Surat Pengalaman Kerja Sebagai Referensi Yang Berguna

surat pengalaman kerja

Surat pengalaman kerja tentu saja bukanlah merupakan hal yang asing terutama bagi Anda yang merupakan seorang pekerja. Beberapa orang menyebut surat ini dengan istilah lainnya yaitu surat keterangan kerja. Surat ini pada dasarnya merupakan sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan. Jadi jika Anda bekerja di suatu perusahaan maka pada saat Anda keluar dari tempat kerja tersebut tentunya Anda akan dikantongi surat ini.

Pada surat keterangan kerja terdapat pernyataan yang secara umum mengemukakan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pekerjaan karyawan. Jadi apapun yang berhubungan dengan pekerjaan Anda akan dicantumkan di dalam surat tersebut. Maka orang lain yang ingin mengetahui riwayat kerja Anda dapat melihat surat tersebut.

Unsur Surat Pengalaman Kerja

Deskripsi pekerjaan

Salah satu unsur yang harus terdapat pada sebuah surat pengalaman kerja adalah deskripsi pekerjaan karyawan. Deskripsi pekerjaan ini mencakup segala hal yang menjadi tugas dan tanggung jawab seorang karyawan atau pekerja selama aktif bekerja di perusahaan terkait. Dalam hal ini segala apa yang Anda lakukan selama bekerja di perusahaan tersebut akan diuraikan secara singkat. dengan adnaya deskripsi mengenai pekerjaan Anda maka orang lain bisa memperoleh gambaran mengenai pengalaman kerja Anda. Tentunya hal ini akan menjadi nilai tambah jika Anda hendak melamar pekerjaan baru.

Periode kerja

Selain deskripsi kerja rupanya hal lain yang turut dicantumkan dalam surat pengalaman kerja adalah periode kerja. periode kerja ini cenderung memperlihatkan lamanya Anda bekerja di perusahaan terkait. Dengan kata lain periode ini menunjukkan lama waktu Anda bekerja di sebuah perusahaan. Waktu yang dicantumkan ini dihitung sejak Anda diterima kerja di perusahaan hingga waktu dimana Anda tidak bekerja lagi di perusahaan tersebut.

Kinerja karyawan

Di dalam surat pengalaman kerja juga terdapat uraian mengenai kinerja Anda selama bekerja di perusahaan terkait. Hal ini mengacu pada penilaian perusahaan terhadap kinerja Anda.Penilaian kerja ini pada dasarnya meliputi cara pikir Anda dan bagaimana Anda memandang segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan Anda. Selain itu dalam hal ini akan tercantum pula dikap dan perilaku Anda selama bekerja di perusahaan tersebut. Maka apa saja yang sudah Anda lakukan dan kerjakan selama di perusahaan tersebut akan dinilai oleh perusahaan dan akan dicantumkan pada surat keterangan kerja Anda. Tidak hanya itu saja tetapi penilaian kinerja karyawan ini juga mencakup integritas karyawan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Alasan resign

hal terakhir yang juga akan dicantumkan dalam surat pengalaman kerja adalah alasan Anda melakukan resign atau pengunduran diri. jadi alasan mengapa hubungan kerja antara Anda dan perusahaan berakhir juga akan dicantumkan pada surat keterangan kerja. Maka orang lain bisa mengetahui alasan Anda mengapa Anda memutuskan untuk meninggalkan perusahaan yang lama.

Membuat Surat Pengalaman Kerja

Kop surat

Bagian pertama yang harus tercantum dalam sebuah surat pengalamn kerja adalah kop surat atau header atau kepala surat. Kop surat ini berisikan nama dan alamat perusahaan. Selain itu alamat website dan email serta nomer telepon yang bisa dihubungi juga bisa dicantumkan dalam kop surat ini.

Data karyawan

Selain kop surat tentunya hal lain yang juga harus dicantumkan dalam surat keterangan kerja adalah data karyawan. Data karyawan ini meliputi naman karyawan beserta NIK miliknya serta data pribadinya.

Jabatan dan posisi

Jabatan dan posisi kerja karyawan selama bekerja di perusahaan juga harus dicantumkan. Selain itu juga perlu adanya hasil kerja karyawan yang telah dicapai sehingga.

Penutup

Di bagian akhir surat bisa dicantumkan tanda tangan pembuat surat. Tidak lupa pula stempel perusahaan yang membuat surat pengalaman kerja tersebut menjadi sah dan bersifat resmi.

Fungsi Surat Pengalaman Kerja

Sebagai bentuk apresiasi

Adanya surat pengalaman kerja atau surat keterangan kerja pada dasarnya bisa saja dianggap sebagai bentuk apresiasi perusahaan terhadap Anda. Apresiasi perusahaan ini terjadi atas adanya kinerja Anda sehingga Anda bisa memberikan kontribusi bagi perusahaan. Tentu saja kontribusi Anda bagi perusahaan menjadi suatu prestasi yang dirasa perlu untuk diakui.

Sebagai referensi kerja

Selain sebagai bentuk apresiasi perusahaan terhadap kinerja Anda rupanya surat pengalaman kerja juga bisa berfungsi sebagai surat referensi. Biasanya surat referensi dibutuhkan oleh seseorang untuk melamar pekerjaan yang baru di perusahaan yang baru. Dengan adanya surat referensi ini maka perusahaan baru tempat Anda melamar bisa lebih yakin dengan kemampuan dan kinerja Anda sebagai seorang tenaga kerja.

Sebagai penambah nilai

Saat Anda menyerahkan surat referensi kerja kepada perusahaan yang baru maka Anda akan mendapatkan nilai tambah dari perusahaan baru. Sebab adanya referensi tersebut menunjukkan bahwa Anda merupakan seorang pekerja yang baik di perusahaan sebelumnya. Bahkan kinerja Anda sebagai karyawan di perusahaan sebelumnya bisa dijamin. Tentunya hal ini akan sangat menunjang karier Anda di perusahaan yang baru. Kemampuan dan keahlian Anda juga akan lebih diakui karena adanya pengalaman kerja.

Sebagai syarat administrasi

Beberapa hal tampaknya membutuhkan surat pengalaman kerja sebagai salah satu syarat administrasi. Misalnya saja seperti melamar pekerjaan baru. Terkadang mencairkan jaminan hari tua di lembaga ketenagakerjaan juga membutuhkan adnaya surat pengalaman kerja sebagai syarat administrasi. Oleh akrena itu surat keterangan kerja milik Anda perlu disimpan dengan baik agar dapat mudah ditemukan bila dibutuhkan di suatu hari nanti.

Pentingnya Surat Pengalaman Kerja

Surat pengalaman kerja akan menjadi dokumen diri pribadi Anda. Oleh karena itu surat ini termasuk suatu jenis surat yang berharga. Maka surat ini harus disimpan dengan benar dan rapi serta tidak boleh sampai hilang. Dengan adanya surat tersebut maka orang lain bisa melihat kinerja Anda selama bekerja di sebuah perusahaan. Jadi surat tersebut bisa meningkatkan kredibilitas Anda sebagai seorang tenaga kerja. Sebab pada dasarnya surat ini akan diberikan oleh perusahaan karena adanya kontribusi yang telah Anda berikan pada perusahaan selama Anda bekerja di perusahaan terkait. Dengan adanya surat ini maka Anda bisa menjadikannya sebagai pelengkap administrasi Anda.

Hal ini seperti saat memilih sistem payroll yang tepat untuk perusahaan. Salah satu sistem payroll yang layak untuk dipertimbangkan yaitu dengan menggunakan JojoPayroll. Produk ini membantu pembayaran payroll secara otomatis setiap bulannya. Selain itu dapat mencetak slip gaji secara otomatis juga. Sehingga mempermudah tim keuangan perusahaan dalam melaksanakan payroll bulanan.

Kemudahan tersebut berkat beberapa fitur menarik yang ada di dalam JojoPayroll. Misalnya saja yaitu fitur-fitur berikut di bawah ini.

  • Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  • Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  • Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Karena itu jangan ragu untuk menggunakan produk tersebut. Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan dapatkan coba gratis JojoPayroll selama 14 hari di perusahaan Anda secepatnya.