Growth Mindset Yang Positif Dalam Mengembangkan Bisnis

growth mindset

Growth mindset bisa diartikan sebagai suatu pola pikir yang mengacu pada adanya kemampuan untuk kemudian dikembangkan. Jadi setiap kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dapat terus ditingkatkan dan dikembangkan. Tidak hanya kemampuan saja tetapi kecerdasan juga dipandang sebagai suatu hal yang dapat terus dilatih untuk dikembangkan. Proses pengembangan ini dapat dilakukan salah satunya dengan proses pembelajaran yang terjadi secara terus-menerus. Tentunya dengan proses pembelajaran yang dihadapi secara terus-menerus maka otak dan bakat yang telah dimiliki sejak awal dapat berkembang menjadi lebih baik. Otak dan bakat akan terus diasah sehingga bisa memberikan fungsi yang maksimal. Oleh karena itu penerapan growth mindset ini sangat dianjurkan pada setiap orang. Terlebih lagi bagi Anda yang selalu ingin maju dan berkembang.

Ciri-Ciri Growth Mindset

Mencari tantangan

Anda yang memiliki growth mindset tentu selalu berusaha untuk mencari dan menemukan tantangan. Sebab dengan adanya tantangan maka Anda bisa menemukan hal baru dan kemudian mempelajarinya. Bahkan di saat terjadi suatu tekanan maka Anda akan selalu siap untuk menghadapinya. Tidak hanya menghadapinya saja tetapi Anda juga akan terus berkembang di bawah tekanan tersebut.

Penuh motivasi

Motivasi memang perlu dimiliki oleh setiap orang. Dengan adanya motivasi ini maka Anda akan terus maju dan berusaha. Bahkan saat berada di situasi yang tertekan tentu Anda juga akan terus maju. Seseorang dengan kesadaran bahwa dirinya dapat terus berkembang akan selalu penuh dengan motivasi bahkan saat berada di dalam keadaan yang sulit.

Tidak menyerah

Jika Anda berpikir bahwa Anda akan terus dapat mengembangkan kecerdasan maka Anda tidak akan menyerah dalam segala situasi dan kondisi. Anda tidak akan mundur dalam melakukan sesuatu. Justru Anda akan merasa semakin tertantang untuk melakukan setiap hal. Terlebih lagi bila yang Anda hadapi tersebut adalah suatu hal baru yang dapat menambah pengalaman Anda.

Kerja keras

Kerja keras juga menjadi salah satu ciri dari seseorang yang memiliki pemikiran dapat terus menumbuhkan dan meningkatkan kecerdasannya. Anda mungkin saja berpikir bahwa bakat dan kecerdasan alami saja tidaklah cukup. Maka Anda memerlukan kerja keras yang penuh semangat untuk bisa mengembangkan bakat dan kecerdasan tersebut.

Mencintai pekerjaan

Setiap orang yang ingin bertumbuh dan berkembang tentu saja selalu melakukan segala sesuatu dengan penuh semangat dan tanpa henti. Terlebih lagi bila pekerjaannya tersebut sesuai dengan minat dan kegemarannya. Oleh karena itu Anda mungkin saja bisa mencintai pekerjaan Anda secara penuh karena keinginan untuk terus maju dan berkembang.

Cara Mengembangkan Growth Mindset

Mengakui kelemahan

Setiap orang pastilah memiliki kelemahan demikian pula dengan Anda. Tidak ada salahnya bila mengakui kelemahan atau kekurangan yang ada. Dengan menyadari segala kelemahan dan kekurangan Anda maka Anda bisa melakukan sesuatu untuk menjadi lebih baik. Misalnya jika Anda suka menunda pekerjaan maka Anda bisa selalu memotivasi diri agar tidak suka menunda segala pekerjaan lagi.

Menciptakan peluang demi growth mindset

Seringkali tantangan menjadi suatu hal yang dapat menghambat perkembangan seseorang. Melihat adanya tantangan bisa saja seseorang menjadi mundur dan menghindari tantangan. Namun seseorang yang ingin terus belajar akan menjadikan tantangan tersebut menjadi sebuah peluang. Segala kesempatan bahkan bisa menjadi peluang bagi seseorang yang ingin terus maju.

Menetapkan strategi untuk growth mindset

Anda mungkin ingin terus belajar dan tidak akan pernah puas dalam mepelajari segala sesuatu. Namun sebaiknya proses belajar dilakukan dengan tepat. Ciptakan strategi yang sesuai untuk diri Anda agar Anda dapat melakukan proses pembelajaran dengan baik. Dengan adanya strategi tepat maka proses pembelajaran bisa berlangsung secara lebih efektif dan tepat sasaran.

Mudah menyesuaikan

Sebenarnya otak manusia memiliki kemampuan untuk melakukan penyesuaian saat berada di situasi dan kondisi yang baru. Maka Anda bisa terus melatih kemampuan otak ini dengan terus mencari situasi dan kondisi ataupun lingkungan yang baru. Tentu otak Anda ini akan semakin terlatih dalam melakukan penyesuaian sehingga pertumbuhan kemampuan Anda akan semakin meningkat.

Mengutamakan pembelajaran

Beberapa orang mungkin ingin mendapatkan pengakuan setelah berhasil melakukan sesuatu. Namun orang yang mengadopsi growth mindset akan terus mengetumakan proses pembelajaran daripada sekedar mencari pengakuan atau hal lainnya. Sebab dengan belajar maka kemampuan dapat terus dilatih dan dikembangkan. Tentu saja hal ini sangat baik bagi Anda dan membuat Anda bisa melihat segala sesuatunya secara positif.

Memusatkan fokus

Pemikiran yang penuh dengan kesadaran bahwa diri ini dapat terus berkembang akan selalu memusatkan fokus pada apa yang dilakukannya. Setiap hal yang dikerjakannya dan setiap pembelajaran yang diterimanya akan menjadi titik fokus dalam kehidupannya. Dengan kata lain fokus lebih ditekankan pada proses yang dihadapi dan bukan kepada hasil akhir semata.

Menerima kritik

Tidak semua orang bisa menerima suatu kritikan. Namun bagi orang yang memiliki mindset bahwa ia dapat belajar dari segala sesuatu maka ia akan belajar pula dari suatu kritikan. Maka setiap kritikan yang diterima justru akan semakin memabangun dirinya. Dengan adanya kritikan inilah maka Anda dapat terus mengembangkan diri.

Pentingnya Growth Mindset

Growth mindset sebagai suatu pemikiran atau pandangan yang pada akhirnya akan menciptakan karakter kerja keras dan pantang menyerah. Pola pikir seperti ini memang perlu diadopsi oleh Anda sekalian. Sebab pola pikir yang seperti ini bisa memberikan banyak manfaat bagi Anda secara pribadi. Tidak hanya itu saja pada akhirnya pola pikir yang demikian akan membuat Anda selalu berpikir dan berperilaku positif. Sebab segala hal negatif yang terjadi justru akan membangun Anda hingga Anda bisa mengatasi segala kondisi dengan baik.

Tidak hanya itu saja tetapi pola pikir yang demikian juga semakin membuat Anda memiliki tujuan hidup yang lebih jelas. Dengan adanya growth mindset maka Anda bisa semakin menikmati dan mensyukuri hidup. Bahkan Anda bisa terhindar dari segala bentuk keluhan yang akan mematikan motivasi. Sebaliknya Anda akan selalu penuh semangat dalam melakukan berbagai hal bahkan di saat tertekan.

growth mindset

Tips dan Trik Growth Mindset Dalam Mengembangkan Bisnis

Perkembangan zaman yang semakin maju juga menuntut setiap orang untuk lebih kreatif dan inovatif. Hal ini berdampak dengan persaingan yang semakin ketat, baik secara individu ataupun kelompok. Dampak lainnya adalah munculnya pemikiran-pemikiran/mindset negatif yang menghantui pikiran kita, terutama bagi kita yang sedang atau baru memulai bisnis tentu saja pola pikir (mindset) posistif saat penting. Dengan pola pikir/ mindset yang positif akan berdampak besar bagi kesehatan kita, orang-orang disekitar kita dan juga pekerjaan kita kedepannya.

Berikut adalah tips dan trik yang dapat dilakukan untuk menjaga dan menumbuhkan mindset positif saat mengembangkan bisnis.

Menikmati Pekerjaan

Hal pertama yang dapat kita lakukan untuk menumbuhkan pola pikir (mindset) positif dalam dalam berbisnis dapat diawali dengan menikmati dan menyukai pekerjaan kita. Saat kita mencintai dan menikmati sesuatu maka semuanya akan terasa jauh lebih mudah dan lebih cepat. Demikian pula dalam hal pekerjaan, apabila kita mencintai dan menikmati pekerjaan yang kita tekuni maka hal tersebut akan menumbuhkan mindset positif dan menekan munculnya pola pikir negatif. Dengan kata lain apabila kita sudah mencintai dan mencoba menikmati pekerjaan / bisnis kita, maka kita senantiasa mencoba untuk melakukan yang terbaik untuk itu. Meski pasang surut dalam suatu pekerjaan pasti terjadi, namun dengan titik awal dimana kita menikmati dan mencintainya, maka kita semakin kuat dan siap dalam menghadapi pasang surut jika sewaktu-waktu terjadi.

growth mindset

Menumbuhkan Sikap percaya diri

Minsdset positif dapat ditumbuhkan salah satunya dengan cara percaya dengan diri atau percaya dengan kemampuan yang dimiliki. Percaya diri merupakan hal penting dimana kita percaya terhadap kemampuan yang kita miliki dengan diimbangi usaha yang bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu.

Hal kecil seperti dalam memulai hari kita dalam bekerja kita mensugesti diri kita bahwa “saya bisa” atau dengan “Saya mampu”. Meski hanya berupa kalimat kecil, namun ini merupakan hal yang cukup berpengaruh terhadap jalannya hari anda. Dengan ada sugesti kecil seperti itu anda bisa lebih percaya diri dan lebih berusaha dalam melakukan sesuatu yang akhirnya membuat mood anda lebih baik dan menciptakan pola pikir yang positif.

Menelaah Hal Baik – Baik

Dalam berbisnis atau bekerja tentu saja tidak selamnya berjalan dengan mulus tanpa adanya halangan. Banyak kendala yang sering dihadapi, karena itu maindset positif sangat dibutuhkan. ketika kendala bisnis sedang terjadi, anda dapat tetap mencoba menumbuhkan mindset positif dengan memperhatikan manfaat lain.

Tidak ada hal yang sempurna, seperti dalam setiap kendala pasti ada hal positif meskipun kecil dibaliknya. Ketika anda berada di kondisi yang kurang baik anda bisa mencoba mengalihkannya sejenak dengan hobi atau hal baru yang anda senangi untuk tetap membuat mindset anda berjalan positif. Anda bisa menumbuhkan mindset positif dalam keadaan ini seperti dengan memperhatikan hal sekitar yang sekiranya dapat memperbaiki mood anda.

growth mindset

Pengalaman adalah Guru Terbaik

Ada banyak kegagalan yang sering dihadapi saat memulai atau sedang berbisnis. Ketika anda mengalami kegagalan tentu berdampak besar terhadap mental dan mindset anda. Lantas bagaimana caranya kita tetap bisa menumbuhkan pola pikir positif jika berada dikeadaan ini ?.

Tips dan trik  yang dapat kita gunakan yaitu dengan membuatnya menjadi pembelajaran kita. Tentu kita tak asing dengan perkataan “Experience is the Best teacher” benar, pengalam adalah guru terbaik.

Saat anda berada dikeadaan ini, jangan hanya berfikir tentang kegagalan anda yang mana hanya membawa dampak negatif, namun juga anda bisa menggunakan pengalaman kegagalan ini, untuk berfikir anda harus bagaimana selanjutnya/ kedepannya, pelajaran apa saja yang dapat kita ambil dari kejadian ini dengan menjadikan keadaan kegagalan yang ada ini menjadi suatu pembelajaran.

Menciptakan Lingkungan yang Positif

Menciptakan dan menumbuhkan pola pikir positif dapat didapatkan dengan berada di lingkungan yang mendungkung. Apabila lingkungan anda kurang mendukung, cobalah untuk memubuat lingkungan yang mendukung, baik dari segi rekan kerja, karyawan, mentor dan teman yang positif. Apabila lingkungan anda sudah sangat mendukung, lewat percakapan yang positif dengan temen kerja yang positif maka secara tidak langsung anda akan terdampak dengan mindset atau pola pikir yang positif.

growth mindset

Hindari Prasangka Buruk

Terkadang dalam berbisnis anda mengalami stage dimana anda sendiri tidak yakin dengan diri anda, atau terlalu kalut dengan bayang-bayang masa depan yang tidak sesuai dengan apa yang sudah anda rencanakan. Dalam menumbuhkan pola pikir positif dalam berpikir salah satunya dapat diwujudkan dengan cara menghindari prasangka buruk yang akan terjadi.

Hindari kata yang dapat memicu kecemasan dan berdampak dengan terbentuknya mindset yang negatif, seperti misalnya “Bagaimana jika nanti,…” karena dari satu kata atau kalimat negatif saja, apabila dilakukan terus menerus atau secara berulang berpotensi untuk membentuk pola pikir. Anda harus tetap optimis dalam mewujudkan tujuan anda, dengan tetap diimbangi usaha yang sebaik-baiknya.

Selalu Bersyukur

Baik saat kita berada di puncak kesuksesan atau saat sedang berada dalam suatu permasalahan bisnis, jangan lupa untuk terus bersyukur. Bersyukur merupakan hal yang sangat bermanfaat, karena dengan bersyukur anda akan merasa lebih menghargai apa yang sudah anda dapatkan dan secara tidak langsung akan mempengaruhi pola pikir anda.

Apapun kondisi anda baik saat berada di puncak atau saat sedang berada dalam suatu masalah sangat disarankan sekali untuk bersyukur. Sebagai alternatif, anda bisa terlebih dahulu dengan membiasakan bersyukur dlam kurun waktu tertentu yang lama kelamaan akan menjadi kebiasaan baik dengan kondisi bagaimanapun anda akan tetap bersyukur. Dengan bersyukur anda bisa lebih menghargai apa yang anda dimiliki dan dapatkan bahkan ketika anda sedang berada di kondisi yang kurang baik, anda dapat tetap berfikiran positif karena tetap bersyukur memiliki hal yang sekiranya orang lain tidak miliki.

Berlatih Untuk Memiliki Mental Pemimpin

Mental seorang pemimpin merupakan mental yang kuat, dimana dia akan tetap bertahan dan menguatkan orang-orang disekitarnya untuk tetap berpikir positif dalam situasi apapun. Seorang pemimpin akan cenderung memberikan dorongan positif kepada orang-orang disekitarnya sehingga dorongan positif tersebut secara tidak sadar mempengaruhi pola pikir orang sekitar anda.

Pelatihan mental ini cukup membantu terutama saat bisnis atau pekerjaan kita sedang berada di fase yang bisa dibilang tidak baik, dengan mental yang sebelumnya sudah dilatih kita tidak akan merasa terlalu jatuh. Bahkan berkemungkinan bisa tetap survive dan bertahan dengan memberikan dorongan atau support positif ke rekan kerja atau karyawan lainnya.

Susunlah Rancangan Sebaik – baiknya

Ketika anda sudah menyusun rencana terkait tujuan anda dengan baik, berusaha yang terbaik dan teliti dengan memperhatikan banyak hal, maka akan tumbuh kepercayaan diri anda terhadap bisnis yang anda jalankan. Dengan merancang semua mungkin anda dapat mengira-ngira persentase keberhasilan dan kegagalan yang akan anda dapatkan. Dengan kepercayaan yang baik akan mempengaruhi pola pikir atau mindset anda yang semakin positif dengan tetap memberikan usaha yang terbaik.

Hal ini sama pentingnya dengan memilih sistem payroll terbaik bagi perusahaan. Contohnya melalui pemilihan penggunaan JojoPayroll. Dengan sistem payroll tersebut tentu penggajian karyawan dapat dilakukan kapan saja secara efisien. Bahkan sistem ini mampu membantu tim keuangan perusahaan dalam mencetak slip gaji secara otomatis hingga membuat sinkronisasi absen dengan payroll secara mudah.

Semua ini berkat fitur-fitur yang terselip di dalam JojoPayroll. Sebut saja fitur sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis, sistem slip gaji yang dihasilkan secara otomatis, maupun integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini. Oleh sebab itu jangan ragu untuk memilih JojoPayroll. Daftarkan segera dan dapatkan coba gratis di perusahaan Anda sekarang juga!