Masalah Ekonomi Modern : Pengertian, Faktor, dan Contoh Kebijakan

masalah ekonomi modern

Masalah ekonomi modern merupakan masalah paling kritis yang saat ini dihadapi. Bahkan masalah ini terkadang menjadi perhatian banyak orang. Negara juga harus turun tangan untuk menyelesaikan masalah ini. Perubahan perilaku dan gaya hidup masyarakat juga berdampak pada perilaku ekonomi.

Oleh karena itu, masalah ekonomi klasik pasti berbeda dengan masalah masyarakat modern. Apalagi di pandemi saat ini. Wabah juga melumpuhkan ekonomi negara dan dunia. Inilah masalah ekonomi modern yang sedang berkembang saat ini.

Isu ekonomi tersebut terkait dengan peserta produksi, sulitnya memperoleh bahan baku, dan tingkat konsumsi dengan perkembangan wabah COVID-19 yang dihadapi saat ini, tingkat konsumsi pun ikut berubah.

Pengertian masalah ekonomi

masalah ekonomi modern

Masalah ekonomi adalah segala macam masalah dan kesulitan yang berhubungan dengan perekonomian. Perkembangan peradaban manusia menyebabkan dua jenis masalah ekonomi dari masa ke masa, yaitu masalah ekonomi klasik dan modern.

Masalah ekonomi klasik adalah masalah yang melibatkan siklus ekonomi yang relatif sederhana, seperti produksi, distribusi, dan konsumsi barang yang diproduksi. Siklus bisnis berubah seiring waktu. Masalah ekonomi modern merupakan masalah yang dihadapi oleh siklus ekonomi dalam rentang yang lebih kompleks. Tidak hanya proses produksi yang sederhana, tetapi juga bagaimana cara mendapatkan bahan baku untuk proses tersebut.

3 Poin utama Masalah Ekonomi Modern

masalah ekonomi modern

Tentunya dalam proses ekonomi akan selalu ada banyak masalah. Masalah ekonomi yang dihadapi beragam. Masalah ini sendiri muncul dari pertemuan antara kebutuhan manusia yang tak terbatas. Keinginan tak terbatas ini harus melawan sumber daya yang terbatas, menyebabkan masalah. Seiring berjalannya waktu, permasalahan yang muncul terus berubah, mengakibatkan istilah permasalahan ekonomi modern.

Masalah inti dari ekonomi modern adalah bagaimana membuat pilihan yang tepat ketika mengalokasikan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan yang semakin beragam. Intinya, pertanyaan pokok ilmu ekonomi modern perlu menemukan jawaban atas tiga pertanyaan, yaitu apa yang akan diproduksi, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa memproduksi barang / jasa.

Apa yang harus diproduksi

Masyarakat harus memutuskan barang dan jasa apa yang akan diproduksi untuk memenuhi kebutuhan mereka akan tujuan. Akibat konflik dengan sumber daya yang semakin terbatas, produksi barang dan jasa harus memiliki skala prioritas dan selektif.

Bagaimana cara memproduksi

Pemilihan dan pengutamaan skala produksi diikuti dengan efisiensi dan efisiensi produksi, artinya masyarakat harus menentukan strategi yang tepat dalam produksi untuk menjaga keekonomisan (efisiensi) dan hak sasaran (efektif). Strategi ini diwujudkan dalam proses produksi berdasarkan perencanaan dan pengelolaan yang matang.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Untuk siapa

Efisiensi produksi didasarkan pada mengetahui siapa yang perlu memproduksi barang dan jasa. Artinya masyarakat sudah mengetahui siapa yang akan menggunakan barang dan jasa yang diproduksi sebelum mereka memulai kegiatan produksi. Produsen akan menggunakan berbagai pertimbangan dasar dalam kegiatan produksinya untuk melihat untuk siapa produk dan jasa tersebut diproduksi.

Faktor Masalah Ekonomi Modern

masalah ekonomi modern

Permasalahan yang berkaitan dengan ekonomi, termasuk permasalahan ekonomi klasik dan modern, memiliki beberapa faktor yang menjadi pemicunya. Faktor-faktor ini berkontribusi pada kebijakan ekonomi. Konten berikut mencakup:

  1. Sumber daya alam. Sumber daya alam berkaitan dengan ketersediaan bahan mentah. Hal ini terkait erat dengan permasalahan ekonomi modern, di mana bahan baku seringkali sulit diperoleh. Ini karena dengan bertambahnya populasi, sumber daya alam semakin sedikit.
  2. Sumber Daya Manusia. Faktor ini termasuk ketersediaan tenaga kerja. Tenaga ahli dan tenaga profesional dibutuhkan dalam proses produksi. Namun, biasanya sulit didapat, apalagi saat ini. Oleh karena itu, sumber daya alam yang berkualitas tinggi menjadi penyebab permasalahan ekonomi modern.
  3. Modal kerja. Dalam proses produksinya dibutuhkan modal kerja agar dapat menyelesaikan produksi dengan benar dan memenuhi lebih banyak kebutuhan konsumen. Namun terkadang sulit mendapatkan modal kerja, apalagi pada saat wabah COVID-19 seperti sekarang ini, industri perbankan sebagai penyedia modal kerja juga lumpuh.
  4. Proses distribusi. Meskipun cukup sederhana dan merupakan masalah ekonomi klasik. Proses distribusi ini sangat berpengaruh. Terutama bahan pokok yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pokok. Proses pendistribusiannya terhambat karena kemungkinan terjadi karena faktor wilayah. Oleh karena itu, distribusinya menjadi tidak merata.
  5. Tingkat konsumsi. Perbedaan gaya hidup masyarakat dari waktu ke waktu juga akan mempengaruhi tingkat konsumsi mereka. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan tingkat konsumsi yang lebih rendah yang dapat menimbulkan masalah ekonomi. Salah satunya adalah produksi tingkat tinggi, sedangkan konsumsi tingkat rendah membawa masalah ekonomi.

Contoh kebijakan negara dalam menghadapi masalah ekonomi modern

kebijakan negara

Permasalahan ekonomi modern yang dihadapi saat ini berkaitan dengan kehidupan banyak orang. Apalagi karena adanya COVID-19 sangat mempengaruhi perekonomian masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah di seluruh dunia telah merumuskan sejumlah kebijakan ekonomi untuk mengatasi masalah ekonomi modern tersebut, antara lain:

Pembebasan pajak

Penggunaan kapasitas 450 V dan 900 V dapat dibebaskan dari biaya listrik. Meski kebijakan ini tidak berdampak langsung, namun memiliki keuntungan besar dalam menghadapi permasalahan ekonomi modern terkait COVID-19. Daya beli masyarakat kembali meningkat. Membuat orang cenderung membeli barang yang mereka produksi.

Persyaratan impor dan ekspor yang disederhanakan

Mempermudah orang untuk mengimpor komoditas bebas bea di departemen impor. Ini untuk memberikan dukungan komprehensif di bidang ekonomi. Dengan begitu, kegiatan impor dan ekspor akan tetap berjalan seperti biasa tanpa terpengaruh oleh wabah COVID-19. Sebab, aktivitas ekonomi masyarakat belum terhenti.

Perlindungan sosial dari Program Keluarga Harapan.

Keluarga yang termasuk dalam PKH seringkali berdampak besar pada masalah ekonomi modern terkait COVID-19. Oleh karena itu, pemerintah merumuskan kebijakan untuk mengatasi masalah perekonomiannya dengan memberikan bantuan tunai untuk meningkatkan daya beli. Dengan demikian, siklus perekonomian dapat berjalan dengan lancar.

Memberikan reward kepada tenaga medis

Dampak COVID-19 berdampak pada tenaga medis yang bekerja keras. Oleh karena itu, pemerintah menyiapkan anggaran khusus berdasarkan belanja negara untuk memotivasi tenaga medis. Penggunaan APBN merupakan bagian dari masalah ekonomi.

Pembebasan pajak penghasilan untuk sektor industri

Proses produksi dari sektor industri kecil yang penghasilannya minimal Rp 200.000.000 dibebaskan dari pajak penghasilan. Hal tersebut untuk meminimalisir risiko kelumpuhan sektor industri akibat menurunnya daya beli masyarakat akibat COVID-19. Oleh karena itu, kegiatan siklus bisnis tetap berjalan seperti biasa.

Kesimpulan

Mengenali masalah pokok dalam perekonomian modern akan membantu perusahaan membuat rencana yang baik dalam proses produksinya. Namun, meskipun masalah ekonomi modern ini tampaknya mudah untuk diidentifikasi, namun implementasi masalah tersebut masih membutuhkan banyak waktu dan biaya untuk mempelajarinya. Agar penelitian dapat berjalan dengan lancar, sebaiknya perusahaan memiliki rencana dan pencatatan keuangan yang baik.

Software akuntansi JojoExpense adalah solusi untuk perencanaan dan pencatatan keuangan bisnis Anda dengan cara yang sederhana dan efektif. Dengan menggunakan fungsi laporan keuangan terbaik pada software JojoExpense, maka penggunaan dan pengelolaan biaya produksi dapat terlacak dengan baik. Daftarkan perusahaan anda dan nikmati uji coba gratisnya sekarang!