Meningkatkan Dopamin Secara Alami Dengan Optimal

meningkatkan dopamin

Meningkatkan dopamin sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang tak sulit. Dengan melakukan peningkatan dopamin maka Anda akan merasakan manfaat dari dopamin tersebut. Dopamin sendiri spada dasarnya merupakan salah satu jenis senyawa kimia organik. Senyawa ini berasal dari famili katekolamin dan fenetilamina. Senyawa dopamin ini pada dasarnya mempunyai fungsi sebagai sebuah hormon dalam tubuh manusia.

Tentunya hormon ini sangat berpengaruh pada seluruh aktivitas manusia terutama aktivitas yang berhubungan dengan organ otak. Hormon ini memang bisa disebut pula sebagai hormon pengendali emosi. Beberapaorang bahkan menyebutnya dengan istilah hormon bahagia. Sebab dopamin merupakan hormon yang menimbulkan adnaya perasaan bahagia atau senang. Oleh karena itu kehadiran hormon ini sangat diperlukan oleh setiap manusia. Selain itu senyawa ini juga berfungsi sebagai neurotransmitter atau penyampai sinyal pada antarneuron. Maka dari itu senyawa ini bisa dibilang memiliki peranan yang sangat penting baik di dalam tubuh maupun otak.

Fungsi Dopamin

Mengontrol gerak tubuh

Otak pada dasarnya merupakan organ yang mengendalikan semua jenis gerakan tubuh. Rupanya kinerja otak turut dipengaruhi oleh adanya kadar dopamin di dalam otak itu sendiri. Bila kadar dopamin tercukupi maka gerakan tubuh bisa dikoordinasi dengan baik. Maka segala gerak tubuh Anda dapat terkontrol dengan semakin baik. Sebaliknya jika kekurangan dopamin maka gerak tubuh atau respon akan menjadi lambat.

Mempengaruhi memori

Meningkatkan dopamin saat kadar dopamin dalam otak kurang juga bisa bermanfaat bagi memori. Dopamin memang merupakan senyawa yang dapat membuat kinerja memori menjadi semakin maksimal. Sedangkan bila kekurangan kadar dopamin maka akan terjadi masalah dan gangguan pada bagian ingatan manusia.

Menjaga fokus

Dopamin juga memiliki manfaat yang penting bagi fokus dan pemusatan perhatian Anda. Kadar dopamin yang cukup dan sesuai akan membuat Anda dapat semakin meningkatkan fokus. Anda juga akan lebih mudah mengarahkan perhatian pada suatu hal. Maka segala aktivitas dan tugas Anda tentu dapat dijalankan dengan baik. Sebab dopamin yang ada pada otak akan meningkatkan fokus Anda pada kegiatan yang sedang Anda lakukan.

Menciptakan rasa senang

Fungsi lain dari dopamin yang tampaknya sangat populer adalah menciptakan rasa senang. Hormon yang satu ini memang bisa mengatur dan mengelola otak sehingga selalu muncul mood yang baik pada diri Anda. Rasa senang akan selalu tercipta dalamdiri Anda bila memang kadar dopamin dalam otak tercukupi.

Cara Meningkatkan Dopamin

Mengkonsumsi protein

Kandungan protein tentu sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Protein dapat memproduksi hormon dopamin. maka dari itu Anda bisa mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung protein untuk dapat meningkatkan kadar dopamin di dalam tubuh Anda. Makanan tersebut misalnya saja seperti telur dan daging sapi ataupun kedelai dan kacang-kacangan.

Memperbanyak istirahat

Selain itu meningkatkan dopamin juga bisa dilakukan dengan cara memperbanyak waktu idur. Hal ini berlaku bagi Anda yang selama ini kurang tidur dan kurang istirahat. Sudah seharusnya Anda memiliki waktu tidur yang cukup. Waktu tidur bisa mencapai antara 7 hingga 9 jam agar hormonbisa berfungsi secara optimal. Maka perbaikilah wkatu tidur Anda agar bisa tepat dan membuat Anda sehat.

Melakukan olahraga

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk dapat meningkatkan dopamin adalah dengan cara berolahraga secara rutin. Olahraga yang dilakukan secara rutin atau berkala akan meningkatkan mood. Tentunyab mood ini dipengaruhi oleh adanya kadar dopamin yang ada di organ otak. Maka Anda bisa melakukan olahraga kecil setiap hari dan jangan melakukan olahraga berat yang dapat menyiksa Anda.

Mendengar musik

Mendengarkan berbagai musik juga bisa menjadi sebuah cara untuk meningkatkan kadar dopamin dalam diri Anda. Sebab dengan mendengarkan musik maka akan ada pelepasan dopamin hingga membuat Anda mengalami rasa senang. Sebaiknya dengarkan musik favorit Anda yang juga bisamemberikan ketenangan bagi diri Anda.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Mendapat sinar matahari

Sinar matahari menjadi hal yang sangat penting bagi kita semua. Paparan dari sinar matahari rupanya bisa saja meningkatkan kadar hormon dopamin dalam tubuh. maka sebaiknya Anda melakukan proses penjemuran diri di bawah sinar matahari. Namun proses menjemur diri harus dilakukan di waktu atau jam yang tepat.

Melakukan meditasi

Hal lainnya yang juga bsia dilakukan untuk semakin meningkatkan hormon kebahagiaan atau dopamin adalah dengan melakukan meditasi. Kegiatan meditasi ini sendiri biasanya dilakukan untuk semakin meningkatkan kualitas hati dan juga pikiran. Dengan kata lain meditasi bisa dilakukan untuk menambah kadar dopamin. Maka Anda akan menjadi lebih fokus dan menghindarkan segala macam pikiran buruk.

Mengonsumsi suplemen

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menambah kadar hormon kebahagiaan adalah dengan mengonsumsi suplemen. Suplemen memang bsia membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan akan vitamin dan mineral. Maka tentunya hal ini akan berpengaruh pada produksi hormon dopamin dalam tubuh. Oleh karena itu konsumsilah suplemen secara berkala untuk mencapai keseimbangan hormon dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Dampak Kelebihan Dopamin

Meningkatkan dopamin memang merupakan hal yang tidak salah. Sebab dopamin sendiri merupakan suatu hormon yang berpengaruh pada emosi manusia. Dengan adanya hormon jenis ini maka Anda bisa mengalami berbagai macam perasaan baik perasaan senang maupun perasaan sedih. Perasaan dan emosi yang Anda rasakan ini memang merupakan dampak dari adanya hormon dopamin. Maka dengan adanya dopamin tentu Anda bisa mengalami perasaan senang dan bahagia. Namun adanya hormon dopamin yang berlebihan rupanya dapat menimbulkan gangguan pada manusia.

Salah satu gangguan tersebut berupa gangguan kesehatan yang mungkin bisa saja terjadi secara serius pada manusia. Bahkan pada akhirnya kelebihan hormon ini juga dapat menyebabkan seseornag mengalamisuatu komplikasi dengan tingkat keparahan yang cukup tinggi atau cukup serius. Beberapa dampak kelebihan dopamin yang dapat terjadi pada manusia antara lain dalam bentuk gangguan mental seperti misalnya kelainan bipolar dan juga kelainan skizofrenia. Tentu saja berbagai kelainan mental ini harus segera ditangani sedini mungkin. Sebab bila dibiarkan maka kondisi ini akan sangat berbahaya bagi penderitanya.

Tentu saja hal tersebut di atas seperti saat menentukan apa sistem absen yang paling tepat untuk perusahaan Anda. Misalnya yaitu dengan memilih untuk menggunakan JojoTimes. Produk ini dikenal dapat membantu karyawan dalam melakukan absensi secara lebih efektif dan efisien. Selain itu di satu sisi juga memudahkan perusahaan dalam melakukan monitor absen karyawan secara optimal.

Hal ini berkat sejumlah fitur yang diselipkan di dalam JojoTimes, termasuk yaitu fitur-fitur berikut ini.

  • Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  • Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  • Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  • Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Jadi, jangan ragu lagi. Segera gunakan JojoTimes dan dapatkan coba gratis selama 14 hari terlebih dahulu di perusahaan Anda sekarang juga.