Mengenal Teknologi Cloud Computing dan Manfaatnya dalam Bisnis

Teknologi Cloud Computing

Teknologi cloud computing mungkin masih terdengar asing di telinga beberapa orang. Namun bagi mereka yang aktif dalam bersosial media serta sering menggunakan perangkat atau aplikasi digital, pasti sudah tidak asing lagi dengan teknologi awan yang satu ini.

Penerapan teknologi cloud computing sudah banyak digunakan dalam berbagai bidang. Mulai dari pendidikan, bisnis, finansial dan masih banyak lagi lainnya. 

Hal ini dikarenakan teknologi awan yang satu ini dianggap cukup efektif dalam meningkatkan efisiensi pekerjaan manusia. Selain itu, cloud computing banyak dipilih karena dapat menghemat biaya, tenaga dan waktu. Sehingga waktu yang biasa Anda gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan terkait dengan data bisa dialihkan untuk hal lain.

Lantas, apa sih sebenarnya teknologi cloud computing itu? Bagi Anda yang belum pernah menggunakannya pasti bingung dan bertanya-tanya mengenai definisi hingga manfaatnya, terutama dalam sektor bisnis. 

Nah, pada artikel kali ini, Jojonomic akan mengajak Anda untuk mengenal cloud computing lebih jauh dan mengetahui apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaannya. Penasaran, kan? So, simak lengkap artikel ini hingga tuntas, ya.

Apa Itu Teknologi Cloud Computing?

Definisi Teknologi Cloud Computing

Cloud computing atau komputasi awan merupakan sebuah inovasi terkini dalam bidang teknologi informasi. Teknologi mutakhir yang satu ini adalah gabungan dari serangkaian proses pemanfaatan komputer yang berbasis internet. Di mana Anda dapat menggunakan teknologi ini untuk menjalankan program secara bersama-sama melalui perangkat yang berbeda.

Gampangnya, cloud computing memungkinkan Anda dapat mengakses sebuah program aplikasi melalui smartphone, tablet, komputer maupun laptop selama mereka terhubung dengan jaringan internet. Tak hanya itu, inovasi teknologi yang satu ini juga dapat digunakan sebagai media penyimpanan yang modern di mana Anda tak membutuhkan penyimpanan fisik lagi karena seluruhnya dapat dilakukan secara virtual dan digital. Nantinya data yang tersimpan tersebut dapat Anda akses kembali melalui perangkat yang berbeda.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, keberadaan komputasi awan digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia dalam berbagai hal. Salah satunya adalah dalam hal bisnis, di mana Anda dapat menyimpan dan mengolah data dengan mudah secara daring. Selain itu, Anda juga dapat bekerja sama dengan banyak orang di waktu yang bersamaan, terhubung dengan mereka dan memudahkan jalannya komunikasi dan workflow.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Manfaat Penggunaan Teknologi Cloud Computing dalam Bisnis

Manfaat cloud computing

Nah, setelah mengetahui definisi singkat mengenai teknologi mutakhir yang satu ini. Berikutnya kami juga akan memberikan Anda informasi mengenai manfaat dari penggunaan teknologi cloud computing dalam operasional sebuah bisnis. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya:

1. Dapat dimulai dengan modal kecil

Ada begitu banyak platform yang menyediakan jasa layanan cloud bagi Anda yang ingin mengadopsi teknologi modern ini. Biaya berlangganan yang dipatok pun terbilang cukup terjangkau untuk ukuran sebuah bisnis.

Sehingga perkara modal awal yang akan dikeluarkan tentu tak menjadi masalah besar. Mengingat Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari penggunaan teknologi cloud computing ini.

Bahkan, Anda tak harus membayar atau menggunakan seluruh fitur yang ditawarkan oleh platform penyedia layanan cloud tersebut. Karena Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing perusahaan atau bisnis Anda.

Selain itu, penggunaan teknologi komputasi awan ini tak mengharuskan Anda menginstall perangkat keras (hardware) maupun lunak (software) tertentu dalam perusahaan. Anda hanya perlu membayar  biaya langganan bulanan atau tahunan sesuai dengan preferensi. 

2. Membantu menekan biaya pengeluaran perusahaan

Penggunaan sistem teknologi cloud computing ini juga akan membantu Anda dalam menekan biaya pengeluaran bisnis. Terutama dalam hal pemeliharaan perangkat digital yang digunakan serta Anda pun tak perlu lagi mempekerjakan karyawan khusus untuk mengelola sistem TI dalam perusahaan. Karena biasanya, layanan komputasi awan yang ditawarkan oleh platform penyedia jasanya telah memberikan paket lengkap berupa perawatan hingga keamanan seluruh sistem. 

Tentunya hal ini akan sangat efektif bagi Anda yang ingin menekan biaya operasional perusahaan seminim mungkin. Anda pun bisa mengalokasikan dana yang seharusnya digunakan untuk pemeliharaan atau membayar gaji karyawan IT support tersebut untuk hal-hal lain yang lebih krusial.

3. Mudah mengakses data dari mana saja

Persaingan bisnis yang semakin ketat dari hari ke hari membuat Anda mau tak mau menyeimbangkan diri dengan langkah kompetitor. Hal ini bertujuan agar bisnis Anda tidak kalah saing dengan bisnis yang serupa.

Tak hanya pemilik usaha saja yang dituntut untuk mau menerima perkembangan zaman dan teknologi. Seluruh karyawan yang terlibat dalam operasional pun dituntut harus mau mengikutinya juga.

Nah, lewat teknologi cloud computing ini, setiap kali orang dalam perusahaan membutuhkan informasi mengenai data tertentu, mereka dapat langsung mengaksesnya dari mana pun dan kapan pun lewat perangkat apa saja. Baik itu smartphone, tablet, laptop maupun PC. Tentunya hal tersebut bisa dilakukan selama perangkat yang digunakan oleh terhubung dengan koneksi internet, ya.

4. Keamanan data perusahaan akan lebih terjaga

Dulu sebelum ada teknologi komputasi awan ini, penyimpanan sebuah data hanya dilakukan melalui bentuk fisik. Selain dapat rusak atau bahkan hilang, data fisik tersebut juga memakan banyak tempat.

Kini dengan adanya cloud computing, Anda dapat menyimpan data dalam jumlah besar dalam bentuk digital. Artinya, data Anda akan tersimpan dalam sebuah server pusat yang hanya dapat diakses oleh Anda sendiri maupun orang-orang yang memiliki aksesnya. Dengan demikian, risiko kehilangan data atau kebocoran sangat dapat diminimalisir.

Anda pun dapat menghemat lebih banyak biaya yang biasanya digunakan untuk mencetak kertas laporan atau data tertentu. 

5. Dapat dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda bisa memilih layanan cloud computing sesuai dengan preferensi maupun kebutuhan bisnis. Dalam hal ini, misalnya bisnis Anda sedang berada di puncak kejayaan sehingga membutuhkan ruang penyimpanan yang besar untuk menyimpan data-data krusial. Namun di periode berikutnya, penjualan bisnis Anda menurun dan operasional tidak segencar sebelumnya.

Dari sini, kebutuhan ruang penyimpanan cloud computing Anda pun berkurang. Anda pun bisa menurunkan kapasitasnya dengan menghubungi pihak penyedia jasa layanan tersebut. 

Penutup

Jojo Expense

Nah, itulah tadi sekilas informasi mengenai teknologi cloud computing dan manfaat penggunaannya dalam operasional sebuah perusahaan. Jika bisnis yang Anda jalankan bergerak dalam bidang teknologi informasi atau memiliki banyak data-data penting, penggunaan teknologi komputasi awan menjadi salah satu yang harus dipertimbangkan.

Terlebih jika bisnis Anda tersebut memiliki banyak cabang atau sudah berskala besar. Tentunya data yang dikelola pun akan jauh lebih banyak dan kompleks. Untuk itu diperlukan penyimpanan berkapasitas besar dari komponen yang satu ini.

Selain mengadopsi sistem komputasi awan, Anda juga harus memperhatikan kondisi keuangan bisnis secara berkala. Mengingat perkembangan bisnis Anda tergantung dengan bagaimana kondisi finansial di dalamnya.

Untuk memudahkan Anda mengatur keuangan perusahaan, Jojo Expense dapat dijadikan salah satu partner terpercaya dalam hal ini. Sebagai informasi, Jojo Expense merupakan sebuah aplikasi manajemen pengeluaran perusahaan yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pekerjaan hingga 76 persen.

Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur mutakhir yang semakin memudahkan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan terkait manajemen keuangan. Sebut saja fitur Budget Controlling, Cash Advance, Reimbursement Online, Mobile Approval hingga Transfer Online secara real time.

Perangkat ini  juga dilengkapi teknologi modern berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan Anda terhindar dari risiko fraud financial (penipuan keuangan). Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Expense dan permudah cara Anda dalam mengelola keuangan perusahaan sekarang juga!