Empati Adalah Salah Satu Emosi Positif Yang Baik Untuk Dikembangkan

empati adalah

Empati adalah suatu kemampuan yang cenderung untuk memahami apa yang sedang dirasakan oleh orang lain. Pemahaman ini bahkan muncul dengan melihat dari sudut pandang orang lain. Orang yang memiliki rasa tersebut juga akan membayangkan dirinya sendiri seolah berada pada posisi orang lain yang sedang mengalami dan merasakan sesuatu.

Adanya empati pada dasarnya sangat penting. Namun kadar rasa tersebut pada masing-masing orang tentu berbeda. Anda orang yang dengan sangat mudah bisa merasakan hal ini pada orang lain namun ada pula yang orang yang sulit berempati. Seseorang yang bisa memiliki perasaan tentu dapat membangun hubungan yang baik dengan orang lain. Maka orang yang mudah berempati tentu dapat mempertahankan dan menjaga hubungannya dengan orang lain. Hal ini pada akhirnya akan mewujudkan adanya hubungan harmonis.

Ciri-Ciri Empati Adalah Berikut Ini

Memiliki rasa peduli yang tinggi

Orang yang mudah berempati umumnya memiliki rasa kepedulian yang tinggi pada orang lain. Kepedulian yang tinggi umumnya berhubungan dengan jiwa sosial yang tinggi. Maka biasanya orang yang mudah memiliki rasa ini berarti memiliki sikap peduli sosial yang juga tinggi. Rasa peduli yang dimiliki oleh seseorang yang mudah berempati umumnya akan membuat dirinya menjadi ringan tangan. orang tersebut tentu lebih suka mengulurkan tangan untuk membantu orang lain.

Selalu berusaha untuk memberikan bantuan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa orang yang mudah memiliki rasa yang demikian akan cenderung lebih mudah untuk mengulurkan tangan atau bantuan. Bahkan orang yang memiliki rasa tersebut akan selalu berusaha untuk memberikan bantuan semaksimal mungkin. Jika Anda merupakan seseorang yang mudah seperti itu maka Anda akan selalu berupaya untukbisa membnatu orang lain yang sedang menderita. Apa saja akan Anda usahakan untuk dapat membantu orang lain. Bahkan bisa saja Anda memberikan bantuan pada orang lain hingga mengorbankan diri Anda sendiri. Hal ini bisa saja terjadi jika Anda memang memiliki rasa empati yang sangat tinggi.

Menjadi pendengar yang baik

Rasa peduli pada orang lain tidak selalu dalam bentuk bantuan tenaga. Namun rasa peduli pada orang lain bisa diwujudkan dalam bentuk waktu yang disediakan untuk mendengarkan orang lain. Tentunya setiap orang pernah berkeluh kesah atau mencurahkan isi hatinya pada orang lain. Mungkin sebagian orang tidak peduli pada curahan isi hati yang diungkapkan oleh orang lain. Namun orang yang memiliki rasa empati tinggi akan selalu meluangkan waktu untuk bisa mendengarkan orang lain.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Memahami perasaan orang lain

Empati adalah suatu kemampuan memahami perasaan orang lain. Oleh karena itu rasa ini seringkali diwujudkan dengan berbagai hal atau sikap atau tindakan yang umumnya bersifat menolong orang lain. Sebab segala hal yang dilakukan untuk menolong orang lain ini mencerminkan adanya pemahaman oleh seseorang kepada perasaan orang lain. Maka jika Anda memiliki hal tersebut dengan cukup tinggi tentu Anda akan selalu mengerti apa yang sedang dirasakan oleh orang lain. Bahkan penderitaan ornag lain juga bisa turut Anda rasakan.

Bisa kewalahan dalam suatu situasi sosial

Karena adanya rasa peduli yang tinggi maka bisa saja Anda yang suka menolong menjadi kewalahan dalam suatu situasi sosial. Sebab Anda akan selalu berusaha untuk menolong orang lain. Di samping itu Anda juga akan selalu berusaha untuk mengerjakan segala tugas dengan tanggung jawab tanpa merepotkan orang lain. Hal ini tentu akan membuat Anda merasa lebih mudah lelah. Sebab Anda akan terus bekerja demi menjaga hubungan yang baik dengan orang lain.

Manfaat Empati Adalah Seperti Berikut

Menjaga hubungan sosial

Rasa dan sikap empati yang Anda miliki pada dasarnya memang dibutuhkan untuk membangun hubungan sosial yang baik dengan orang lain. Dengan adanya hubungan sosial yang baik maka Anda tentu dapat menjalin hubungan yang penuh dengan kerukunan bersama orang lain. Tentunya kerukunan hidup ini diinginkan oleh semua orang. Oleh karena itu Anda bisa menumbuhkan empati dan mempertahankannya agar bisa selalu memiliki hubungan sosial yang baik dengan semua orang.

Mengelola emosi

Memiliki empati adalah juga dapat membantu Anda untuk bisa lebih mengelola emosi. Dengan adanya hal tersebut maka Anda bisa mengendalikan emosi dengan lebih baik. Pengelolaan emosi ini tentu dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan Anda. Dengan adanya pengelolaan emosi maka Anda akan terhindar dari rasa stres. Selain itu hidup Anda akan menjadi lebih tenang. Tidak hanya untuk diri sendiri saja tetapi pengelolaan emosi juga akan berdampak pada hubungan Anda dengan orang lain. Anda akan lebih mudah menahan amarah sehingga orang lain akan lebih mudah menghargai Anda.

Meningkatkan sikap tolong-menolong

Adanya empati juga akan melatih Anda untuk selalu siap memberikan pertolongan kapan saja da dimana saja. Bahkan pertolongan bisa Anda berikan pada siapa saja tanpa kecuali. Kebiasaan menolong orang ini akan semakin tertanam pada diri Anda. Hingga akhirnya Anda akan memiliki karakter yang suka menolong. Dalam hal ini sikap menolong yang Anda miliki akan semakin meningkat. Tentu hal ini akan membuat Anda semakin banyak menebarkan hal positif pada orang lain.

Menumbuhkan Empati Adalah Dengan Cara Seperti Ini

Empati adalah suatu sikap yang sebenarnya bisa memberikan dampak positif baik bagi kehidupan Anda maupun bagi kehidupan orang lain. Memiliki rasa ini bisa dipandang sebagai hal yang baik sebab dengan adanya rasa ini Anda bisa lebih memahami orang lain. Untuk itu hal tersebut perlu ditumbuhkan agar Anda bisa menjaga hubungan yang harmonis dengan orang lain. Menumbuhkan rasa ini dapat dilakukan dengan beberapa cara. Salah satu cara tersebut adalah dengan memperbanyak pergaulan pergaulan dan komunikasi.

Semakin banyak orang yang Anda temui maka akan semakin banyak kesempatan bagi Anda untuk menumbuhkan rasa empati. Semakin banyak karakter orang yang Anda hadapi maka Anda juga akan belajar untuk semakin memahami masing-masing orang. Selain itu perasaan tersebut juga bisa ditumbuhkan dengan cara mendengarkan orang lain. Dengan mendengarkan orang lain maka Anda akan semakin mudah mengerti perasaan orang lain. Anda bahkan juga bisa meletakkan diri Anda di posisi orang yang sedang mengeluh pada Anda. Maka empati lama-kelamaan akan semakin tumbuh dan berkembang dalam diri Anda.

Tentu saja hal tersebut seperti juga saat memilih sistem absensi terbaik untuk perusahaan. Diperlukan sistem yang tepat, efektif, serta efisien. Contohnya dengan memilih untuk menggunakan JojoTimes. Produk ini membantu karyawan untuk melakukan absen lebih mudah dimana saja dan kapan saja. Selain itu juga bisa memberikan posisi akurat karyawan saat melakukan absensi. Sehingga dapat mempermudah perusahaan dalam memonitor status kehadiran karyawan.

Kemudahan ini berkat beberapa fitur yang ada di dalam JojoTimes. Terutama fitur geotagging yang membantu informasi lokasi saat melakukan absensi. Oleh karena itu jangan khawatir, daftarkan segerea dan dapatkan coba gratis JojoTimes selama 14 hari di perusahaan Anda sekarang juga.