Mengenal Apa Itu Market Leader dan Seluk Beluknya

Market Leader adalah

Setiap pemilik bisnis tentu ingin perusahaan mereka dapat menjadi trendsetter yang setiap tindakannya akan mempengaruhi pergerakan pasar. Perusahaan yang sampai pada tahap ini tentu memiliki tujuan besar yakni menjadi market leader atau pemimpin pasar dalam persaingan bisnis di industrinya. Hal ini dikarenakan, ketika suatu perusahaan menjadi pemimpin pasar maka mayoritas perhatian pelanggan akan berfokus padanya. 

Tak hanya itu, perusahaan lain dalam industri yang sama pun juga seringkali akan meniru atau mengadopsi langkah maupun inovasi yang kurang lebih sama. Sehingga pengaruh market leader ini memegang kendali yang cukup vital dalam prakteknya.

Pada teori pemasaran ada sebuah gagasan yang cukup menarik tentang posisi persaingan market bisnis. Menurut penelusuran yang telah dilakukan, gagasan ini disampaikan oleh Djaslim Saladin dalam bukunya yang berjudul Manajemen Pemasaran (2006:115).

Pada prinsipnya persaingan di pasar akan selalu ada, selama pasar tersebut tidak ada yang memonopoli. Prinsip tersebut berlaku untuk semua jenis pasar dalam industri bisnis, baik dalam skala besar maupun skala kecil, mulai dari bisnis online, UMKM hingga perusahaan-perusahaan raksasa.

Hanya saja yang perlu digaris bawahi di sini adalah teori pemasaran yang ada di dalam buku-buku kuliah itu kebanyakan mengambil contoh kasus yang terjadi pada perusahaan-perusahaan besar. Jarang ada buku yang mengangkat tentang teori pemasaran yang mengambil kasus di lingkup UMKM maupun bisnis online.

Dalam teori bisnis, persaingan dalam pasar pada suatu pasar dapat dikelompokkan menjadi empat yaitu pemimpin pasar (market leader), pengikut pasar (market follower), penantang pasar (market challenger), serta relung pasar (market nicher).  Pengelompokan ini dikategorikan sesuai dengan jumlah konsumen dari masing-masing perusahaan.

Nah, pada artikel kali ini, Jojonomic akan memberikan pembahasan mengenai definisi dari market leader, karakteristik hingga keuntungannya. Penasaran, kan? Simak lengkap artikelnya berikut ini, ya.

Apa Itu Market Leader?

Ilustrasi Honda sebagai Market Leader

Penting untuk diketahui bahwa istilah market leader sangat erat kaitannya dengan market share. Apa itu market share? Market share sendiri merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut persentase pembagian pasar yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan dalam satu industri yang sama. Misalnya, dalam penjualan produk motor atau kendaraan. Di mana kita bisa menemukan brand ternama seperti Honda, Yamaha, Suzuki dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, Honda menguasai 40 persen dari pasar tersebut. Kemudian disusul oleh Yamaha di angka 30 persen, Suzuki 20 persen dan 10 persen sisanya berasal dari brand lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Honda adalah market leader atau pemimpin pasar dalam hal ini.

Jadi secara sederhana, definisi dari pemimpin pasar atau market leader adalah perusahaan bisnis di sektor jasa maupun barang yang menguasai sebagian besar pasar untuk satu produk yang relevan. Dengan kata lain pemimpin pasar ini adalah pihak yang mempunyai jumlah pembeli paling banyak di antara para pesaingnya pada produk tertentu.

Karakteristik Market Leader

Dalam prakteknya, sosok perusahaan yang menjadi market leader memiliki beberapa ciri karakteristik umum. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Mereka cenderung fokus pada pelanggan dengan berupaya memberikan apa yang dibutuhkan. Termasuk dengan menyajikan setiap inovasi progresif dari waktu ke waktu.

2. Perusahaan yang menjadi pemimpin pasar juga umumnya memiliki visi yang jelas dalam operasional mereka. 

3. Mereka juga cenderung lebih fleksibel dan dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman. Karena memang dengan cara inilah mereka akan dapat terus mempertahankan posisi penjualan serta mengikuti permintaan pasar.

4. Terakhir, perusahaan ini juga biasanya akan berinvestasi pada pekerjanya. Artinya, mereka akan sangat memperhatikan kesejahteraan karyawan mulai dari memberikan tunjangan dan bonus yang lengkap hingga pelatihan yang dapat mengembangkan potensi masing-masing pekerjanya.

Selain itu, market leader biasanya (meski tidak selalu) juga mempunyai hal-hal berikut ini:

a) Mempunyai pangsa pasar paling besar di antara kompetitornya. Tentu hal ini adalah mutlak karena tanpa market share yang besar, perusahaan raksasa sebesar apapun tidak dapat disebut sebagai pemimpin pasar.

b) Berikutnya, sosok market leader juga biasanya memiliki pengaruh besar terhadap perubahan harga pasar. Bisa dibilang mereka adalah pemicu yang dapat menyebabkan brand lain mengikuti jejaknya dengan meningkatkan harga atau menurunkannya dan membuat promosi serupa. Dilihat dari segi pemasaran, umumnya perusahaan pemimpin pasar ini juga cukup gencar dalam menjalankannya.

c) Terakhir, market leader sering menjadi sasaran atau target utama bagi brand lain untuk disingkirkan. Sebab setiap langkah ataupun inovasi yang mereka keluarkan seringkali akan diikuti atau ditiru kompetitornya yang lain. Untuk itu, mereka yang berada pada tingkat pemimpin pasar ini harus berhati-hati dan tetap konsisten menjaga kinerja perusahaannya.

Keuntungan Menjadi Market Leader

Keuntungan Market Leader

Dilansir dari Corporate Financial Institute, keuntungan menjadi market leader salah satunya adalah kemampuan meningkatkan produksi dengan lebih masif. Itu adalah sesuatu yang sangat menguntungkan tentunya.

Bayangkan, Anda adalah seorang penjual nasi goreng di kompleks perumahan A. Di antara banyak penjaja menu klasik ini, Anda adalah yang nomor satu. Setiap harinya, Anda dapat menjual 100 bungkus nasi goreng. Bahkan, setelah nasi habis pun masih ada 100 orang yang kamu tolak karena tidak mampu menggoreng lagi. Sedangkan, sainganmu hanya mampu menjual 20 bungkus per hari saja.

Di suatu masa, ada yang menjual mesin pembuat nasi goreng. Meski mahal, mesin ini mampu memasak nasi goreng dengan mudah sesuai permintaan yang datang. Anda tentu tak ragu untuk membelinya sebab uangnya ada dan proyeksi keuntungan setelah membeli alat itu bagus, yaitu Anda tidak lagi menolak 100 orang yang datang ketika sudah letih.

Hal berbeda tentu dialami pesaingmu yang minim modal. Baginya, mengeluarkan uang untuk mesin tidak efektif dan efisien sebab mereka belum mempunyai basis pelanggan dan harganya terlalu mahal. Jika tak ada yang menyaingi, Anda berpotensi memonopoli pasar nasi goreng di daerah Anda.

Penutup

Jojo Expense

Demikianlah artikel mengenai definisi market leader dari kami lengkap dengan seluk beluk tentangnya. Lewat penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa market leader adalah satu perusahaan atau brand tertentu yang memimpin persaingan pasar dalam industrinya. Secara umum, brand atau perusahaan ini akan memiliki pengaruh besar terhadap inovasi, minat masyarakat hingga harga produk yang ditawarkan.

Ketika satu perusahaan yang memimpin pasar menurunkan harganya, hal ini biasa diikuti oleh kompetitor lain untuk menyeimbangkan persaingan agar mereka tak kalah nilai jual. Begitu pun jika market leader ini menaikkan harga produknya, maka yang terjadi adalah kompetitor lain juga akan berlomba-lomba mengikuti kenaikan harga tersebut dengan memberikan value tambahan pada produk yang dipasarkan.

Nah, selain harus memperhatikan kondisi pangsa pasar, sebuah perusahaan juga dituntut untuk memiliki pengelolaan keuangan yang baik. Sebab bagaimana pun, komponen yang satu ini memiliki pengaruh yang cukup vital dalam kelangsungan sebuah bisnis.

Jojo Expense dapat dijadikan solusi bagi Anda yang sering kesulitan dalam mengelola atau me-manage keuangan perusahaan. Aplikasi ini didesain secara khusus untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja hingga 76 persen. Sehingga Anda maupun karyawan dalam perusahaan dapat menggunakan sisa waktunya untuk mengerjakan pekerjaan yang lain.

Dilengkapi dengan fitur Control Budgeting, Mobile Approval, Cash Advance, Capture Expense hingga Reimbursement Online, Jojo Expense dapat diandalkan dalam berbagai situasi di perusahaan. Selain itu, perangkat ini juga dibekali oleh teknologi mutakhir berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan Anda dapat terhindar dari risiko fraud financial. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Expense dan permudah cara Anda dalam mengelola keuangan perusahaan sekarang juga!