Lead Magnet : Pengertian, Arti Penting dan Jenis Lead Magnet

lead magnet

Menjual produk apa pun kepada siapa pun berkali-kali, orang-orang sangat senang! Apakah Anda ingin menjadi penjual seperti itu? Padahal, metodenya sangat sederhana, yaitu metode pemasaran lama di masa lalu, yaitu penarik lead. Namun ketika diterapkan di era internet seperti sekarang ini, fungsinya akan semakin powerfull!

Jika dahulu kala, orang harus berjuang untuk menjadi pemimpin suku, dan semua anggota suku mengikutinya, kini Anda dapat menarik banyak pengikut melalui strategi yang sepenuhnya otomatis dan tepat. Itu adalah penarik lead. Jadi, apa yang dimaksud dengan Lead Magnet?

Pengertian Lead Magnet

lead magnet

Lead Magnet adalah cara untuk menarik pengikut sebanyak mungkin. Dalam hal ini, orang-orang yang tertarik dan ingin tahu tentang produk Anda atau bisa dikatakan ini adalah Proses membantu calon konsumen mencapai tujuannya (menyelesaikan masalah mereka).

Dengan memberikan solusi secara bertahap sehingga calon konsumen mau memberikan kontak dan menjadi konsumen yang akan membeli produk yang kita sediakan lebih dari satu kali.

Contohnya seperti perusahaan Apple. Setiap kali Apple meluncurkan produk baru, orang-orang akan mengantre di depan pintu toko dan bahkan menginap jika diperlukan. Ini semua fanatik tentang Apple.

Hebatnya adalah mereka tidak hanya membeli produk, tetapi mereka juga membantu memasarkan, menjelaskan dan bahkan mengomentari dan membimbing produk Apple secara gratis.

Pentingnya Sebuah Lead Magnet

lead magnet

Bagaimana sistem laed magnet mampu untuk meningkatkan penjualan produk? Hal ini dikarenakan sistem penarik lead sangat cocok dengan kodrat kehidupan sosial manusia. Orang-orang selalu ingin berkumpul dengan grup yang memiliki minat yang sama pada sesuatu. Inilah mengapa ada begitu banyak komunitas dimana-mana.

Conothnya seperti komunitas pengembang web, komunitas pengusaha kuliner, komunitas pendaki, dll. Yang unik adalah saat orang berkumpul, antusiasme mereka terhadap grup akan mulai tumbuh. Semakin mereka bersama, semakin banyak mereka berinteraksi, semakin kuat minat mereka, dan mereka akan semakin antusias.

Di otak manusia, yang berperan melindungi kelompok. Jika kelompok tersebut diserang, mereka akan sering mempertahankan diri. Sisi lain dari fanatisme ini adalah cinta buta. Ya, persis seperti pengguna Apple tadi. Kalaupun harganya mahal, sekalipun harus menginap di depan toko, meski harus antre panjang, mereka melakukan ini karena sangat antusias dengan komunitasnya dan dalam hal ini produk apple inilah produknya.

Jenis Lead magnet yang umum digunakan

lead magnet

Ada banyak jenis magnet timbal bahkan jika semua ini disebutkan satu per satu, ada lusinan hingga ratusan. Jelas, semua magnet timbal memiliki satu kesamaan:

  • Tersedia secara gratis.
  • Ukurannya tidak boleh terlalu besar, apalagi sulit dibuat.
  • Tapi harus tetap bermanfaat untuk orang lain.

Di sinilah letak kesulitannya. Kita harus memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain, tapi tetap harus gratis. Disini Anda akan mempelajari tentang jenis penarik lead yang paling umum digunakan:

Ebook

E-book adalah penarik lead yang paling umum digunakan karena tidak terlalu sulit untuk dibuat dan dapat menampung banyak konten. Tapi e-book memiliki kelemahan.

Pertama-tama, karena ini sangat umum, orang mungkin berpikir bahwa e-book Anda tidak ada nilainya, dan mereka tidak ingin mendaftarkan email Anda. Oleh karena itu, jika Anda memilih e-book, harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Topik ini sangat berguna (dibahas di bab selanjutnya).
  • Desain yang dikemas dengan indah.

    • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
    • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Artikel sebagai PDF

Seperti namanya, penarik lead ini hanyalah sebuah artikel yang dikemas dalam format PDF. Lebih sederhana dari e-book. Misalkan Anda memiliki satu atau lebih artikel panjang. Lebih dari 3000 kata.

Karena sangat lama, pengunjung tidak sempat membaca semua konten sekaligus. Namun karena kontennya bermanfaat, beberapa pengunjung ingin menyimpan halaman tersebut agar bisa dibaca atau dicetak secara offline. Di sinilah kita menyediakan file PDF. Jika Anda sudah memiliki artikel ini, dibutuhkan waktu kurang dari 10 menit untuk membuat penarik lead jenis ini.

Kupon

Jika Anda menjual produk, penarik lead ini mungkin pilihan terbaik. Karena sangat sederhana. Banyak platform toko online yang sudah menyediakan fitur ini secara langsung. Oleh karena itu, Anda hanya perlu menuliskan nama kuponnya. Selain itu, memberikan kupon berarti penjualan Anda akan segera meningkat.

Uji coba gratis

Menarik lead ini adalah penarik yang paling umum digunakan oleh orang yang menjual perangkat lunak. Sama seperti kupon diskon, versi uji coba gratis akan segera meningkatkan penjualan. Ada 3 jenis uji coba gratis:

  • Masa percobaan gratis untuk jangka waktu tertentu.
  • Versi demo fungsi terbatas.
  • Produk Premium dengan versi gratis dan versi berbayar.

Daftar “hal” yang Anda gunakan

Maksudnya adalah misal, Budi adalah seorang binaragawan. Blognya berisi panduan dan tip tentang kebugaran, binaraga, dan lainnya. Lalu dia membuat magnet utama. Berisi daftar alat-alat pelatihan, suplemen, pakaian dan perlengkapan yang digunakan untuk pelatihan, daftar jadwal pelatihan yang dia ikuti, dll. Inilah yang dimaksud dengan “hal” diatas tadi. Mengapa penarik lead ini efektif?

Ambil contoh Budi dan pembacanya, ada banyak pilihan di pasar untuk hal-hal seperti suplemen, metode pelatihan, dan metode diet. Orang biasanya membutuhkan nasihat terbaik. Dengan adanya list ini, pengunjung blognya bisa dengan mudah mengetahui mana yang terbaik, dan itu sudah dibuktikan sendiri oleh Budi.

Seri panduan melalui email

Pilih topik panduan yang berguna dan cocok untuk audiens target Anda. Kemudian buat kontennya. Dibagi menjadi 3 hingga 7 bab (atau lebih). Setelah itu, gunakan penyedia layanan email seperti JojoLink untuk secara otomatis mengirimkan konten ke pengguna yang mendaftar dalam beberapa hari ke depan.

penarik lead ini memiliki manfaat lain, yaitu Serangkaian pedoman disediakan melalui email, dan membiasakannya dengan email yang selalu terbuka. Karena mereka tahu itu berguna. Dengan cara ini persentase orang yang membuka email Anda akan meningkat.

lead magnet

Tips Untuk Membangun Lead Magnet yang Efektif

Mengubah seorang pengunjung website menjadi pelanggan – meski sederhana kalimatnya – namun ternyata susah luar biasa. Membutuhkan proses yang tidak sedikit dan panjangnya ‘wow’ bersenjatakan Teknik persuasi pada calon pelanggan potensial.

Terdengar melelahkan bukan?

Proses ini disebut sebagai lead nurturing yang dimulai dengan mendapatkan lead itu sendiri. Dan semakin banyak lead yang anda dapatkan akan semakin banyak pula peluang mengubah lead menjadi kostumer.

Jadi, bagaimana cara suatu perusahaan mengubah lead menjadi kostumer? Jawabannya tidak lain adalah dengan lead magnet. Seperti Namanya yang mengandung ‘magnet’ tujuan lead magnet itu sendiri adalah untuk menggaet banyak lead mengunjungi situs yang anda pasang.

Lead magnet dapat menjadi strategi pengumpulan lead yang baik apabila dilakukan dengan benar. Ulasan kali ini akan terfokus pada tips dalam membangun lead magnet yang efektif setelah ulasan mengenai pengertian dan fungsi lead magnet itu sendiri.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan lead magnet yang efektif, antara lain adalah :

Menentukan Target Lead Magnet

Tingkat keberhasilan dari lead magnet itu sendiri dimulai dari penargetan konsumen yang harus spesifik. Jika anda menawarkan target yang terlalu beragam, anda mungkin akan mendapatkan lead yang sama sekali tidak relevan dengan bisnis yang anda kerjakan.

Contoh sederhana yang bisa diambil adalah Ketika anda sedang menjual produk cukur untuk pria, dan lead yang anda buat adalah ‘3 Tipe Kumis yang Menarik Bagi Wanita’ tentu akan membantu dalam menaikkan lead. Namun di sisi lain, lead yang anda buat juga harus memperhatikan ‘tempat’ penyebarannya.

Apabila anda menyebarkan lead magnet ditempat yang salah, hal ini juga akan mempengaruhi tingkat keberhasilan magnet lead itu sendiri. Ambil contoh artikel di atas mungkin akan berfungsi sempurna apabila disebarkan di website atau komunitas online khusus pria, namun jika anda menyebarkannya di pinterest yang 80% penggunanya adalah wanita mungkin tidak akan tepat.

lead magnet

Menggunakan Lead Magnet yang Berbeda Untuk Masing – Masing Tahapan

Tahukah anda bahwa lead magnet yang anda buat dapat menunjukkan jenis lead yang benar – benar anda butuhkan. Dengan menggunakan konten prospek dalam tahapan konversi tertentu. Tahpan – tahpan yang dimaksut adalah sedang berada di posisi mana consumer anda merasa tertarik untuk membeli?

Apakah mereka tidak tertarik sekali, atau mungkin hanya sekedar tertarik saja tanpa berniat membeli, atau Ketika pembeli sudah tertarik dan berniat membeli namun dikarenakan kendala – kendalan lain kostumer akhirnya batal untuk membeli.

Anda perlu meringkas dan mengerti posisi kostumer itu sendiri untuk menetapkan strategi marketing yang tepat dalam mengubah lead menjadi kostumer.

Tunjukkan ‘Sedikit’ Produk Anda

Menurut anda, darimana pengunjung tahu lead magnet apa yang sedang anda jual?

Jawaban sederhananya adalah anda membocorkan ‘sedikit’ visual atau deskripsi dari produk itu sendiri. Dalam kampanye marketing anda akan lebih efektif apabila anda mampu menyoroti poin – poin tentang lead magnet yang dapat memberikan tambahan nilai yang luar biasa bagi pembaca.

Jangan membocorkan keseluruhan sekaligus, buatlah pembaca anda merasa penasaran dan akhirnya melalukan sign in meski tujuan awalnya hanya karna rasa ingin tahu dan penasaran. Anda dapat membuat daftar berita utama yang luas serta beberapa wawasan yang dapat ditindaklajuti ke dalam lead magnet itu sendiri.

Salah satu bentuk lead magnet yang sering digunakan adalah ebook. Apabila perusahaan menggunakan ebook dalam jenis lead magnet yang digunakan, anda bisa mengkhususkannya atau memfokuskan ebook tersebut kepada potensial kostumer.

Beberapa ebook memerlukan pengisian form yang kompleks. Namun dengan adanya sedikit cuplikan isi ebook itu sendiri berupa deskripsi singkat sudah mampu mengulik minat pembeli. Cuplikan lain yang bisa anda berikan adalah mengenai keuntungan – keuntungan dari ebook yang anda sebar yang bisa didapatkan oleh pembeli. Hal ini tentu akan membuat pelanggan bersedia untuk mengunduh sumber ebook tersebut.

Penting untuk diketahui bahwa nislai bisnis lead magnet kedalam formular sangatlah penting untuk dilakukan. Perjelas bagaimana sebuah lead magnet dapat membantu pengunjung dalam meningkatkan tujuan bisnis mereka. Contoh – contoh slogan yang tepat dipasang dalam sebuah lead magnet antara lain adalah “Optimalkan Konversi Anda” atau “Mendorong Pertumbuhan Secara Nyata” dan sebagainya.

lead magnet

Membuat Konten Terbaik

Apakah anda ingin mulai membuat sebuah lead magnet dalam waktu singkat saat ini juga?

Anda bisa pergi ke content libraby dan mengidentifikasi konten mana yang memiliki performa paling baik diantara sumber konten lainnya. Jenis konten tersebut bisa apa saja seperti “jenis ebook yang paling sering didownload” atau “blog yang paling sering dilihat” dan sebagainya.

Sumber konten seperti ebook seminar dan sebagainya bisa digunakan sebagai salah satu dasar pembuatan lead magnet itu sendiri. Jika anda memiliki kemampuan dibidang tersebut tentu akan mudah dalam membuat lead magnet itu sendiri.

Namun jika anda menginginkan blog atau cerita kesuksesan sebagai lead magnet anda perlu untuk membuat lead magnet berbentuk file yang bisa di download.

Meningkatkan Konten Sebagai Lead Magnet

Dalam Lead magnet terdapat istilah in – content lead magnet yang dapat diartikan sebagai sebuah lead magnet yang ditempatkan didalam sumber konten itu sendiri. Biasanya digunakan didalam konten – konten blog namun beberapa juga menggunakannya dalam ebook.

Sebuah peningkatan konten dalan in – content lead magnet merupakan versi konten yang dapat diunduh dari situs itu sendiri. Sebuah konten yang telah di upgrades biasanya memiliki nilai konversi yang lebih tinggi. Pun, content upgrade tersebut memiliki kontekstual yang lebih luas.

Logikanya, Ketika seseorang sedang membaca sbeuah buku atau konten tertentu, mereka pasti menemukan setidaknya satu atau dua buah kalimat yang benar – benar mereka butuhkan. Hal inilah yang menjadi peluang besar bagi pengusaha untuk menawarkan sumber konten yang mirip kepada pembaca menggunakan metode yang ringan. Bahkan beberapa ebook atau sumber konten tersebut dapat didownload sewaktu – waktu sesuai yang mereka butuhkan.

lead magnet

Sediakan Lebih Banyak Jenis Lead Magnet

Sangat disarankan untuk memiliki lebih dari hanya satu tipe saja lead magnet contohnya ebook. Ebook memang digemari oleh banyak kalangan Ketika menginginkan sebuah lead yang tinggi namun hal ini juga bisa membahayakan.

Bagaimana bisa membahayakan?

Seorang pengunjung yang mampi ke website anda mungkin tidak mengharapkan untuk mendownload ebook tertentu. Bisa saja mereka menginginkan hal lain. Dan Ketika pengunjung menginginkan hal lain sedangkan di website anda hanya tersedia ebook sebagai satu – satunya sumber lead magnet, tentu pengunjung akan kecewa bukan?

Beberapa tipe lead magnet lain mungkin perlu anda coba. Bahkan perusahaan – perusahaan lainpun telah membagi – bagi lead magnet kedalam jenis yang berbeda untuk menarik lebih banyak pengunjung.

Rekomendasi

Rekomendasinya adalah Gunakan domain Anda sendiri untuk mengirim email. Lebih sederhana dan lebih praktis. Jadikan alamat email Anda lebih profesional untuk pelanggan Anda.

Maka dari itu, kali ini kita akan belajar cara mengirim lead magnet secara otomatis tanpa harus Anda kirim satu per satu menggunakan JojoExpense. Apa yang akan anda kerjakan?

Ada 4 hal untuk melakukan semua hal yang perlu Anda lakukan untuk menggunakan JojoExpense untuk mengirim magnet utama secara otomatis:

  • Daftar (di mana harus meletakkan alamat email calon pelanggan).
  • Formulir keikutsertaan (formulir).
  • Halaman landing (opsional).
  • Respon otomatis.

Proses sederhananya adalah Formulir >> Daftar >> Penjawab otomatis

Seseorang akan mengisi alamat emailnya di form, kemudian email akan masuk ke list (tempat alamat email ditampung), setelah memasukkan email ke dalam list, otomatis email reply tersebut akan otomatis terkirim ke alamat email tersebut untuk dimasukkan ke dalam list.

Inilah jenis lead magnet yang paling umum. Selanjutnya, belajar bagaimana memilih tema yang tepat untuk magnet utama Anda. Semoga bermanfaat!