Contoh Mindset, Pengertian Dan Hal Yang Mempengaruhinya

contoh mindset

Apa Itu Mindset ?

Contoh Mindset – Kata mindset tentu bukan lagi hal yang jarang didengar oleh telinga kita. Mindset sendiri diartikan sebagai kumpulan pemikiran seseorang yang mana terbentuk dari pengalaman dan keyakinan yang dimiliki seseorang. Sehingga mindset ini mempengaruhi periilaku dan juga cara berpikir orang tersebut dalam menentukan sikap dan pandanganya.

Secara umum mindset terbai menjadi beberapa macam. Berikut ini adalah jenis atau macam – macam mindset secara umumnya :

Fixed Mindset

Biasa disebut juga dengan mindset tetap dimana mindset ini dipengaruhi oleh kepercayaan orang tersebut sehingan kualitas orang tersebut sudah ditetapkan. Fixed mindset ini memiliki beberapa ciri – ciri diantaranya bahwa orang tersebut memiliki keyakinan bahwasanya intelegensi, bakat dan juga sifat seseorang merupakan fingsi hereditas dan keturunan.

Dimana orang tersebut lebih cenderung menghindari yang namanya tantangan.

Orang tersebut juga merupakan orang yang mudah menyerah, dimana dia beranggapan usaha tidak memiliki manfaat. Dia akan lebih cenderung mengesampingkan kritik yang dia dapat. Dan juga merasa terancam dengan keberhasilan dan kesuksesan orang lain.

Gorwth Mindset

Atau bisa disebut dengan mindset berkembang. Diartikan sebagai mindset yang berdasar pada kualitas dari seseorang merupakan seseuatu yang dapat diolah mengan usaha yang dilakukannya. Setiap orang memang memiliki karakteristik dan kemampuan masing – masing. Namu orang tersebut dapat berubah dan juga berkembang dengan perlakuan dan juga pengalaman yang didapatkannya.

Ciri orang yang memiliki mindset berkembang ini adalah orang tersebut yakin dan percaya bahwa intelegensi, bakat dan sifat bukan fungsi keturunan. Orang tersebut merupakan seseorang yang suka menerima tantangan. Dia memiliki pemikiran positif dan juga menerima dan belaar dari kritikan yangf didapatkannya.

Apakah Mindsert Dapat Dirubah ?

Mindset atau pola pikir yang dimiliki seseorang dapat dirubah tentunya. Namun untuk mengubahkan pola pikir atau mindset seseorang dibutuhkan cara dan trigger yang berbeda – beda. Baik pemicunya dapat dari diri orang tersebut sendiri, atau dengan pemicu berupa suatu peristiwa keadian yang membuat orang tersebut mengubah pola pikirnya.

Tidak sedikit pula orang yang dapat mengubah mindset atau pola pikirnya dengan bantuan dari para psikolog setelah melakukan konsultasi. Selain cara atau pemicu dari perubahan mindset yang berbeda – beda. Namun waktu perubahan atau waktu yang diperlukan seseorang untuk dapat mnegubah mindsetnya juga berbeda – beda.

Ada yang cepat untuk dapat mengubah mindsetnya ada yang sulit untuk mengubah  pola pikir seseorang.

contoh mindset
Sumber : karveldigital.com

Hal Yang Mempengaruhi Mindset

Lingkungan

Salah satu faktor yang mempengaruhi mindset seseorang adalah lingkungan tempat dia tinggal dan menghabiskan waktu setiap harinya. Bahwasanya lingkungan dapat mempengaruhi dan mengarahkan seseorang untuk lebih bersemangat untuk meraih masa depan. Atau mungkin mendukung kamu untuk mencapai tujuan yang ingin kamu capai. Dengan lingkungan baru dapat memberikan kesempatan untuk kamu mempunyai cara pandangan yang baru juga.

Informasi Yang Didapat

Ketika semakin banyak informasi yang diterima seseorang, maka hal ini dapat mempengaruhi pola pikir orang tersebut. Tentu saja informasi yang diterima seseorang berbeda – beda baik, buruk, sedih atau tidak benar. Dimana informasi yang diterima seseorang ini secara tidak langsung dapat mempengaruhi pola pikir setelah masuk kedalam pikirannya. Baik dari kreativitas, daya pikir, dan hal lain yang mengarah pada hal positif lainnya.

Pengalaman

Secara sadar atau tidak dari pengalaman yang sudah dilakukan dan dilalui seseorang dapat memperngaruhi mindset atau pola pikir seseorang. Misalnya jika seseorang memiliki pengalaman yang kelam, maka hal tersebut cdapat menjadikan pola pikir orang tersebut mengalami trauma. Maka akan membuat kita menyusun perkembangan yang sekiranya membuat kita untuk terhambat.

Karena itu tak sedikit orang yang selalu berbicara untuk melupakan masa lampau dan hidup untuk masa sekarang menatap kedepan. Karena dengan hal ini setidaknya akan membuat kita tidak menghasilkan mindset yang buruk kedepannya.

Contoh Mindset Pertumbuhan Untuk Diterapkan Keseharian

Menerima Kritik.

Menerima kritik merupakan salah satu contoh mindset pertumbuhan yang baik untuk kamu terapkan sehari – hari. Karena dengan adanya kritik otak kita akan membuat defensif atau pertahanan karena otak dapat manfsirkan kritik tersebut sebagai serangan terhadap diri kita. Dengan menerapkan penerimaan kritik maka anda akan semakin terlatih dalam berbagai macam kondisi terutama dalam hal pekerjaan.

Mengubah Peran

Contoh mindset untuk diterapkan sehari – hari selanjutnya yaitu dengan mengubah peran anda. Dimana mengubah peran yang dimaksud disini yaitu seseorang yang memilih untuk menggali lebih dalam lagi suatu kemampuan yang dimilikinya. Sedangkan orang diluar sana mencoba untuk menambah ketrampilan yuang dia miliki dengan ketrampilan lainnya.

Keinginan Belajar

Yaitu dengan adanya keinginan seseorang untuk belajar maka ini merupakan sifat utama dari pola pikir berkembang. Dengan adanya kinginan belajar ini pola pikir kamu dapat berubah sesuai dengan berjalannya waktu.

contoh mindset
Sumber : www.leadershipmanagementmagazine.com

Mencoba Jalur Baru

Mindset atau pola pikir berkembang tidak dapat lepas dari yang namanya eksperimen atau mencoba sesuatu yang baru. Karena dengan mencoba sesuatu yang baru orang tersebut akan mendapatkan pengalaman baru yang nantinya juga akan berpengaruh besar untuk pola pikirnya kedepan.

Mindset Utama yang Baik Untuk Dimiliki Banyak Orang

Berpikir Positif

Think positif dapat diartikan sebagai keadaan dima seseorang berpikir dan juga mengharapkan hal – hal positif untuk terjaid padanya. Setiap manusia tentu saa dalam hidupnya tidak akan pernah luput dengan yang namanya masalah. Masalah ini yang terkadang dapat membuat seseorang merasa sedih, dan tak sedikit membuat orang berfikiran negatif tentang apa yang akan terjadi.

Karena itu berfikir positif merupakan pola pikir atau mindset yang sangat penting untuk anda miliki.

Berani Gagal

Contoh mindset lainnya yang baik untuk diterapkan yaitu berani untuk gagal. Hal ini dikarenakan banyak orang yang tidak sukses dikarenakan mereka takut akan kegagalan sehingga tidak mau mencoba segala sesuatu. Mereka terlalu banyak takut sehingga tidak mau mencoba hal yang sekiranya ketika berhasil dapat menjadikan sukses.

Seperti yang banyak orang katakan, ketika kamu mencoba sesuatu yang baru maka kamu memiliki peluang untuk sukses.

Bekerja Keras

Tentu banyak orang tahu, untuk mencapai dan mewujudkan kesuksesan seseorang harus bekerja keras. Namun kebanyakan orang hanya tahu mengenai hal ini, namun tidak mewujudkan maksud dari kata tersebut. Tak sedikit orang yang bermalas – malasan dalam mengejar impian atau tujuan mereka sedangkan ingin sukses. Karena itu penting untuk anda melakukan kerja keras untuk mencapai tujuan anda.

Mindset yang dimiliki seseorang tidak serta merta dapat diubah dalam sekejap. Karena hal ini membutuhkan proses dan waktu yang berbeda tiap orangnya. teritama bagi seorang karyawan atau pekerja kantoran tentu saa membutuhkan mindset yang baik untuk melaksanakan kewajiban kerjanya.

Misalnya bagi karyawan yang bekera dalam managemen administrasi yang membutuhkan kejelian dan ketelitian didalamnya. Tentu saja membutuhkan mindset yang baik sehingga tidak mudah stress dan dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan baik. Oleh karena itu perusahaan dapat mengurangi beban kerjanya dengan menggunakan JojoExpense.

aplikasi ini akan membantu sistem keuangan perusahaan menjadi lebih baik. pencatatan pengeluaran dan pemasukan dilakukan dengan akurat. Dan dapat menghindari resiko penipuan pada sistem keuangan.

Ayooo Segera daftar dan gunakan sekarang !!!! Dan nikmati percobaan gratis JojoExpense selama 14 hari !!!. Tunggu apa lagi,…