Surat Dinas dan Pribadi : Pengertian, Perbedaan, dan Contohnya

Surat Pribadi dan Dinas

Apakah Anda sudah pernah menulis surat seperti Surat dinas dan surat pribadi? Menurut KBBI, surat adalah selembar kertas yang dapat digunakan sebagai tanda atau keterangan, dapat berupa tulisan. Jenis surat ada dua yaitu surat pribadi dan surat dinas. Lalu tahukah Anda apa perbedaan surat dinas dan pribadi? Ayo kita cari tahu bersama.

Surat Pribadi dan Dinas

Surat Pribadi dan Dinas

Keterampilan menulis surat sangat penting untuk semua kalangan. Surat dapat digunakan untuk mengungkapkan keinginan, mengungkapkan nostalgia, dan berkomunikasi dengan organisasi lain. Surat adalah sarana menginformasikan, meminta dan berpikir. Selain itu juga memuat bukti tertulis, pengingat, bukti sejarah dan pedoman kerja. Kemampuan menulis surat juga dibutuhkan dalam banyak kesempatan dan pekerjaan.

Surat Pribadi

Surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk komunikasi pribadi, informal dan berisi urusan pribadi dan yang ditulis oleh satu orang kepada orang lain. Oleh karena itu, bahasa surat pribadi bersifat personal, santai, mudah dipahami dan mudah dikomunikasikan. Di saat yang sama, misalnya, surat pribadi dikirim ke suatu lembaga, seperti izin untuk tidak bersekolah karena suatu alasan.

Jika bahasa dalam surat formal lebih standar dan memiliki corak yang jelas, tidak demikian halnya dengan surat pribadi. Namun dalam surat pribadi masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu moralitas atau kesopanan. Apalagi jika kita menulis kepada orang yang lebih dewasa ataupun ke sebuah lembaga. Maksud atau isi surat pribadi biasanya berkaitan dengan urusan pribadi, antara lain: menanyakan tentang berita, kebutuhan pribadi, dan keperluan komunikasi pribadi lainnya.

Dalam surat pribadi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu moralitas atau kesopanan. Hal ini terutama berlaku saat menulis kepada orang tua atau seseorang yang baru saja bertemu. Berikut adalah komponen surat pribadi: tanggal surat, alamat surat, pembuka surat, pengenalan surat lamaran, tanda tangan pengirim.

Surat pribadi adalah surat yang berisi kebutuhan pribadi, biasanya ditulis secara langsung dan ditulis kepada orang lain dalam bahasa yang tidak standar.

Jenis surat pribadi

Menurut kandungan dan sifatnya, surat pribadi dibedakan menjadi dua jenis:

  • Surat pribadi yang bersifat kekeluargaan, seperti surat perkenalan, surat antar kerabat, surat untuk teman, surat untuk orang tua, dan
  • Berisi korespondensi semi resmi atau privat terkait bisnis resmi, seperti surat lamaran, izin absen kerja, surat absen sekolah, izin liburan

Karakteristik surat pribadi

Surat pribadi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Tanpa kop surat.
  • Tidak ada nomor surat.
  • Salam pembuka dan penutup sangat beragam dan lebih santai dan informal.
  • Gunakan bahasa bebas sesuai keinginan penulis (non standar).
  • Format surat gratis.

Bagaimana menulis surat pribadi

Untuk menulis surat pribadi dengan benar, kita harus menggunakan beberapa pedoman dalam menulis surat pribadi, seperti:

  • Jangan gunakan judul.
  • Gunakan nama tempat untuk menulis tanggal atau,
  • Jangan gunakan alfanumerik.
  • Gunakan kalimat penutup “dengan tulus”.
  • Jangan gunakan salinan.
  • Dapat ditulis di kartu pos, kertas pos atau surat

Bagian dari surat pribadi

Jakarta, 7 April 2016

Di Restari
Jl. Jendral Sudirman No.14 I / I
Tanjung Klangupang
Bandar Lampung

Salam persahabatan,

Halo apa kabarmu? Saya harap semuanya baik-baik saja untuk Anda! Alhamdulillah saya juga sehat di sini.

Nah, tahun depan saya akan ke rumah nenek di Bandar Lampung. Jadi saya juga bisa berada di samping rumah Anda. Bisakah saya bermain di rumah Anda? Tentu saja, karena aku sangat merindukanmu. Berhati-hatilah jika Anda tidak bisa! Jangan marah, Ian, aku hanya bercanda. Ian, bagaimana foto kenangan kita disimpan atau tidak? Masalahnya adalah milik saya hilang, saya tidak tahu di mana.

Ian, kemarilah dulu, adalah suratku. Ian, jangan lupa balas. Saya menunggu balasan!

Dari temanmu

Sgd.

bunga

Menulis alamat dan tanggal

Bagian ini menjelaskan lokasi dan waktu penulisan surat. Lihat contoh:
Kotaraja, 21 Maret 2007

Di Restari
Jl. Jendral Sudirman No.14 I / I
Tanjung Klangupang
Bandar Lampung

Salam

Salam adalah menyapa seseorang sebelum menulis surat. Anda bisa menggunakan kalimat pada contoh di atas (“Salam Persahabatan”) atau salam lainnya, seperti:

  • Asalamualaikum
  • Salam
  • semoga sukses
  • Dan lain-lain.

Paragraf pembuka

Pembukaan mungkin tentang berita, kesehatan, situasi, atau hanya masalah lisan.

contoh:
Halo apa kabar? Semoga baik-baik saja! Alhamdulillah karena saya juga sehat dan baik-baik saja disini.

Paragraf isi

Paragraf ini memuat inti atau tujuan dari surat ini. Meskipun Anda menulis surat pribadi, Anda harus menulis bagian ini dengan jelas dan mudah. Ini dapat menyampaikan pesan Anda dengan benar:

“Baiklah Ian, tahun depan aku akan ke rumah nenekku di Bandar Lampung. Jadi aku juga bisa mampir ke rumahmu. Boleh aku bermain di rumahmu? Benar sekali, karena aku sangat merindukanmu. Hati-hati, kalau bisa Jangan marah, Ian, aku hanya bercanda. Ian, bagaimana dengan foto-foto kita yang tak terlupakan, apakah masih disimpan? Masalahnya adalah milik saya hilang, saya tidak tahu di mana. “

Kesimpulan

Paragraf penutup digunakan untuk mengakhiri badan surat. Biasanya paragraf ini berisi permintaan maaf, maaf, harapan, dll.
Ian, kemarilah dulu, adalah suratku. Ian, jangan lupa balas. Saya menunggu balasan!

Contoh Surat Pribadi

Surat Pribadi dan Dinas

Surat pribadi adalah surat yang ditulis oleh seseorang / perseorangan untuk urusan tertentu. Misalnya untuk sahabat sejati, sahabat, saudara, orang tua, dan guru kesayangan. Bagaimana format dan format surat pribadi? Mari kita fokus pada pembahasan dan contoh surat pribadi untuk teman, sahabat di bawah ini:

Semarang, 14 Desember 2020

Salam sahabat sejatiku…

Bagaimana kabarmu temanku? semoga Tuhan menjadikanmu orang yang paling berbakat, selalu memberikan hidayah-Nya kepada kamu dan ibu kamu, dan keluarga besar kamu.

Persahabatan sejati adalah impian semua orang. Persahabatan yang tidak dibatasi oleh waktu tidak memiliki motivasi untuk mendapatkan manfaat langsung, dan tidak ada motivasi sementara. Saya pikir itu sepenuhnya tergantung pada persahabatan kita.

Selama beberapa tahun, meskipun kita telah mengalami kejadian yang tak terhitung jumlahnya, hubungan ini tidak pernah terputus. Ada kesedihan, ada kebahagiaan, keduanya bercampur. Namun persahabatan kita tidak akan pernah pudar.

Kita berdua tinggal bersama keluarga masing-masing. Persahabatan sejati tetap dan terus terpelihara dengan baik, tidak terpengaruh oleh harta benda, kekayaan, status dan hal-hal duniawi lainnya.

Oleh karena itu, semoga persahabatan ini terus berbaur dengan surganya. Surat sederhana ini sengaja saya tulis untuk mengenang perjalanan persahabatan kita dan motivasi diri untuk terus mempertahankannya hingga kematian dan berlanjut di akhirat.

Semoga Tuhan yang telah mendengar paling banyak mengirimkan harapan dan doa yang terkandung dalam surat ini kepadamu sahabat sejatiku.

Salam hangat,

Teman sejatimu

Rich Chigga

Surat Dinas

Surat dinas disebut juga surat resmi yang merupakan surat yang dikirimkan oleh suatu organisasi kepada seseorang atau organisasi lain yang memuat urusan dinas. Contoh surat formal antara lain surat undangan, surat jual beli, surat perjanjian, instruksi resmi, dll.

Saat menulis surat dinas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu penggunaan bahasa. Namun, bahasa yang digunakan dalam surat resmi ini lebih mudah daripada bahasa yang digunakan dalam surat pribadi. Surat dinas tidak membutuhkan bahasa yang panjang. Gaya bahasa surat dinas lebih pendek, lebih jelas, dan bercorak permanen.

Pengertian Surat Dinas

Surat resmi adalah surat resmi yang memuat urusan resmi organisasi atau organisasi. Menurut “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)”, surat resmi adalah surat yang diterbitkan oleh instansi pemerintah atau instansi resmi lainnya. Secara umum, huruf merupakan sarana mengkomunikasikan informasi tertulis melalui tulisan dan media. Salah satu jenis huruf yang masih sering digunakan adalah surat formal.

Surat resmi biasanya juga diartikan sebagai surat resmi yang dikeluarkan oleh suatu instansi atau organisasi untuk keperluan resmi. Sebagai salah satu surat formal, surat formal biasanya digunakan untuk keperluan formal. Oleh karena itu, perlu mengikuti aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan, mulai dari penggunaan bahasa baku, hingga penulisan surat resmi, isi surat harus efektif, jelas, dan disusun dengan cermat sesuai kebutuhan.

Saat menulis surat resmi, seseorang harus memperhatikan penggunaan bahasa. Bahasa yang digunakan dalam surat dinas lebih mudah daripada bahasa yang digunakan dalam surat pribadi. Bahasa alfabet formal pendek, jelas, dan pasti, dan tidak membutuhkan bahasa yang mencolok. Adapun struktur surat resmi adalah sebagai berikut:

  • kop surat atau kepala surat
  • nomor surat
  • tanggal
  • lampiran
  • alamat surat
  • pembuka surat
  • isi
  • penutup
  • nama dan tanda tangan pihak yang memperkuat surat
  • tanda tangan dan nama penulis surat

Surat resmi hanya dapat ditulis oleh satu organisasi kepada organisasi atau individu lain. Individu tidak boleh menulis surat resmi. Oleh karena itu terdapat kop surat dan nomor surat pada surat resmi tersebut. Isi surat resmi terkait dengan pekerjaan resmi, seperti undangan rapat, lamaran kerja, dan izin penggunaan tempat.

Tujuan surat dinas

Tujuan dari surat resmi adalah untuk mengeluarkan pemberitahuan izin, pengumuman, penugasan, dll kepada staf instansi / organisasi terkait. Huruf formal termasuk ke dalam kategori surat formal karena penulisannya menggunakan format khusus, dimana bentuknya formal dan menggunakan bahasa baku atau formal.

ciri Surat dinas

  • Surat resmi pertama ditandai dengan menggunakan bahasa standar sesuai dengan aturan Bahasa Indonesia dan Ejaan yang Disempurnakan (EYD).
  • Selain itu, surat resmi juga disertai dengan header yang menunjukkan nama organisasi atau organisasi yang mengeluarkan surat resmi tersebut.
  • Huruf -Formal ditulis dengan bahasa yang pendek, ringkas dan efektif, mudah dimengerti.
  • Huruf -Formal tidak menggunakan bahasa implisit, tetapi bahasa eksplisit, dan diproduksi dalam format tertentu.
  • Dalam surat resmi, selalu mencantumkan nomor surat, subjek, tanggal, alamat tujuan dan lampiran (jika ada).
  • Beberapa kasus, perangko atau prangko khusus dilampirkan.
  • Dalam surat ini, mulai dan akhiri salam dengan sopan.

Fungsi surat dinas

  • Sebagai sarana informasi atau pemberitahuan hal-hal khusus dari satu pihak kepada pihak lainnya.
  • Bukti dokumenter, isinya harus dicantumkan di dalamnya.
  • Sebagai pedoman kerja dalam melaksanakan kegiatan, surat formal memuat langkah-langkah kerja untuk tujuan tertentu.
  • Alat untuk mengingatkan penerima, baik itu individu, organisasi atau lembaga.
  • Sebagai bukti sejarah dan bukti kronologis (jika diperlukan). Ini juga memungkinkan fungsi korespondensi resmi diarsipkan.

Persyaratan surat dinas

Surat resmi tersebut ditulis secara tertulis. Berikut ini adalah persyaratan untuk menulis surat resmi:

  • Format surat formal harus diatur sesuai dengan format surat formal standar.
  • Isi surat formal harus ringkas dan jelas.
  • Bahasa yang digunakan dalam surat formal adalah bahasa standar, sopan dan mudah dimengerti.
  • Surat resmi tersebut harus mencantumkan gambar yang sesuai dengan instansi / lembaga yang menerbitkannya.
  • Format penulisan harus baik dan sesuai dengan format surat resmi.

Contoh Surat Dinas

kotak surat

Surat dinas memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan surat lainnya, yaitu surat tersebut memuat kop surat perusahaan pemerintah dan swasta yang meliputi nomor surat, lampiran, stempel, surat pembuka dan penutup, serta tanda tangan instansi terkait. Selain itu, format tulisannya konvensional, formal dan mengandung bahasa yang santun. Untuk informasi lebih detail mengenai surat resmi, berikut contoh surat resmi yang digunakan untuk keperluan sekolah:

SMA Sukacita Jayakarta
Jl. Zander Jakarta Sutoyo 87
Nomor telepon (021) 6050789256

Jakarta, 14 Desember 2020

Nomor: 1592 / SMA Sukacita Jayakarta / 2020
Lampiran:-
Perihal: Undangan

Kepada Yth. Orang tua / wali siswa
Kelas XI, XII, XII SMA Sukacita Jayakarta
Jakarta

Semoga damai, rahmat dan berkah dari Allah

Hormat kami,
Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional siswa SMA Sukacita Jayakarta, kami sebagai peserta pendidikan sekolah akan mengadakan kuis antar sekolah. Acara akan diadakan di lokasi berikut:

Tanggal: Jumat, 25 Desember 2020
Waktu: 08:00 s.d. 22.00 WIB
Lokasi: Jakarta
Acara: Kompetisi Kuis

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Kepala Sekolah,

Tiyarman Gulo,SH

Demikian penjelasan lengkap surat resmi dan surat pribadi dan memberikan contoh surat resmi dan pribadi.

Kesimpulan Surat Pribadi dan Dinas

Surat Pribadi dan Dinas

Surat pribadi dan surat dinas merupakan salah satu alat komunikasi yang biasa digunakan oleh manusia. Ada beberapa patokan untuk membedakan jenis surat, ada yang dibedakan menjadi surat formal dan surat informal atau surat pribadi sesuai dengan bentuknya.

Beberapa orang membedakan jenis surat berdasarkan tujuannya, seperti surat kuasa, surat pernyataan, surat rekomendasi, dan surat pengunduran diri. Inilah perbedaan antara surat pribadi dan surat resmi. Nah, tentunya Anda bisa membedakan dua jenis surat tersebut, bukan? Apakah anda sudah mengerti? Jika belum, Anda bisa belajar dengan JojoTimes, software yang dapat dengan mudah membantu keperluan surat menyurat anda.

Selain teknis diatas, terdapat beberapa metode dan rancangan untuk mewujudkan perusahaan yang terintegrasi secara professional. JojoTimes siap membantu anda dalam membuat surat, laporan dan kebutuhan HR lainnya yang menjadi kepentingan resmi di perusahaan anda. Tunggu apalagi, join dengan mendaftar software JojoTimes sekarang juga dan nikmati ujicoba gratisnya!