Perencanaan Pembangunan Ekonomi dan Implementasinya

perencanaan pembangunan ekonomi

Proses kemajuan setiap bangsa yaitu harus menjalani tahap-tahap perkembangan pembangunan diberbagai sektor ekonomi, untuk menuju kondisi rakyat yang adil, makmur, dan sejahtera. Untuk itu diperlukan perencanaan pembangunan ekonomi yang dilakukan dengan matang dan terencana.

Agar pembangunan sebuah Negara dalam bidang ekonomi makin cepat, maka Negara tersebut harus mengupayakan pembangunan ekonomi yang maksimal. Karena pembangunan ekonomi sesungguhnya sangat erat kaitannya dengan beragam sistem kehidupan ini. 

Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai perencanaan pembangunan ekonomi.

Perencanaan Pembangunan Ekonomi negara

Pengertian dalam perencanaan pembangunan negara terutama dalam bidang ekonomi merupakan sebuah proses yang dijalankan secara berkesinambungan dan mencakup berbagai keputusan serta pilihan yang dijadikan sebagai alternatif untuk penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan tertentu pada masa yang akan datang.

Tujuannya adalah untuk mengendalikan sebuah kegiatan perekonomian suatu negara agar dapat mencapai sasaran dan tujuan tertentu untuk masa yang akan datang.

Fungsi Perencanaan Pembangunan Ekonomi

  1. Terdapat pengarahan kegiatan, pedoman kegiatan pada pencapaian pembangunan
  2. Ada perkiraan potensi, prospek perkembangan, hambatan & risiko dimasa mendatang
  3. Memberi kesempatan mengadakan pilihan terbaik
  4. Dilakukan penyusunan skala prioritas dari segi pentingnya tujuan
  5. Sebagai alat mengukur / standar thd pengawasan evaluasi.

Manfaat perencanaan pembangunan ekonomi

  1. Penggunaan sumber pembangunan terbatas dapat efisien dan efektif, sehingga terhindar dari pemborosan.
  2. Perkembangan / pertumbuhan ekonomi menjadi mantap
  3. Tercapai stabilitas ekonomi dalam menghadapi siklus konjungtur.
Economic Growth

Syarat-syarat keberhasilan suatu perencanaan pembangunan :

  1. Komisi perencanaan ; terorganisir dan ahli.
  2. Data statistik
  3. Tujuan
  4. Penetapan sasaran & prioritas ; secara makro dan sektoral
  5. Mobilisasi sumber daya ; luar negeri & dalam negeri (Saving, Laba & Pajak)
  6. Kesinambungan perencanaan
  7. Sistem administrasi yang efisien ; kuat, tidak korup (Lewis)
  8. Kebijaksanaan pembangunan yg tepat
  9. Administrasi yg ekonomis
  10. Dasar Pendidikan.
  11. Teori konsumsi; menurut GALBRAITH (1962)
  12. Dukungan masyarakat; rencana nasional

    • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
    • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Ciri-Ciri Perencanaan Pembangunan Ekonomi

Berikut ini adalah ciri-cirinya antara lain :

  1. Ada usaha yang di dalamnya mencerminkan rencana untuk tujuan perkembangan dari sisi sosial dan ekonomi yang lebih baik.
  2. Proses meningkatkan pendapatan
  3. Perubahan dalam hal struktur ekonomi dan juga adanya perluasan dari sisi kesempatan kerja.
  4. Perluasan kesempatan kerja
  5. Didukung oleh adanya pemerataan pembangunan
  6. Pembinaan kepada lembaga ekonomi kemasyarakatan yang dapat menunjang pembangunan.
  7. Konsisten menjaga stabilitas ekonomi

Di samping itu, perencanaan pembangunan ekonomi juga memiliki beberapa unsur pokok di dalamnya. Di antaranya adalah kebijaksanaan dasar ataupun strategi dasar perencanaan suatu pembangunan. Hal ini juga didukung oleh adanya kerangka dalam rencana makro.

Pengertian Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi juga dimaknai dengan suatu proses kenaikan pendapatan keseluruhan dan per kapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan suatu penduduk. Selain itu juga ditandai dengan adanya perubahan secara fundamental di sebuah struktur ekonomi suatu Negara dan juga naiknya pendapatan dari masyarakat itu sendiri dalam suatu Negara.

Dari beberapa uraian di atas dapat dipahami bahwa Pembangunan Ekonomi adalah sebuah perubahan yang terjadi secara terus menerus dari waktu ke waktu. Perubahan tersebut terjadi melalui berbagai kombinasi proses untuk mendapatkan penghasilan yang lebih baik. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan pendapatan perkapita yang berlangsung dalam jangka waktu lama.

Pembangunan ekonomi di sini sangat bergantung kepada pertumbuhan ekonomi. Adanya pembangunan ekonomi menjadi pendorong akan tumbuhnya ekonomi. Sebaiknya, adanya pertumbuhan ekonomi akan memperlancar pembangunan ekonomi.

perencanaan pembangunan ekonomi

Tujuan Pembangunan Ekonomi

  1. Membuka lapangan pekerjaan untuk mengurangi pengangguran sehingga mampu menurunkan angka kemiskinan
  2. Membaiknya kualitas hidup seluruh penduduk
  3. Menyetarakan serta meningkatkan taraf hidup masyarakat
  4. Mengurangi kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat
  5. Meningkatnya kemakmuran dan keadilan dalam bermasyarakat

Faktor Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

Tingkat keberhasilan dari pembangunan ekonomi sesungguhnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah :

1. Sumber Daya Alam

Sumber daya alam menjadi faktor yang sangat penting dalam pembangunan ekonomi. Pembangunan mustahil untuk dilakukan jika tidak ada sumber daya alam. Pengeluaran produksi sebuah Negara juga akan berkurang dengan adanya sumber daya alam tersebut.

2. Sumber Daya Manusia

Faktor pembangunan ekonomi yang kedua adalah sumber daya manusia. Hal itu disebabkan karena semua tindakan ekonomi dijalankan oleh sumber daya manusia. Dalam hal ini, untuk melakukan pembangunan ekonomi, dibutuhkanlah sumber daya manusia yang berpotensi dan berkompeten di bidangnya.

3. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Adanya ilmu pengetahuan dan teknologi memungkinkan adanya pengelolaan sumber daya manusia yang efektif dan juga efisien. Keduanya dibutuhkan untuk mengelola serta mengatur sumber daya alam dan sumber daya manusia. Dengan adanya IPTEK tersebut, pekerjaan akan semakin mudah, cepat dan ringan.

4. Kondisi Sosial Budaya

Faktor kondisi sosial budaya juga bisa menjadi pendorong atau bahkan penghambat bagi pertumbuhan ekonomi sebuah Negara. Adanya jiwa sosial yang tinggi mendorong pembangunan ekonomi yang semakin baik. Begitupun sebaliknya. Sehingga, dapat dipastikan bahwa kondisi sosial budaya memiliki pengaruh yang penting.

5. Kondisi Politik

Politik adalah salah satu faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi. Ia bisa menjadi teman atau lawan bagi pembangunan. Hal itu disebabkan karena politik sendiri akan sangat mempengaruhi kebijakan pasar. Negara yang kondisi politiknya baik dan stabil, maka perekonomian juga akan berjalan dengan baik.

6. Sistem Pemerintahan

Dengan dukungan sistem pemerintahan yang baik maka akan turut mendorong terbentuknya sistem ekonomi di sebuah Negara. Misalnya Negara Indonesia menganut sistem demokrasi, maka sudah bisa dipastikan bahwa sistem perekonomiannya juga memberikan kebebasan disertai dengan pengawasan. Artinya, sistem pemerintahan yang baik akan mendorong perekonomian pula.

7. Sarana Prasarana

Tidak kalah pentingnya adalah sarana dan prasarana, agar pembangunan ekonomi menjadi semakin optimal, maka dibutuhkan sarana prasarana yang lengkap dan memadai. Karena jika sarana dan prasarananya tidak mendukung, maka pembangunan ekonomi akan terhambat dan permasalahan Negara akan semakin kompleks.

perencanaan pembangunan ekonomi

Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

Membaiknya atau berkembangnya ekonomu suatu negara dipengaruhi oleh indikator di dalamnya, yaitu :

1) Pendapatan Perkapita

Pendapatan perkapita menjadi indikator ukuran keberhasilan pembangunan ekonomi. Intinya jika pendapatkan perkapita semakin tinggi dan mengalami kenaikan, maka itu juga akan membuat stabilitas ekonomi lebih baik. Sehingga masyarakat juga akan semakin terjamin.

2) Bidang Kesehatan

Kesehatan juga sangat berpengaruh kepada perekonomian. Dengan mudahnya akses dalam bidang kesehatan, maka taraf kehidupan masyarakat juga akan semakin tinggi. Sehingga bisa dipastikan bahwa kesehatan menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi.

3) Urbanisasi

Urbanisasi menjadi salah satu indikator pembangunan ekonomi karena jika penduduk di sebuah Negara pindah dari desa ke kota, maka hal tersebut menandakan bahwa kesejahteraan dan kemakmuran akan muncul.

4) Struktur Ekonomi

Indikator selanjutnya dari pembangunan ekonomi adalah struktur ekonomi. Ketika pembangunan ekonomi mengalami perkembangan, maka struktur ekonominya juga akan mengalami perkembangan.

5) Sektor Pendidikan

Indikator keberhasilan pembangunan ekonomi yang paling penting lainnya adalah dibidang pendidikan. Semakin banyak warga Negara yang cerdas, maka pembangunanya juga akan semakin bagus sebagaimana contohnya seorang yang memiliki kepandaian dalam wirausaha mampu membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

Sumber pembiayaan pembangunan

  1. Memiliki tabungan dalam Negeri berasal dari tabungan perusahaan & serta rumah tangga
  2. Tabungan Luar Negeri berasal dari Tabungan pemerintah asing (LN) dan tabungan swasta asing
  3. Investasi dan Pertumbuhan
  4. Effisiensi penggunaan modal
  5. Sumber dana dari luar negeri : pemerintah / swasta
  6. Bantuan luar negeri

Lembaga-Lembaga Bantuan Internasional

  1. The Asian Development Bank (ADB)
  2. Bank Dunia (World Bank) : IMF Badan Perwakilan Bank Dunia.

Manfaat kerjasama investor Asing

  1. Menciptakan perluasan kerja
  2. Proses alih teknologi & keterampilan yg bermanfaat
  3. Sebagai sumber tabungan / devisa
perencanaan pembangunan ekonomi

Perencanaan pembangunan ekonomi sampai ke tahap pembangunan dapat menyebabkan pendapatan perkapita penduduk meningkat dalam jangka panjang. Otimatis akan meningkatkan taraf hidup masyarakat serta kemajuan dalam berbagai bidang termasuk sumber daya manusia dan tekhnologi.

Meningatnya perkembangan teknologi, otomatis juga meningkatkan kinerja perusahaan karena dibantu oleh software yang serba digital. Seperti aplikasi JojoExpense, sebuah inovasi manajemen keuangan perusahaan.

Aplikasi berbasis cloud bernama JojoExpense sangat inovatif

Menjadi solusi manajemen pengeluaran Perusahaan yang fleksibel dan akurat JojoExpense memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis

Fitur populer yang inovatif dari JojoExpense

  1. Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  2. Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  3. Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Coba Gratis Sekarang