Menyusun Daftar Riwayat Hidup Beserta Persiapan Syaratnya

daftar riwayat hidup

Daftar riwayat hidup tentu bukan menjadi suatu hal asing lagi bagi Anda sekalian. Terutama bila Anda merupakan seseorang yang memasuki dunia kerja ataupun telah lama bergelut di dunia pekerjaan. Daftar riwayat hidup yang biasa disebut dengan CV atau curriculum vitae ini tentu merupakan suatu hal yang sangat familiar.

Adanya CV memang selalu dibutuhkan sebagai suatu syarat administrasi teruatama dalam hal melamar pekerjaan. Saat melamar pekerjaan memang Anda akan dituntut untuk menyertakan pula CV. Dengan adanya CV ini maka perusahaan yang menjadi tujuan bagi And auntuk melamar pekerjaan bisa segera memahami diri Anda. Seluruh profil Anda bisa diketahui dengan lebih jelas termasuk berbagai hal mengenai pendidikan dan pengalaman kerja Anda.

Fungsi Daftar Riwayat Hidup

Kelengkapan administrasi

Umumnya daftar riwayat hidup atau CV diperlukan saat Anda sedang melamar pekerjaan baru di tempat yang baru. Saat melamar kerja Anda akan diminta membuat CV yang emmuat seluruh hal berkaitan dengan diri Anda. Dengan adnaya CV ini maka perusahaan baru bisa mempelajari profil Anda secara lebih baik dan lebih mudah.

Sumber informasi

Sebelum proses interview rupanya sebuah perusahan bisa memberikan penilai pada para pelamar kerja dengan memperhatikan setiap CV yang masuk. Model CV dan apa yang terdapat pada CV bisa menjadi sebuah informasi bagi perusahaan. Dengan adanya CV maka perusahaan bisa mengenal setiap kandidat atau pelamar. Maka anantinya perusahaan bisa mencari kandidat yang tepat untuk dijadikan sebagai bagian dari tenaga kerja di perusahaan tersebut.

Pengembangan kreativitas

CV di masa sekarang initampaknya mengalami perkembangan yang terkesan cepat. Jika sebelumnya CV dibuat dengan sangat sederhana namun sekarang CV dibuat dengan sangat menarik. CV dibuat dengan menggunakan bantuan sistem komputasi. CV dibuat dengan gaya tulisan yang menarik dan warna yang memukau.

Membuat Daftar Riwayat Hidup

Nomer yang bisa dihubungi

Bagian pertama yang perlu dicantumkan pada CV tentu saja nama dan nomer yang bisa dihubungi secraa cepat. Anda juga bisamenuliskan alamat tempat tinggal Anda dan juga alamat email yang sekarang ini selalu dimiliki oleh kebanyakan orang.

Data pribadi

Selain itu Anda juga perlu mencantumkan data diri pribadi Anda. Data diri selain alamat dan nomer telepon tentu penting. Dengan adanya data personal ini maka perusahaan baru bisa lebih mengenal Anda sebelum Anda akhirnya Anda memasuki proses interview.

Pendidikan

Turut dicantumkan pula dalam CV yaitu pendidikan terakhir Anda. Atau terkadang ada pula riwayat pendidikan secara lengkap yang ditulis di CV. Penulisan riwayat pendidikan ini bisa bergantung pada keinginan Anda. Artinya Anda bisa menuliskan riwayat pendidikan terakhir saja atau Anda juga bsia menuliskan riwayat pendidikan sejak awal sampai dengan yang terakhir.

Keahlian

Hal penting yang juga perlu Anda cantumkan pada CV atau daftar riwayat hidup adalah berbagai keahlain Anda. Entah keahlian dalam hal bahasa ataupun dalam hal komputasi serta operasional internet. Keahlian akan mennjadi nilai tambah bagi Anda sehingga perusahaan bisa mempertimbangkan Anda.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Pengalaman kerja

Terakhir jangan lupa menuliskan pengalaman kerja dari awal sampai dengan yang terakhir. Pengalaman kerja perlu ditulis secara lebih rinci. nantinya pengalaman kerja ini bisa menjadi informasi bagi perusahaan mengenai karier Anda.

Syarat Daftar Riwayat Hidup

Tampilan menarik

Sebuah daftar rieayat hidup atau CV memang sebaiknya dibuat dengan tepat. Termasuk pula dalam hal tampilan CV. Tampilan CV sudah tentu harus menarik sehingga bisa membuat perusahaan menjadi tertarik. CV saat ini bisa dibuat dengan bentuk yang beraneka ragam. Tentunya aneka bentuk ini bisa dibuat agar tampilan CV semakin menarik. Anda bisa menggunakan model yang keren untuk pembuatan CV Anda. Atau Anda juga bisa membuat CV dengan menggunakan tampilan yang terkesan elegan ataupun terkesan berpendidikan.

Data lengkap

Tampilan CV memang haruslah menarik agar dapat memikat perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan yang baru. Namun selain tampiulannya tentunya And ajuga perlu mempertimbangkan dengan benar apa yang tercantum di dalam CV tersebut. Di dalam CV sudah seharusnya terdapat data diri Anda yang tercantum secara jelas. Mulai dari data pribadi Anda sampai dengan apa saja yang menjadi nilai tambah bagi Anda sebagai SDM di tanah air. Tidka hanya itu saja tetapi bagi Anda yang telah memiliki pengalaman kerja juga perlu mencantumkan pengalaman Anda yang berharga tersebut.

Data informatif

Data diri Anda yang dicantumkan pada CV tidak hanya harus lengkap saja. tetapi data yang tercantum pada suatu CV juga harus bisa memberikan informasi tertentu bagi orang lain. Pembuatan CV memang pada umumnya ditujukan untuk mempromosikan diri kepada sebuah perusahaan tempat Anda mau melamar pekerjaan. Oleh karena itu Anda perlu membuat CV dengan mencantumkan berbagai data diri yang sekiranya bisa memberikan informasi kepada calon perusahaan baru. CV ini seolah menjadi portofolio diri Anda sehingga perusahaan bisa menelusuri And asecara lebih jelas hanya dengan melihat CV Anda.

Gaya bahasa baik

Tentu pembuatan CV tidak boleh dilakukan sesuka hati dan tanpa memperhatikan pola kalimat. Setiap kalimat yang digunakan pada CV sebaiknya bisa dipahami. Yang perlu Anda pahami juga bahwa CV ini bersifat penting dan merupakan suatu keharusan. Maka Anda harus membuatnya dengan menggunakan bahasa Indonesia atau mungkin bahasa Inggris secara tepat.

Pembuatan Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup atau yang juga sering disebut dengan istilah CV harus dibuat terutama saat Anda melamar pekerjaan yang baru. CV yang di dalamnya memuat berbagai keterangan atau info tentang diri Anda ini tentu dibutuhkan oleh calaon perusahaan tempat Anda beerja. Oleh klarena itu pembuatan CV tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Justru sebaliknya pembuatan CV harus dilakukan dengan benar dan tepat dan penuh pertimbangan. Sebab sebenarnya Anda bisa mempromosikan diri Anda melalui sebuah CV. Untuk itu pembuatan CV bisa dilakukan dengan baik. Maka CV atau daftar riwayat hidup Anda tersebut bisa berfungsi dengan baik.

Membuat daftar riwayat hidup ini persis seperti memilih sistem keuangan yang tepat untuk perusahaan. Sebaiknya lakukan dengan hati-hati dan hanya percayakan pada JojoExpense. Karena hanya produk ini yang dapat memberikan catatan akurat tentang pemasukan serta pengeluaran perusahaan secara real time. Selain itu produk ini juga mampu menghindari resiko penipuan yang berbahaya dalam keuangan perusahaan.

Semua itu berkat beberapa fitur yang menjadi andalan JojoExpense. Termasuk fitur-fitur berikut di bawah ini.

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Jadi, tunggu apalagi. Beralihlah pada sistem keuangan yang lebih baik sekarang juga, daftarkan perusahaan Anda dan dapatkan coba gratis JojoExpense hari ini juga!