Accounting Product and Service: Definisi dan Jenis-jenisnya

Accounting product and service

Accounting product and service atau jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berarti produk dan layanan akuntansi merupakan salah satu hal yang belakangan banyak dicari oleh para pelaku usaha. Hal ini dikarenakan keberadaan akuntan (baik itu sistem maupun manusia) menjadi salah satu komponen krusial dalam operasional sebuah perusahaan.

Sangat mustahil sebuah usaha atau bisnis dapat berjalan dengan baik tanpa adanya divisi akuntansi. Hal ini dikarenakan, merekalah yang nanti akan berhubungan langsung dan mengurus keuangan perusahaan. Mulai dari pencatatan data keuangan keluar dan masuk, membuat laporan bulanan, mencatat setiap transaksi utang piutang hingga membuat neraca saldo dalam satu periode tertentu. Bahkan setiap perencanaan bisnis yang berhubungan dengan cash flow juga turut menjadi tanggung jawab dari seorang akuntan dalam perusahaan. 

Untuk itu dengan segudang tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh seorang akuntan. Tak heran jika mereka juga membutuhkan bantuan dari sistem yang sudah terstruktur. Salah satunya adalah dengan menggunakan software akuntansi yang kini sudah banyak tersebar dan digunakan oleh pengusaha kecil maupun yang berskala besar.

Nah, pada artikel kali ini, Jojonomic akan mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh terkait accounting product and service meliputi definisi hingga jenis-jenisnya. Dengan demikian, Anda yang belum mengadopsi sistem akuntansi berbasis teknologi dapat menentukan pilihan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Apa Itu Accounting Product and Service?

Definisi Accounting product and service

Secara sederhana, accounting product and service merupakan sebuah produk atau layanan yang berhubungan dengan akuntansi dan dibuat secara khusus untuk membantu memudahkan kinerja divisi akuntan dalam perusahaan. Inovasi ini muncul ketika banyak praktisi accounting yang merasa direpotkan dengan tanggung jawab besar yang mereka emban. Mengingat menjaga kesehatan kondisi keuangan sebuah bisnis merupakan salah satu tugas serta kewajiban yang harus dijalankan oleh seorang akuntan.

Meski terdengar sepele, namun sebenarnya hal ini bukanlah perkara yang mudah. Mengingat cash flow dalam operasional sebuah bisnis merupakan komponen yang cukup kompleks. Hal ini tidak hanya terdiri dari satu jenis transaksi saja. Melainkan cukup banyak transaksi yang tercatat dan seluruhnya harus diketahui oleh seorang akuntan.

Untuk itu, inovasi accounting product and service bermunculan. Dengan demikian, tanggung jawab seorang akuntan bisa lebih diringankan. Di mana mereka tak perlu lagi mencatat pembukuan keuangan perusahaan secara manual. Mereka pun dapat dengan mudah menghitung dan membuat laporan keuangan secara otomatis dan terhindar dari risiko human error seperti kesalahan perhitungan.

Jenis-jenis Accounting Product and Service

Jenis Accounting product and service

Dalam prakteknya, inovasi accounting product and service ini terdiri dari berbagai jenis. Masing-masing jenisnya pun memiliki fitur dan kegunaannya tersendiri. 

Nah, bagi Anda yang ingin mengadopsi teknologi mutakhir dalam dunia accounting ini, maka perlu mengetahui ragam atau macam-macam produk serta layanan akuntansi yang bisa Anda jadikan pilihan dalam operasional perusahaan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Software penggajian dan akuntansi sederhana

Bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan usaha kecil dan menengah, jenis software penggajian (payroll) serta accounting ini cocok dijadikan pilihan. Anda dapat dengan mudah menemukan layanan ini di internet dan membandingkan antara satu produk dengan produk yang lain.

Sesuai namanya, produk ini biasanya dikemas dengan ragam fitur yang sederhana dan cukup terbatas. Di mana Anda hanya bisa menggunakan perangkat ini untuk keperluan accounting biasa serta penggajian. Fitur yang dipasangkan biasanya hanya sebatas membuat dokumen keuangan, mencatat setiap transaksi, melakukan perhitungan data hingga membuat laporan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Anda mungkin juga akan mendapatkan tambahan fitur pendukung lain. Seperti perhitungan gaji dan transfer antar bank. Tentunya hal ini tergantung dengan vendor atau penyedia layanan aplikasi yang Anda gunakan.

Karena memiliki fitur yang terbatas, jenis software ini biasanya dibandrol dengan harga yang lebih murah. Di mana Anda tak perlu membeli lisensi dan hanya cukup berlangganan saja sesuai dengan kebutuhan. 

2. Software accounting dan manajemen bisnis

Jenis accounting product and service yang berikutnya memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan poin yang pertama. Di mana pada aplikasi jenis ini, Anda akan mendapati banyak fitur yang tak hanya sebatas akuntansi maupun penggajian saja. Namun juga untuk mengontrol beberapa keperluan dalam manajemen perusahaan. Meliputi kebutuhan inventaris, stok barang, customer relationship management (CRM), sales, invoice dan masih banyak lagi lainnya.

Software ini lebih direkomendasikan untuk bisnis atau usaha yang sudah bergerak dalam skala menengah ke atas. Di mana biasanya kondisi keuangan bisnis tersebut sudah stabil secara finansial sekaligus memiliki banyak karyawan yang harus di-handle.

Dengan penggunaan produk aplikasi yang satu ini, operasional perusahaan akan jauh lebih dimudahkan. Tak hanya bagi divisi akuntan semata, namun juga berguna bagi para praktisi human resource (HR) dalam perusahaan. 

3. Software as a Service (Saas)

Anda mungkin jarang mendengar istilah yang satu ini. Namun sebenarnya perangkat SaaS cukup familiar dan banyak kita gunakan dalam keseharian. 

Nah, beberapa vendor aplikasi akuntansi membuat layanan mereka yang berbasis cloud sehingga dapat diakses melalui internet dari mana saja dan kapan saja. Software ini cocok bagi Anda yang tak mau ribet melakukan instalasi ataupun maintenance secara berkala. Karena seluruh hal yang berkaitan dengan sistem merupakan tanggung jawab dari penyedia layanan tersebut.

Untuk mengakses layanan ini pun terbilang cukup mudah. Di mana Anda hanya perlu menggunakan web browser untuk mengunjungi situs layanan tersebut. Anda juga tak perlu membeli lisensi suatu produk, karena sistem yang berlaku biasanya hanyalah berlangganan untuk satu periode waktu tertentu (misalnya bulanan atau tahunan).

Yang menarik dari software akuntansi berbasis cloud ini adalah seluruh data akan disimpan dalam sebuah server pusat yang terenkripsi. Sehingga data keuangan akan jauh lebih aman dibandingkan Anda harus menyimpannya dalam bentuk fisik yang rawan rusak ataupun jika Anda menyimpannya dalam komputer/laptop juga bisa sewaktu-waktu terhapus secara tak sengaja atau saat perangkat tersebut ter-reset.

Untuk fitur yang ditawarkan, layanan SaaS ini cukup beragam. Tentunya tergantung dari masing-masing penyedia aplikasinya juga. Sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Penutup

Jojo Expense

Demikianlah artikel mengenai accounting product and service yang perlu Anda ketahui mulai dari definisi hingga jenis-jenisnya. Lewat pemahaman sekilas dari artikel di atas, Anda dapat menentukan pilihan software akuntansi mana yang sekiranya cocok untuk operasional bisnis Anda ke depannya.

Jojo Expense dapat dijadikan salah satu opsi bagi Anda yang sedang mencari software manajemen keuangan yang tepat. Aplikasi ini memungkinkan Anda dapat mengontrol keuangan perusahaan dengan cara yang lebih mudah. Bahkan manajemen pengeluaran perusahaan pun dapat ditingkatkan efisiensinya hingga 76 persen.

Perangkat Jojo Expense juga dilengkapi dengan ragam fitur pendukung lain seperti Reimbursement Online, Cash Advance, Mobile Approval, transfer antar bank secara real time dan masih banyak lagi lainnya.

Selain itu, aplikasi ini juga dibekali teknologi mutakhir berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan Anda dapat terhindar dari risiko fraud financial atau penipuan keuangan. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Expense dan permudah cara Anda dalam mengontrol keuangan perusahaan sekarang juga!