Transformasi Digital HR dalam Perusahaan, Seberapa Pentingnya?

Transformasi Digital HR

Perkembangan teknologi digital yang semakin modern kini memberikan banyak kemudahan bagi umat manusia dalam berbagai bidang. Salah satunya yang paling terasa ialah dalam dunia bisnis. 

Di mana hampir keseluruhan operasional perusahaan kini dibantu dengan adanya software digital. Mulai dari yang digunakan untuk mengelola keuangan, sistem penggajian, absensi hingga human resource (HR).

Tentunya dengan keberadaan perangkat digital tersebut, seluruh kinerja perusahaan dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Masing-masing karyawan pun dapat menghemat lebih banyak waktu dan mengalokasikannya untuk mengerjakan hal lain yang tak kalah lebih penting.

Saat ini, salah satu perangkat digital dalam bisnis yang paling banyak digunakan ialah software HR. Di mana dengan perangkat ini, seluruh keperluan human resource dapat dilakukan secara online dengan cara yang lebih praktis.

Namun meski menawarkan berbagai macam kemudahan, nyatanya masih banyak pelaku bisnis yang belum mau menggunakan software mutakhir yang satu ini. Padahal sudah banyak statement yang bermunculan terkait transformasi digital HR yang memberikan banyak pengaruh terhadap operasional sebuah bisnis. Salah satunya adalah mengimbangi persaingan pasar yang ada agar tidak tertinggal jauh oleh kompetitor.

Nah, pada artikel kali ini, Jojonomic akan membahas secara terperinci mengenai pernyataan tersebut. Benarkah transformasi digital HR merupakan salah satu komponen yang diperlukan dalam perusahaan saat ini? Lantas, seberapa penting sih eksistensi transformasi digital HR ini? 

Penasaran, kan? So, simak lengkap artikel berikut ini sampai habis, ya.

Kenali Bentuk Transformasi Digital HR

Bentuk Transformasi Digital HR

Dalam prakteknya, transformasi digital HR ini sudah banyak mulai dilakukan meski secara tidak sadar. Hal ini tak selalu berkaitan dengan penggunaan software HR tertentu. Namun juga bisa berarti Anda meninggalkan cara atau metode human resource yang lama dan beralih ke metode baru yang lebih modern.

Salah satu contoh yang sudah banyak diterapkan oleh perusahaan atau bisnis saat ini adalah mereka mencari kandidat karyawan baru melalui iklan yang dipasang di internet. Padahal dulu, lowongan kerja hanya bisa didapatkan dari koran atau kertas yang ditempel di sepanjang jalan.

Tentunya dengan transformasi ini, sebuah iklan lowongan pekerjaan yang dipasang di internet akan menjangkau lebih banyak orang. Sehingga perusahaan memiliki peluang besar untuk menemukan kandidat dengan potensi terbaik yang bisa didapatkan.

Selain itu, jika sebuah perusahaan menggunakan software HR digital akan terdapat banyak kemudahan yang bisa didapat. Mulai dari analisa data karyawan, memudahkan proses rekrutmen, membantu manajemen keuangan perusahaan, efisiensi pembuatan laporan dan masih banyak lagi lainnya.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Dengan demikian, kinerja divisi HRD dalam perusahaan akan jauh lebih diringankan. Satu hal yang perlu diingat, keberadaan software HR ini tidak akan dapat menggantikan eksistensi manusia sebagai orang yang mengelola SDM dalam perusahaan. Karena sistem tetaplah sistem, mereka dibuat dan diprogram dengan batasan tertentu. 

Sedangkan manusia dapat melakukan pendekatan secara personal dengan individu yang lain. Hal inilah yang membuat divisi HR dalam perusahaan harus tetap ada meskipun Anda sudah mengadopsi sistem human resource yang paling mutakhir.

Kenapa Transformasi Digital HR Diperlukan?

Pentingnya Transformasi Digital HR

Jika pertanyaan ini muncul sekilas di pikiran Anda, kami akan menjawabnya dengan singkat, padat dan jelas. Transformasi digital HR diperlukan karena akan memudahkan kinerja divisi human resource dalam perusahaan.

Mereka bisa menghemat lebih banyak waktu dan mengalokasikannya untuk menyelesaikan pekerjaan lain. Dengan demikian, tingkat produktivitas divisi HR pun akan meningkat hingga memberikan hasil akhir yang lebih maksimal.

Selain itu implementasi digital HR juga memberikan keuntungan lebih banyak bagi perusahaan. Di mana perusahaan dapat menghemat lebih banyak biaya kertas yang biasa digunakan untuk mencetak laporan maupun slip gaji. 

Risiko Tidak Menerapkan Transformasi Digital HR

Risiko Tidak mengikuti Digital HR

Perusahaan yang mau melakukan transformasi digital HR berarti cukup ramah dengan kemajuan teknologi. Mereka mau beradaptasi dan menerima kemajuan zaman yang bertujuan untuk memudahkan kinerja manusia di lapangan.

Nah, jika Anda adalah pemilik bisnis yang enggan mengadopsi sistem digital HR ini, maka Anda perlu bersiap terhadap berbagai macam risiko buruk yang mengintai. Di antaranya adalah Anda harus bisa menerima fakta bahwa pesaing Anda saat ini berada jauh di depan karena mereka mau beradaptasi dan menggunakan sistem digital HR yang ada.

Selain itu, Anda hanya akan membuang-buang banyak waktu jika tidak segera melakukan transformasi digital HR ini. Karena seperti yang telah kami berulangkali sebutkan di atas bahwa digital HR akan membuat seluruh pekerjaan jauh lebih efektif dan efisien. Sisa waktu yang masih ada dapat digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan lain yang tak kalah pentingnya.

Jika Anda memiliki opsi untuk melakukan pekerjaan dengan cara yang lebih cepat dan praktis. Apakah Anda masih mau mempertahankan cara tradisional yang memakan waktu lama dan rawan human error? Jika Anda masih mau bertahan dengan cara konvensional tersebut lengkap dengan risiko human error-nya, maka bisa dipastikan hal ini akan menghambat perkembangan bisnis Anda di masa mendatang.

Selain itu, jika perusahaan Anda sudah bergerak dalam skala besar dan memiliki banyak karyawan. Tidak mau melakukan digitalisasi dalam sektor HR hanya akan membuat pekerjaan semakin rumit dan tidak efektif. Mengingat tenaga HR yang ada juga terbatas sehingga untuk mencakup seluruh tanggung jawabnya membutuhkan waktu yang tak sedikit serta usaha yang cukup keras.

Penutup

Jojo Payroll

Namun demikian, semuanya kembali di tangan Anda sebagai pemilik atau pemimpin perusahaan. Di mana saat ini Anda memiliki opsi untuk mempermudah kinerja karyawan atau tetap mempertahankan budaya pekerjaan yang tradisional dan membutuhkan waktu lama. 

Perlu diingat bahwa persaingan pasar semakin hari semakin ketat. Pergerakan inovasi pesaing pun bisa tak tertebak. Jika Anda hanya fokus pada penggunaan satu sistem tradisional tanpa mau melakukan digitalisasi, peluang bisnis Anda ketinggalan zaman akan semakin besar.

Belajarlah dari pengalaman Nokia yang tidak mau mengadopsi sistem Android di awal kemunculannya. Hingga seiring berjalannya waktu brand ponsel tersebut kalah daya saing dan membuatnya bangkrut. Anda tentu tidak menginginkan hal serupa, bukan?

Salah satu software HR yang bisa Anda jadikan partner terpercaya adalah Jojo Payroll. Aplikasi ini didesain khusus untuk membantu divisi HR dalam mengelola sistem penggajian perusahaan. 

Dengan Jojo Payroll perhitungan gaji dapat dilakukan dengan lebih akurat dalam waktu yang singkat. Software ini juga bisa diintegrasikan dengan sistem absensi dalam perusahaan sehingga akan menghemat lebih banyak waktu tenaga HR.

Perangkat Jojo Payroll juga dapat digunakan untuk menghitung BPJS, pajak pph 21, lembur, potongan gaji karena absensi yang tidak lengkap, pinjaman, iuran, tunjangan dan masih banyak lagi lainnya. Aplikasi ini juga memiliki fitur schedule atau penjadwalan. Sehingga gaji dapat ditransfer ke rekening karyawan dengan tepat waktu. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Payroll dan permudah cara Anda dalam menggaji karyawan sekarang juga.