Melihat Contoh Portofolio Yang Baik Sebagai Referensi Bagi Pemula

contoh portfolio

Contoh portofolio tentu akan dibutuhkan oleh Anda terutama saat Anda sedang berusaha untuk membuatnya. Portofolio sendiri menjadisuatu hal yang penting sehingga perlu untuk dibuat. Sebenarnya istilah portofolio bisa dilihat dari berbagai macam bidang. Jadi bagaimana contoh portofolio itu sebenarnya bergantun pada konteks yang sedang dibicarakan atau konteks yang dimaksud.

Namun pada umumnya istilah ini merupakan sekumpulan informasi mengenai sesuatu. Jadi di dalam portofolio akan dijumpai sekumpulan hal yang menjadi informasi dari sebuah produk ataupun informasi mengenai seseorang. Anda yang sedang membuat prtofolio tentu saja perlu mengerti benar tentang apa yang akan dicantumkan. Sebab apa yang dicantumkan akan menggambarkan produk ataupun seseorang yang memang sedang dipromosikan.

Membuat Contoh Portofolio

Buatlah daftar isi

Hal pertama yang harus dilakukan pada saat membuat contoh portofolio adalah membuat daftar isi. Pada dasarnya di dalam portofolio yang Anda susun akan tercantum berbagai kelebihan produk atau bisa juga tercantum prestasi seseorang. Tentunya berbagai kelebihan ini tidaklah sedikit. Bahkan Anda bisa menguraikannya secara panjang dan lebar dan secaralebih rinci.

Dengan adanya penjelasan rinci tersebut maka diharapkan agar orang lain yang membacanya bisa memahami apa yang dijelaskan di dalam portofolio tersebut. Berbagai kelebihan ini bisa diketahui dan dikenal oleh orang lain yang membacanya. Oleh karena itru Anda perlumembuat daftar isi. Dalam hal ini daftar isi akan bersifat membantu dan mempermudah orang yang akan membacanya. jadi pembaca akan lebih mudah dalam melihat setiap dokumentasi yang Anda cantumkan pada portofolio tersebut.

Buatlah lampiran data diri

Di dalam contoh portofolio mungkin saja hanya terdapat beberapa hasil dokumentasi saja. Memang pada dasarnya portofolio dibuat untuk menunjukkan dokumentasi sebagai gambaran mengenai hasil atau bukti nyata. Namun sebenarnya tidak ada salahnya bila Anda juga mencantumkan data diri Anda. Jadi saat membuatnya maka Anda bisa memasukkan data diri Anda sehingga akan ada gambaran singkat mengenai Anda sebagai pihak yang membuat portofolio.

Data diri ini bahkan harus dicantumkan bila Anda memang membuat portofolio dengan tujuan untuk mempromosikan diri. Maka orang lain bisa mengerti dan memahami gambaran diri Anda secara lebih lengkap. Sedangkan bila Anda sedang membuat gamabran mengenai suatu produk maka mungkin saja Anda bisa menambahkan sedikit mengenai data diri Anda sepertimisalnya nomer yang bisa dihubungi. Maka siapa saja yang membaca portofolio Anda dan tertarik dengan produk Anda bisa langsung menghubungi Anda.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Ungkapkan tujuan

Setiap protofolio yang disusun atau dibuat sudah pasti memiliki tujuan tertentu. Maka hal selanjutnya yang perlu dibuat dalam menyusun portofolio adalah menuliskan tujuan dari pembuatan portofolio itu sendiri. dalam hal ini Anda perlu memberikan penjelasan secara lebih jelas mengenai tujuan ataupun target yang memang ingin Anda capai. Bahkan Anda bisa menuliskan visi dan misi Anda di dalam portofolio yang sedang disusun tersebut.

Visi dan misi yang dicantumkan ini bisa dibuat dalam jangka pendek dan juga dalam jangka panjang. Dengan adanya visi dan misi yang tercantum tersebut maka pembaca bisa melakukan penilaian dengan lebih mudah. Bahkan bisa saja pembaca menjadi semakin tertarik dengan visi dan misi Anda. Oleh karena itu dalam pembuatan portofolio sebaiknya jangan sampai meninggalkan pencantuman visi dan misi.

Cantumkan keunggulan

Rupanya tidak hanya visi dan misi saja yang dapat dicantumkan di dalam sebuah portofolio. Namun Anda juga perlu mencantumkan keunggulan dari produk yang sedang dijadikan sebagai topik dalam penyusunan portofolio Anda. Atau bila Anda sedang membbuat portofolio mengenai diri Anda sendiri maka Anda perlu mencantumkan berbagai kelebihan yang Anda miliki. Berbagai kelebihan diri Anda tersebut bisa saja meliputi ketrampilan dan keahlian diri Anda. Atau bisa juga Anda mencantumkan pengalaman Anda sehingga Anda akan tampil sebagai orang yang memang mampu dan unggul. Tentunya hal ini akan membuat orang lain menjadi semakin tertarik dan berminat dengan apa yang sedang dipromosikan di dalam portofolio yang Anda susun.

Sertakan contoh hasil

Di dalam sebuah contoh portofolio mungkin akan banyak dijumpai berbagai tulisan mengenai visi dan misi serta kelebihan dan keunggulan sesuatu atau seseorang. Semua hal ini bahkan akan dicantumkan dengan lebih jelas dan rinci hingga dapat membuat orang yang membacanya menjadi tertarik. Namun bagaimanapun juga apa yang sedang dipromosikan tersebut harus disertai dengan bukti yang nyata. Untuk itu Anda bisa membuat sebuah contoh dari hasil nyata yang ada sebagai bukti.

Berbagai bukti yang Anda lampirkan tersebut tentunya akan membuat portofolio Anda mennjadi semakin meyakinkan. Sebab dengan adanya berbagai bukti yang dicantumkan tersebut maka para pembaca bisa melihat sendiri apa yang sedang Anda promosikan. Pembaca juga pada akhirnya bisa memberikan penilainnya melalui berbagai bukti yanga da. Bahkan bukti tersebut bisa dijadikan sebagai suatu acuang bagi para pembaca portofolio Anda. Bukti yang perlu dilampirkan tersebut bisa dihadirkan dalam bentuk dokumentasi foto ataupun video serta lainnya.

Lampirkan testimoni

Pembuatan portofolio juga tidak boleh sampai melupakan testimoni. Dengan adanya testimoni pada contoh portofolio yang Anda buat maka pembaca akan lebih yakin dan percaya. Testimoni yang dilampirkan tersebut juga bisa disertai dengan adanya nama dan jabatan erta institusi tempat kerja dari pemberi testimoni. Tentu saja kehadiran testimoni ini akan semakin memperkuat portofolio Anda.

Kegunaan Contoh Portofolio

Contoh portofolio tentu saja dibutuhkan oleh siapa saja yang ingin atau akan dan bahkan sedang membuat sebuah portofolio. Sebab apda dasarnya ada berbagai macam jenis contoh portofolio yang tersedia. Kesemua jenis contoh tersebut tentunya memiliki manfaat atau fungsi atau kegunaan masing-masing. Jadi dengan melihat contoh tersbeut maka Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai bagaiman cara membuat portofolio yang baik dan benar serta tepat dan sesuai dengan tujuan Anda. Pembuatan portofolio bisa dilakuakn kurang lebih seperti contoh yang Anda dapatkan. Tentunya Anda akan membuat portofolio terbaik. Hingga pada akhirnya informasi yang ingin Anda sampaikan ke orang lain bisa tersampaikan dengan baik.

Hal ini sama seperti saat mencari sistem absen terbaik untuk perusahaan. Sebaiknya gunakan yang sudah terbukti contohnya yaitu JojoTimes. Produk ini membantu untuk memberikan kemudahan dan fleksibilitas pada karyawan saat melakukan absensi harian. Selain itu dari sisi perusahaan juga lebih mudah untuk melakukan pemantauan kapan saja dan dimana saja.

Manfaat ini karena berbagai macam fitur yang memang disediakan pada JojoTimes. Beberapa fitur andalannya termasuk sebagai berikut:

  • Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  • Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  • Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  • Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Oleh sebab itu jangan khawatir atau ragu kembali, segera saja beralih pada JojoTimes. Nikmati seluruh manfaatnya dan dapatkan coba gratis selama 14 hari di perusahaan Anda sekarang juga!