Produk tersebut nantinya harus lebih berkualitas dan progresif dibandingkan produk keluaran Anda sebelumnya. Tujuan dari penciptaan produk terbaru ini adalah untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor dan menjadi pembeda di antara yang lain.

Tentunya untuk memenangkan persaingan tersebut Anda harus memikirkan matang-matang produk yang akan dirilis ke pasar. Mulai dari melakukan riset mengenai kebutuhan masyarakat hingga apa saja yang sekiranya diminati. Dengan demikian saat produk tersebut dikeluarkan harapannya akan mendapatkan sambutan hangat dari konsumen.

2. Gunakan metode pemasaran yang potensial namun belum pernah digunakan sebelumnya

Jika sebelumnya Anda hanya menggunakan pemasaran dengan media digital seperti sosmed dan sejenisnya. Anda mungkin juga membutuhkan promosi di beberapa media konvensional seperti koran, radio maupun televisi. Hal ini dikarenakan masing-masing media tersebut memiliki target marketnya tersendiri.

Terlebih jika bisnis Anda menyasar konsumen dari berbagai kalangan usia maupun lapisan masyarakat. Sehingga orang-orang yang tidak menggunakan sosial media dapat Anda jangkau lewat media konvensional lainnya.

3. Memberikan promo atau penawaran menarik secara berkala

Siapa sih yang tak menyukai promo? Entah itu berupa potongan harga, cashback atau mungkin beli 1 gratis 1? Semua orang pasti menyukainya.

Nah, salah satu cara untuk memperluas pangsa pasar adalah dengan membuat promo yang menarik dan memungkinkan pelanggan baru untuk membelinya. Tentunya promo ini harus disertai dengan cara penyampaian yang ciamik agar orang-orang tertarik untuk membeli produk Anda.

Penutup

Demikianlah artikel dari kami yang membahas seputar pangsa pasar kali ini. Lewat penjelasan singkat di atas dapat disimpulkan bahwa komponen yang satu ini merupakan salah satu yang terpenting untuk menentukan jalannya strategi pemasaran dalam bisnis. Lewat pemahaman market share secara menyeluruh, Anda dapat menentukan bagaimana strategi yang tepat dalam menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat.

Selain hal tersebut, sebagai seorang pelaku bisnis Anda juga harus memberikan perhatian lebih pada kondisi keuangan perusahaan. Jangan sampai operasional perusahaan berjalan namun tidak menghasilkan profit sama sekali. 

Untuk itu diperlukan sistem manajemen keuangan yang tepat untuk mengatur jalannya bisnis Anda. Jojo Expense dapat dipercayakan dalam hal ini sebagai software yang dapat membantu Anda dalam mengelola pengeluaran perusahaan dengan lebih efisien dan hemat waktu. 

Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang dapat membuat kinerja manajemen keuangan perusahaan menjadi lebih praktis. Sebut saja dengan fitur Budget Controlling, Cash Advance, Reimbursement Online, Transfer Real time, Mobile Approval dan masih banyak lagi lainnya.

Selain itu, Jojo Expense juga dilengkapi teknologi mutakhir berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang dapat menghindarkan Anda dari risiko terjadinya fraud financial. So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Expense dan permudah cara Anda dalam mengelola keuangan perusahaan sekarang juga!