Data Science Sebagai Penunjang Informasi Penting Perusahaan

Data science merupakan salah satu disiplin ilmu yang mempelajari tentang data. Dalam hal ini data yang dipelajari termasuk data kuantitatif atau data numerik. Di masa sekarang ini tampaknya keahlian di bidang ini mulai banyak dicari dan dibutuhkan termasuk di beberapa perusahaan. Oleh karena itu keahlian di bidang data ini kemudian mulai menjadi suatu fokus dan semakin dikembangkan. Umumnya data yang telah diperoleh akan diolah seperti misalnya disaring atau difilter. Penyaringan data ini umumnya dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan data yang paling benar. Oleh karena itu dibutuhkan beberapa keahlian khusus untuk dapat mengolah data agar data yang diperoleh adalah benar. Biasanya seseorang yang bekerja dalam bidang pengolahan data ini disbeut sebagai data analyst atau data scientist.

Dari namanya saja sudah terlihat dengan jelas bahwa seornag data analyst haruslah melakukan proses kelola data dengan menggunakan kemampuan dan keahliannya agar bisa menampilkan sekumpulan data yang benar kepada perusahaan. Memang jenis pekerjaan ini masih belum familiar di telingan masyarakat umum. Bahkan banyak orang yang belum memahami dengan jelas apakah yang dimaksud dengan data pada suatu perusahaan. Selain itu tidak diketahui dengan jelas pula apa yang harus dilakukan oleh sorang data analyst terhadap sekumpulan data pada suatu perusahaan. Namun lambat laun skill yang berhubungan dengan data science semakin ditingkatkan agar bidang ini semakin dipahamioleh masyarakat luas dengan jelas. Sebab keahlian pengelolaan data sebenarnya sangatlah penting dan dibutuhkan dalam bidang apapun.

Dengan berkembangnya zaman dan teknologi maka diharapkan agar ketertarikan masyarakat terhadap ilmu pengolahan data ini semakin meningkat. meningkatnya ketertarikan masyarakat terhadap disiplin ilmu mengenai data ini tentu akan memberikan keuntungan tersendiri baik pada orang yang mempelajari data maupun pada perusahaan.

Kelebihan Data Science

Penggunaan data science ini sebenarnya memiliki beberapa kelebihan menarik, di antaranya yaitu sebagai berikut.

1. Mudah untuk dipelajari.

Siapa saja tentu dapat mempelajari ilmu mengenai data science. Pada awalnya memang banyak orang yang beranggapan bahwa ilmu mengenai data ini cukup rumit dan tampak sulit untuk dipelajari. Namun sebenarnya mempelajari ilmu tentang pengolahan data ini tidaklah serumit yang Anda pikirkan sebelumnya. Setiap ilmu memang perlu dipalajari dengan lebih mendalam dengan maksud agar Anda dapat menguasainya. Demikian pula ilmu yang berkaitan dengan pengolahan data ini. Siapa saja orang itu dan dari latar belakang apa saja tentu bisa mempelajari disiplin ilmu yang satu ini. Anda bisa mendalaminya dengan mudah sehingga bisa melakukannya dengan mudah. Sekarang ini bahkan ilmu yang berkaitan dengan pengolahan data ini bisa didalami secara lebih lagi melalui beberapa jurudan pada beberapa fakultas di universitas. Jadi jika Anda ingin memiliki keahlian khusus mengani pengolahan data maka Anda bisa melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan fokus pengelolaan data. Di dunia kerjapun pengolahan data memang jika dilihat sekilas tampak rumit. Namun sebenarnya jika Anda telah terbiasa melakukannya maka Anda akan menjadi seorang ahli data analyst. Dalam hal ini dibutuhkan ketekunan dan kecermatan untuk melakukan penyaringan data agar diperoleh data yang benar.

2. Masih belum familiar.

belum banyak orang yang mengerti apakah data sicience itu dan apa kegunaannya serta apapun yang berkaitan dengannya. istilah ini memang masih terdengar sangat asing terutama bagi masyarakat awam. Hanya segelintir orang saja yang tahu dengan jelas bagaimana sebuah data itu harus diolah dan apa yang harus dikerjakan oleh seorang data analyst berkaitan dengan berbagai data yang dihadapinya. Tentu saja hal ini sebenarnya cukup menguntungkan bagi Anda karena belum banyak orang yang memiliki keahlian di bidang pengolahan data. keahlian Anda di bidang kelola data tentu akan sangat dibutuhkan oleh beberapa perusahaan sehingga halini akan sangat menguntungkan bagi Anda. bahkan Anda mungkin juga bisa menjadi pengajar khusus bagi orang yang ingin mempelajari proses pengelolaan data karena masih jarang orang yang memahami bagaimana cara melakukan pengelolaan data yang benar.

3. Membuka kesempatan kerja.

Dengan adanya keahlian di bidang pengelolaan data maka Anda akan berkesempatan untuk mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah. Keahlian di bidang ini masih cukup jarang sehingga sangat dibutuhkan oleh beberapa perusahaan. Bahkan beberapa perusahaan besar bisa saja membutuhkan pula keahlian di bidang ini. Bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang data science dan ingin menjadi seorang data analyst maka kesempatan ini terbuka lebar bagi Anda. Anda bahkan bisa turut bergabung dengan beberapa perusahaan besar di seluruh dunia karena keahlian dan kemampuan yang Anda miliki di bidang pengelolaan data. Jika pada awalnya keahlian di bidang data ini masih tidak dibutuhkan namun tampaknya hal ini telah berubah. Kenyataannnya di masa sekarang ini semakin banyak perusahaan besar yang menyadari akan kebutuhannya terhadap pekerja dengan kemampuan data science. Oleh karena itu banyak kesempatan kerja yang terbuka untuk Anda yang memang memiliki keahlian di bidang data ini.

Mempelajari Data Science

Banyak cara yang dapat dilakukan oleh Anda yang ingin mempelajari data science. Namun tentu saja mempelajarinya dibutuhkan kesabaran dan konsistensi sehingga Anda bisa mendapatkan ilmu dan keahlian di bidang data secara maksimal. Untuk menjadi seorang data analys atau data scientist maka ada juga beberapa disiplin ilmu yang perlu dikuasai selain ilmu mengenai pengolahan data itu sendiri. Salah satunya adalah keahlian di bidang pemrograman yang akan memudahkan Anda dalam memasukkan seluruh data kekomputer. Selain itu and ajuga perlu memilikikemampuan di bidang statistika sehingga pekerjaan pengolahan data menjadi semakin mudah. Tidak hanya itu saja tetapi ilmu komunikasi dan visualisasi juga perlu dikuasai agar Anda dapat menginformasikan dan mengkomunikasikan data yang telah diolah kepada perusahaan. Dengan berbagai kemampuan tersebut maka Anda sudah tentu bisa menjadi seorang data analys yang handal.

Penggunaan data science dipandang penting bagi beberapa perusahaan dalam mengejar target yang telah ditentukan. Demikian halnya menggunakan produk yang tepat dalam pengaturan karyawan. Ada baiknya mencoba untuk beralih pada JojoTimes. Dimana produk ini dapat membantu memberikan manfaat mulai dari pengaturan absensi karyawan yang lebih efektif, pengaturan cuti dan proses persetujuan cuti karyawan yang optimal, hingga pengelolaan data pribadi karyawan yang mudah dipantau dan cukup mudah.

Tentu saja aneka manfaat ini bisa didapatkan berkat beberapa fitur yang disematkan pada JojoTimes. Seperti misalnya fitur Attendance Clock-Out Validation (with Biometric Face Recognition & Geo-Tagging), Overtime with/without Approval (Calculation Based on Government Regulation), Project Activities Reporting, Productivity Daily Reporting, Productivity Daily Reporting Offline Mode, serta fitur menarik lainnya. Oleh sebab itu jangan ragu lagi, segera beralih pada JojoTimes dan dapatkan coba gratisnya di perusahaan Anda sekarang juga.