Pro Dan Kontra Media Serta Efek Yang Ditimbulkan

Pro dan kontra media seringkali dijumpai di zaman sekarang ini. Masa demokrasi yang ada sekarang ini tampaknya semakin memberikan waktu dan kesempatan pada khalayak masyarakat untuk saling membeberkan komentar dan opininya terhadap seorang tokoh dan suatu isu permasalahan yang ada. Bahkan bisa saja komentar dan opini ditujukan pasa suatu lembaga yang sedang disorot. Beberapa media saat ini tampaknya cenderung untuk memilih tokoh atau lembaga dan dijadikan sebagai bahan acuan untuk segala pemberitaan yang dibuatnya. Dalam hal ini terdapat media pro dan ada pula media kontra yang akan memberitakan berbagai informasi yang ingin disajikannya.

Pro dan kontra media saat ini sudah menjadi hal biasa dan bisa ditemukan dengan lebih mudah. Beberapa media akan terkumpul bersama membentuk golongan pro sekaligus golongan kontra. Segala informasi yang diperoleh mengenai tokoh atau lembaga tertentu akan dijadikan sebagai sumber berita yang tentunya akan memancing rasa tertarik dari para netizen. Oleh karena itu Anda sebagai pembaca media haruslah memiliki sikap yang lebih bijaksana. Jadilah masyarakat yang cerdas dan berwawasan luas serta memiliki pengembangan karakter yang baik. Dengan demikian maka Anda bisa menjadi penikmat media yang lebih objektif dan beretika. Sebagai penikmat media sebaiknya Anda turut memberikan solusi bagi permasalahan yang muncul dan ada daripada memberikan opini dan komentar yang bersifat negatif serta menjatuhkan pihak lain.

Pro Dalam Media

Adapun istilah yang bisa disebut pro di dalam media dari relasi adanya pro dan kontra media yaitu sebagai berikut.

1. Mendukung seorang tokoh.

Media yang pro atau mendukung eksistensi seorang tokoh tentu akan menyajikan berbagai berita yang terkesan baik mengenai tokoh tersebut. Beberapa media bahkan bisa saja tergabung ke dalam anggota grup yang tentunya mendukung seorang tokoh. Bahkan Anda bisa mencari berita dan informasi mengenai seorang tokoh dari media tersebut. Sebenarnya dukungan tidak selalu hanya diberikan pada seorang tokoh saja. Tetapi dukungan juga bisa saja diberikan kepada berbagai hal lainnya seperti misalnya pada sebuah lembaga atau badan usaha tertentu. Dukungan media bisa dilihat dari adanya pemberitaan positif mengenai topik atau isu yang sedang dibahas. Selain itu dukungan umumnya ditunjukkan melalui berbagai harapan yang dilontarkan pada media.

2. Banyak mengungkap perkembangan seorang tokoh.

Kehidupan seorang tokoh memang tidak selalu berjalan mulus termasuk pula bagi tokoh politik atau siapapun tokoh tersebut. Namun media yang pro atau mendukung seorang tokoh tentu akan memberitakan berbagai hal positif yang menyangkut perkembangan dan kemajuan dari tokoh yang didukungnya. Bahkan seringkali hal negatif atau kegagalan sang tokoh tidak dilipu dan disajikan di media sehingga hal yang tidak baik dari tokoh tersebut tidaklah dikonsumsi oleh publik. Sekarang ini sebuah media memang bisa mengekspresikan apa yang dirasakannya pada seorang tokoh secara lebih bebas. Namun media pendukung tokoh atau lembaga tertentu lebih cenderung memberikan ekspresi yang mengungkapkan sanjungannya pada tokoh atau lembaga tertentu.

3. Menyajikan berita sesuai dengan permasalahan yang ada.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa seorang tokoh atau suatu lembaga bisa saja mengalami sebuah permasalahan dan bahkan mengalami kegagalan. Namun media pendukung biasanya hanya menyajikan informasi yang valid mengenai kegagalan tersebut. Tidak akan ada opini negatif dan justru pada media akan ditemukan beberapa harapan yang cenderung bersifat positif. Kegagalan tokoh dan lembaga mungkin saja diinformasikan dengan disertai adanya data yang menunjukkan kondisi ekternal. Tentunya kondisi eksternal ini lebih mengacu kepada segala kondisi yang bisa membuat tokoh atau lembaga tersebut menjadi jatuh dan mengalami kegagalan dalam menjalankan usahanya. Pada kenyataannya media pro akan selalu memberikan informasi positif mengenai tokoh dan lembaga yang didukungnya.

Kontra dalam Media

Sementara yang dianggap kontra bila ada pernyataan mengenal pro dan kontra media yaitu umumnya termasuk sebagai berikut.

1. Melanggar etika dan privasi seorang tokoh.

Bagaimanapun juga seorang tokoh tetap memiliki privasi tersendiri yang sebaiknya tidak diumbar di sebuah media. Namun media yang bersifat kontra seringkali menyajikan dan memberitakan hal atau informasi yang bersifat negatif. Bahkan pemberitaan ini dilakukan dengan melanggar privasi tokoh yang diberitakan. Dalam menyajikan pemberitaan ini terkadang bahkan media sampai melanggar etika jurnalistik yang telah ditentukan. Berita negatif dan melanggar etika jurnalistik serta melanggar privasi ini seringkali disertai pula dengan adanya opini negatif yang datang dari netizen. Tentu saja hal ini membuat media semakin tampak menunjukkan sisi kontra yang dimiliknya pada tokoh atau pada lembaga tertentu.

2. Memberi kesempatan besar pada netizen untuk beropini.

Media yang bersifat kontra juga cenderung memberikan kesempatan yang besar bagi netizen untuk membanjiri berita yang disajikannya dengan berbagai komentar yang ada. Akan menjadi hal yang dirasa lebih baik lagi bila informasi yang disajikan tersebut dibanjiri oleh banyak komentar negatif. Informasi yang diberikan dinilai telah sukses menunjukkan posisi kontra yang diberikan oleh media. Terkadang media yang bersifat kontra juga cenderung sulit untuk mengambil sisi positif dari tokoh atau lembaga yang sedang disorotnya. Bahkan setiap hal yang dilakukan oleh tokoh dan lembaga tersebut akan menjadi berita yang seolah bersifat dan berdampak negatif. Tentu saja hal ini sangat merugikan bagi tokohdan lembaga yang sedang diberitakan tersebut.

3. Menyajikan beberapa berita bohong dari netizen.

Seringkali informasi yang diberitakan oleh sebuah media mengundang opini dari netizen. Terkadang opini yang diberikan cenderung bersifat negatif. Hal ini biasanya dilakukan oleh netizen yang juga tergabung dalam kelompok kontrak seperti halnya dengan media yang memberitakan suatu informasi. Tanggapan atau komentar negatif dari netizen bisa saja diunggah oleh media dan kemudian isu kontra dan konflik menjadi semakin besar. Terkadang informasi yang tidak akurat dan dilontarkan oleh netizen juga menjadi sumber informasi bagi suatu media sehingga berita simpang siur tersebut ikut diberitakan. Hal ini tentu sangatlah berbahaya kaena dapat menimbulkan perpecahan di antara seluruh lapisan masyarakat tanah air.

Pro dan kontra media memang menimbulkan efek tersendiri bagi masyarakat. Sama halnya jika menggunakan sistem pendukung payroll yang efektif pada perusahaan. Hal ini membantu memberikan efek positif, misalnya melalui penggunaan JojoPayroll. Dengan produk tersebut maka nantinya sistem payroll bisa dibayarkan secara otomatis. Selain itu bisa membantu cetak slip gaji dan menentukan potongan pajak yang otomatis pula.

Produk tersebut bekerja secara maksimal berkat beberapa fitur pendukung, misalnya yaitu adanya fitur Progressive Tax Calculation, Adjustable Payday & Working Period, Adjustable Tax Configuration, Automatic Prorate for New Joiners, serta masih banyak fitur menarik lainnya. Karena itu sudah saatnya menentukan pilihan, segera saja dapatkan coba gratis JojoPayroll sekarang juga. Lihat dan buktikan manfaatnya bagi pembayaran payroll yang optimal di perusahaan Anda.