Cara Kerja Freemium Dan Keuntungan Menggunakannya

freemium

Freemium tampaknya merupakan sebuah istilah yang jarang didengar oleh masyarakat awam. Maka tak heran bila istilah ini terasa cukup asing bagi kebanyakan orang. Namun rupanya istilah yang satu ini cukup familiar bagi kaum pebisnis yang memiliki keinginan untuk terus mengembangkan dan memajukan bisnisnya. Istilah freemium sendiri sebenarnya bisa digambarkan sebagai sebuah model bisnis yang di dalamnya terdapat penawaran layanan mendasar secara gratis.

Namun untuk beberapa fitur khusus atau fitur lanjutan akan dikenakan biaya tertentu dan hal ini biasanya dinamakan premium. Maka untuk menikmati segala fitur dan fasilitas yang diberikan oleh premium ini tentunya Anda harus melakukan poembayaran secara bulanan. Jadi kata freemium bisa dikatakan sebagai kombinasi dari dua aspek yang terdiri dari aspek free dan premium. Tampaknya hal ini ada di sekitar kita dan Anda tentu pernah menjumpai konsep atau model bisnis yang seperti ini. Terlebih lagi di dalam dunia internet yang umumnya sudah menjadi bagian hidup dari kita semua.

Cara Kerja Freemium

Adanya layanan gratis

Pada walnya perusahaan akan membeikan layanan gratis untuk bisa dinikmati oleh para pengguna. Jadi pengguna bisa tahu manfaat dari layanan yang digunakannya. Pengguna juga bisa mengerti apakah layanan tersebut memnag sedang dibutuhkannya ataukah tidak.

Membatasi fitur utama

Layanan gratis yang dinikmati oleh pengguna tentu saja terbatas. Bahkan bisa saja fitur utama dari layanan tersebut tidak diberikan pada para pengguna free. Maka jika pengguna ingin mendapatkan fitur utama tentu harus ada pembelian paket.

Penutupan akses

Salah satu hal yang dilakukan dalam melakukan pembatasan layanan adalah dengan penutupan akses. Penutupan akses ini dilakukan pada beberapa layanan yang sekiranya dapat semakin berguna bagi para pengguna.

Penawaran fitur tambahan

Strategi ini sebenarnya cukup menarik. Sebab dalam hal ini perusahaan akan menawarkan fitur tambahan yang dapat dirasakan oleh pengguna melalui paket premium. Maka pengguna yang membeli secarapremium dapart terus merasakan manfaat dari adanya sebuah layanan.

Meningkatkan fungsi

Tampaknya tidak hanya fitur tambahan saja yang akan diberikan pada para pengguna. Namun fitur lainnya yang juga akan diberikan pada para pengguna cenderung mengalami peningkatan fungsi. jadi paket premium yang ditawarkan kepada Anda umumnya di dalamnya terdapat peningkatan fungsi dari layanan.

Upgrade berbayar

Peningkatan fungsi yang Anda harapkan bisa didapatkan melalui pembelian paket premium. Sebab perusahaan akan menyediakan upgrade produk layanan yang ditawarkannya secara berbayar.

Membatasi kuota penggunaan

Bisnis dengan model freemium biasanya hadir dengan adanya pembatasan pada kuota penggunaan. termasuk dalam hal ini adalah batas pada jumlah penyimpanan dan kredit bulanan serta lainnya.

Menekan interaksi

Untuk membuat pengguna beralih ke paket premium amka biasanya perusahaan akan melakukan pambatasan pula dalam hal interaksi. Artinya layanan bantuan yang diberikan apda para pengguna juga akan dibatasi.  

Layanan self service

Layanan self service ini bisa menjadi pengganti dari layanan bantuan yang diberikan oleh perusahaan. Maka pengguna tetap dapat mendapatkan bantuan dalam hal penggunaan layanan.

Kelebihan Freemium

Lebih efisien

Pada dasarnya strategi pengembangan bisnis yang seperti ini bisa dibilang lebih efisien karena lebih hemat biaya. Sebab adanya layanan free sebenarnya sama saja halnya dengan aktivitas promoproduk dan sejenisnya. Hanya saja aktivitas ini tidak mengeluarkan biaya dalam jumlah yang sangat banyak. Selain lebih hemat biaya tampaknya hal ini dapat berguna bagi para pengguna. Para pengguna dapat merasakan langsung fungsi dari hal yang ditawarkan pada dirinya. Tentu aktivitas ini bisa membuat pengguna semakin bergantung pada layanan yang sudah dirasakannya secara free.

Variasi harga

Jika pengguna menjadi bergantung pada sebuah layanan yang telah digunakannya maka bisa saja ia tak segan melakukan pembelian suatu produk. Hal inilah yang juga turut menjadi konsep dari strategi freemium. Jika memang pengguna sudah merasakan manfaat dari suatu layanan dan menginginkan fitur yang lebih maka tentu pelanggan akan membeli paket premium yang ditawarkan. Namun biasnaya paket premium ini ditawarkan dengana danya variasi harga sehingga pengguna bisa memilih paket yang sesuai dengan budget.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Melayani pengguna

Adanya fitur layanan yang ditawarkan pada pengguna tentu diusahakan untuk selalu bisa memuaskan pengguna. Maka layanan yang diberikan umumnya mengacu pada segala apa yang menjadi kebutuhan bagi pengguna. Maka pengguna bisa membeli layanan paket yang memang sesuai dengan kebutuhannya. Di samping itu perusahaan juga bsia memberikan layanan yang bersifat tanpa batas pad apara pengguna. Dengan adanya layanan tanpa batas ini maka pengguna dapat menggunakan layanan dari fitur tersebut secara maksimal.

Kualitas tinggi

Layanan yang diberikan oleh perusahaan kepada pengguna umumnya memiliki kualitas yang bisa dibilang tinggi. Kualitas ini bahkan tidak perlu diragukan lagi sebab sudah pasti layanan yang diguankan akan menjadi layanan terbaik. Memang layanan yang ditawarkan dengan harga tertentu umumnya diberikan dengan memperhitungkan kualitas fitur yang ada di dalmnya agar dapat memuaskan pelanggan.

Penggunaan Freemium

Freemium sebenarnya memiliki sedikit kelebihan yaitu memberikan kesempatan pada Anda untuk bisa menikmati sebuah layanan secara gratis. Misalnya layanan dari suatu aplikasi yang bisa dikases melalui adnaya jaringan internet. Walaupun hal ini hanya bisa dilakukan sebentar saja tetapi hal ini bisa berguna bagi Anda. Masa percobaan atau trial yang bisa Anda dapatkan secara gratis setidaknya bisa membuat Anda menjadi tahu manfaat dari aplikas tersebut.

Tidak hanya itu saja tetapi Anda juga akan mengetahui lebih lanjut mengenai cara penggunaanya. Maka jika Anda memang membutuhkan aplikasi tersebut tentu Anda bisa berlangganan. Anda bisa membeli paket premium dan melakukan pembayaran secara berkala sesuai dengan masa yang telah ditetapkan. Dengan kata lain Anda bisa melakukan upgrade hingga bisa mendapatkan layanan yang tentunuya lebih baik.

Tampaknya strategi pemberian free hingga menjadi premium ini cukup populer bagi banyak perusahaan di masa sekarang ini. Strategi ini menekankan adanya usaha untuk bisa memikat pelanggan sehingga pada akhirnya pelanggan akan bergantung pada apa yang membuatnya terpikat tersebut.

Seperti juga saat mencoba untuk memilih sistem payroll yang paling tepat untuk perusahaan Anda. Sebaiknya percayakan saja pada JojoPayroll. Produk ini mampu memberikan layanan berupa perhitungan payroll secara otomatis setiap bulannya. Selain itu juga membantu cetak slip gaji otomatis yang lebih mudah.

Semua berkat beberapa fitur yang ada di dalam JojoPayroll. Sebut saja fitur-fitur andalan berikut ini.

  • Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  • Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  • Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Jadi, segera beralih pada JojoPayroll. Percayakan payroll perusahaan Anda pada produk yang lebih baik ini. Dapatkan coba gratis produk ini sekarang juga dan rasakan seluruh manfaat yang diberikan oleh JojoPayroll.