Cara Memilih Pinjaman Online Yang Legal dan Terpercaya

Pinjaman online merupakan fasilitas pinjaman uang yang diberikan oleh penyedia jasa keuangan. Penyedia jasa keuangan ini beroperasi secara online atau biasa dikenal dengan sebutan fintech. Saat ini memang fintech sedang menjadi bisnis yang populer di Indonesia. Beberapa fintech atau penyedia jasa keuangan online sudah hampir puluhan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk itu, bagi masyarakat penting dalam Memilih Pinjaman Online.

Dengan hadirnya penyedia jasa pinjaman online tanpa jaminan, maka hal ini dapat menjadi alternatif  bagi masyarakat yang membutuhkan dana tunai tanpa harus mengajukan langsung ke tempat. Penyedia pinjaman online ini adalah lembaga penyedia jasa keuangan yang beroperasi secara online dengan bantuan teknologi informasi.

Seperti yang kita ketahui bahwa di Indonesia ini fintech mulai banyak bermunculan. Hal ini disebabkan oleh perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia yang lebih aktif dalam penggunaan internet dan lebih aktif di sosial media termasuk dalam kebutuhannya. Tak terkecuali dalam hal peminjaman uang. Apalagi disaat pandemik Covid-19 yang mengharuskan setiap masyarakat untuk dirumah saja. Dengan hadirnya penyedia jasa pinjaman online maka masyarakat tidak perlu secara langsung mendatangi bank dan mengajukan pinjaman ke bank. Pemohon kredit dapat mengirimkan syarat secara online. Bahkan, wawancara kelayakan kredit dilakukan melalui telepon.

Cukup mengakses website fintech, transaksi keuangan seperti pinjaman hingga transfer dana dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja.

Jenis-Jenis Pinjaman Online

Sama halnya seperti pinjaman konvensional, pinjaman dana online juga memiliki bermacam-macam jenis, diantaranya:

Jenis pinjaman tersebut dibedakan berdasarkan jumlah pinjaman, tenor (jangka waktu pinjaman), suku bunga, agunan dan tujuan pembiayaan.

Berikut ini jenis pinjaman online pribadi dan perusahaan yang bisa di ajukan.

Kredit Tanpa Agunan

Kredit Tanpa Agunan atau KTA adalah produk pinjaman online pribadi yang tidak mensyaratkan agunan atau jaminan atas kredit yang diajukan nasabah. Pada umumnya penyedia jasa pinjaman online menjadikan kepemilikan kartu kredit sebagai syarat utama dalam pengajuan KTA.

Kredit Karyawan

Pinjaman karyawan adalah produk yang dirancang penyedia jasa pinjaman online khusus bagi karyawan yang aktif bekerja di sebuah perusahaan, instansi, badan usaha maupun lembaga. Syarat utama pinjaman ini dapat diberikan diantaranya adalah SK Pengangkatan PNS/ Pegawai Tetap, rekomendasi pejabat/atasan yang berwenang dan slip gaji.

Kredit Kendaraan

Saat ini kredit motor dan mobil dapat diajukan secara online. Syarat utama kredit kendaraan ini di antaranya adalah slip gaji, memiliki tempat tinggal sendiri dan membayar uang muka (DP) sesuai ketentuan.

Kredit Pemilikan Rumah

Kredit Pemilikan Rumah atau KPR adalah fasilitas pinjaman bagi nasabah yang ingin membeli rumah dengan cara mencicil. Sejumlah penyedia jasa pinjaman online/ fintech yang bekerja sama dengan bank juga telah menyediakan fasilitas KPR online.

Pinjaman Usaha

Kredit usaha adalah pinjaman dengan tujuan untuk modal usaha.

Keuntungan Menggunakan Pinjaman Online

Pengguna aplikasi pinjaman online semakin meningkat tiap tahunnya. Selain itu, pertumbuhan pengguna pinjaman online juga karena banyaknya keuntungan yang diberikan oleh penyedia jasa pinjaman online seperti peminjaman tanpa jaminan, prosesnya cepat, langsung cair dan berbagai kemudahan lainnya. Berikut ini adalah keuntungan pinjaman online:

·         Proses Cepat

Jika dibandingkan dengan meminjam langsung di bank, proses pinjaman online di fintech lebih cepat karena fintech banyak menyederhanakan administrasi. Misalnya, untuk pengiriman dokumen (persyaratan) hingga wawancara nasabah dapat dilakukan secara online.

·         Syarat Mudah

Pada lembaga keuangan konvensional, pinjaman yang diberikan biasanya sangat ketat dan memiliki jaminan. Karena syarat utama yang diajukan ke lembaga keuangan konvensional adalah jaminan. Seringkali karena hal ini memberatkan calon nasabah. Pada pinjaman secara online, syarat agunan sering tidak berlaku khususnya untuk nominal pinjaman yang kecil.

·         Fleksibel

Salah satu keunggulan pinjaman online adalah fleksibel dan efisien. Pemohon pinjaman tidak perlu mendatangi kantor cabang bank atau multifinance. Cukup bermodalkan smartphone dan koneksi internet, Anda sudah bisa langsung mengajukan pinjaman dari mana saja dan kapan saja lewat aplikasi atau website penyedia jasa pinjaman online.

·         Kalkulator Kredit

Pada jasa pinjaman Online, Anda bisa memanfaatkan fitur kalkulator kredit untuk mengetahui berapa dana tunai yang sebenarnya dapat Anda pinjam.

·         Beragam Produk

Tidak kalah dengan bank dan penyedia jasa keuangan lainnya, fintech juga memiliki beragam jenis produk pinjaman. Seperti sudah disebutkan di atas, calon nasabah dapat mengajukan pinjaman untuk berbagai kebutuhan mulai dari membeli rumah hingga keperluan modal usaha.

Tips Mengajukan Pinjaman Online

Sebelum mengajukan pinjaman secara online, ada baiknya Anda mempertimbangkan sejumlah tips dibawah ini dalam mengajukan pinjaman online. Tidak lain, tujuan tips ini agar calon nasabah Memilih Pinjaman Online dan mendapatkan penawaran terbaik serta menghindari kesalahan dan risiko-risiko akibat tidak mempersiapkan diri dengan baik.

  1. Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan Anda mengetahui jumlah pinjaman sesuai kebutuhan.  Jika sudah mengetahui kebutuhan, Anda bisa meminjam sesuai nominal yang dibutuhkan. Hal ini menghindari Anda meminjam terlalu berlebih yang nantinya bisa menyulitkan Anda dalam mengembalikannya.
  2. Menyesuaikan dengan kemampuan Anda dalam membayar cicilan. Pastikan cicilan pinjaman tidak memberatkan keuangan apalagi sampai membuat Anda menunggak cicilan.
  3. Sebelum memilih aplikasi penyedia jasa pinjaman online, lakukan perbandingan minimal dengan tiga aplikasi penyedia jasa pinjaman online lainnya.
  4. Pilih penyedia jasa pinjaman online yang paling menguntungkan Anda misalnya: bunga paling murah, pencairan paling cepat dan syarat paling mudah.
  5. Pastikan penyedia jasa pinjaman online yang Anda gunakan resmi dan terdaftar di OJK.

64 Pinjaman Online Terdaftar di OJK

Selalu Memilih Pinjaman Online yang terpercaya dan gunakan jasa pinjaman online resmi dan hindari nama fintech yang tidak terdaftar di OJK. OJK sendiri selaku pengawas melindungi konsumen dengan cara menerbitkan regulasi terkait fintech. Berikut ini 64 Fintech yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

DanamasDana KitaKoinWorksAmartha
InvestreeModalkuDanaCepatAwanTunai
KlikACCCrowdoAkseleranUang Teman
DompetKilatTaraliteDynamicCreditFintag
InvoilaKimoTunaiKitaPinjamWinWin
RelasiIgrowQredittCicil
Dana MerdekaCash WagonEtsa KapitalAmmana
GradanaDana MapanAktivakuKarapoto
DanaKiniFinmasRupiah PlusTokomodal
TunaikuIndodanaKredivoMekar.id
PinjamanGoiTernak.idKredit PintarKredito
CrowdePinjamGampangTaniFundDanain
Indofund.idSGPIndonesiaKreditProAvantee
Do-ItRupiahCepatDanaRupiahDanaBijak
CashCepatDanaLautDanaSyariahTelefin
ModalRakyatKawanCicilSandersOne Stop SolutionKreditCepat

Tahukah anda ternyata ada sebuah aplikasi yang dapat memaksimalkan semua kebutuhan pengeluaran perusahaan. Serta bisa menjadi perangkat pendukung untuk kebutuhan monitoring finansial perusahaan tTanpa takut dengan berbagai hambatan kalkulasi pengeluaran yang harus dilakukan.

metode pencatatan persediaan

Pengguna JojoExpense bisa mendapatkan keuntungan berupa monitoring finansial perusahaan. Sebab aplikasi ini dapat dengan mudah Anda pantau di mana saja dan kapan saja. Dimana anda cukup terkoneksi internet dan bisa langsung melakukan monitoring berbagai kebutuhan finansial. Manfaat ini akan sangat mengefisienkan pekerjaan anda dalam finansial.

Sudah saatnya perusahaan anda menggunakan JojoExpense. Karena dengan aplikasi mampu untuk mengenali kejanggalan cash flow berbahaya. Kemudian memberikan report kepada anda agar bisa terhindari dari berbagai tindak kecurangan. Yuk, coba JojoExpense gratis sekarang juga!