Beli Rumah Atau Mobil Dulu?

beli rumah atau mobil
Sumber : weburbanist.com

Selamat bagi anda yang saat ini telah memiliki penghasilan yang cukup hingga muncullah pertanyaan selanjutnya : pembelian besar apa yang akan anda lakukan kedepan? Pada kenyataannya, banyak sekali ‘barang’ yang harus anda beli. Mulai dari rumah, mobil, biaya nikah bahkan hingga biaya pemasangan pagar. Dengan banyaknya hal yang harus dibeli, pertanyaan selanjutnya adalah mana yang paling penting dan harus didahulukan? Banyak orang yang memiliki teorinya masing – masing mengenai permasalahan tersebut. Mengenai apa yang harus dan mana yang tidak harus anda beli. Baiknya, mari lihat contoh fakta – fakta yang ada di lapangan.

Tabel Contoh Fakta Lapangan Beli Rumah Atau Mobil Dulu?

 MobilRumah
Biaya DasarKurang lebih 120.000.000Kurang lebih 1 M
Uang Muka12.100.000Rp. 103.636.167
Angsuran Bulanan1.400.0005.354.535
Suku Bunga2.6% fixed (rata – rata untuk mobil baru)4.65% dari pengurangan balance
Jangka Waktu Pinjaman9 tahun paling maksimalMaksimal 35 tahun
Biaya Lain – Lain Per Bulan1.000.000 untuk bensin dan 180.000 untuk biaya perawatan ples pajak jalan1.000.000 untuk keperluan – keperluan lain dan 700.000 untuk biaya perawatan
AsetAkan turun seiring berjalannya waktuAkan naik seiring dengan berjalannya waktu

Table diatas merupakan contoh biaya – biaya yang akan anda keluarkan apabila membeli mobil atau rumah.

Table tersebut memang hanya sebuah perumpamaan namun diharapkan bisa menjadi pemberi ide tentang apa yang akan anda hadapi kedepan. Memang banyak kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Mobil memerlukan biaya muka yang cukup rendah dan mampu meningkatkan mobilitas serta meningkatkan prospek kerja anda. Kekurangan membeli mobil adalah bahwa asset yang anda miliki tersebut akan terus berkurang nilainya seiring dengan berjalannya waktu. Pada saatnya nanti mobil juga harus diganti.

Sedangkan rumah di sisi lain memiliki prospek yang menjanjikan. Dimana nilainya akan selalu bertambah dari tahun ke tahun. Bahkan anda mungkin tidak perlu membeli rumah lagi di masa depan. Kekurangannya, dalam membeli sebuah rumah, anda mungkin harus menyiapkan dana awal yang sangat besar. Yang mana hal ini terkadang bisa menjadi jerat hutang berkepanjangan yang justru menjenuhkan.

Jadi Mana yang Harus Anda Pilih? Beli Rumah atau Mobil Dulu?

Banyak orang yang masih berbeda pendapat tentang hal ini. Beberapa mengtakan bahwa anda harus membuang jauh mimpi anda memiliki kendaraan dan fokus pada menabung untuk membeli sebuah rumah. Dimana ketika anda memiliki rumah tersebut, anda bisa mulai menabung untuk membeli mobil.

beli rumah atau mobil
Sumber : mbrands.ae

Golongan yang memilih untuk membeli mobil mengatakan bahwa, harga tanah yang semakin hari semakin mahal justru akan membuat impian membeli rumah itu terkesan tidak akan kesampaian. Tabungan yang cukup sekarang belum tentu cukup untuk membeli rumah di masa depan. Jadi bisa dikatakan bahwa membeli rumah adalah suatu hal yang mustahil dan tidak akan terjadi. Hal inilah yang membuat mereka memilih untuk membeli mobil demi meningkatkan mobilitas dan tidak bergantung pada sistem transportasi umum.

Aslinya, tidak ada jawaban yang benar atau salah emngenai permasalahan yang ada. Meski banyak orang yang akan mengatakan kepada anda untuk membeli rumah namun hal ini justru bisa membahayakan apabila anda belum memiliki keyakinan bahwa gaji anda akan selalu mencukupi untuk membayar hutang. Memang bukan hal yang pasti namun membeli rumah memiliki komitmen yang jauh lebih besar daripada membeli sebuah mobil (meski keduanya juga sama – sama mahal).

Semuanya harus didasarkan pada pola hidup dan kemampuan finansial masing – masing. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang bisa membantu anda untuk menentukan mana yang lebih baik, beli rumah atau mobil dulu?

Mana yang Lebih Anda Butuhkan?

Jika anda telah memiliki tempat tinggal, meski masih menyewa atau bersama dengan keluarga anda namun kesusahan untuk bekerja karna jauh, maka membeli mobil adalah hal yang perlu diutamakan. Di sisi lain, jika anda membutuhkan sebuah tempat bernaung di sebuah kota baru untuk membangun karir anda dan keluarga, maka pilihan rental atau menyewa tempat tinggal dalam jangka Panjang bukanlah sebuah opsi panutan. Lalu, bagaimana jika anda sedang membutuhkan rumah sekaligus mobil, mana yang harus didahulukan?

beli rumah atau mobil
Sumber : www.chevrolet.com

Yang Mana yang Bisa Anda Beli ?

Apakah anda sudah menabung jumlah uang muka yang dibutuhkan? Apakah nantinya anda akan mampu membayar cicilan bulanan dan biaya pemeliharaan?

Memang benar bahwa kebutuhan manusia itu tidak berdasar. Namun pada kenyataannya, kemampuan anda mungkin jauh dibawah dari pengharapan yang ada. Periksalah tingkat catatan keuangan anda. Pilihlah keperluan yang bisa anda beli dengan uang anda sekarang. Bukan uang yang anda harapkan akan datang di masa depan.

Pola Hidup Seperti Apa yang Anda Harapkan?

Bagi beberapa orang, menyewa tempat tinggal bukanlah suatu hal yang perlu dirisaukan. Justru menggunakan transportasi public untuk jangka waktu yang lama dan pekerjaan yang jauh adalah sesuatu yang mereka takutkan. Membeli mobil dulu bukan berarti anda tidak akan mampu membeli rumah di kemudian hari. Anda tentu saja bisa membelinya namun harus menunggu waktu yang lebih lama.

Namun, bagi Sebagian orang yang lain merasa bahwa mereka sama sekali tidak memiliki tempat tinggal dan merasa masih ‘gelandangan’. Hal inilah yang membuat mereka melupakan impian untuk memiliki mobil sendiri. yang manakah anda?

Salah satu faktor terbesar dalam membuat keputusan membeli sebuah barang adalah jumlah uang yang anda miliki dan apa yang anda inginkan di masa depan.

Sumber : www.lifestyleasia.com

Bagaimana ‘Tampilan’ Anda di Bank?

Pinjaman pembelian rumah biasanya jauh lebih susah daripada pinjaman pembelian mobil. Yang mana hal ini harus didasarkan bagaimana nantinya bank melihat anda. Apakah anda pantas untuk menerima pinjaman atau tidak. Mereka pasti akan melakukan riset terlebih dahulu untuk melihat apakah anda bisa emmbayar cicilan yang telah di tetapkan. Apa pekerjaan anda. Berapa gaji anda per bulan. Apa asset atau barang kepunyaan anda yang nantinya bisa digadaikan apabila anda tidak bisa memenuhi jatah pembayaran bulanan yang telah ditetapkan. Meski tidak semua orang memerlukan bantuan bank untuk membeli rumah atau mobil, namun tidak sedikit pula yang akhirnya harus ‘mencekik’ perut sendiri hanya demi memenuhi cicilan bulanan yang mengikat.

Semua bisnis rumahan bisa dijalankan dengan mudah jika Anda memiliki passion didalamnya, silahkan Anda pilih mana yang cocok dengan minat Anda. Jangan lupa untuk tetap mengatur anggaran atau modal usaha dengan baik agar kedepannya bisa cepat sukses.

Jika Anda menginginkan laporan keuangan Anda lebih teratur dan update, pakailah sistem yang terintegrasi aktual dan faktual dengan laporan keuangan Anda, seperti aplikasi JojoExpense dari Jojonomic.

Atasi tantangan akuntansi bisnis dan manajemen keuangan menggunakan rangkaian aplikasi keuangan terbaik kami JojoExpense dengan kelebihan – kelebihan sebagai berikut :

  1. Memonitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  2. Memproses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  3. Mengatur budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance.

Ayo Dapatlan Free Trialnya Sekarang!