Cash Vs Accrual Accounting Memiliki Keuntungan Dan Kerugian

cash vs accrual accounting

Dalam metode pembukuan sebuah perusahaan ada cash vs accrual accounting. Perusahaan bisa menggunakan mana sistem pembukuan yang paling baik untuk bisnisnya. Tapi dimasa kini jenis pembukuan yang paling sering dipilih adalah secara akrual.

Perbedaan dari kedua jenis pembukuan ini terletak pada waktu pencatatan. Pemilihan jenis pembukuan ini harus dikaji dengan hati-hati. Karena dengan metode yang dipilih. Akan sangat berdampak pada pengeluaran perusahaan kedepannya.

Tentu saja bukanlah hal yang mudah jika harus memilih cash vs accrual accounting. Pihak manajemen harus terlebih dahulu untuk mengetahui perbedaan dan keuntungan yang didapatkan dari masing-masing metode tersebut. Masing-masing metode pembukuan tersebut memiliki keunggulan dan kekurangnnya.

cash vs accrual accountingMetode Pembukuan Cash

Akuntasi dengan metode kas ini adalah pencatatan ketika uang telah benar-benar diterima ataupun dikeluarkan. Pengeluaran atau pemasukan selama jangka waktu uang belum diterima dan dikeluarkan tidak akan dicatat terlebih dahulu. Melainkan pencatatan nanti akan dilakukan pada proses transaksi.

Sebenarnya metode ini memberikan lebih banyak keleluasaan. Tapi dengan metode akuntansi jenis cash maka akan banyak pengeluaran yang tidak tercatat. Sebab proses pencatatan yang hanya akan dilakukan pada saat penerimaan uang dan pengeluaran.

Walaupun pada dasarnya dengan akuntansi jenis ini perusahaan tidak perlu menghawatirkan tentang masalah piutang. Tapi banyak sekali lubang yang bisa dimanfaatkan oleh beberapa oknum didalam perusahaan ketika menggunakan jenis metode akuntansi ini.

Fleksibilitas Dalam Penggunaan Akrual

Sebenarnya perusahaan akan lebih cendurung untuk ketika memilih cash vs accrual accounting yang tepat. Dengan jenis pembukuan akrual perusahaan tidak perlu khawatir mengenai seluruh tagihan maupun pemasukan didalamnya. Karena setiap terjadi suatu yang menyangkut finansial akuntan akan langsung mencatatnya.

Sangat berbeda jauh dengan jenis cash, akrual memberikan informasi yang lebih aktual dan relevan. Hanya saja kekurangan dari metode akuntansi ini adalah karena pencatatan akan dilakukan walaupun uang belum tersedia. Artinya perusahaan harus menerima piutang lebih banyak.

Sebab dalam cash vs accrual accounting. Akuntansi akan membuat sebuah pembukuan walaupun belum dapat dipastikan kapan uang tersebut bisa disediakan. Tapi dengan metode accrual perusahaan bisa bergerak lebih efisien dan fleksibel.

Setiap tindakan yang harus diambil tidak perlu lagi memperhatikan kas didalam perusahaan. Terlebih lagi akrual akan memberikan kemudahan ketika akuntan membuat laporan keuangan. tapi setiap perusahaan pasti memiliki kebijakan dan manajamennya sendiri.

Keragaman dari memilih jenis metode akuntansi ini akan selalu menjadi hal yang menarik ketika harus dibahas. Setiap jenis dan bentuk dari perusahaan selalu memiliki pilihan metode akuntansinya sendiri. Tidak semua perusahaan memiliki jenis akuntansi yang sama.

cash vs accrual accountingPertimbangan Dalam Metode Akuntansi

Metode pembukuan dengan jenis kas lebih populer untuk digunakan oleh perusahaan kecil. Karena perusahaan yang belum memiliki brand ternama. Pasti memiliki batasan untuk menerima piutang dan mereka harus secepat mungkin membereskan seluruh keuangannya.

Kas didalam cash vs accrual accounting lebih mengandalkan kecepatan proses pembukuan dibandingkan dengan metode cashl. Dengan ketenarannya metode cash sudah sering membawa banyak perusahaan untuk bisa melejit mendapatkan kesuksesan.

Sedangkan untuk perusahaan yang lebih besar biasanya menggunakan metode akrual. Dengan metode pencatatan ini perusahaan akan lebih mudah untuk mendapatkan gambaran lebih jelas terkait progress bisnisnya. Kekurangan mendasar dari metode ini adalah terkadang pihak perusahaan tidak menyediakan laporan mendetail mengenai saldo aslinya.

Tapi metode akrual lebih disukai karena pergerakan perusahaan tidak akan terhambat dan semakin lebih mudah. Metode ini sebenarnya sangat disukai oleh para pengusaha. Karena setiap arus kas didalam sebuah perusahaan bisa dipantau lebih mudah dan kongkrit.

Pendapatan Sebagai Barometer Pemilihan

Pendapatan dari perusahaan merupakan sebuah barometer yang bisa digunakan untuk menentukan pilihan cash vs accrual accounting. Ini karena pendapatan akan sangat terkait dengan pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan anda. Jika ternyata tercatat bahwa perusahaan menghasilkan lebih dari 3 miliar rupiah.

Maka pilihan metode akuntasi cash sudah tidak akan bisa lagi diterapkan. Maka dengan ini perusahaan sudah sangat jelas harus memilih jenis akrual. Sebaliknya jika pendapatan dibawah 3 miliar maka sebaiknya menggunakan kas. peralihan metode akuntansi juga bisa dilakukan kapan saja.

Ini untuk memaksimalkan finansial dan bugeting didalam perusahaan. Untuk itu manajemen dan pemimpin perusahaan harus lihai dalam memanfaatkan setiap celah. Serta bisa memanfaatkan kebijakan dalam metode cash vs accrual accounting yang berlaku didalam sebuah negara.

Setiap pembukuan yang berlaku juga pasti akan diatur oleh pemerintah negara dalam soal perpajakannya. Pendapatan perusahaan dan pajak yang harus dibayarkannya. Merupakan dua hal yang tidak bisa begitu saja dipisahkan. Nominal pendapatan akan meningkatkan pembayaran pajak yang harus dibayarkannya.

Jika perusahaan anda memiliki kredit yang tidak memadai maka pembukuan akrual adalah jenis tepat. Jangka waktu untuk setiap pembayaran akan beragam dan bisa disesuaikan dengan keperluan perusahaan anda. Segala hal yang berhubungan dengan piutang bisa dikontrol oleh akuntan jika menggunakan akrual.

Sedangkan kebijakan akuntansi menggunakan kas akan mengurangi beban piutang anda. Hanya saja akan menyibukkan anda ketika harus membuat sebuah laporan keuangan. Pencatatan keuangan yang memiliki jangka waktu membuat jenis ini kurang diminati.

Terlepas dari manfaat dan kekurangannya cash vs accrual accounting bisa dikolaborasikan untuk memaksimalkan pembukuan finansial didalam sebuah perusahaan. Negara juga akan memaklumi jika ternyata perusahaan melakukan pembayaran pajak yang terlamabat ketika memiliki alasan kuat.

cash vs accrual accountingTerapkan Metode Akuntansi Lebih Mudah

Penggunaan metode akuntansi yang berbeda memberika identitas sendiri pada setiap perusahaan. tapi dalam pengerjaannya tetap saja harus mengalami perhitungan dan analisa. Jika sudah mendapatkan metode yang cepat tapi proses pengerjaannya lama tetap saja akan menghambat perusahaan.

Disinilah perusahaan harus sudah mulai menyadari pentingnya menggunakan sebuah perangkat lunak yang dapat mendukung pembukuan. Software finansial yang bisa anda manfaatkan adalah JojoExpense. Perangkat lunak canggih buatan Jojonomic ini telah berhasil memaksimalkan akuntansi dilebih dari 300 perusahaan.

Semenjak penggunaan perangkat lunak ini banyak perusahaan yang merasakan rutinitas kerja lebih mudah. seperti monitoring anggaran perusahaan yang lebih mudah dimana manajemen bisa melakukannya kapanpun dan dimanapun tanpa harus selalu berada di kantor.

selain itu perusahaan juga bisa melakukan dokumentasi cash vs accrual accounting dengan lebih mudah. memanfaatkan teknologi cloud memungkinkan penyimpanan semua berkas akan lebih mudah dilakukan oleh perusahaan. tidak akan ada lagi tempat penyimpanan secara fisik. karena data akan tersimpan secara digital didalam internet.

hemat waktu dan tenaga untuk seluruh proses pembukuan anda jika menggunakan JojoExpense. seluruh keputusan yang diperlukan untuk membuat perusahaan bisa dihasilkan dari laporan keuangan. laporan keuangan otomatis hasil perhitungan JojoExpense bisa dihasilkan dengan lebih cepat.

nikmati keunggulan teknologi moderen untuk perusahaan anda sekarang juga dengan mendownload versi demo dari perangkat lunak JojoExpense di Jojonomic.