EQ Di tempat Kerja Tunjukkan Professionalisme Pihak Manajemen

Seringkali EQ di tempat kerja menjadi sebuah pembahasan yang paling hangat. Pasalnya kemampuan seperti ini memang langka. Beberapa pengusaha ataupun pihak manajemen disebuah perusahaan lebih mengandalkan IQ saat melakukan berbagai keputusan. Padahal emosional ataupun kondisi mental karyawan juga menjadi sebuah hal yang sangat penting.

Emotional quotient atau EQ adalah sebuah kecerdasan dalam mengelola emosi. Mungkin ada sebagian orang yang tidak pandai, dalam artian IQ nya standar saja. Tapi dalam hal EQ ia memiliki nilai yang sangat tinggi. Orang-orang seperti ini biasanya cenderung menjadi pemimpin dalam sebuah grup. Kemampuan manajemen EQ yang baik juga cenderung untuk membawa sebuah tim mencapai garis akhir tujuan. Artinya perusahaan perlu untuk selalu mempertimbangkan ranah emosional ini.

Tidak bisa dipungkiri prihal EQ di tempat kerja juga bisa menjadi hal yang sangat urgent. Jika tidak segera ditangani. Karena kebanyakan masalah dan solusi sebenarnya berfokus pada hal tersebut. Sample mudahnya adalah lingkungan kerja yang tidak mendukung perkembangan. Ini adalah bisa disebabkan karena kondisi keprihatinan terhadap EQ setiap pegawai terabaikan.

Sehingga timbul berbagai bentuk masalah yang sifatnya sentimentil. Sebagai seorang pemilik perusahaan harusnya anda sudah sadar betapa pentingnnya untuk mengelola emosional dan mental seluruh pegawai dalam kondisi yang stabil. Belakangan ini dengan sistem pendidikan dan teknologi yang semakin berkembang. Sebenarnya garis besar EQ seseorang semakin terlihat.

Maka EQ di tempat kerja juga akan terlihat dengan begitu jelas perbedaannya. Contoh kongkritnya saja dalam lamaran pekerjaan. Jika anda merupakan seorang HRD pasti sudah sering melakukan berbagai wawancara. Pasti diantara kandidat yang anda wawancara sangat beragam. Diantaranya ada orang yang unggul dari IQ ataupun EQ. Orang-orang yang berEQ tinggi biasanya lebih mudah untuk diterima.

Sebab mereka merupakan problem solver handal. Menyelsaikan masalah tanpa memberikan problem tambahan. Orang-orang seperti ini sangat sulit untuk didapatkan. Keberadaannyapun bisa dihitung jari. Sehingga perusahaan pasti membutuhkan mereka.

Pertimbangkan Penggunaan EQ Di tempat Kerja

EQ di tempat kerjaPerkembangan teknologi yang begitu cepat memberikan kesan bahwa IQ itu menjadi hal lumrah. Justru sebaliknya orang-orang yang memang matang dari segi EQ itu sangat langka. Jadi memang pertimbangan seorang HRD akan selalu jatuh kepada orang-orang yang telah matang dari segi EQ walaupun tingkat IQnya tidak tinggi. Karena kecenderungan EQ sendiri seringkali memberikan manfaat yang sangat banyak untuk perusahaan.

Kenapa EQ di tempat kerja begitu penting dan menjadi fokus beberapa perusahaan?. Jawabannya adalah karena IQ itu bisa diasah dan dipelajari. Semakin tinggi pendidikan seseorang pasti otomatis, tingkat IQ yang dimilikinya akan tergolong tinggi juga. Berbeda dengan tingkatan EQ setiap orang, biasanya pengertian emosional itu hanya bisa didapatkan oleh orang-orang yang mengalami proses kehidupan sulit.

Tapi ia tidak menyerah dan terus memperbaiki diri. Maka perlahan EQ yang dimilikinya akan terus meningkat. Maka ada istilah orang jujur ataupun baik, sebenarnya mereka inilah yang memiliki EQ tinggi. Mereka memahami kebutuhan dan kondisi seseorang. Karena dahulu mereka sendiri pernah berada di posisi tersebut. Bisa dibilang bahwa EQ ini hanya bisa dipelajari melalui perjalanan kehidupan.

Sedangkan experience kehidupan orang-orang akan berbeda satu sama lain. Ketika ilmu yang didapatkannya dari kehidupan kemudian ia aplikasikan kedalam perusahaan. Maka akan terjadi harmonisasi pekerjaan dan hasil yang didapatkan. sebenarnya pekerja juga bisa langsung menilai, apakah sebuah perusahaan berfokus kepada IQ ataupun EQ.

Tapi memang di Indonesia ini masih belum terlalu banyak manajemen perusahaan yang mengetahui pentingnnya letak EQ. Sehingga artikel yang akan diberikan ini benar-benar penting untuk dipahami. Diluar negeri sana EQ sudah menjadi sebuah prioritas yang sangat diperhatikan. Terkadang mereka menerima karyawan yang bahkan memiliki pendidikan standar tapi ketika melihat EQ yang dimilikinya tinggi. Perusahaan tersebut langsung merekrutnya.

Dukungan Emosional Dan Penyelsaian Terbaik

EQ di tempat kerjaSebagai seorang manusia yang notabenenya adalah makhluk sosial. Maka pastinya ia akan membutuhkan komunikasi dan masing-masing memiliki kondisi emosionalnya sendiri. Terkadang dari perbedaan pendapat kecil dalam sebuah perusahaan saja bisa menimbulkan sebuah masalah serius. Ini karena masing-masing pekerja didalam perusahaan tersebut tidak memahami makna EQ.

Sehingga perlulah EQ di tempat kerja dan manajemennya. Jika didalam sekolah mungkin kita akan menerima bimbingan konseling. Maka dalam sebuah perusahaan kita juga seharusnya bisa rutin menerima konseling dari setiap pekerja didalamnya. Tujuannya agar ketika terjadi masalah, masalah tersebut akan selsai saat itu juga.

Jangan dikira sebuah masalah akan begitu saja selsai ketika dibiarkan begitu saja. Terkadang watak orang-orang itu berbeda. Ada yang memang pemaaf, kemudian dilain pihak ada juga seorang yang memang pendendam. Maka manajemen harus mengerti kondisi emosional ini. Jangan sampai mengambil langkah fatal yang kemudian bisa berdampak buruk bagi perusahaan.

Sebuah EQ di tempat kerja juga menjadi point terpenting agar perusahaan bisa membuat tim yang solid. Sebuah tim bisa berjalan menuju target akhir yang sama apabila didasari oleh kepercayaan dan saling mengerti. Lagi-lagi kunci kesuksesaan ini ada pada EQ seorang pemimpin. Bayangkan jika sebuah tim di pimpin oleh seseorang yang tidak memahami kondisi emosional dan mental anggotanya.

Maka tinggal menunggu waktu saja tim tersebut hancur. Ini memang sangat logis, karena menjalankan tim pasti akan menemukan sebuah titik masalahnya masing-masing. Ketika tidak mengkalkulasikan dengan baik, masalah tersebut bisa menjadi hal yang sangat serius. Ketika sudah seperti ini profit perusahaan bisa terhambat atau bahkan terganggu.

Cerdaslah dalam melakukan manajemen dengan menerapkan EQ di tempat kerja. Penerapan yang multifungsi adalah memberikan keringanan tanggung jawab bagi setiap pegawai. Menerapkan software Jojonomic misalnya. Seperti penggunaan JojoTimes, dimana seluruh pegawai bisa merasakan dampaknya secara langsung.

Waktu Dan Efisiensinya Dengan JojoTimes

Pentingnnya melibatkan penggunaan JojoTimes untuk manajemen waktu perusahaan di zaman ini sudah sangat jelas. Karena pembuatan schedule yang begitu random saja bisa diselsaikan dengan baik oleh perangkat ini. Jadikan pembagian waktu setiap pegawai lebih mudah sejak menggunakan software ini. Jangan lagi stress untuk mengatur pembagian waktu masing-masing pegawai.

Rasakan sekarang juga keuntungan menjalankan bisnis yang lebih fleksibel. Karena kontrol lokasi pegawai bisa anda lakukan melalui JojoTimes. Tidak akan ada lagi karyawan yang bisa memberikan alasan bolos tapi kenyatannya sedang berlibur. Karena perangkat lunak ini juga dilengkapi GPS jadi anda tidak perlu khwatir lagi.

Setiap bulannya JojoTimes juga bisa memberikan laporan kehadiran yang lebih kredibel. Tanpa harus anda membuatnya dengan repot. Manfaatkan itu semua agar anda bisa mengoptimalkan waktu pekerjaan dalam perusahaan.

Pergunakan saja demo JojoTimes untuk seluruh keperluan manajemen waktu perusahaan. Buang jauh-jauh cara konvensional yang memakan tenaga dan waktu saat anda sudah memiliki perangkat lunak ini. Profit pasti akan langsung bisa dirasakan saat menggunakan software ini.