Sistem Ekonomi Pasar : Pengertian, Sejarah, dan Ciri-cirinya

sistem ekonomi pasar

Setiap negara harus berpegang pada sistem ekonominya sesuai dengan filosofi dan identitasnya, sistem ekonomi pasar. Apa itu sistem ekonomi? Sistem Ekonomi adalah rangkaian aturan atau metode yang mencakup semua proses dan aktivitas komunitas untuk memenuhi kebutuhan hidup atau mencapai kesejahteraan komunitas.

Setiap negara menerapkan sistem ekonomi yang berbeda karena setiap negara memiliki masalah ekonomi dan peraturan yang berbeda. Sistem ekonomi terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan untuk memecahkan masalah dan mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan dan diinginkan.

Dan memiliki fungsi sebagai sarana untuk mendorong kegiatan produksi, sarana atau cara penyelenggaraan kegiatan individu, dan pencipta mekanisme tertentu guna mendistribusikan barang dan jasa dengan baik. Sistem ekonomi mencakup elemen-elemen berikut.

  • Unit ekonomi meliputi rumah tangga, perusahaan, serikat pekerja, instansi pemerintah dan lembaga lain yang terkait atau terlibat dalam kegiatan ekonomi.
  • Peserta dalam kegiatan ekonomi meliputi konsumen, produsen, kreditor, debitur, investor, dll.
  • Lingkungan ekonomi, seperti sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM), sumber daya permodalan (SDK) dan sumber daya teknis (SDT).

Kali ini secara khusus akan kita bahas sistem ekonomi pasar yang biasa disebut dengan sistem ekonomi bebas. Sebagian besar negara maju di dunia mengadopsi liberalisme atau sistem ekonomi pasar. Beberapa di antaranya adalah Amerika Serikat, beberapa negara di benua Amerika, seperti Meksiko, negara-negara di benua Eropa, seperti Inggris, Korea Selatan, Jepang, dll.

Pengertian Sistem Ekonomi Pasar

sistem ekonomi pasar

Sistem Ekonomi pasar adalah sistem ekonomi yang menentukan keputusan yang berkaitan dengan investasi, produksi, dan distribusi berdasarkan hubungan penawaran-permintaan yang menentukan harga barang dan jasa. Ciri utama ekonomi pasar adalah membuat keputusan investasi atau mendistribusikan barang produksi melalui pasar modal dan keuangan.

Dalam ekonomi pasar, masalah ekonomi diselesaikan sepenuhnya oleh pasar. Penguasaan pasar bergantung pada penetapan harga dan metode yang dipilih oleh produsen dan konsumen dalam proses produksi dan konsumsi. Sistem ekonomi pasar pada awalnya diadopsi oleh sebagian besar negara dengan pemikiran bebas, khususnya Amerika Serikat. Saat ini, sebagian besar negara di dunia sudah mulai meninggalkan ekonomi pasar dan memilih sistem ekonomi lain.

Karakteristik

sistem ekonomi pasar

Ciri-ciri sistem ekonomi pasar adalah sebagai berikut:

  • Karena hak individu diakui secara luas, setiap orang dapat dengan bebas memiliki barang termasuk barang modal.
  • Setiap orang dapat dengan bebas menggunakan barang dan jasa yang mereka miliki.
  • Melakukan kegiatan ekonomi untuk memaksimalkan keuntungan.
  • Semua kegiatan ekonomi dilakukan oleh publik (swasta) dan dipengaruhi oleh mekanisme pasar (penawaran dan permintaan).
  • Pemerintah tidak mengintervensi atau mencampuri kegiatan ekonomi.
  • Individu dan perusahaan dapat bersaing dengan bebas.
  • Modal memainkan peran penting dalam perekonomian.
  • Jumlah wirausahawan kreatif bermunculan.
  • Fasilitas umum dan fasilitas umum tersedia atas inisiatif masyarakat.

Jenis-jenis sistem ekonomi yang ada di dunia

sistem ekonomi pasar

Dalam buku “Introduction to Economics” (2010) yang ditulis oleh Jimmy Hasoloan, tiga jenis sistem ekonomi yang populer saat ini, yaitu:

Sistem ekonomi pasar (liberal)

Sistem ekonomi yang didasarkan pada individu dan perusahaan dengan bebas menentukan berbagai aktivitas Ekonomi, seperti konsumsi dan produksi dan mengandalkan kemampuan sistem harga (yaitu tarik-menarik antara penawaran dan permintaan) untuk menentukan keseimbangan. Ciri-ciri sistem ekonomi pasar adalah hak milik pribadi, kebebasan komersial dan kebebasan memilih, motif kepentingan pribadi, persaingan bebas, harga yang ditentukan oleh mekanisme pasar, dan peran pemerintah yang terbatas.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Sistem ekonomi komando (sosialis)

Sistem ekonomi komando adalah sistem ekonomi di mana pemerintah merumuskan segala kebijakan yang berkaitan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi. Dalam sistem ini kendali pemerintah sangat tinggi yaitu mengatur segala aspek kegiatan ekonomi. Ciri khas sistem ekonomi komando adalah tidak mengenal hak individu, harga ditentukan oleh pemerintah, dan peran pemerintah sangat penting.

Sistem ekonomi campuran

Sistem ekonomi campuran merupakan gabungan dari sistem ekonomi pasar dan sistem ekonomi komando. Dalam sistem ekonomi ini, kebebasan dan hak individu atau perusahaan dalam menentukan kegiatan ekonomi masih diakui. Namun pemerintah juga ikut campur dalam perekonomian dengan melaksanakan berbagai kebijakan, menjadikannya sebagai stabilisator ekonomi. Selain sebagai penstabil, peran pemerintah dalam sistem tersebut adalah mencegah terlalu banyaknya konsentrasi di tangan satu orang atau kelompok swasta, dan membantu kelompok yang secara ekonomi lemah.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Pasar

kelebihan dan kekurangan

Sistem ekonomi yang dianut oleh banyak negara ini tidak diragukan lagi memiliki keuntungan sebagai berikut. Keuntungan dari sistem ekonomi pasar:

  1. Inisiatif dan kreasi komunitas yang mengatur kegiatan ekonomi berkembang pesat.
  2. Setiap orang dapat dengan bebas memperoleh sumber produksi dan menentukan ekonominya sendiri.
  3. Kreativitas masyarakat sangat tinggi, hal ini dikarenakan mereka bisa melakukan yang terbaik untuk melakukan apapun, sehingga terjadilah persaingan untuk maju.
  4. Agar laku di pasaran, produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang sangat baik.
  5. Efisiensi dan efektivitas tinggi dalam penggunaan sumber daya dan distribusi barang.
  6. Harga barang dan jasa sangat kompetitif, bahkan ada yang sangat murah, sehingga menguntungkan konsumen.
  7. Persaingan antara individu dan perusahaan sangat jelas.
  8. Kegiatan produksi hanya dilakukan sesuai kebutuhan masyarakat sehingga tidak ada barang yang tidak dijual dalam jumlah banyak.
  9. Kegiatan konsumsi dapat memaksimalkan dan memenuhi kebutuhan setiap orang, karena barang dan jasa yang dibutuhkan selalu tersedia.
  10. Kemakmuran masyarakat terlihat jelas karena tidak adanya intervensi pemerintah dalam kegiatan ekonomi.

Tidak ada sistem ekonomi yang sempurna, jadi pasti ada kelemahannya. Kelemahan sistem ekonomi pasar adalah sebagai berikut. Kelemahan sistem ekonomi pasar:

  1. Distribusi pendapatan sangat sulit, sehingga ketimpangan dalam kehidupan masyarakat terlihat sangat jelas.
  2. Pengembangan tenaga kerja dan sumber daya dilakukan secara besar-besaran oleh pemilik modal.
  3. Monopoli barang atau jasa cenderung merugikan masyarakat.
  4. Keresahan dalam perekonomian sering terjadi karena persaingan bebas itu nyata.
  5. Tidak ada persaingan sempurna di negara-negara yang mengadopsi sistem ekonomi pasar. Persaingan yang terjadi adalah persaingan tidak sempurna dan persaingan monopolistik, sehingga persaingan tidak sehat.
  6. Ada beberapa faktor eksternal yang tidak memperhitungkan upah tenaga kerja dan faktor lainnya.
  7. Alokasi sumber daya yang tidak efisien.
  8. Karena pemerintah tidak dapat mengintervensi kegiatan ekonomi, maka rentan terhadap krisis ekonomi.
  9. Ketimpangan sosial dalam masyarakat sering terjadi akibat ketimpangan antara si kaya dan si miskin.

Kesimpulan

Pasar bebas seringkali dikaitkan dengan pertukaran kekayaan, sedangkan kapitalisme terkait dengan penciptaan kekayaan dan menjadi komponen kunci kapitalisme, meskipun pasar bebas tidak sepenuhnya mendefinisikan apa itu kapitalisme.

Sistem Ekonomi Pasar ini didorong oleh hubungan antara penawaran dan permintaan yang mengarah pada persaingan bebas tanpa dipengaruhi oleh pemilik modal, Dalam kapitalisme pemilik modal masih memiliki waktu untuk mempengaruhi perdagangan dan semua itu dibutuhkan pengamatan akan laporan keuangan yang akurat.

Meningkatkan efisiensi manajemen pengeluaran perusahaan hingga 76%,
JojoExpense dapat mengumpulkan data secara otomatis kapan saja, di mana saja, meningkatkan produktivitas dan mencegah penipuan keuangan, serta dengan mudah mengontrol anggaran perusahaan sepenuhnya. Lebih cepat, lebih mudah, dan lebih mudah.

Hemat waktu melalui proses otomatis. Fokuskan energi dan waktu berharga Anda pada hal-hal yang benar-benar penting. Kirimkan setiap penarikan tunai dan proses aplikasi pengembalian dana ke JojoExpense dan biarkan proses tersebut berjalan secara otomatis tanpa kehilangan kendali atas proses persetujuan dan kebijakan khusus. Tidak lagi membuang tenaga dan waktu yang berharga.

Daftarkan perusahaan anda dan nikmati uji coba JojoExpense sekarang!