Apa Itu Uang Muka dan Keuntungan Pembayarannya

cara mendapatkan uang

Apa itu uang muka? Uang muka atau down payment merupakan hal yang sudah tidak asing dalam dunia keuangan. Uang muka ini biasanya diterapkan di sektor perumahan, kendaraan, dan berbagai sektor lainnya. Sekilas kita hanya mengetahui down payment begitu saja tanpa mengetahui langkah pembayaran Anda kedepannya atau metode dalam menentukan besaran down payment ini.

Dalam artikel berikut ini, kami akan membahas apa itu uang muka yang menarik untuk diketahui

Pengertian Uang Muka

pengelolaan keuangan desa

Apa itu uang muka merupakan pembayaran di muka sebagian dari total harga. Mialnya untuk membeli kendaraan, membeli rumah, atau yang lainnya. Disini, uang muka juga merupakan bagian dari harga pembelian dan tidak termasuk pinjaman karena uang muka tetap dibebankan kepada pembeli. Misalnya, Anda menggunakan tabungan pribadi, cek, atau pembayaran dengan uang elektronik untuk membayar uang muka.

Down payment/ uang muka merupakan persentase dari total harga pembelian. Jumlah uang muka didasarkan oleh beberapa faktor, walaupun paling sering jumlahnya sudah ditentukan oleh pihak  penjual. Misalnya uang muka dalam membeli rumah biasanya sekitar 20% sampai dengan 25% dari harga rumah.

Dengan adanya uang muka, menawarkan sejumlah solusi dan keuntungan bagi kedua belah pihak yakni bagi pembeli dan penjual. Karena uang muka menunjukkan komitmen pembeli dan mengurangi risiko bagi penjual. Dan biasanya pemberi pinjaman akan menawarkan suku bunga lebih rendah dari uang muka yang cukup besar.

Tidak hanya di sektor perumahan, di sektor jual beli kendaraan juga kerap dilakukan sistem uang muka. Biasanya uang muka dilakuka pada kredit kendaraan. Namun hal ini tidak seringkali menguntungkan pembeli karena kendaran memiliki sifat depresiasi dengan cepat.

Lalu apa saja barang yang dibeli dengan sistem uang muka?

hal-penting-manajemen-keuangan

Down Payment atau biasa disebut uang muka umumnya diterapkan dalam pembelian barang-barang mahal dengan cara meminjam atau mencicil. Untuk itu, penjual menggunakan sistem DP untuk menutupi sebagian harga barang yang ingin dibeli.

Dalam hal ini penerapan uang muka juga harus disetujui oleh kedua belah pihak. Khususnya bagi pembeli karena penerapan uang muka akan mempengaruhi biaya bagi si pembeli membayar biaya bunga dan mengetahui durasi pinjamannya.

Oleh karena itulah penting bagi Anda dalam memahami cara kerja down payment agar And dapat memilih jumlah uang muka sesuai dengan kemampuan Anda.

Kenapa Penjual Menerapkan Down Payment?

Penerapan uang muka erat kaitannya dilakukan oleh penjual dengan harga barang atau jasa yang dijual. Sistem uang muka diterapkan untuk barang yang mahal seperti rumah, tanah, kendaraan, dan lain-lain. Peranan uang muka disini bukan sebagai harga beli barang, melainkan uang yang harus dibayarkan pembelidan bukan bagian dari pinjaman.

Pembeli kemudian membayar uang muka dengan cara menggunakan uang tunai, kartu kredit, cek, pembayaran elektronik, dan cara pembayaran lainnya sampai sah tanda jadi.

Keuntungan Down Payment dalam Jumlah Besar

analisis keuangan

Sebagai salah satu alternatif sebagai tanda jadi pembelian, down payment memiliki beberapa kelebihan apabila pembeli membayar di awal dengan jumlah besar yaitu:

1. Tingkat Bunga Lebih Rendah

Dengan membayar uang muka yang lebih besar, Anda mungkin akan memenuhi syarat untuk bisa mendapatkan tingkat bunga yang lebih rendah. Jika Anda membayar down payment lebih besar, penjual akan melihat besar pembayaran awal Anda. Untuk itu, risiko kredit juga berkurang, maka potensi biaya bunga juga akan berkurang.

2. Beban Bulanan Lebih Kecil

Tentu saja dengan down payment yang besar akan menyisakan angusaran yang lebih kecil. Hal ini sama dengan membuat beban angsuran setiap bulannya jauh lebih rendah, dengan begitu akan memudahkan Anda dari beban angsuran yang terlalu tinggi.

3. Memiliki Kekuatan Pinjaman di Masa Depan

Dengan beban angsuran yang lebih rendah, maka pembeli akan lebih mudah melunasi barangnya. Dengan kondisi ini, maka penjual akan senang dengan cara Anda melakukan pelunasan. Dan penjual akan memberikan kepercayaan bagi Anda.

Keuntungan Down Payment dalam Jumlah Kecil

Tetapi perlu diingat, selain memiliki kelebihan down payment nyatanya pembayaran uang muka ini juga memiliki sejumlah keuntungan dalam pembayaran dengan jumlah kecil.

1. Bisa Melakukan Pembelian Lebih Cepat

Untuk bisa memiliki rumah, biasanya penjual sudah menargetkan DP sekitar 20% sampai 25% untuk pinjaman rumah. Jika And menyiapkan dana 20% sampai 25% untuk pinjaman rumah, mungkin Anda membutuhkan waktu yang cukup lama. Maka dengan down payment yang nilainya kecil, proses pembelian akan lebih cepat dilakukan sehingga pembelian rumah bisa dilakukan segera.

2. Masih Memiliki Cadangan Darurat

Dengan membayar uang muka dengan nilai yang kecil, Anda tidak perlu sampai melepaskan seluruh tabungan Anda untuk membayar. Dengan uang muka yang kecil, setidaknya Anda masih memiliki dana tabungan cadangan untuk digunakan, misalnya untuk biaya perbaikan rumah dan mengcover sejumlah biaya yang tak terduga.

3. Memiliki Biaya Perbaikan

Jika Anda masih menyimpan dana untuk perbaikan, khususnya bagi Anda yang membeli rumah atau kendaraan. Kedua property tersebut tentu memerlukan biaya kerusakan atau biaya perawatannya. Untuk itu, sisa dana bisa digunakan untuk mengcover hal-hal yang tidak terduga di kemudian hari.

Tentu ingin membayar down payment dalam jumlah kecil maupun besar kembali ke keputusan masing-masing. Anda bisa mulai mengimbangi dana yang Anda miliki. Jika Anda memiliki dana cadangan yang cukup besar, maka pilihan membayar uang muka dalam jumlah tinggi bisa menjadi pilihan yang terbaik.

Persyaratan Down Payment dari Pemberi Pinjaman

Manajemen Anggaran Perusahaan

Sudah menjadi hal umum jika pemberi pinjaman menetapkan uang muka minimum kepada pembeli dalam meminimalisir risiko. Uang muka akan menunjukkan keseriusan pembeli dan menunjukkan kepada penjual bahwa Anda bersedia membeli barang tersebut untuk melunasi sisa-sisa angusarannya.

Ketika penjual atau kreditur memberikan Anda pinjaman, maka sejatinya penjual juga memegang risiko di kemudian hari apabila pembeli tidak mampu meneruskan pembayaran. Dan penjual bisa kehilangan uangnya.

Dengan sistem uang muka, maka risiko penjual akan berkurang, seperti :

Penjual menganggapnya sebagai investasi, apabila pembeli menerapkan sistem uang muka dan membayar cicilan.

Meminimalisir jumlah uang yang harus dibayarkan, apabila pembeli membayar uang muka sebesar 25%, maka penjual akan memberikan angsuran sebesar 75%

Apakah pembelian dengan cicilan selalu menggunakan down payment?

Uang muka tidak selalu diterapkan pada transaksi jual beli berbasis pinjaman, karena seringkali kita mendapati penawaran tanpa uang muka, dengan begitu artinya tidak perlu membayar uang di muka. Bahkan ada pula penjualan rumah yang tidak memerlukan uang muka.

Untuk hasil yang maksimal Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur integrasi dengan berbagai software kasir, contohnya adalah seperti yang ada di platform software keuangan Jojonomic.

Jojonomic adalah platform akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis di Indonesia. Dengan aplikasinya JojoExpense juga memiliki fitur terbaik dengan pengintegrasian dengan software lainnya.

Kami juga ada info menarik lho buat kamu yang kesehariannya bertugas untuk mengatur pengeluaran perusahaan. Sekarang ada aplikasi JojoExpense yang buat pekerjaaanmu dalam mengelola manajemen perusahaan menjadi lebih mudah.

Solusi Manajemen Keuangan dengan Aplikasi JojoExpense

Dengan aplikasi ini Anda akan mendapatkan Solusi Manajemen Pengeluaran Perusahaan yang fleksibel, akurat dan cepat. Selain itu JojoExpense memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis!

Manfaatkan FITUR POPULER Aplikasi JojoExpense

  1. Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  2. Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  3. Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Dengan JojoExpense Anda bisa mengontrol pengeluaran dari mana saja, meningkantkan produktifitas dan efisiensimu, memudahkan proses reimbursement dengan sistem digital yang aman dan cepat. Segera Anda coba aplikasi ini dan rasakan sendiri manfaat yang akan Anda bisa dapatkan.

Silahkan uji kinerjanya dengan menggunakan demo gratis melalui link Coba Gratis Sekarang.