Pengaruh Globalisasi Pada Berbagai Macam Bidang Di Indonesia

globalisasi

Pengaruh globalisasi sudah tidak bisa kita hindari. Dunia bahkan terlihat lebih sempit karena adanya proses globalisasi ini. Anda bisa mengetahui banyak hal yang sedang terjadi di luar negeri dan bahkan bisa berkomunikasi secara langsung dengan orang dari negara lain. Tak dirasa rupanya globalisasi memberikan dampak bagi seluruh aspek kehidupan manusia. Tidak hanya dampak atau pengaruh positif saja yang bisa diberikan oleh globalisasi tetapi juga pengaruh atau dampak negatif. Oleh karena itu Anda susah seharusnya bisa menyikapi globalisasi dengan bijaksana. Jangan sampai globalisasi ini justru membawa Anda pada perubahan yang sifatnya buruk atau negatif.

Pengaruh Globalisasi di Bidang Budaya

Royalty-Free photo: Selective focus photography of flat screen monitors  turned off | PickPik

Salah satu pengaruh yang terjadi pada globalisasi terjadi pada budaya bangsa. Beberapa di antaranya yaitu perubahan seperti misalnya:

1. Berkembangnya modernisasi di dunia.

Modernisasi pada dasarnya identik dengan globalisasi. Modernisasi merupakan dampak yang ditimbulkan oleh adanya globalisasi. Dengan adanya modernisasi ini maka setiap daerah seolah memiliki pergeseran budaya dan gaya hidup. Jika tadinya orang menggunakan pakaian tradisional saat bepergian kini Anda mungkin hampir tidak pernah menemukannya. Kebudayaan daerah menjadi diabaikan karena adanya gaya hidup modern yang mendunia.

2. Lengkapnya sarana pendidikan.

Dunia pendidikan yang sangat erat kaitannya dengan pembangunan bagi manusia kini juga dikemas dalam bentuk yang lebih modern. Kelas online dan pengajaran bahasa asing sudah umum dilakukan di berbagai sekolah. Bahkan pendalaman budaya negara lain juga sudah menjadi konsumsi bagi beberapa siswa.

3. Kemajuan dan peningkatan SDM.

Lengkapnya sarana pendidikan yang memajukan wawasan siswa tentu nantinya bisa berdampak positif bagi siswa itu sendiri. Ke depannya globalisasi diharapkan agar dapat memberikan dampak positif bagi para generasi penerus bangsa. SDM menjadi semakin terampil dan berkualitas sehingga bisa membuat negara menjadi berkembang lebih baik dan mengalami kemajuan.

4. Pengetahuan mengenai kebudayaan negara lain.

Pendidikan dan kebudayaan yang memiliki kaitan erat ini jelas tak lepas dari pengaruh globalisasi. Segala sesuatu yang telah mendunia tampaknya tak bisa lepas dari pengamatan masyarakat. Baik bahasa asing maupun kostum khas dari beberapa negara asing bisa saja diketahui dan dipelajari oleh anak-anak di tanah air. Banyak hal positif yang bisa dipelajari dari negara lain dan hal ini tentu sangatlah bermanfaat.

Pengaruh Globalisasi di Bidang Ekonomi

cargo port crane photo – Free Shipping container Image on Unsplash

Pengaruh selanjutnya yaitu di bidang ekonomi. Beberapa yang paling umum yaitu pengaruh dalam hal:

1. Memacu produktivitas.

Dengan adanya globalisasi maka para pelaku ekonomi akan semakin memajukan produktivitasnya. Berbagai produk yang tadinya mungkin hanya disebarkan di area lokal saja sekarang ini bisa dipasarkan hingga ke berbagai negara di belahan dunia. Tampaknya hal ini membuat para pengusaha semakin berlomba-lomba untuk meningkatkan produknya baik secara kuantitas maupun kualitas. Hal ini dipandang baik mengingat bahwa produktivitas yang meningkat tentu akan berdampak baik pada perekonomian nasional di suatu negara.

2. Memacu inovasi.

Tidak hanya produktivitas saja yang akan semakin terpacu untuk dilakukan oleh para pelaku ekonomi di berbagai negara. Tetapi inovasi juga akan bermunculan dan semakin menambah jenis atau varian produk yang telah beredar di masyarakat luas. Inovasi yang meningkat dari para pelaku ekonomi akan memperluas upaya yang dilakukan. Bahkan bukan tidak mungkin jika para pelaku ekonomi semakin memperluas pengetahuan dan wawasannya demi menciptakan inovasi sehingga produk yang dihasilkan bisa semakin berkembang dan bisa diterima oleh masyarakat. Selanjutnya produk yang diluncurkan oleh suatu perusahaan juga diharapkan dapat berguna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

3. Kreativitas meningkat.

Produktivitas dan inovasi akan semakin maju dan berkembang dengan diiringi ide serta kreativitas yang juga meningkat. Memang di zaman yang berkembang ini tampaknya semakin diperlukan berbagai macam ide dan kreativitas dari setiap individu. Dengan adanya kreativitas yang semakin berkembang maka Anda bisa mengembangkan potensi sehingga hal ini nantinya akan berguna termasuk dalam hal ekonomi. Kreativitas bisa saja membuat Anda untuk menciptakan lapangan kerja dan memajukan usaha Anda tersebut.

4. Munculnya perusahaan internasional.

Secara lebih lanjut adanya globalisasi dapat membuat seseorang untuk menanamkan saham atau investasi di negara lain. Mungkin saja seorang pengusaha ingin memperluas pemasaran produknya hingga ke luar neger. Hal ini mungkin saja terjadi terutama di masa sekarang yang memasuki era globalisasi.

Pengaruh Globalisasi di Bidang Sosial

350+ Global Pictures | Download Free Images & Stock Photos on Unsplash

Terakhir globalisasi juga dapat berpengaruh pada bidang sosial, yaitu misalnya sebagai berikut:

1. Sikap individualistis.

Jika dulu seseorang bisa bersosialisasi dengan orang lain di sekitarnya secara langsung maka hal ini telah berbeda. Sekarang ini kebanyakan orang melakukan kontak dan komunikasi hanya melalui media internet. Dengan adanya media internet ini maka orang akan melakukan kontak dan komunikasi dari jarak yang terpaut jauh. Hal ini sebenarnya dapat menciptakan sikap individualisme.

2. Materialisme meningkat.

Meningkatnya gaya hidup yang ada di tengah masyarakat masa kini tentu membuat Anda dan setiap orang lebih menginginkan materi. Bahkan segala macam jenis pekerjaan akan dilakukan demi mendapatkan materi secara lebih. Uang tidak hanya digunakan untuk membeli kebutuhan saja tetapi juga untuk membeli segala hal yang berkaitan dengan gaya hidup. Oleh sebab itu masyarakat masa kini cenderung mengutamakan pekerjaan dan peduli materialisme daripada hal lainnya.

3. Berkembangnya hedonisme.

Hedonisme pada dasarnya merupakan pandangan hidup yang beranggapan bahwa tujuan utama dari hidup adalah kesenangan dan kenikmatan materi belaka. Hidup akan selalu dinikmati sampai habis-habisan karena penganut faham hedonisme berpikiran bahwa hidup ini hanya sekali saja. Jadi hidup ini cenderung untuk diisi dengan berbagai hal yang menyenangkan seperti dengan pesta pora dan bersenang-senang.

4. Adanya pragmatisme.

Pandangan pragmatisme sebenarnya merupakan sikap yang menilai sesuatu dilihat dari keuntungan atau kerugian yang akan diperoleh diri sendiri. Bahkan menolong orang lain juga bisa saja dilakukan dengan sikap pamrih. Hal ini terjadi karena adanya kemajuan zaman yang menyebabkan nilai gotong-royong dan tolong-menolong semakin berkurang. Segala sesuatu yang dilakukan oleh seseorang selalu terpaut dengan adanya motif berupa keuntungan bagi dirinya sendiri.

13 Contoh Sikap Kritis Menghadapi Tantangan Globalisasi

Era globalisasi memang menjadi tantangan bagi setiap masyarakat saat ini. Tentu dalam menghadapinya diperlukan sikap kritis. Apa itu sikap kritis? Sikap kritis merupakan suatu perilaku yang mencerminkan sikap untuk tidak mudah percaya dan selalu berusaha untuk menemukan kesalahan, serta memiliki rasa keingintahuan yang tinggi dalam menemukan solusi atas masalah tersebut.

Globalisasi adalah suatu proses yang terjadi secara global, era globalisasi membuat manusia lebih memiliki ketergantungan satu sama lain. Di era ini kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan menghasilkan banyak alat yang memudahkan manusia serta menghubungkan satu sama lain tanpa adanya batasan baik itu secara geografis, budaya, bahasa dan sekat sekat lainnya.

Untuk menghadapi pengaruh globalisasi yang semakin nyata di depan kita, Berikut ini 13 Contoh Sikap Kritis yang bisa diterapkan dalam menghadapi tantangan globalisasi.

1.      Mempelajari Bahasa Asing

Bahasa merupakan media untuk berkomunikasi dengan orang lain. Beberapa bahasa seperti bahasa Inggris, bahasa tiongkok, jepang, jerman, perancis, spanyol, dan lainnya sangat banyak dipakai di dalam perdagangan dunia. Untuk menghadapi tantangan globalisasi ini, Anda harus menguasai satu atau beberapa bahasa asing untuk meningkatkan kemampuan/ skill Anda.

Mempelajari bahasa asing sangat penting khususnya saat ini kita sudah masuk di era globalisasi. Setiap lini kehidupan berubah lebih modern. Beberapa perubahan tersebut bisa bernilai positif, namun juga bisa bernilai negatif.

2.      Bersikap Lebih Open Minded

Orang-orang yang lebih open minded (berpikiran terbuka) adalah mereka yang mampu beradaptasi dan lebih berpikiran positif. Dalam hal ini menerima segala teknologi dan kebudayaan asing yang memang sudah bagian dari dampak globalisasi. Mereka tidak mudah untuk menghakimi dan bersifat fleksibel. Sewajarnya Anda bisa lebih bersikap open minded dalam menerima dampak di era globalisasi saat ini.

Orang-orang yang kritis terhadap pengaruh globalisasi dia akan lebih berusaha untuk mencari ilmu yang akan bermanfaat baginya, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, serta berusaha untuk mencari solusi atas permasalahan yang terjadi akibat dampak dari globalisasi ini.

3.      Mengembangkan Kemampuan (Skill)

Sama halnya dengan mengembangkan kemampuan bahasa asing yang sudah di bahas di poin pertama. Kemampuan lainnya yang bisa di kembangkan adalah skill di dunia kerja. Karena saat ini perusahaan tidak hanya melihat latar belakang pendidikanmu saja, tetapi juga mengutamakan skill atau kemampuan yang Anda miliki agar bisa bermanfaat dalam menyelesaikan pekerjaan nantinya.

4.      Membuat Perencanaan Yang Matang

Perencanaan adalah target yang dibuat sebelum mulai melakukan sesuatu. Penting untuk Anda mengatur perencanaan yang tepat sebelum memulai melakukannya, sehingga langkah yang akan dilakukan sudah terencana dengan baik. Dengan adanya rencana yang matang maka Anda bisa menghadapi berbagai tantangan globalisasi termasuk isu pengangguran dan kemiskinan

5.      Mencintai Produk dalam Negeri

Cara untuk meningkatkan perekonomian di dalam negeri adalah dengan membeli produk-produk dalam negeri. Kita memang lebih harus memprioritaskan produk dalam negeri. Selama suatu barang atau jasa yang kita butuhkan ada di dalam negeri, Anda tidak perlu mendapatkan dari luar negeri. Karena hal ini akan memberikan kesempatan bagi pengusaha dalam negeri untuk mengembangkan bisnisnya, perekonomian juga berputar. Selain itu, mencintai produk dalam negeri berarti wujud nasionalisme kita sebagai warga negara.

6.      Tidak Terpengaruh Dengan Budaya Asing

Era globalissi mendatangkan arus kebudayaan asing yang berpengaruh sangat besar. Sehingga kita sebagai masyarakat yang memiliki ideologi Pancasila harus benar-benar menyaring atau memfilter mana budaya yang bernilai positif dan mana budaya yang seharusnya tidak diikuti. Buang jauh-jauh kebudayaan yang merugikan diri kita sendiri.

7.      Memahami Nilai Pancasila

Pancasila adalah ideologi negara yang menjadi pedoman dan pandangan hidup setiap warga negara Indonesia. Ini merupakan identitas yang harus kita pahami di setiap sila yang terkandung di dalamnya. Jadi, dengan kita berpedoman terhadap ideologi negara kita bisa melakukan filter terhadap kebudayaan asing

8.      Mengurangi Barang Impor

Seperti halnya kita harus mencintai produk dalam negeri, barang yang berasal dari luar negeri juga perlu dikurangi dan digantikan dengan produksi dalam negeri. Jika Anda gemar mengonsumsi/ memakai barang dari luar negeri, mulailah untuk mengurangi kebiasaan tersebut dan mulailah menggunakan produk dalam negeri. Karena dengan begitu, kita bisa lebih meningkatkan kemandirian ekonomi

9.      Mengembangkan UMKM

UMKM merupakan bidang ekonomi yang benar-benar berasal dari masyarakat, UMKM merupakan salah satu kekuatan ekonomi dasar yang memajukan pergerakan ekonomi. Oleh karena itu, kita juga harus membantu dalam mengembangkan UMKM di Indonesia sehingga akan berdampak terhadap kemandirian ekonomi yang lebih baik.

10. Aktif dalam Forum Internasional

Sebagai warga negara Indonesia, kita juga harus berkontribusi terhadap berbagai hal yang sedang hangat diperbincangkan di dunia. Sebagai warga negara kita juga harus aktif mewakili Indonesia di berbagai forum yang membahas berbagai hal, guna mempersiapkan diri untuk tantangan globalisasi yang lebih kompleks

11. Mengetahui Perkembangan Teknologi Terkini

Teknologi adalah bidang yang selalu memiliki upgrade tersendiri, tidak heran setiap tahunnya perkembangan teknologi lebih maju. Teknologi juga saat ini menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Sebagai warga negara Indonesia, kita perlu tanggap terhadap tantangan globalisasi. Kita perlu update dengan teknologi terkini dan memanfaatkannya untuk hal yang positif.

12. Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Kemampuan bepikir tidak hanya diasah di lingkungan pendidikan seperti sekolah atau kampus, tetapi kemampuan daya berpikir juga harus diasah melalui berbagai pengalaman dan mencoba berbagai hal baru. Banyaklah membaca, rajin olahraga, memperhatikan asupan makanan, dan biasakan diri untuk produktif setiap harinya.

13. Deregulasi dan Debirokrasi

Apa itu deregulasi? Deregulasi adalah sekumpulan tindakan yang memproses pengurangan segala aturan, hukum atau perundang-undangan yang berlaku sehingga lebih sederhana dan mudah untuk di aplikasikan.

Apa itu debirokrasi? Debirokrasi yaitu sekumpulan tindakan yang memproses pengurangan tata kerja yang serba lamban dan rumit agar tercapai hasil dengan lebih cepat. Kegiatan ini merupakan kebijakan yang diambil untuk memperbaharui proses penyelenggaraan pelayanan bisnis, sehingga perekonomian dapat lebih berkembang maju kedepannya.

Pengaruh globalisasi pada berbagai bidang cukup besar, sama halnya dengan pengaruh penggunaan produk yang tepat untuk absensi karyawan di kantor. Misalnya melalui penggunaan JojoTimes. Dimana produk ini membantu untuk memastikan absensi karyawan yang tercatat secara otomatis. Termasuk juga mengetahui pengajuan cuti karyawan secara sistematis.

Beberapa manfaat tersebut berkat adanya fitur pada JojoTimes antara lain Mobile Check In & Check Out, Accurate GPS location via Geotagging, Check In & Check Out Monitoring, Biometric Face Recognition, serta beberapa fitur bermanfaat lainnya. Dengan fitur dan kemudahan tersebut, jangan ragu untuk segera mendapatkan coba gratis JojoTimes di perusahaan Anda. Buktikan kehebatan produk tersebut dan pastikan program absensi karyawan yang lebih efektif bersama JojoTimes.