Cara Izin Seleksi Kerja PNS

Ada kalanya Anda mungkin merasa jenuh di dalam pekerjaan Anda sekarang. Hal ini bisa jadi karena pekerjaan Anda yang kurang menantang, atau terlalu banyak tekanan dari atasan. Solusi terbaiknya yang memang menjadi pekerjaan impian setiap orang adalah menjadi seorang PNS. Namun, hal ini kembali ke pribadi masing-masing ya apakah tertarik untuk bekerja di bidang pemerintahan ataukah tidak. Karena seperti yang kita ketahui bahwa terdapat langkah seleksi CPNS yang tidak mudah, selain itu bagi yang sudah bekerja juga perlu memikirkan Cara Izin Seleksi Kerja PNS kepada pihak perusahaan agar tetap bisa melakukan tes CPNS.

Tentunya Anda perlu meluangkan waktu untuk mempersiapkan segala keperluan untuk tes cpns. Seperti menyiapkan data diri dan tes-tes yang dibutuhkan. Namun, karena saat ini masih di masa pandemic, dan segala hal dilakukan secara online seharusnya tidak sulit untuk mencari Cara Izin Seleksi Kerja PNS. Nah, bagi Anda yang sedang bingung bagaimana  Cara Izin Seleksi Kerja PNS. Berikut ini akan kami bahas tipsnya tanpa ketahuan oleh atasan.

Sedikit Kebohongan Kecil Akan Membantu Anda

Kebanyakan karyawan tidak ingin rekan kerja bahkan atasan tahu kalau mereka berencana untuk ikut tes cpns. Saat awal mendaftar pun biasanya hal tersebut disembunyikan oleh atasan. Karenanya, tidak sedikit karyawan yang melakukan kebohongan kecil untuk bisa mengikuti tes di perusahaan lain termasuk tes cpns. Jika memang ini adalah satu-satunya jalan, pastikan Anda berbohong dengan rapi dan tanpa membuat atasan curiga.

Anda Bisa Meminta Izin Sakit atau Mengambil Cuti

ciri perseroan terbatas

Beberapa karyawan biasanya memilih jalan pintas untuk meminta izin sakit atau mengambil cuti agar bisa melakukan tes atau interview di perusahaan lain. Namun, amannya lebih baik Anda mengambil cuti karena cara tersebut akan jauh lebih aman, mengingat akan berisiko jika Anda izin sakit padahal Anda tes cpns dan diketahui oleh teman dan atasan Anda.

Anda bisa mengambil cuti pada waktu yang tepat. Pastikan juga di waktu yang sekiranya senggang untuk pekerjaan Anda. Di waktu ini, Anda bisa memanfaatkan waktu untuk mengikuti tes cpns dan menghadiri interview dengan lebih tenang.

Manfaatkan Waktu Makan Siang Anda

Jika tes cpns dilakukan secara daring, Anda bisa memanfaatkan waktu makan siang untuk mengikuti tesnya. Pastikan Anda keluar untuk mencari tempat yang tenang dalam mengerjakan tes. Pastikan Anda menemukan tempat yang tidak berisik, namun tidak pula jauh dari kantor. Di waktu makan siang ini juga Anda bisa meminta izin kepada atasan untuk makan siang lebih lama. Tidak salah, jika atasan Anda mengizinkannya.

Hindari Memberitahu Teman Anda

Mungkin Anda berpikir untuk memberitahu teman Anda atau bertanya jadwal tes cpns. Namun, alangkah baiknya jika Anda tidak berbicara mengenai rencana Anda untuk ikut tes cpns atau  ingin interview di perusahaan lain kepada rekan kerja Anda. Karena rekan kerja bisa saja menjadi lawan, untuk itu baiknya Anda tidak memberitahu mereka.

Lalu, Bagaimana Jika Ketahuan?

Dalam kasus apapun, Anda tetap harus memikirkan kemungkinan yang bisa Anda hadapi ke atasan apabila ketahuan, sehingga Anda sudah bisa mengantisipasinya. Seperti salah satu tulisan themuse.com yang mengatakan bahwa Anda harus menjawab pertanyaan atasan dengan jujur. Namun, tidak dianjurkan untuk membagikan kebenaran seluruhnya. Ketika atasan Anda bertanya, apakah Anda mengikuti tes cpns atau Anda atau sedang melakukan interview dengan perusahaan lain?” Anda bisa menjawab sejujurnya bahwa Anda memang sedang melakukan interview.

Kemudian, ketika atasan Anda bertanya “Mengapa?” kepada Anda yang melakkan interview

Barulah, Anda memutuskan untuk memberi jawaban kepada atasan, namun tetap beri jawaban yang sopan dan tidak menyinggung atasan Anda. Berikut ini beberapa opsi yang bisa Anda gunakan:

Pindah atau Ingin Mengubah Karir

Misalnya, Anda berencana untuk pindah ke daerah lain sehingga Anda perl mencari pekerjaan baru. Tetapi Anda belum menyampaikan hal tersebut kepada atasan. Tetapi, ketika atasan Anda sudah mulai menyadari bahwa Anda telah banyak mengambil cuti akhir pekan, maka seharusnya Anda bisa mengatakan hal yang sebenarnya.

Contohnya, jika Anda ingin menjadi pegawai pemerintahan yang sama sekali berbeda dengan posisi Anda sekarang. Anda bisa sampaikan hal tersebut kepada atasan. Misalnya, Anda yang tadinya bekerja di bidang keuangan, dan tertarik di pelayanan masyarakat. Anda bisa mengatakan hal tersebut, dan hal ini bisa sedikit melunakkan hati atasan Anda. Mudah-mudahan, atasan Anda kemudian akan mengambil kesempatan tersebut untuk terbuka kepada Anda dan bisa meyakinkan Anda tidak akan kehilangan pekerjaan Anda

Izin Terlambat Atau Pulang Lebih Cepat

Selain itu, Anda juga bisa meminta izin untuk datang terlambat. Hal ini terdapat beberapa alasan yang bisa di sampaikan ke atasan seperti ingin membuat janji dengan dokter, berurusan dengan bank, atau mengurus administrasi di kantor pemerintahan. Meskipun demikian, anda tetap harus profesional dalam pekerjaan. Kalau harus datang terlambat, maka bekerjalah sesuai dengan jam kerja yang ditentukan.

Jika terpaksa pulang lebih cepat, maka Anda bisa datang ke kantor pagi-pagi. Atau Anda bisa mengerjakan pekerjaan kantor lebih cepat dengan mengerjakan pekerjaan di sela makan siang juga tidak apa.

Izin Bekerja Dari Rumah atau WFH

Beberapa perusahaan memiliki fasilitas yang mengizinkan pegawainya untuk bekerja dari rumah. Jika Anda mendapatkan jadwal untuk tes cpns daring di masa wfh, bisa saja. Jika Anda telah selesai mengerjakan tes cpns Anda, , anda dapat segera menyelesaikan pekerjaan yang tertunda. Namun sekali lagi, satu hal yang paling penting adalah Anda tidak meninggalkan pekerjaan Anda saat ini. Prioritaskan pekerjaan Anda saat ini terlebih dahulu.

Karena bagaimanapun Anda tetap harus menentukan prioritas dalam pekerjaan Anda, dan juga tetap professional dalam menjalaninya. Cara Izin Seleksi Kerja PNS ini bukanlah hal yang buruk. Namun, bagaimana Anda bisa meminta izin dengan baik kepada perusahaan agar bisa mengatur pekerjaan Anda saat ini dan mempersiapkan karir Anda di masa mendatang. Demikianlah informasi yang kami buat mengenai Cara Izin Seleksi Kerja PNS. Semoga dapat bermanfaat dan tetap semangat.

JojoTimes yang merupakan software HR dari Jojonomic dengan basis seperti HRIS untuk mengelola data karyawan perusahaan lebih maksimal. Denggan software tersebut diharapkan bisa memberikan manfaat serupa dengan penggunaan HRIS seperti misalnya:

  • Efektifitas dan efisiensi kerja karyawan HRD dalam mengelola data karyawan baik yang umum maupun bersifat rahasia.
  • Sistem yang lebih terpadu dan mudah diakses bagi anggota HRD dalam melakukan segala tindakan administrasi berkaitan dengan karyawan.
  • Kemampuan tersambung dengan sistem penggajian dan sistem cuti karyawan.
  • Kemudahan input data karyawan tambahan serta faktor lain yang diperlukan.
Cara cegah fraud absensi

Tentunya manfaat di atas dapat diraih dengan mudah berkat adanya fitur-fitur menarik pada JojoTimes berikut ini:

  • Monitor Team Location via Geotagging.
  • Fingerprint Feature.
  • Check In & Check Out Monitoring.
  • Multiple clock-in and clock-out.
  • Leave Management.

Dengan fitur dan manfaat di atas, tentu saja tidak perlu ragu lagi untuk memutuskan. Segera saja lakukan coba gratis JojoTimes di perusahaan Anda. coba gratis sekarang juga.