Langkah Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris Secara Dasar

perkenalan diri dalam bahasa inggris

Perkenalan diri dalam bahasa Inggris tentu saat ini menjadi suatu hal yang bisa dianggap penting. Terutama di masa sekarang ini yang cenderung mengarah ke globalisasi. Sebab dengan adanya globalisasi saat ini maka segala sesuatunya tampak melebur hingga menjadi satu. Peleburan ini bahkan hampir menyeluruh di segala aspek kehidupan manusia. Bahkan peleburan ini memaksa setiap orang termasuk Anda untuk bisa mengerti dan memahami apa saja yang merupakan kebutuhan manusia di negara lain. Kebutuhan ini tampaknya juga meliputi bidang bahasa dan pendidikan ataupun bidang pekerjaan dan ekkonomi yang tidak dapat dipisahkan.

Oleh karena itu memperkenalkan diri juga kini diharapkan agar dapat dilakukan oleh setiap orang dengan menggunakan bahasa internasional atau bahasa Inggris. Mengingat bahwa lawan bicara Anda saat ini tidak hanya terbatas di dalam negeri saja tetapi juga sampai ke luar negeri. maka perkembangan bahasa Inggris perlu diraih agar Anda dapat berkomunikasi secara lebih baik dengan siapa saja. Untuk itu penggunaan bahasa Inggris bisa dimulai dari kalimat yang sederhana misalnya kalimat untuk memperkenalkan diri.

Tujuan Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris

Memberi informasi pada orang lain

Perkenalan diri yang dilakukan oleh seseorang sudah tentu memiliki tujuan untuk menyampaikan identitas diri pada orang lain. Melalui proses ini maka orang lainakan mengenal Anda dan mengetahui apa saja hal penting yang berkaitan dengan Anda. Oleh akrena itu sampaikan perkenalan diri Anda dengan menggunakan tata bahasa yang tepat. Jika memang Anda harus memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Inggris maka Anda harus bisa menggunakan bahsa Inggris dengan tepat.

Memahami diri sendiri

Tujuan melakukan perkenalan diri rupanya tidak hanya sebatas untuk memberikan informasi mengenai diri Anda pada orang lain saja. Secara lebih dalam rupanya perkenalan diri yang Anda lakukan bisa membuat Anda semakin memahami diri Anda sendiri. Sekalipun jika Anda harus bmenggunakan bahasa asing untuk memperkenalkan diri namun tentunya Anda sudah memiliki materi perkenalan diri Anda dengan baik. Maka Anda bisa memahami diri Anda sendiri secara lebih baik lagi. Oleh karena itu suatu perkenalan diri haruslah dilakukan dengan jujur dan sesuai dengan kondisi Anda yang sebenarnya serta tidak lebih ataupun tidak kurang.

Mengerti kekuatan dan kelemahan diri

Dalam proses memperkenalkan diri juga tentunya Anda semakin memahami siapa Anda. Mungkin saja melalui proses perkenalan diri ini maka Anda bisa lebih mengenal apa yang menjadi kelebnihan atau kekuatan bagi diri Anda. Tidak hanya itu saja tetapi Anda juga bisa memahami kelemahan atau kekurangan diri Anda secara lebih tepat. Perkenalan diri yang dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris juga akan menjadi perhatianbagi Anda terutama dalam hal penggunaan bahasa asing. Anda bisa mengukur kemampuan bahasa Inggris Anda sendiri melalui proses perkenalan diri ini. Setidaknya Anda bisa tahu apakah Anda bisa menyampaikan perkenalan diri dalam bahasa Inggris dengan lancar ataukah kurang lancar ataukah memang And atidak bisa melakukannya sama sekali.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Membangun hubungan dengan orang lain

Tujuan lainnya dari proses perkenalan diri adalah untuk membangun hubungan dengan orang lain. Suatu hubungan yang dijalin dengan orang lain pasti diawali dengan proses perkenalan diri. Melalui perkenalan diri ini maka orang lain bisa menegrti dan memahami Anda secara lebih jauh. Hubungan dengan orang lain saat ini memang tidak terbatas hanya dengan orang di dalam negeri saja. Tetapi Anda kini juga bisa menjalin hubungan dengan orang dari luar negeri secara lebih mudah dan bahkan lebih cepat. Hanya saja pastikan bahwa kemampuan bahasa Inggris Anda cukup baik. Maka Anda akan menjalin komunikasi dengan lebih lancar.

Cara Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris

Menyampaikan nama

Hal pertama yang harus disebuatkan saat terjadi proses perkenalan diri adalah nama diri Anda sendiri. Nama pada dasarnya merupakan suatu identitas bagi setiap diri pribadi. Nama inilah yang akan membedakan Anda dengan lainnya. Oleh karena itu perkenalkan nama Anda dengan menggunakan gaya bahasa yang baik. Jika Anda memberikan nama melalui tulisan dan dalam bahasa Inggris maka Anda boleh juga memberikan spelling atau cara eja dari setiap huruf pada nama Anda. Dengan demikian maka orang lain akan mengenal Anda dengan sangat baik.

Memberikan alamat dan nomer kontak

Selain nama tentunya Anda juga perlu memberikan informasi mengenai alamat tempat tinggal Anda. Mungkin saja Anda tidak perlu memberikan alamat tempat tinggal secara detail di bagian awal. Tidak hanya alamat tempat tinggal saja tetapi Anda juga perlu memberikan informasi pada orang lain mengenai nomer Anda yang bisa dihubungi dengan segera. Alamat dan nomer telepon ini menjadi hal yang lebih penting jika Anda melakukan perkenalan diri dengan tujuan untuk melamar pekerjaan baru.

Menggunakan kalimat yang tepat

Selanjutnya jangan lupa untuk menggunakan bahas Inggris secara tepat. Dalam hal ini penggunaan grammar juga perlu diusahakan agar tepat. Jika anda menyampaikan perkenalan diri secara lisan maka perhatikan cara baca setiap kata dalam bahasa Inggris. Anda juga perlu memilikibanyak kosakata agar proses perkenalan diri semakin lancar.

Pentingnya Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris

Perkenalan diri dalam bahasa Inggris menjadi suatu hal yang perlu dikuasai oleh setiap orang di masa kini. Anda yang mengaku sebagai bagian dari kaum milenial sudah tentu harus bisa menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. Anda perlu menguasainya agar Anda dapat berbincang-bincang dengan setiap orang yang berasal dari negara lain. Dengan menguasai bahasa Inggris maka Anda tentu dapat bercakap-cakap dengan penduduk dari negara asing. Sekalipun mungkin Anda tidak sedang berada di Inggris namun Anda tetap bisa berbincang dengan orang  berkebangsaan lain di luar Inggris.

Oleh karena itu di masa sekarang ini Anda perlu menguasai bahasa Inggris. Untuk memulainya maka Anda bisa memulainya dari sekedar kalimat perkenalan diri. Jika memang perkenalan diri sudah bisa dilakukan dalam bahasa Inggris dengan lancar maka Anda bisa merambah ke berbagai kalimat lainnya.

Tentu ini seperti saat sedang memilih sistem terbaik untuk absensi perusahaan. Berusahalah untuk beralih para produk yang lebih baik, misalnya yaitu JojoTimes. Produk ini dapat membantu karyawan melakukan absensi yang lebih mudah kapan saja dan dimana saja. Tidak hanya itu, tetapi dari sisi perusahaan juga bisa melakukan pemantauan dan integrasi dari kehadiran karyawan pada sistem penggajian bulanan.

Manfaat tersebut berkat beberapa fitur menarik dari JojoTimes. Sebut saja fitur-fitur sebagai berikut:

  • Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  • Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  • Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  • Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Jadi jangan ragu untuk menggunakan JojoTimes. Yuk, coba gratis produk ini selama 14 hari di perusahaan Anda dan rasakan manfaatnya langsung!