Bagaimana cara kelola budget perusahaan start up

Anggaran awal sangat penting untuk memahami lkamusan kas Kamu. Pertimbangkan biaya awal satu kali, biaya tetap dan variabel, dan perkiraan pendapatan, lalu perbaiki asumsi cara kelola budget perusahaan start up.

Untuk menghindari bergabung dengan statistik startup yang gagal, Kamu perlu menggkamukan anggaran startup Kamu dan merencanakan pengeluaran hingga ke detailnya.

Dan mengapa?

Anggaran awal membantu memvisualisasikan lkamusan kas Kamu dan merencanakan tingkat pembakaran Kamu pada cara kelola budget perusahaan start up.

Tingkat pembakaran adalah ukuran seberapa cepat startup Kamu menghasilkan cadangan uang tunai. Dan itu menentukan panjang garis hidup Kamu sebelum Kamu mengumpulkan dana, mendapatkan keuntungan, diakuisisi, atau bangkrut.

Proses penganggaran memungkinkan Kamu untuk menyeimbangkan semua target fantastis Kamu dengan tingkat pembakaran uang yang realistis yang akan menutupi biaya awal Kamu, membuat Kamu tetap beroperasi dan berkembang. Merencanakan anggaran startup Kamu memerlukan pemahaman yang baik tentang biaya menyiapkan, menstabilkan, dan menjalankan startup Kamu sehari-hari saat Kamu menuju profitabilitas.

Dalam artikel ini, Kamu akan mempelajari:

  • Apa itu anggaran awal dan bagaimana cara kerjanya
  • Cara membuat anggaran awal
  • Apa yang harus dipertimbangkan saat membuat anggaran awal, dan
  • Cara mengoptimalkan pembakaran untuk meningkatkan lkamusan kas Kamu

Mari kita mulai.

budget perusahaan start up

Berapa biaya awal Kamu cara kelola budget perusahaan start up

Biaya awal adalah biaya satu kali yang terlibat dalam menciptakan bisnis baru. Berikut rincian biaya awal yang harus Kamu perhitungkan dalam merencanakan anggaran Kamu.

·         Biaya pengaturan perusahaan Company

Biaya pengaturan perusahaan termasuk biaya pendaftaran, biaya hukum, dan aplikasi serta permintaan yang harus Kamu serahkan ke otoritas terkait sebelum startup Kamu diakui sebagai badan hukum.

·         Penelitian dan Pengembangan

Fitur biaya R&D baik sebelum kick-off maupun secara berkelanjutan, yaitu, saat Kamu membangun penawaran produk atau layanan Kamu. Biaya penelitian dan pengembangan termasuk dana yang Kamu keluarkan untuk membuat rencana bisnis, melakukan riset pasar, menguji produk, dan mewawancarai pengguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna Kamu.

·         Perlengkapan dan peralatan

Persediaan termasuk Macbook baru, server, kendaraan, AC, perlengkapan kantor, furnitur, inventaris fisik, dan tidak lupa dapur yang lengkap. Persediaan dan peralatan mencakup pembelian perangkat keras yang direncanakan untuk langsung menjalankan atau mendukung operasi startup Kamu.

·         Fasilitas

Inilah salah satu area di mana startup menghabiskan sebagian besar anggaran mereka. Pengeluaran seperti deposit sewa, pembayaran sewa, koneksi utilitas adalah pengeluaran yang dilakukan untuk memperoleh atau memelihara fasilitas bisnis startup Kamu.

·         Teknologi

Tumpukan teknologi Kamu ada di sini. Langganan, pembuatan situs web, hosting, pengembangan web, dan semua hal teknis yang perlu Kamu bayar untuk memastikan bisnis Kamu berjalan dengan lancar.

·         Pemasaran

Anggaran pemasaran mencakup biaya yang terkait dengan membangun identitas merek Kamu dan menciptakan kesadaran tentang penawaran produk atau layanan startup Kamu.

·         Lain

Anggaran startup Kamu juga harus mencakup asuransi, lisensi, biaya izin, uang jaminan (untuk kredit), dll. Tetapkan biaya lain yang tidak dikategorikan di sini.

budget perusahaan start up

Tentukan biaya tetap dan variabel Kamu

Tujuan menjalankan bisnis apa pun adalah untuk menghasilkan keuntungan. Bahkan jika Kamu adalah perusahaan publik, Kamu membutuhkan pendapatan melebihi pengeluaran untuk tetap bertahan. Dan untuk menghasilkan keuntungan, Kamu perlu berinvestasi dalam operasi Kamu. Di situlah biaya tetap dan variabel masuk ke dalam persamaan anggaran awal.

Biaya tetap adalah biaya yang relatif stabil dari waktu ke waktu dan tidak terpengaruh oleh volume bisnis yang Kamu proses.

Beberapa contoh biaya awal tetap meliputi:

  • Pembayaran sewa atau hipotek. Kecuali Kamu pindah ke fasilitas baru, sewa atau hipotek startup Kamu tetap
  • Biaya bank dan pembayaran pinjaman bisnis. Demikian pula, biaya bank dan pembayaran pinjaman cenderung tetap kecuali Kamu meningkatkan pendanaan utang.
  • Pembayaran utilitas, termasuk internet, telepon, listrik
  • Pemeliharaan dan hosting situs web
  • Layanan profesional
  • Langganan teknologi. Metrik SaaS ini cenderung tetap dari waktu ke waktu kecuali Kamu memerlukan lisensi untuk karyawan baru.

Biaya variabel, di sisi lain, cenderung meningkat secara proporsional dengan volume bisnis Kamu, atau pengeluaran diskresioner.

Contoh biaya variabel meliputi:

  • Komisi staf dan layanan tenaga kerja/freelance yang dapat ditagih
  • Pelatihan karyawan, fungsi, hadiah, dan tunjangan
  • Pemasaran dan periklanan
  • Bahan baku
  • pengiriman
  • Perjalanan
  • Pajak penghasilan bisnis
budget perusahaan start up

Perkirakan cara kelola budget perusahaan start up

Pendapatan Kamu adalah jumlah total pendapatan startup Kamu dari penjualan produk dan layanan Kamu.

Pendapatan dapat menjadi sumber pendanaan utama untuk anggaran Kamu, atau Kamu mungkin menerima pendanaan dukungan dari sumber-sumber seperti modal ventura, pembiayaan berbasis pendapatan, dan utang.

Bahkan jika Kamu terutama adalah startup yang didanai ventura, pendapatan Kamu menginformasikan efisiensi konversi Kamu sebagai penunjuk seberapa banyak pangsa pasar yang dapat Kamu tangkap dengan pendanaan sebelumnya.

Ini menentukan seberapa cepat Kamu bisa menjadi menguntungkan atau berapa nilai startup Kamu saat Kamu mengumpulkan dana atau ingin diakuisisi.

Ada dua perhitungan pendapatan utama yang perlu diingat oleh para pemula.

Pendapatan Berulang Bulanan

Pendapatan berulang bulanan adalah jumlah pendapatan masuk bulanan yang berbasis langganan atau berulang dan kemungkinan besar akan berlanjut di masa mendatang.

Rumus untuk MRR adalah mengalikan rata-rata nilai langganan bulanan Kamu per pelanggan dengan jumlah pelanggan. Kalikan dengan 12 untuk mendapatkan ARR pendapatan berulang tahunan Kamu.

MRR = Rata-rata nilai langganan bulanan X Jumlah pelanggan

ARR = MRR X 12

Potensi pendapatan

Potensi pendapatan Kamu memperkirakan berapa banyak pendapatan yang dapat dihasilkan oleh startup Kamu. Dilihat dari pasar yang dapat dituju untuk penawaran produk atau layanan startup Kamu. Adanya potensi pendapatan mempertimbangkan beberapa variabel seperti:

  • Total pangsa pasar yang dapat dialamatkan
  • Tingkat konversi rata-rata pelanggan
  • Penjualan rata-rata per pelanggan untuk industri Kamu

Pendapatan = Total pembelian X Total Rata-rata $ Per Pembelian

Kesimpulan

Sebagai startup, ada baiknya membuat anggaran yang disesuaikan dengan kebutuhan Kamu dan menaatinya. Tetapi membuat anggaran hanyalah salah satu bagian dari persamaan keuangan startup.

Kamu memerlukan alat yang memberdayakan Kamu untuk mengontrol pengeluaran karyawan dan menegakkan anggaran Kamu pada titik pengeluaran.

Dengan menggunakan alat manajemen pembelanjaan seperti Artikel ini.com, Kamu dapat meningkatkan penganggaran Kamu dan memastikan hanya apa yang diperlukan yang dibelanjakan.

Artikel ini memberdayakan startup untuk:

  • Keluarkan kartu pembayaran kepada karyawan dengan anggaran dan batas dinamis
  • Visualisasikan, setujui, atau tolak pengeluaran secara real-time
  • Hilangkan pengeluaran di luar kebijakan dan anggaran berlebih
  • Saring data pembelanjaan untuk visibilitas yang lebih baik, dan
  • kelola ini pemegang kartu dengan mudah

Artikel ini dirancang untuk menyelesaikan penganggaran startup Kamu dengan manajemen pembelanjaan yang berfungsi.

Kamu tidak hanya dapat merencanakan pengeluaran tetapi sekarang, Kamu dapat membatasi individu dan departemen dengan jumlah yang dijadwalkan untuk dibelanjakan sesuai anggaran Kamu.

Penutup

Jojo Times

Onboarding sendiri merupakan hal penting yang harus dilakukan perusahaan terutama untuk para karyawan baru. Karena dengan proses onboarding yang baik kaan menjadikan karyawan yang potensial dan berkualitas kedepannya. Salah satu yang dapat anda lakukan untuk memantau karyawan baru adalah menggunakan sistem absensi dari Jojo Times

Jojo Times merupakan aplikasi absensi online yang berbasis cloud sehingga sangat cocok sekali untuk digunakan pada perusahaan. Perangkat lunak yang satu ini mempermudah Anda dalam memantau absensi karyawan secara realtime kapan dan dimanapun.