Growth Mindset Yang Positif Dalam Mengembangkan Bisnis

growth mindset

Growth mindset bisa diartikan sebagai suatu pola pikir yang mengacu pada adanya kemampuan untuk kemudian dikembangkan. Jadi setiap kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dapat terus ditingkatkan dan dikembangkan. Tidak hanya kemampuan saja tetapi kecerdasan juga dipandang sebagai suatu hal yang dapat terus dilatih untuk dikembangkan. Proses pengembangan ini dapat dilakukan salah satunya dengan proses pembelajaran yang terjadi secara terus-menerus. Tentunya dengan proses pembelajaran yang dihadapi secara terus-menerus maka otak dan bakat yang telah dimiliki sejak awal dapat berkembang menjadi lebih baik. Otak dan bakat akan terus diasah sehingga bisa memberikan fungsi yang maksimal. Oleh karena itu penerapan growth mindset ini sangat dianjurkan pada setiap orang. Terlebih lagi bagi Anda yang selalu ingin maju dan berkembang.

Ciri-Ciri Growth Mindset

Mencari tantangan

Anda yang memiliki growth mindset tentu selalu berusaha untuk mencari dan menemukan tantangan. Sebab dengan adanya tantangan maka Anda bisa menemukan hal baru dan kemudian mempelajarinya. Bahkan di saat terjadi suatu tekanan maka Anda akan selalu siap untuk menghadapinya. Tidak hanya menghadapinya saja tetapi Anda juga akan terus berkembang di bawah tekanan tersebut.

Penuh motivasi

Motivasi memang perlu dimiliki oleh setiap orang. Dengan adanya motivasi ini maka Anda akan terus maju dan berusaha. Bahkan saat berada di situasi yang tertekan tentu Anda juga akan terus maju. Seseorang dengan kesadaran bahwa dirinya dapat terus berkembang akan selalu penuh dengan motivasi bahkan saat berada di dalam keadaan yang sulit.

Tidak menyerah

Jika Anda berpikir bahwa Anda akan terus dapat mengembangkan kecerdasan maka Anda tidak akan menyerah dalam segala situasi dan kondisi. Anda tidak akan mundur dalam melakukan sesuatu. Justru Anda akan merasa semakin tertantang untuk melakukan setiap hal. Terlebih lagi bila yang Anda hadapi tersebut adalah suatu hal baru yang dapat menambah pengalaman Anda.

Kerja keras

Kerja keras juga menjadi salah satu ciri dari seseorang yang memiliki pemikiran dapat terus menumbuhkan dan meningkatkan kecerdasannya. Anda mungkin saja berpikir bahwa bakat dan kecerdasan alami saja tidaklah cukup. Maka Anda memerlukan kerja keras yang penuh semangat untuk bisa mengembangkan bakat dan kecerdasan tersebut.

Mencintai pekerjaan

Setiap orang yang ingin bertumbuh dan berkembang tentu saja selalu melakukan segala sesuatu dengan penuh semangat dan tanpa henti. Terlebih lagi bila pekerjaannya tersebut sesuai dengan minat dan kegemarannya. Oleh karena itu Anda mungkin saja bisa mencintai pekerjaan Anda secara penuh karena keinginan untuk terus maju dan berkembang.

Cara Mengembangkan Growth Mindset

Mengakui kelemahan

Setiap orang pastilah memiliki kelemahan demikian pula dengan Anda. Tidak ada salahnya bila mengakui kelemahan atau kekurangan yang ada. Dengan menyadari segala kelemahan dan kekurangan Anda maka Anda bisa melakukan sesuatu untuk menjadi lebih baik. Misalnya jika Anda suka menunda pekerjaan maka Anda bisa selalu memotivasi diri agar tidak suka menunda segala pekerjaan lagi.

Menciptakan peluang demi growth mindset

Seringkali tantangan menjadi suatu hal yang dapat menghambat perkembangan seseorang. Melihat adanya tantangan bisa saja seseorang menjadi mundur dan menghindari tantangan. Namun seseorang yang ingin terus belajar akan menjadikan tantangan tersebut menjadi sebuah peluang. Segala kesempatan bahkan bisa menjadi peluang bagi seseorang yang ingin terus maju.

Menetapkan strategi untuk growth mindset

Anda mungkin ingin terus belajar dan tidak akan pernah puas dalam mepelajari segala sesuatu. Namun sebaiknya proses belajar dilakukan dengan tepat. Ciptakan strategi yang sesuai untuk diri Anda agar Anda dapat melakukan proses pembelajaran dengan baik. Dengan adanya strategi tepat maka proses pembelajaran bisa berlangsung secara lebih efektif dan tepat sasaran.

Mudah menyesuaikan

Sebenarnya otak manusia memiliki kemampuan untuk melakukan penyesuaian saat berada di situasi dan kondisi yang baru. Maka Anda bisa terus melatih kemampuan otak ini dengan terus mencari situasi dan kondisi ataupun lingkungan yang baru. Tentu otak Anda ini akan semakin terlatih dalam melakukan penyesuaian sehingga pertumbuhan kemampuan Anda akan semakin meningkat.

Mengutamakan pembelajaran

Beberapa orang mungkin ingin mendapatkan pengakuan setelah berhasil melakukan sesuatu. Namun orang yang mengadopsi growth mindset akan terus mengetumakan proses pembelajaran daripada sekedar mencari pengakuan atau hal lainnya. Sebab dengan belajar maka kemampuan dapat terus dilatih dan dikembangkan. Tentu saja hal ini sangat baik bagi Anda dan membuat Anda bisa melihat segala sesuatunya secara positif.

Memusatkan fokus

Pemikiran yang penuh dengan kesadaran bahwa diri ini dapat terus berkembang akan selalu memusatkan fokus pada apa yang dilakukannya. Setiap hal yang dikerjakannya dan setiap pembelajaran yang diterimanya akan menjadi titik fokus dalam kehidupannya. Dengan kata lain fokus lebih ditekankan pada proses yang dihadapi dan bukan kepada hasil akhir semata.

Menerima kritik

Tidak semua orang bisa menerima suatu kritikan. Namun bagi orang yang memiliki mindset bahwa ia dapat belajar dari segala sesuatu maka ia akan belajar pula dari suatu kritikan. Maka setiap kritikan yang diterima justru akan semakin memabangun dirinya. Dengan adanya kritikan inilah maka Anda dapat terus mengembangkan diri.

Pentingnya Growth Mindset

Growth mindset sebagai suatu pemikiran atau pandangan yang pada akhirnya akan menciptakan karakter kerja keras dan pantang menyerah. Pola pikir seperti ini memang perlu diadopsi oleh Anda sekalian. Sebab pola pikir yang seperti ini bisa memberikan banyak manfaat bagi Anda secara pribadi. Tidak hanya itu saja pada akhirnya pola pikir yang demikian akan membuat Anda selalu berpikir dan berperilaku positif. Sebab segala hal negatif yang terjadi justru akan membangun Anda hingga Anda bisa mengatasi segala kondisi dengan baik.

Tidak hanya itu saja tetapi pola pikir yang demikian juga semakin membuat Anda memiliki tujuan hidup yang lebih jelas. Dengan adanya growth mindset maka Anda bisa semakin menikmati dan mensyukuri hidup. Bahkan Anda bisa terhindar dari segala bentuk keluhan yang akan mematikan motivasi. Sebaliknya Anda akan selalu penuh semangat dalam melakukan berbagai hal bahkan di saat tertekan.

Hal ini sama pentingnya dengan memilih sistem payroll terbaik bagi perusahaan. Contohnya melalui pemilihan penggunaan JojoPayroll. Dengan sistem payroll tersebut tentu penggajian karyawan dapat dilakukan kapan saja secara efisien. Bahkan sistem ini mampu membantu tim keuangan perusahaan dalam mencetak slip gaji secara otomatis hingga membuat sinkronisasi absen dengan payroll secara mudah.

Semua ini berkat fitur-fitur yang terselip di dalam JojoPayroll. Sebut saja fitur sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis, sistem slip gaji yang dihasilkan secara otomatis, maupun integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini. Oleh sebab itu jangan ragu untuk memilih JojoPayroll. Daftarkan segera dan dapatkan coba gratis di perusahaan Anda sekarang juga!