Pelatihan Manajemen Waktu Dalam Perusahaan

pelatihan manajemen waktu

Mengadakan pelatihan manajemen waktu bagi karyawan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh perusahaan. Hal ini karena waktu merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap divisi dalam perusahaan untuk memastikan bahwa semua tugas dan pekerjaan yang dibebankan pada tiap divisi maupun karyawan dapat diselesaikan tepat waktu. Sering kali banyak karyawan yang menyepelekan hal tersebut dan berakibat fatal pada pertumbuhan bisnis serta perusahaan sepenuhnya. Oleh sebab itu jika ingin perusahaan berkembang menuju ke arah yang lebih baik, ada baiknya mencoba melakukan pelatihan manajemen waktu dengan langkah seperti yang dijelaskan berikut ini.

Pentingnya Pelatihan Manajemen Waktu

Sebelum melihat lebih jauh untuk menentukan langkah-langkah dalam mengadakan pelatihan bagi karyawan dalam hal pengaturan waktu ini, ada baiknya melihat manfaat yang bisa diperoleh dari pengaturan waktu yang optimal. Dengan mengedepankan manajemen waktu sedemikian rupa, maka tentu bisnis serta perusahaan dapat memperoleh beberapa manfaat menarik seperti berikut ini.

Penyelesaian Tugas Secara Efektif

Melalui manajemen dalam hal waktu yang efektif, secara tidak langsung hal ini juga mendorong karyawan dalam menyelesaikan seluruh tugas secara efektif juga. Sehingga semua yang menjadi beban kerja tiap karyawan bisa diselesaikan secara optimal dan hal ini sama artinya membantu tercapainya target yang diterapkan oleh perusahaan. Baik itu target harian, mingguan, bulanan hingga pencapaian target tahunan.

Pencapaian Visi Misi Secara Optimal

Tidak hanya membantu mencapai target yang diterapkan oleh bisnis atau perusahaan tersebut, tetapi melalui manajemen waktu yang efektif maka secara tidak langsung hal ini juga membantu mewujudkan visi dan misi perusahaan sebaik mungkin. Tentu saja visi dan misi ini adalah poin penting yang harus dicapai perusahaan secara keseluruhan. Dengan dinamika pengaturan waktu oleh setiap karyawan yang optimal, maka hal ini menuntun pencapaian dan pelaksanaan visi misi perusahaan sepenuhnya.

Penempatan Prioritas Yang Tepat

Pelatihan manajemen waktu juga membantu karyawan dalam menentukan serta menempatkan prioritas yang paling tepat sesuai skala dan kebutuhannya. Dari sini maka karyawan belajar mengutamakan mana tugas yang harus didahulukan serta mana yang dapat dikerjakan paling akhir. Sehingga setidaknya hal ini membuat prioritas-prioritas penting dalam perusahaan bisa berjalan tepat waktu. Seperti misalnya jadwal target pekerjaan atau jadwal pengiriman barang dan jasa yang diberikan perusahaan pada pelanggannya.

Bonus Karyawan

Ketika visi dan misi tercapai, ketika target perusahaan terpenuhi secara maksimal berkat manajemen waktu yang baik dari para karyawannya, otomatis hal ini berdampak pada kesejahteraan karyawan itu sendiri. Saat perusahaan dan bisnis berkembang lebih baik, maka ada tambahan pendapatan yang bisa diberikan kepada karyawan yang bersangkutan. Atau umumnya hal ini disebut dengan bonus tahunan atau bonus proyek yang bisa diterima oleh karyawan berkat prestasinya di dalam pekerjaan. Yang mana prestasi tersebut diperoleh dari manajemen waktu yang baik tadi.

Langkah Pelatihan Manajemen Waktu

Tentu saja untuk mewujudkan pelatihan manajemen waktu di dalam sebuah perusahaan butuh usaha serta komitmen dari semua pihak. Baik dari sisi perusahaan, tim HRD perusahaan, serta karyawan yang diminta melaksanakan pelatihan tersebut. Ada banyak langkah yang harus dilalui jika ingin memastikan pelatihan tersebut berjalan lancar dan berhasil secara optimal. Untuk dapat melakukan hal tersebut, berikut ini beberapa poin penting langkah yang bisa diambil dalam merencanakan serta melaksanakan pelatihan manajemen waktu.

Tentukan Peserta Yang Ikut Dalam Pelatihan

Pertama-tama tentu perlu untuk menentukan siapa saja yang harus dan wajib mengikuti pelatihan tersebut. Sebaiknya pastikan untuk membuat daftar nama tersebut kemudian mengkonfirmasi pada karyawan mengenai kesediaan untuk mengikuti pelatihan nanti.

Siapkan Materi Yang Sesuai

Tentukan materi apa saja yang sesuai untuk memastikan bahwa materi tersebut tepat sasaran dan tujuan ataupun target dari pelatihan itu sendiri. Hal ini untuk membantu pelatihan berjalan optimal serta sesuai dengan kebutuhan para karyawan yang mengikutinya. Bila perlu siapkan dalam bentuk handout dan presentasi yang bisa diberikan kepada karyawan untuk dipelajari lebih lanjut.

Menginformasikan Skala Prioritas

Pastikan bahwa di dalam materi pelatihan terdapat langkah-langkah untuk menentukan skala prioritas pekerjaan mereka sepenuhnya. Kunci dari manajemen waktu adalah kemampuan menyusun mana pekerjaan yang harus dilakukan lebih dulu dibandingkan pekerjaan yang lainnya. Oleh karena itu sangat penting menuntun karyawan untuk menentukan skala prioritas tugas harian mereka untuk menyelesaikan pekerjaan yang diminta oleh atasan.

Membantu Menyusun Jadwal

Dalam pelatihan manajemen waktu sangat penting juga untuk mengarahkan karyawan dalam menyusun jadwal kerja harian. Hal ini untuk memastikan skala prioritas yang ditentukan di atas dapat terlaksana dengan baik. Oleh karena itu sebaiknya tuntun perlahan supaya karyawan dapat membuat jadwal pekerjaannya sendiri secara efektif.

Bekerja Dengan Efisien

Tanamkan juga kebutuhan untuk bekerja secara efisien. Karena kunci dari manajemen waktu adalah berhasil menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan efisien. Sehingga dengan demikian maka tidak terdapat kesulitan dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan. Serta karyawan tidak perlu melakukan kerja di luar waktu resminya atau lembur.

Lakukan Evaluasi Pada Pelatihan Manajemen Waktu

Jangan lupa melakukan evaluasi dari pelatihan yang telah dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pelatihan tersebut memberikan hasil bagi para karyawan yang mengikutinya.

Menerapkan Manajemen Waktu Dalam Bisnis Dan Usaha

Itulah sedikit informasi menarik yang berkaitan dengan pelatihan manajemen waktu. Dengan informasi tersebut tentu akan lebih mudah bagi sebuah usaha atau bisnis untuk makin yakin dalam menerapkan pelatihan tersebut pada para karyawannya. Dengan menentukan manajemen waktu yang paling efektif dan efisien, maka tentu hal ini membantu secara tidak langsung pada peningkatan perusahaan secara optimal. Sehingga disinilah sebuah usaha berhasil meningkatkan bisnisnya ke arah yang lebih baik di masa depan dan mampu menjadi makin baik serta makin luas cakupan bisnisnya.

Hal ini tentu perlu didukung oleh sistem-sistem lain di dalam perusahaan yang sesuai. Salah satunya dengan memilih sistem keuangan yang paling optimal untuk diterapkan. Misalnya dengan beralih pada sistem yang ditawarkan oleh JojoExpense. Dengan menggunakan produk yang satu ini, maka tentu perusahaan akan memperoleh manfaat yang besar seperti misalnya:

  • Pengaturan pemasukan dan pengeluaran perusahaan yang lebih efektif dan transparan.
  • Sistem keuangan yang lebih efisien serta bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, termasuk untuk sistem reimbursement dan penyediaan cash advance kantor.

Tentu saja semua manfaat yang menarik di atas dapat diperoleh berkat fitur-fitur andalan yang tersedia bila memilih menggunakan JojoExpense. Beberapa fitur yang paling favorit di aplikasi ini termasuk fitur berikut ini:

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Nah, sebab itu jangan khawatir jika berpikir untuk memilih JojoExpense sebagai sistem pengelolaan keuangan perusahaan Anda. Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan dapatkan coba gratis selama 14 hari. Buktikan kehebatan dan manfaat sistem tersebut secara optimal di perusahan Anda secepatnya.