Persiapan Seleksi CPNS 2021, Ini Hal Yang Harus Disiapkan

Kabar baik Persiapan Seleksi CPNS 2021 ini didukung dengan peraturan dari Kepala Biro Hukum Komunikasi dan Informasi Publik, bahwa jumlah formasi CPNS untuk tahun 2021 akan diberi kuota lebih besar dari formasi tahun 2019, karena selama tahun 2020 ini tidak ada penerimaan CPNS.

Formasi di tahun 2019 yang lalu adalah 254.103 orang. Bagaimana untuk tahun ini? mungkin saja 300.000 atau bahkan lebih, Yang jelas Semoga lebih besar dari kuota tahun 2019 lalu. Untuk menyambut kabar baik ini, buat anda semua yang bercita-cita ingin jadi PNS bisa dari sekarang mulai mempersiapkan diri, mengingat di tahun lalu tidak ada penerimaan sehingga semakin banyak orang yang ingin menjadi PNS, maka semakin besar juga persaingan-persaingan kedepannya

Oleh karena itu bagaimana cara untuk memenangkan kompetisi tersebut? anda bisa memulainya dengan cara mencuri start lebih dahulu. Sseperti yang telah anda ketahui bersama mengenai tahapan pengadaan PNS, yaitu mulai dari seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar dan kompetensi bidang. Dari ketiga seleksi ini dapat anda bagi menjadi dua. Pertama dari sisi administratif yang kedua dari sisi kompetensi. Nah disini kami akan bahas apa apa saja Persiapan Seleksi CPNS 2021 yang bisa anda persiapkan dari sekarang, selamat membaca.

Sisi Admininstratif

Dari administratif berdasarkan PP 11 tahun 2017 yang telah diubah dengan PP 17 tahun 2020 tentang manajemen pegawai negeri sipil, bahwasanya “Setiap warga negara Indonesia itu mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi PNS dengan usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun Pada saat melamar.”  Yang harus anda perhatikan dengan seksama adalah pada saat melamar.

Ini adalah sebuah angka yang memang secara umum saja ya. Tapi apabila anda lihat kepada berbagai instansi pemerintah yang lain, angka ini bisa saja berbeda.

Jadi, mulai sekarang anda sudah harus mengetahui ke instansi mana anda akan mendaftarkan diri sebagai CPNS. Apakah batas umur masih mencukupi? jika tidak anda bisa melihat untuk instansi instansi lainnya.

  • Untuk aturan selanjutnya mengenai persyaratannya yaitu tidak pernah dipidana penjara dengan pidana 2 tahun atau lebih
  • Tidak pernah diberhentikan sebagai PNS TNI kepolisian atau tidak diberhentikan Dengan hormat sebagai pegawai swasta
  • tidak sedang sebagai CPNS PNS TNI ataupun anggota kepolisian
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan
  • Sehat jasmani dan rohani serta bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu masih ada persyaratan tambahan yang dimiliki masing-masing instansi. Apabila anda merasa sudah bebas dan lolos dari persyaratan tadi, langsung saja daftarkan dirimu. Untuk kelengkapan dokumen, mulai sekarang yang bisa anda siapkan yaitu adalah:

  • KTP
  • Kartu Keluarga
  • Scan ijazah
  • Transkrip nilai
  • Akreditasi,
  • serta untuk dokter itu siapkan aja STR nya yang masih berlaku

Oiya, nama di KTP, KK, Ijazah harus sama semua ya. NIM dan NIK juga. Kalau merasa ada yang berbeda segera urus sbelum bermasalah.

Untuk persyaratan nilai, minimal D3 dan S1 adalah IPK 2,75 Sedangkan untuk S2 minimal IPK nya adalah 3. Selanjutnya mulai siapkan akreditasi kampus dan Prodi.

Sisi Kompetensi

Tes Bahasa Asing

Bahasa asing yang dites adalah bahasa inggris. Apabila anda merasa belum menguasainya, langsung belajar dari sekarang.

Tes Fisik

Ada beberapa instansi seperti kepolisian yang mengharuskan tes fisik, jadi persiapkan ya.

Tes Wawancara

Tes wawancara diberlakukan di beberapa instansi. Persiapkan apa yang sekiranya akan ditanyakan. Latihan berbicara agar tidak grogi, kalau bisa cari referensi aoa yang sekiranya akan ditanyakan oleh pewawancara.

Setelah melengkapi di sisi admininstrasi, mari kita siapkan di sisi kompetensi. Pada tes CPNS terdapat tes yang namanya SKD dan SKB. Nah disini anda bisa fokus dulu untuk persiapan SKD, karena ini yang pertama kali akan anda hadapi setelah seleksi administrasi.

Untuk cara belajarnya, sebenarnya anda bisa mendapatkannya secara gratis di Youtube, Google atau minta ke teman-teman anda mengenai bocoran kisi-kisi. Oleh karena itu, sekarang aku akan bagikan beberapa website berbayar yang terbaik untuk persiapan CPNS. Oke langsung simak saja ya.

1.      Ayo CPNS

Ayo CPNS merupakan website panduan untuk CPNS, dan sudah terbukti banyak rekan-rekan yang lulus terbantu dengan adanya soal try out materi dan soal dari Ayo CPNS. Pada tahun 2019 lalu, Ayo CPNS adalah sebuah website yang paling banyak digunakan oleh CPNS karena apa, Karena dirasa paling lengkap, mulai dari materi SKD soal-soal try out juga tersedia untuk banyak formasi. Anda akan mendapatkan akses untuk SKD, anda juga akan mendapatkan materi materi TWK, TIU dan TKP sangat lengkap, sesuai dengan peraturan terbaru di sini.

2.      Sahabat CPNS

Berikutnya rekomendasi kedua adalah dari website sahabat CPNS. Sebenarnya semua sama dengan Ayo CPNS, namun bedanya adalah Sahabat CPNS ini punya grup diskusi dalam bentuk telegram. Sahabat CPNS juga punya aplikasi OS Android, jadi buat teman-teman yang punya handphone Android bisa langsung Buka Play Store dan download Sahabat CPNS di playstore.

3.      Persiapan Mental

Selanjutnya adalah mempersiapkan mental, doa dan berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena bisa saja jika kita tidak lulus, mungkin memang bukan rejeki kita. Berikutnya adalah kesehatan. Untuk apa anda kebut-kebutan belajar jika ujung-ujungnya tipes? Alokasikan waktu belajar sesuai kemampuan tubuh dan fisik anda. Jangan sampai anda melakukan blunder akibat manajemen waktu yang buruk. Oke teman-teman, mungkin ini saja yang bisa di bagikan kepada anda semua mengenai bagaimana Persiapan Seleksi CPNS 2021 dengan baik. Semoga anda semua lulus dan diberikan kemudahan ketika menjalani semua tes dan ujiannya.

Platform bisnis all-in-one untuk permudah kelola perusahaan

Suite aplikasi yang unik dan canggih untuk menjalankan seluruh bisnis & membantu tiap tim memberikan hasil kerja terbaik.

Aplikasi finance & expense terbaik yang akan disukai tim Anda
Produk Finance & Expense kami siap digunakan, mudah dipakai dan memiliki ROI besar untuk semua jenis bisnis.

Finance & Expense Suites, Pantau dan kelola keuangan serta budget secara mudah & real-time.

Aplikasi Finance & Expense

Atasi tantangan akuntansi bisnis menggunakan rangkaian aplikasi keuangan terbaik kami di cloud.

Produk populer untuk meningkatkan produktivitas perusahaan
Hemat waktu, uang, dan tenaga dengan otomasi sekaligus streamlining tugas HR & Finance.

Aplikasi JojoPayroll

Solusi Penggajian Perusahaan Bebas Masalah, Kelola dengan Sentuhan Jari Anda, Kapan Saja Dimana Saja. Solusi dari aplikasi JojoPayroll yang Berbasis Cloud mendukung bisnis Anda dan terintegrasi dengan sistem akuntansi Anda serta transfer bank yang real-time.

Memiliki Fitur Populer

  1. Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  2. Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  3. Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Kenali cara kerjanya serta buktikan kinerjanya dengan klik Coba Gratis Sekarang