Time Management Untuk HRD, Tips dan Manfaat

time management untuk HRD
time management untuk hrd

Time Management Untuk HRD – HRD atau kepanjangan dari Human Resources Development merupakan jabatan dan posisi yang penting dalam perusahaan. Kenapa ? karena HRD memiliki tugas penting dan mencakup urusan orang banyak dari mulai melakukan pengelolaan gaji karyawan, menghitung dan juga membayarkan pajak dari perusahaan tersebut, memastikan keselamatan kerja karyawan. Dan juga turut serta dalam perekrutan dan penyeleksian karyawan dan masih banyak lagi.

Tidak hanya selesai dengan tugas diatas namun masih banyak hal lagi yang harus diselesaikan oleh HRD. Bahkan diantaranya mereka juga harus membuat laporan terkait dengan para karyaan seperti absensi dan daftar izin misalnya. Tak sedikit akibat dari semakin beratnya tugas dari HRD ini banyak sekali dari mereka yang merasa tertekan dan berakhir dengan stress. Meskipun saat ini sudah banyak aplikasi dan juga yang teknologi yang membantu mengurangi pekerjaan mereka, namun tak bisa dipungkiri tugas HRD masih ada banyak.

Salah satu jalan keluar tim HRD dengan keadaan yang demikian yaitu dengan menerapkan time management yang baik sehingga mampu menghindarkan stress berlebihan dari para tim HRD.

Apa Itu Time Management ?

Dari judulnya sendiri Time Management tentu saja dapat kita artikan hal ini ebagai pengelolaan waktu. Namun secara lebih dalam Time Management dapat diartikan sebagai pemanfaatan waktu yang baik dan semaksimal mungkin sehingga menyebabkan pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan efisien. Seperti yang sudah kita ketahui diatas mengenai tugas dari HRD yang sangat banyak, hal ini dapat menjadi hal yang penting untuk diterapkan dan diperlukan tim HRD.

Dimana dengan adanya time management ini akan memudahkan HRD untuk menyeimbangkan antara waktu untuk mengerakan tugas pokok dan tugas administrasi dalam periode setiap bulannya. Dimana untuk tugas pokok, hal ini terdiri dari tugas atau pekerjaan yang tidak dapat dilakukan atau dibantu dnegan menggunakan aplikasi HR. Contoh dari tugas pokok diantaranya yaitu melakukan interview untuk para karyawan baru dan juga pembuatan program pengembangan karir untuk para karyawan.

Manfaat Time Management Untuk HRD

Dengan menerapkan time management pada HRD tentu saja akan memberikan sejumlah manfaat. Berikut ini adalah manfaat yang didapatkan dengan adanya time management HRD :

Membantu Penentuan Skala Prioritas

Time management pada HRD dapat membuat mempermudah pekerjaan dari HRD sendiri sehingga memungkinkan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan efektif. Dengan adanya time management HRD lebih mampu membagi waktu dalam menyelesaikan pekerjaannya. Dengan adanya efek ini membuat HRD lebih mudah untuk menentukan pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Dalam menyelesaikan pekerjaan akan lebih baik dan mudah untuk HRD menyelesaikan yang lebih mudah terlebih dahulu sehingga mampu mengatur waktu dengan baik. Karena kita ketahui bahwa untuk pekerjaan yang sulit akan membuthkan waktu yang relatif lebih lama dalam pekerjaannya. Time management yang ada memudahkan HRD untuk kemudian dapat menyelesaikan pekerjaan sehingga kemungkinan untuk mengalami stress menjadi lebih kecil.

time management untuk HRD

Menghindari Jam Kerja Lembur

Ketika HRD mampu menerapkan time management yang baik, akan membuat jam kerjanya menjadi tidak berlebihan atua dapat dikatakan dapat menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu. Hal ini tentu saja akan berdampak dimana seorang HRD tidak lagi membutuhkan lembur. Karena ketika seseorang melakukan lembur dengan berlebihan hal ini juga akan berdampak pada kesehatan dan performa HRD dalam bekerja.

Budaya Kerja Yang Sehat

Yang dimaksudkan dengan budaya kerja yang sehat yaitu dimana seorang karyawan akan ekerja dan beristirahat dalam waktu sewajarnya. Mereka akan bekerja saat memnag waktunya bekerja begitupun sebaliknya. Hal ini juga berpengaruh besar pada performa karyawan. Dengan adanya time management yang baik membuat HRD tidak hanya mengalami fisik dan performa yang sehat tetapi juga psikologinya semakin terhindar dari stress. Dan kesehatan HRD juga semakin terpelihara karena tekanan pekerjaannya hilang setelah dia menyelesaikan pekerjaannya membuat dia bisa bernafas lega di rumah.

Pencegahan Sikap Menunda Pekerjaan

Tanpa adanya time management dengan tanggungan kerjaan yang sedemikian banyak tentu saja kadang membuat HRD bosan dan berakhir dengan malas dalam melakukan pekerjaannya. Ketika rasa malas ini sudah datang maka kemungkinan besar untuk HRD melakukan penundaan kerja akan semakin tinggi.

Pasalnya ketika HRD sudah malas dan menunda pekerjaanya maka lama periode dalam penyelesaian pekerjaan tersebut semakin lama. Hal ini akan merembet dengan adanya jam tambahan lembur yang harus dikerjakannya dan lain- lain. Karena itu dibutuhkan time management. Dengan diterapkannya time maangement yang baik akan membaut HRD lebih dapat menata jam kerjanya dengan baik. Dan menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih efisien.

time management untuk HRD

Penyeimbangan Kualitas Administrasi dan Kretifitas

Dampak dengan adanya time management yang baik dalam HRD tentu saja akan berdampak besar. Tidak hanya secara personal perseorangan namun juga dengan timnya. Pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan efisien mempengaruhi banyak hal. Ketika sudah terbiasa dengan time managemen yang baik maka anda bisa menyelesaikan pekerjaan yang memerlukan ketelitian lebih. Dengan lebih cepat dan hasil memuaskan.

Misalnya anda dapat menyelesaikan pengelolaan gaji karyawan dengan baik dan lebih cepat. Selanjutnya anda dapat menuju kepekerjaan lainnya yaitu misal menyusun program pengembangan untuk para karyawan dan lainnya. Sehingga dapat diartikan tugas atau pekerjaan HRD menjadi seimbang antara kualitas admnistrasinya dengan kreatifitas yang dimiliki HRD.

Cara dan Tips Membuat Time Management Bagi HRD

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan HRD terutama yang memiliki tugas dan tanggungan yang banyak untuk membuat time management. Beikur ini adalah cara atau tips membuat time management untuk HRD :

  • Membuat To-do-list, hal yang pertama dapat anda lakukan untuk membuat time management. Yaitu membuat to-do-list menganai apa saja tugas yang saat itu harus dikerjakan.
  • Membagi Pekerjaan dalam Skala Prioritas, usahakan untuk anda HRD menyelesaikan pekerjaan yang lebih penting dan mendesak untuk dibutuhkan terlebih dahulu.
  • Pengerjaan pekerjaan dari yang paling mudah terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan ketika anda menyelesaikan pekerajan yang sulit terlebih dahulu akan membuat banyak waktu yang dihabiskan.
  • Fokus dengan 1 pekerjaan, yang dimaksudkan disini yaitu akan lebih mudah dan cepat. Ketika seseorang menyelesaikan pekerjaan dengan fokus terlebih dahulu dengan pekeraan tersebut. Karena ketika kita tidak fokus pada satu, atau menyelesaikan 2 sekaligus misalnya ini juga akan berdampak pada hasil pekerjaan tersebut.

Dengan banyak dan menumpukka tugas HRD tentu saja membutuhkan time management yang baik. selian itu juga HRD tetap saja membutuhkan bantuan dari teknologi yang ada untuk mengurangi sedikit tugas dan pekerjaannya. Misalnya terkait perhitungan rumit gaji karyawan, HRD bisa mencoba menggunakan JojoPayroll.

Pembayaran Pajak

Aplikasi JojoPayroll merupakan milik Jojonomic yang mampu mempermudah kerja HRD hingga 85% dalam mengumpulkan data terkait gaji karyawan. JojoPayroll di operasikan secara digital, sehingga lebih mudah digunakan dan mengurangi kemungkinan data untuk hilang. Dengan JojoPayroll karyawan juga dapat dengan mudah mencetak slip gaji secara digital.

Ayoooo Segera gunakan JojopPayroll untuk mempermudah kinerjamu!