Barang Ekonomi : Definisi, Contoh, dan Perbedaannya

barang ekonomi

Dalam kehidupan manusia, ada cara untuk memenuhi kebutuhan berupa barang atau jasa. Barang atau jasa di ekonomi ini dibahas berdasarkan beberapa faktor, seperti faktor produksi atau metode akses. Dilihat dari metode perolehannya, ilmu ekonomi membagi komoditas menjadi tiga kategori, yaitu komoditas barang ekonomi, komoditas bebas, dan komoditas Illith.

Definisi barang ekonomi

barang ekonomi

Dalam ilmu ekonomi pengertian barang ekonomi adalah sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan manusia dan dapat digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan manusia. Anda dapat menemukan banyak barang ini di pasar, toko serba ada, dan jenis tempat penjualan lainnya.

Namun bagi para pebisnis yang ingin meningkatkan kekuatan posisi pasar perusahaan dapat menggunakan strategi positioning, karena strategi ini sangat penting untuk meningkatkan posisi pasar. Karena jumlahnya yang terbatas, untuk mendapatkannya, manusia harus berkorban saat mendapatkan item tersebut.

Pengorbanan yang dilakukan untuk memperoleh manfaat ekonomi tersebut merupakan kewajiban untuk mengeluarkan uang. Selain itu, ada pengorbanan berupa tenaga, waktu, dan pikiran. Mengenai penyediaan barang dapat berupa barang yang diproduksi oleh manusia maupun berupa barang yang disediakan secara cuma-cuma oleh alam.

Contoh barang ekonomi

barang ekonomi

Contoh komoditas ekonomi adalah sebagai berikut:

Pakaian baru

Mengapa pakaian baru merupakan contoh barang ekonomi? Karena cara kita mendapatkan baju baru ini adalah dengan membelinya di toko, kita tidak bisa mengambilnya begitu saja. Kesediaan kita untuk membelinya adalah sebuah pengorbanan.

Rumah

Rumah adalah contoh barang ekonomi, karena untuk membeli rumah kita akan membeli rumah atau membangun sesuatu, sehingga membutuhkan biaya.

Barang ekonomi Emas

Untuk mendapatkan emas jenis ini, manusia harus berkorban dengan menambang di bawah tanah dan akhirnya mendirikan perusahaan besar.

Sayuran segar

Dalam hal ini, banyak petani yang berkorban. Mereka mencurahkan waktu, tenaga dan pikiran untuk bertani untuk menghasilkan kita Sayur segar yang sering disantap setiap hari.

Kendaraan

Memperoleh kendaraan melalui pemanfaatan biaya, dan cara pembuatan kendaraan seperti mobil dan motor membutuhkan pengorbanan berupa pemikiran, waktu dan keahlian otomotif.

Furnitur rumah tangga

Sebagian besar furnitur rumah tangga dibuat oleh pengrajin, seperti lemari, dan pengrajin tersebut harus mengorbankan keahlian, biaya dan waktu.

Barang Ekonomi vs Barang Bebas

barang ekonomi

Selain komoditas ekonomi tersebut di atas, ilmu ekonomi juga mengklasifikasikan komoditas sebagai komoditas bebas. Secara definisi, barang gratis menurut ilmu ekonomi adalah barang yang dibutuhkan manusia, tetapi tidak diperlukan pengorbanan.

Alasannya karena komoditas tersebut disediakan oleh alam, dan jumlahnya melebihi kebutuhan manusia. Menurut ilmu ekonomi, contoh barang gratisan adalah udara atau oksigen. Manusia membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup, tetapi tidak diperlukan pengorbanan untuk mendapatkan oksigen.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Namun pada beberapa kasus, item gratis ini dapat berubah status karena memerlukan penanganan khusus terhadap item tersebut. Tetap ambil oksigen sebagai contoh. Jika oksigen tersebut merupakan produk gratis, namun bagi orang yang memiliki gangguan kesehatan maka status oksigennya akan berubah.

Oksigen yang dibutuhkan oleh penderita gangguan kesehatan perlu dikorbankan, karena merupakan jenis oksigen khusus yang memerlukan penanganan tertentu sebelum digunakan. Namun, tidak semua item yang tersedia dengan mudah dan tidak terbatas disebut item gratis. Karena yang tergolong komoditas gratis adalah komoditas yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Contoh barang bebas

Contoh barang gratis yang didapat dari alam antara lain sinar matahari, oksigen, air laut, pasir di gurun, dan es di daerah kutub. Terkadang komoditas bebas berubah status menjadi komoditas ekonomi. Misalnya, jika seseorang tinggal di daerah dengan air melimpah, bersih, dan bersih, maka airnya gratis. Sementara bagi warga yang tinggal di kota besar, air bersih biasanya dapat diperoleh dari perusahaan air minum atau penyedia air keliling. Dalam hal ini air telah berubah statusnya dan menjadi produk ekonomi.

Perbedaan antara barang ekonomi dan barang bebas

karung

Ekonomi membagi barang menjadi beberapa jenis menurut faktornya masing-masing. Menurut ilmu ekonomi, salah satu perbedaan jenis komoditas adalah komoditas ekonomi dan komoditas bebas dibedakan menurut kelengkapan komoditasnya. Perbedaan kedua komoditas tersebut dapat dilihat dari beberapa aspek berikut:

Kuantitas barang

Perbedaan pertama bisa dilihat dari kuantitas barang. Jumlah komoditas yang diklasifikasikan sebagai ekonomi terbatas. Di sisi lain, jumlah produk gratis tidak terbatas. Jumlah komoditas yang terbatas juga bisa disebut kelangkaan komoditas. Dapat disimpulkan bahwa komoditas ekonomi yang ada masih sedikit.

Jumlah kecil sebenarnya masih relatif dan perlu dibandingkan. Perbandingan yang digunakan adalah besarnya permintaan manusia terhadap komoditas tersebut. Kebutuhan manusia tidak terbatas. Oleh karena itu, jika produk tersebut masih dapat memenuhi kebutuhan manusia yang tak terbatas, maka akan digolongkan sebagai produk gratis.

Produksi

Barang gratis adalah barang tersedia yang dapat diproduksi tanpa sumber daya ekonomi lain. Contoh udara dan sinar matahari mudah ditemukan. Kedua benda ini tidak terbatas di dunia ini. Manusia juga bisa langsung memanfaatkan udara dan sinar matahari tanpa harus memproduksinya terlebih dahulu.

Berbeda dengan komoditas yang diklasifikasikan sebagai komoditas ekonomi. Untuk membuat proyek ini membutuhkan sejumlah usaha. Butuh upaya untuk membuat produk ini, yang membuatnya tidak mungkin untuk diproduksi dalam jumlah yang tidak terbatas. Ada batasan tertentu dalam produksi, yang mengarah pada pembatasan jumlah barang.

Cara memperoleh

Perbedaan ketiga antara kedua produk tersebut adalah cara mendapatkannya. Produk gratis tidak membutuhkan usaha untuk mendapatkannya. Di sisi lain, untuk memperoleh keuntungan ekonomi, seseorang harus bersaing dan berkorban. Produk gratis tidak perlu menghabiskan banyak usaha, karena tidak terbatas.

Dalam ilmu ekonomi, jenis komoditi dibedakan menjadi dua jenis menurut cara dan jumlah komoditi: komoditi bebas dan komoditi ekonomis. Kedua jenis komoditas tersebut merupakan barang yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kedua komoditas ini tidak selalu muncul dalam bentuk komoditas, ada pula yang muncul dalam bentuk jasa.

Pelajari tentang produk Illith

Ada yang disebut sebagai barang Illith, yaitu barang dalam jumlah terbatas yang dapat memenuhi kebutuhan manusia, dan apabila jumlah barang terlalu besar maka akan menimbulkan bencana bagi manusia itu sendiri. Oleh karena itu, kita perlu membatasi penggunaannya sesuai dengan kebutuhan manusia. Contoh barang illith adalah sebagai berikut:

  1. Api. Jika api menyala maka akan menimbulkan bencana yaitu kebakaran. Oleh karena itu penggunaan api harus dibatasi dan memenuhi kebutuhan manusia.
  2. Air. Jumlah air yang banyak akan menyebabkan banjir dan membahayakan nyawa manusia.

Kesimpulan

Melalui pembahasan di atas, Anda adalah salah satu pedagang yang menggunakan komoditas ekonomi sebagai alat bisnis Anda (seperti berjualan pakaian, makanan, minuman, dll). Tentunya sebagai seorang pebisnis, laporan keuangan sangat penting bagi Anda. Untuk membantu Anda membuat laporan keuangan, Anda dapat menggunakan software akuntansi JojoExpense.

JojoExpense adalah software akuntansi online yang telah membantu ribuan pebisnis di Indonesia mendapatkan laporan keuangan rutin setiap hari. Dengan fungsi sistem yang lengkap dan mudah dipahami yang terintegrasi dengan bank, Anda dapat melakukan pembukuan meskipun Anda tidak memiliki latar belakang akuntansi sekalipun.

Untuk Anda para pebisnis, segera daftarkan perusahaan anda bersama JojoExpense dan jangan lupa untuk mencoba uji coba gratisnya, agar mudah belajar serta tidak ketinggalan laporan terbaru seputar keuangan dan bisnis anda melalui Jaringan Jojonomic.