Konservatif Adalah Tindakan Yang Terhubung Dengan Kebiasaan

konservatif adalah

Konservatif adalah suatu kata yang mengacu pada tindakan mempertahankan keadaan atau kebiasaan dan bahkan memnpertahankan adat atau tradisi yang berlaku. Biasanya kata-kata ini dilontarkan pada orang yang dijuluki kolot. Sebab orang tersebut cenderung terarah pada kebiasaan lama yang dipertahankannya.

Konservatif ini sendiri merupakan suatu sikap yang tidak selalu memberikan dampak buruk bagi kehidupan seseorang. Tetapi bisa saja hal ini membuat seseorang menjadi pribadi yang baik. Kebiasaan yang baik bagaimanapun juga akan membuat seseorang menjadi baik pula. Maka jika kebiasaan ini tetap dipertahankan tentunya orang tersebut akan selalu menjadi sosok yang terkesan baik. Oleh akrena itu konservatif bisa memberikan hasil yang baik jika memang ditempatkan dengan tepat.

Ciri Konservatif Adalah Berikut Ini

Tidak menerima saran

Anda yang merupakan jenis orang konservatif adalah orang yang umumnya tidak bisa menerima saran dari orang lain. Segala masukan dari orang lain tidak akan dianggap. Terlebih lagi adanya kritik justru bisa saja membuat Anda merasa bahwa Anda sedang dilawan dengan kritikan tersebut. Sebuah saran bagi Anda hanyalah sebatas kalimat saja yang dinilai sia-sia dan tidak sesuai.

Mempertahankan pendapat

Selain tuidak menerima saran biasanya orang yang konservatif juga akan selalu mempertahankan pendapatnya. Pikirannya selalu dirasa paling benar walaupun mungkin saja tidak sesuai dengan kondisi sekarang. Padahal mempertahankan pendapat pribadi tidak selamanya menjadi hal yang baik atau menguntungkan.

Teguh memegang kepercayaan

Apa yang sudah dipercaya sejak lama akan cenderung akan selalu dipertahankan. Bahkan apa yang dipercayanya ini akan selalu dipegang teguh. Apa yang diyakini ini juga tidak akan goyah. Oleh karena itu orang yang konservatif cenderung menjalankan tradisi atau adat ataupun kebiasaan lama yang mungkin saja bersifat kuno.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tidak modern

Jika Anda masih memegang teguh tradisi ataupun kebiasaan yang lama maka gaya hidup Anda juga akan tampak seperti zaman lama. Tentunya gaya hidup Anda tidak akan menjadi modern. Sebab orang yang memiliki pola pikir konservatif biasanya cenderung tidak mau menerima perubahan termasuk perubahan gaya hidup yang lebih modern.

Menolak perubahan

Pola pikir dan gaya hidup yang terarah ke kebiasaan atau tradisi lama akan membuat seseorang memegang teguh tradisinya tersebut. Jika ada masukan mengenai kebiasaan tersebut tentu masukan ini tidak akan dapat diterima oleh seorang konservatif. Oleh karena itu perubahan akan ditolah secara mentah oleh orang yang masih saja terpaku pada adat lama.

Dampak Konservatif Adalah Bisa Seperti Ini

Tradisi lama tetap ada

Dengan adanya pola pikir yang konservatif maka tentu saja Anda akan tetap memgang teguh keyakinan Anda. Termasuk pula tradisi lama yang sudah menjadi sebuah adat bagi Anda sejak dulu. Maka tradisi yang telah Anda pegang akan terus ada dan tidak akan hilang. Bahkan bisa saja tradisi tersebut masih berjalan hingga masa sekarang. Seolah tradisi tersebut dilestarikan karena terus dijalankan dan dilakukan sekalipun di zaman modern.

Tidak ada perubahan

Pola pikir yang selalu mengarah pada kebiasaan masa lalu sebenarnya bisa membuat Anda tidak bisa menerima perubahan. Sebab biasanya melakukan suatu hal di luar kebiasaan akan terasa aneh. Namun sebenarnya hal ini perlu diperbaiki. Sebab seorang konservatif yang tidak bisa menerima perubahan tidak akan bisa memiliki kehidupan yang lebih maju. Tidak adanya perubahan bisa membuat kehidupan Anda menjadi monoton.

Mendapat label kolot

Suatu sikap dan pikiran konservatif juga akan menyebabkan seseorang menjadi kolot. Istilah kolot sebenarnya memiliki makna yang sama dengan konservatif. Namun beberapa orang menyebut kolot ini sebagai julukan untuk orang yang selalu bersikap konservatif. Label kolot ini akan melekat pada Anda yang tidak mau menerima perubahan dan mengalami kemajuan. Tentu label kolot ini cenderung bersifat negatif. Sikap kolot sebaiknya semakin ditinggalkan terutama di zaman modern seperti sekarang ini.

Tidak ada pengembangan karakter

Jika Anda tetap bersikeras teguh pada pendirian Anda maka Anda tidakakan bisa menghargai orang lain. Pemikiran Anda yang kolot mungkin tidak bisa diterima oleh orang lain. Maka sebaiknya Anda bisa menderngar pendapat orang lain. Mempertahankan pemikiran yang kolot ini akan membuat Anda menjadi seseorang yang tidak mengalami perkembangan karakter ke arah yang lebih baik.

Tidak bisa menyelesaikan masalah

Permasalahan selalu muncul dan harus dihadapi oleh setiap orang. Namun suatu permasalahan bisa saja muncul di suatu kelompok atau golongan ataupun suatu lembaga. Maka sebaiknya pemikiran Anda harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Sebab bila Anda terus bertahan pada gaya konservatif maka maslaah yang timbul pada kelompok Anda tidak akan bisa diselesaikan. Bahkan maslah bisa jadi semakin membesar.

Gaya hidup tidak modern

Tidak mau menerima perubahan yang baru berarti sama saja dengan menolok kemajuan. Menolak perubahan sebenarnya dapat berdampak pada seluruh aspek kehidupan Anda. Sebab masa kini adalah masa modern yang identik dengan adanya revolusi di berbagai bidang. Kemajuan teknologi turut mewarnai adanya perubahan di segala aspek kehidupan kita. Maka sudah seharusnya kita menjadi manusia modern dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman yang ada. Anda mungkin bisa menjadi sedikit lebih fleksibel dan bisa menerima perubahan yang ada.

Masyarakat Konservatif Adalah Seperti Berikut Ini

Konservatif adalah suatu paham yang cednerung berpusat pada tradisi lama atau bahkan kuno. Jadi bila Anda merupakan jenis orang yang selalu mempertahakan tradisi lama maka Anda bisa juga disebut sebagai jenis orang konsrvatif. Sekumpulan orang yang membentuk masyarakat konservatif juga bisa terjadi. Bahkan jensi masyarakat seperti ini juga bsia saja ada di sekitar Anda. Tentu saja masyarakat yang seperti ini bersikap kurang fleksibel karena tidak bisa menerima perubahan dengan mudah.

Oleh karena itu masyarakat yang seperti ini bisa saja tidak berkembang. hal ini bsia terjadi karena adanya acuan pada tradisi kuno sehingga segala sesuatu yang terjadi di erabaru belum tentu dapat diterima. Umumnya masyarakat berjeni konservatif ini akan selalu memiliki ideologi yang tidak dapat dipengaruhi. Maka segala perbuatannya akan mencerminkan adanya kebiasaan atau peraturan lama dan kuno.

Hal di atas seperti saat mencoba untuk memilih sistem payroll yang lebih efektif. Misalnya dengan jalan memilih menggunakan JojoPayroll. Berkat produk yang satu ini tentu saja payroll dapat dilakukan secara otomatis. Selain itu sistem payroll dapat dilakukan lebih mudah dan lebih efisien. Terutama berkat fitur-fitur yang ada pada produk tersebut, misalnya fitur-fitur berikut di bawah ini.

  • Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  • Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  • Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Karena itu jangan ragu untuk beralih pada JojoPayroll. Segera daftar dan dapatkan coba gratis di perusahaan Anda selama 14 hari ke depan. Nikmati fitur yang diberikan dan dapatkan manfaat menarik JojoPayroll secepatnya!