Laporan Arus Kas untuk Keuangan Perusahaan yang Lebih Baik

sukuk adalah

“Besar pasak daripada tiang,” sebuah peribahasa yang menggambarkan pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Hal ini sangat perlu diperhatikan dan diantisipasi agar tidak terjadi, biasanya melalui laporan arus kas.

Namun apabila kondisi tersebut terjadi di diri kita, tentunya akan berpengaruh pada hal lain. Mulai dari tidak dapat menabung, hingga tagihan yang semakin banyak.

Sebagai dampak dari utang, karena pemasukannya tidak dapat menutupi pengeluaran. Jika sudah begini, maka kita perlu memeriksa arus kas atau cash flow statement.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Kenapa harus memeriksa arus kas atau cash flow? Karena berarti kita masih butuh cara manajemen keuangan yang lebih baik.

Melalui laporan arus kas atau cash flow, kita akan lebih mudah membaca dan menganalisa keuangan perusahaan. Berikut ini kita akan bahas soal cash flow dan bagaimana caranya jika kita ingin membuat laporan terkait cash flow.

Tiga Bagian dari Laporan Arus Kas

Aktivitas Operasi

Aktivitas penghasil pendapatan utama dari suatu organisasi dan aktivitas lain yang bukan merupakan investasi atau pendanaan; arus kas apa pun dari aset lancar dan kewajiban lancar.

Aktivitas Investasi

Setiap arus kas dari akuisisi dan pelepasan aset jangka panjang dan investasi lain yang tidak termasuk dalam setara kas

Aktivitas Pendanaan

Setiap arus kas yang menghasilkan perubahan dalam ukuran dan komposisi modal ekuitas yang dikontribusikan atau pinjaman entitas (yaitu, obligasi, saham, dividen )

Definisi Arus Kas

Cash Flow (Definisi Dan Contoh) - www.msi-consulting.co.id

Arus Kas: Arus kas masuk dan arus keluar kas dan setara kas (pelajari lebih lanjut di Panduan Arus Kas Utama CFI )

Saldo Kas: Kas di tangan dan giro (saldo kas di neraca)

Setara Kas: Setara kas termasuk kas yang disimpan sebagai deposito bank, investasi jangka pendek, dan aset yang dapat dikonversi dengan sangat mudah – termasuk cerukan dan setara kas dengan jangka waktu pendek (kurang dari tiga bulan).

Klasifikasi Arus Kas

1. Arus Kas Operasi

Aktivitas operasi adalah aktivitas penghasil pendapatan utama entitas. Arus Kas dari Operasi biasanya mencakup arus kas yang terkait dengan penjualan, pembelian, dan biaya lainnya.

Chief financial officer (CFO) perusahaan memilih antara penyajian langsung dan tidak langsung arus kas operasi:

  • Penyajian Langsung : Arus kas operasi disajikan sebagai daftar arus kas; kas masuk dari penjualan, kas keluar untuk belanja modal, dll. Ini adalah metode yang sederhana namun jarang digunakan, karena penyajian tidak langsung lebih umum.
  • Penyajian Tidak Langsung : Arus kas operasi disajikan sebagai rekonsiliasi dari laba ke arus kas:
KeuntunganP.
DepresiasiD
AmortisasiSEBUAH
Beban penurunan nilaisaya
Perubahan modal kerjaΔWC
Perubahan ketentuanΔP
Pajak Bunga(SAYA)
Pajak(T)
Arus kas operasiOCF

Item dalam laporan arus kas tidak semuanya arus kas aktual, tetapi “alasan mengapa arus kas berbeda dari laba”.

Beban penyusutan mengurangi laba tetapi tidak mempengaruhi arus kas (ini adalah biaya non-tunai). Karenanya, itu ditambahkan kembali. Demikian pula, jika laba titik awal di atas bunga dan pajak dalam laporan laba rugi, maka arus kas bunga dan pajak perlu dikurangkan jika akan diperlakukan sebagai arus kas operasi.

Tidak ada panduan khusus tentang jumlah keuntungan yang harus digunakan dalam rekonsiliasi. Perusahaan yang berbeda menggunakan laba operasi, laba sebelum pajak, laba setelah pajak, atau laba bersih. Jelasnya, titik awal yang tepat untuk rekonsiliasi akan menentukan penyesuaian yang tepat yang dibuat untuk menurunkan angka arus kas operasi.

2. Investasi Arus Kas

Arus kas dari aktivitas investasi termasuk perolehan dan pelepasan aset tidak lancar dan investasi lain yang tidak termasuk dalam setara kas. Arus kas investasi biasanya mencakup arus kas yang terkait dengan pembelian atau penjualan properti, pabrik, dan peralatan (PP&E), aset tidak lancar lainnya, dan aset keuangan lainnya.

Uang tunai yang dihabiskan untuk membeli PP&E disebut belanja modal (CapEx).

3. Arus Kas Pembiayaan

Arus kas dari aktivitas pendanaan adalah aktivitas yang mengakibatkan perubahan ukuran. Hal ini juga menyebabkan komposisi modal ekuitas atau pinjaman entitas. Arus kas pendanaan biasanya mencakup arus kas yang terkait dengan meminjam dan membayar kembali pinjaman bank, serta menerbitkan dan membeli kembali saham. Pembayaran dividen juga diperlakukan sebagai arus kas pembiayaan.

Contoh Laporan Arus Kas

CARA MENGATASI KESULITAN CASH FLOW PERUSAHAAN | Jasa – Konsultan Bisnis  Surabaya | Call – 0818521172 , 081252982900 (Wa)

Di bawah ini adalah contoh dari laporan tahunan Amazon 2017, yang menguraikan arus kas yang dihasilkan dari aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan. Pelajari cara menganalisis laporan arus kas terkonsolidasi

Bunga dan Arus Kas

Berdasarkan IFRS, ada dua cara yang diperbolehkan untuk menyajikan beban bunga dalam laporan arus kas. Banyak perusahaan menyajikan bunga yang diterima dan bunga yang dibayarkan sebagai arus kas operasi. Yang lain memperlakukan bunga yang diterima sebagai arus kas investasi dan bunga yang dibayarkan sebagai arus kas pendanaan. Metode yang digunakan adalah pemilihan direktur keuangan.

Berdasarkan US GAAP, bunga yang dibayarkan dan diterima selalu diperlakukan sebagai arus kas operasi.

Arus Kas Gratis

Bankir investasi dan profesional keuangan menggunakan ukuran arus kas yang berbeda untuk tujuan yang berbeda. Arus kas bebas adalah ukuran umum yang biasanya digunakan untuk penilaian DCF. Namun, arus kas bebas tidak memiliki definisi yang pasti dan dapat dihitung dan digunakan dengan cara yang berbeda.

Pelatihan Cash Flow Management Conversa Indotama

Bagaimana Mempersiapkan Laporan Arus Kas

Bagian operasi dari laporan arus kas dapat ditampilkan baik melalui metode langsung maupun metode tidak langsung. Dengan metode mana pun, bagian investasi dan pembiayaan identik; satu-satunya perbedaan adalah di bagian pengoperasian. Metode langsung menunjukkan kelas utama penerimaan kas bruto dan pembayaran kas bruto. Sebaliknya, metode tidak langsung dimulai dengan laba bersih dan menyesuaikan laba / rugi dengan pengaruh transaksi. Pada akhirnya arus kas dari bagian operasi akan memberikan hasil yang sama baik secara langsung maupun tidak langsung, namun penyajiannya akan berbeda.

The International Accounting Standards Board (IASB) nikmat metode langsung pelaporan karena memberikan informasi yang lebih berguna daripada metode tidak langsung. Namun, diyakini bahwa lebih dari 90% perusahaan publik menggunakan metode tidak langsung.

pelatihan cash management Jakarta Archives | Informasi training center -  Pusat informasi pelatihan SDM

Metode Langsung vs Metode Penyajian Tidak Langsung

Ada dua metode untuk menghasilkan laporan arus kas, metode langsung, dan metode tidak langsung.

Dalam metode langsung, semua contoh kas yang diterima atau dibayarkan dihitung dan totalnya adalah arus kas yang dihasilkan.

Dalam metode tidak langsung, item baris akuntansi seperti pendapatan bersih, depresiasi, dll. Digunakan untuk mendapatkan arus kas. Dalam pemodelan keuangan, laporan arus kas selalu dihasilkan melalui metode tidak langsung.]

Apa yang Dapat Diberitahukan oleh Laporan Arus Kas kepada Kami?

Kas dari aktivitas operasi dapat dibandingkan dengan laba bersih perusahaan untuk menentukan kualitas laba. Jika kas dari aktivitas operasi lebih tinggi dari laba bersih, laba dikatakan “berkualitas tinggi”.

Pernyataan ini berguna bagi investor karena, dengan anggapan bahwa kas adalah raja, memungkinkan investor untuk mengetahui arus masuk dan arus kas keluar perusahaan secara keseluruhan dan memperoleh pemahaman umum tentang kinerjanya secara keseluruhan.

Jika perusahaan mendanai kerugian dari operasi atau membiayai investasi dengan mengumpulkan uang (hutang atau ekuitas), maka laporan arus kas akan segera menjadi jelas.

PMI, Remittance, dan Perekonomian Nasional - PKAKP PKN STAN

Apa itu Cash Flow dan Laporannya?

Untuk membahas cash flow atau arus kas, kita perlu berangkat dari definisinya. Secara singkat, arus kas atau cash flow adalah arus keluar dan arus masuk keuangan.

Ini sejalan dengan pengertiannya pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arus kas merupakan pengeluaran dan pemasukan uang tunai perusahaan atas dasar harian, mingguan, dan dalam jangka waktu lain.

Cash flow juga dapat dilihat dan diartikan dalam dua hal, untuk yang positif memberikan arti bahwa penghasilan kamu atau kita lebih besar dari pada pengeluaran. Sedangkan cash flow negatif berarti kebalikannya, yaitu pengeluaran kita lebih besar daripada penghasilan yang kita dapat.

Itu bisa dihitung sesuai periode tertentu, misal penghasilan dalam setahun dan pengeluaran selama setahun, ataupun yang lainnya. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan dari kita dan perusahaan.

Cash flow perlu dicatat dan dibuat dalam bentuk laporan. Secara definisi, laporan arus kas atau cash flow adalah laporan yang mencatat perubahan pada kas atau setara kas. Apa itu setara kas? Setara kas merupakan investasi jangka pendek yang amat likuid (cair).

Dalam laporan terkait arus kas ini, biasanya akan ada tiga klasifikasi utama dalam catatannya, yaitu aktivitas operasi, aktivitas investasi, dan aktivitas pendanaan.

Laporan cash flow berlaku untuk semua arus kas, baik dalam skala kecil yaitu rumah tangga, atau skala besar yaitu perusahaan. Perusahaan perlu membuat laporan cash flow.

Dikatakan perlu, karena strategi keuangan perusahaan dapat dibuat berdasarkan hasil laporan cash flow.

Selain strategi keuangan, perusahaan juga dapat membuat evaluasi keuangan, sampai pada memetakan peluang dan resiko berdasarkan keuangan perusahaan yang ada, yang tercatat dalam laporan cash flow.

Manfaat Laporan Cash Flow

Melalui artikel ini kita coba melihat manfaat laporan cash flow yang dapat dirasakan oleh pihak internal yaitu perusahaan dan pihak eksternal yaitu investor.

Untuk lebih jelasnya, yuk dilihat, apa saja sih manfaat dari laporan arus kas ini!

  • Laporan cash flow dapat memberikan informasi terkait arus kas yang terjadi. Sebagai acuan dalam menyusun strategi keuangan kedepannya
  • Lewat Laporan cash flow akan memudahkan perusahaan untuk melakukan evaluasi, melihat efisiensi kas perusahaan selama setahun kebelakang, untuk efisiensi kas di tahun berikutnya.
  • Melalui laporan cash flow, perusahaan juga dapat mengukur keberhasilan suatu perusahaan
  • Laporan cash flow dapat menjadi acuan peningkatan investasi suatu perusahaan.

Dengan begitu, siklus keuangan sebuah perusahaan akan lebih terukur. Hal ini tentunya akan membuat keuangan perusahaan semakin sehat dan menjadi salah satu faktor penting untuk berkembangnya sebuah perusahaan.

Membuat Laporan Cash Flow

Untuk mulai membuat laporan cash flow, kita perlu mengetahui tiga klasifikasi aktivitas yang mempengaruhi arus kas. Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu aktivitas operasi, aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan. Kita coba bahas satu persatu, yuk!

Aktivitas Kegiatan Operasi

Aktivitas operasi juga biasa disebut dengan aktivitas operasional. Suatu aktivitas ini merupakan kumpulan aktivitas yang dapat mempengaruhi kas atau keuangan perusahaan. Aktivitas operasi ini dapat dibagi lagi menjadi dua, yaitu aktivitas masuk dan aktivitas keluar.

Aktivitas operasi dari kas masuk umumnya berasal dari penerimaan atau penjualan barang dan jasa atau dari penerimaan yang dihasilkan dari pemberian pinjaman.

Sedangkan untuk aktivitas operasi dari kas keluar umumnya berasal dari pembayaran gaji karyawan, pembayaran kebutuhan perusahaan  seperti pajak kepada pemerintah, ataupun hutang dan pinjaman kepada perusahaan.

Aktivitas Investasi

Selanjutnya adalah aktivitas investasi, yaitu aktivitas yang berhubungan dengan pemasukan atau pengeluaran dana yang memiliki keterikatan dengan pembelian atau penjualan aktiva tetap.

Sebelum lanjut, kita cari tau dulu apa itu aktiva tetap. Aktiva tetap adalah kekayaan suatu perusahaan yang memiliki manfaat dalam jangka waktu yang lama dan tidak untuk diperjualbelikan.

Jenisnya bermacam-macam, salah satu contohnya adalah gedung atau gudang untuk menunjang kegiatan perusahaan.

Arus masuk kas pada aktivitas investasi berasal dari penjualan aktiva tetap seperti penjualan properti. Sedangkan arus keluar pada aktivitas investasi bersumber dari pengeluaran untuk pembelian aktiva tetap.

Aktivitas Pendanaan

Aktivitas pendanaan biasanya berasal dari transaksi. Biasanya yang berkaitan dengan penambahan atau pengurangan modal. Aktivitas pendanaan juga memiliki arus masuk dan keluar.

Pada arus masuk, aktivitas pendanaan dapat bersumber dari penjualan surat berharga ekuitas, misalnya saham perusahaan. Bisa juga berasal dari penerimaan obligasi (surat pernyataan utang).

Adapun arus keluar pada aktivitas pendanaan berasal dari pembelian saham dan pembayaran hutang jangka panjang untuk memperoleh kembali saham.

Setelah mengetahui tiga macam aktivitas yang mungkin menjadi sumber kas dan mengalir dalam kas perushaan, kita akan membahas soal metode yang mungkin dipakai dalam penulisan laporan cash flow.

Ada dua metode yang digunakan dalam menyusun laporan cash flow, yaitu metode langsung atau direct cash flow dan laporan tidak langsung atau indirect cash flow.

Cash Flow Langsung dan Tidak Langsung

Perbedaan dari penyusunan cash flow secara langsung dan tidak langsung ada pada dasar penyusunannya. Jika menggunakan metode langsung, maka penyususnan cash flow berdasar pada laporan buku kas atau bank.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Hal yang harus dilakukan ketika menggunakan metode ini adalah melaporkan kelompok-kelompok pengeluaran dan penerimaan kas dari kegiatan operasional perusahaan, dan berlanjut pada catatan investasi dan pembiayaan.

Sedangkan pada penyusunan cash flow secara tidak langsung, penyusunan laporan ini berdasar pada laporan laba-rugi dan neraca.

Pada metode ini, laba atau rugi dibandingkan dengan pengaruh transaksi, bukan dengan kas. Baik pengeluaran atau penangguhan kas masa lalu maupun masa yang akan datang, serta bukan juga pada nilai investasi ataupun penerimaan.

Kedua metode tersebut memiliki keunggulan masing-masing. Untuk metode langsung, laporan akan lebih mudah dimengerti, laporan ini juga akan lebih lengkap.

Nantinya, melalui kelebihan ini, pengusaha ataupun perusahaan akan lebih mudah untuk mengambil keputusan terkait keuangan. Akan tetapi, laporan dengan metode langsung membutuhkan biaya yang lebih besar dan metode pengumpulan data yang lebih sulit.

Sedangkan untuk metode tidak langsung, keunggulannya merupakan kekurangan dari metode langsung, yaitu data yang harus dikumpulkan akan lebih mudah dan biaya yang diperlukan relatif kecil.

Hal tersebut karena bahan atau data yang diperlukan berasal dari kas dan neraca perusahaan.

Setelah bahan dan data-data yang diperlukan sudah lengkap, maka pembuatan laporan cash flow bisa dimulai.

Penulisannya dapat dikategorikan sesuai dengan aktivitas cash flow dan sesuai dengan arus masuk dan keluar keuangan.

Kenapa Harus Membuat Laporan Cash Flow?

Kita mungkin tak akan melakukan sesuatu ketika hal itu tidak dirasa penting atau sangat dibutuhkan oleh kita, untuk itu, di artikel ini juga akan dijelaskan kenapa kita harus membuat laporan cash flow.

Ada beberapa keuntungan dan manfaat yang bisa didapat dari pembuatan laporan cash flow.

Melihat Posisi Keuangan Menjadi Lebih Mudah

Posisi keuangan perusahaan yang terus bergerak akan lebih mudah dilihat dan dipantau melalui laporan arus kas atau cash flow ini.

Apabila aliran kas perusahaan mengarah kepada nilai yang positif, maka perusahaan mendapat laba. Sedangkan jika menunjukkan angka yang negatif, maka perusahaan mengalami defisit.

Menjadi Poin untuk Menilai Perusahaan

Melalui laporan arus kas, kita dapat dengan mudah melihat keuangan perusahaan, termasuk di dalamnya investasi perusahaan yang nantinya dapat diperlihatkan kepada investor. Hal ini juga dapat memberikan penilaian bagi sebuah perusahaan.

Perencanaan Masa Depan

Laporan arus kas atau cash flow juga bisa menjadi acuan perusahaan untuk merencanakan masa depan. Karena melalui laporan ini perushaan dapat mengetahui kondisi keuangan mereka.

Dapat juga melakukan evaluasi untuk perusahaan mereka. Selain itu dapat memperhitungkan lebih matang strategi keuangan mereka di masa yang akan datang.

Laporan arus kas atau cash flow ini dapat menjadi salah satu cara perusahaan untuk berkembang dan semakin baik. Karena melalui laporan ini juga akan ada administrasi yang baik, perencanaan yang baik dan matang dan tercatat. Sehingga evaluasi dan perbaikan untuk menjadi lebih baik akan lebih mudah untuk dilakukan.

Saat ini, ada satu aplikasi yang dapat membantu perusahaan membuat laporan arus kas atau cash flow. Aplikasi tersebut memudahkan pencatatan keuangan sehingga perusahaan akan lebih mudah dan efisien saat akan menyusun laporan arus kas atau cash flow.

jojonomic

Aplikasi Pengelola Keuangan

Jojonomic melalui JojoExpense dapat membantu kamu dan perusahaan kamu untuk meningkatkan efisiensi manajemen keuangan perusahaan. Efisiensi tersebut dapat meningkat hingga 76 persen.

Karena melalui Jojoexpense, kamu dan perusahaan akan dibantu untuk mengumpulkan data dan membuat catatan pengeluaran dengan mudah dan secara digital. Sehingga data yang terkumpul lebih aman dan pencatatannya akan lebih mudah.

Ada dua fitur dalam JojoExpense, pertama terkait pengajuan dana untuk sebuah acara atau kegiatan perusahaan. Dilakukan dengan mudah dan secara digital, sehingga akan menghemat waktu, memudahkan pencatatan dan meminimalisir resiko penipuan.

Pelaksanaannya yang dilakukan secara digital juga memudahkan kamu dan perusahaan untuk mengontrol keuangan perusahaan dimana saja dan kapan saja.

Selain itu ada juga fitur penggantian atau pengembalian yang biasa disebut juga dengan reinbursment. Pekerja dan manajemen perusahaan akan mudah untuk melaporkan dan memuat dana keuangan secara efisien dan rapih.

Setelah mengetahui hal-hal terkait cash flow dan laporannya, mungkin sudah saatnya kita untuk membuat laporan arus kas atau cash flow untuk perusahaan agar perusahaan bisa menjadi lebih baik.

Ditambah dengan bantuan dari Jojoexpense, maka evaluasi dan penyusunan strategi keuangan akan lebih mudah. Nilai investasi perusahaan akan meningkat dan perusahaan akan lebih baik, selamat mencoba!