Modal Nasional atau Monas adalah solusi pinjaman tunai termudah

modal nasional

Ketika kebutuhan biaya pendidikan sangat mendesak dan harus dibayar, atau untuk biaya pengobatan. Solusinya adalah mencari pinjaman angsuran jangka pendek. Demikian pula dengan pinjaman modal usaha bagi UMKM yang sedang merintis bisnis. Platform pinjaman dana tunai sekarang semakin mudah kita temukan secara online. Salah satunya melalui aplikasi pinjaman online Modal Nasional atau MoNas.

Kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks membuat sebagian orang mencari cara mendapatkan dana agar kebutuhan dapat terpenuhi. Terlebih lagi saat ini biaya pendidik juga semakin mahal. Apalagi dalam kondisi pandemi Covid19 seperti sekarang ini, dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan fintech termasuk Monas menawarkan sistem pinjaman online mudah.

Apa Itu Modal Nasional?

MoNas atau Modal Nasional adalah platform fintech P2P Lending yang disediakan oleh PT. Solusi Teknologi Finansial, selain itu layanan pinjaman online Modal Nasional menawarkan sistem peer to peer lending dan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Platform fintech yang satu ini sudah tersedia dalam bentuk aplikasi dan bisa Anda unduh melalui google playstore. Aplikasi Modal Nasional memberikan kemudahan cara pinjam uang dengan mengandalkan teknologi dan internet online.

MoNas menyediakan dua pinjaman online yaitu pinjaman UMKM untuk mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah. Juga pinjaman angsuran jangka pendek sebagai biaya pendidikan untuk para pelajar dan mahasiswa..

Jika Anda membutuhkan pinjaman UMKM dan pinjaman angsuran jangka pendek, Monas bisa menjadi rekomendasi. Kenapa ?

modal nasional

Modal Nasional terdaftar OJK

Tentu saja sudah terdaftar, bahkan Modal Nasional telah terdaftar OJK sejak 21 Desember 2018 dengan nomor surat tanda terdaftar S-1114/NB.213/2018.

Selain itu Monas atau Modal Nasional telah terdaftar sebagai fintech P2P lending dan sudah mendapatkan izin usaha dari OJK (sudah memenuhi modal minimal Rp 1 miliar)

Apakah ciri pinjaman online Ilegal ?

Pinjaman online atau pinjol ilegal masih terus beroperasi meski sudah banyak yang ditutup. Ada baiknya Anda mengetahui daftar pinjol resmi OJK agar tak tertipu fintech ilegal.

Perlu Anda ketahui bahwa fintech peer-to-peer (P2P) lending legal adalah fintech yang terdaftar memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk itu pihak OJK mengimbau masyarakat agar menggunakan jasa penyelenggara fintech peer to peer lending yang sudah terdaftar dari OJK.

Sebelumnya, Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam Lumban Tobing mengungkap ciri-ciri fintech lending ilegal. Mereka selalu mengenakan bunga yang tinggi dan jangka waktu peminjaman yang pendek serta meminta semua akses data kontak di telepon genggam, yang digunakan untuk mengintimidasi saat menagih.

Saat ini masih ditemukan penawaran fintech lending ilegal dan investasi tanpa izin yang sengaja memanfaatkan kesulitan keuangan sebagian masyarakat di masa pandemi ini. Fintech lending dan tawaran investasi ilegal ini hanya bikin rugi dan bukanlah solusi bagi masyarakat.

Dimana menemukan Aplikasi pinjaman online Monas ?

Sebelum mengajukan pinjaman, buka dahulu aplikasi Modal Nasional di playstore lalu pilih tombol “Install” dan tunggu sampai proses selesai.

1. Buka aplikasi Monas yang telah terinstall.

Setelah terinstal di Smartphone baca dan pahami syarat ketentuan yang terdapat dalam halaman “Disclaimer”. Setujui syarat ketentuan pinjaman online Monas tersebut sebelum melakukan pendaftaran Cara registrasi Modal Nasional  cukup mudah. Anda tinggal masukkan nomor ponsel yang akan digunakan untuk mengajukan pinjaman online.

Pilih tombol “Selanjutnya untuk meminta kode One-Time Password (OTP). Pada tahap ini Anda akan menerima sms yang berisikan enam digit angka. Selesaikan proses pengajuan pengecekan KTP dengan mengisikan Nomor Identitas Kependudukan (KTP) lalu unggah foto depan KTP Anda kemudian pilih “Kirim”.

Sampai disini, Anda sudah berhasil registrasi dan bisa langsung mengajukan pinjaman Modal Nasional dengan mengikuti beberapa tahapan lagi.

2. Pilih Pinjaman Angsuran Jangka Pendek atau Pinjaman UMKM

Setelah proses pengajuan pengikatan KTP berhasil selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih salah satu dari dua jenis pinjaman. Aplikasi Monas menawarkan dua jenis pinjaman online yakni angsuran jangka pendek dan pinjaman UMKM.

Pinjaman angsuran jangka pendek ditawarkan dengan limit maksimal Rp 1,750,000 Sedangkan Pinjaman UMKM ditawarkan dengan limit maksimum hingga Rp 200 juta. Silahkan pilih salah satu dari dua jenis pinjaman Modal Nasional sesuai kebutuhan keuangan Anda.

modal nasional

3. Lengkapi Profil dan Unggah Dokumen Persyaratan berupa KTP dan Foto Diri

Tahap berikutnya hampir serupa dengan aplikasi pinjol lainnya, pengajuan pinjaman online Modal Nasional membutuhkan data pribadi dan dokumen persyaratan. Setelah pendaftaran jumlah dan tenor pinjaman berhasil, Anda bakal diminta untuk melengkapi profil pengguna.

Profil ini berisikan data pribadi nasabah atau calon peminjam yang telah menentukan jumlah pinjaman sebelumnya. Silakan lengkapi profil data pribadi, isikan nama, Nomor KTP, hingga kondisi rumah dan lama menempati rumah tersebut. Jika pengisian data pribadi sudah selesai silahkan pilih tombol “Kirim”. Lanjutkan dengan melengkapi kontak darurat yang bisa dihubungi. Pada tahap ini peminjam diminta untuk mengisi 5 kontak darurat yang memiliki hubungan dekat.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Kontak darurat bisa diisikan nama dan nomor telepon keluarga. Pertama silahkan ambil foto KTP bagian depan dan upload, lanjutkan dengan mengambil foto KTP bagian belakang lalu upload. Berikutnya silahkan ambil foto Anda dengan posisi memegang KTP lalu pilih tombol “Kirim”.

4. Isi Informasi Pekerjaan dan Lampirkan Bukti Pekerjaan

Informasi pekerjaan sangat penting bagi penyedia pinjaman online untuk memastikan bahwa si peminjam memiliki penghasilan sebagai sumber pembayaran. Cara pinjam uang lewat Modal Nasional berikutnya ialah melengkapi formulir informasi pekerjaan. Silahkan isi data secara lengkap mulai dari nama perusahaan, hingga nomor telepon perusahaan tempat Anda bekerja. Pilih tombol “Kirim” lalu upload bukti pekerjaan. Pada tahap ini peminjam diminta untuk mengunggah salah satu bukti pekerjaan.

Bukti tersebut bisa berupa ID Card Karyawan, Slip Gaji, Bukti Pekerjaan, Foto Rekening Koran, serta bukti lainnya. Agar proses review berjalan cepat ada baiknya Anda melengkapi bukti pekerjaan (lebih dari satu) kemudian pilih “Kirim”.

5. Informasikan Rekening untuk Proses Pencairan Pinjaman Modal Nasional

Selanjutnya adalah elengkapi informasi rekening bank, data ini akan digunakan pihak pinjol sebagai rekening penerima pinjaman yang akan ditransfer oleh pihak Monas jika pengajuan telah disetujui. Untuk itu masukkan nama pemilik rekening yang bersangkutan, dan pastikan nomor rekening sudah benar dan tepat. Selanjutnya kirim data tersebut untuk masuk ke tahapan berikutnya.

6. Proses Pengajuan Pinjaman selesai

Setelah informasi rekening bank terisi dengan benar. Silahkan selesaikan proses pengajuan pinjaman Modal Nasional. Meski aplikasi MONAS menyarankan untuk melengkapi akun keamanan sosial dan akun gojek, serta akun ecommerce sebagai jaminan.

Sebaiknya Anda pikirkan kembali saran tersebut. Pasalnya dengan mengisi data tersebut sama halnya Anda telah menyerahkan akun kepada pihak Monas. Selesaikan proses pengajuan dengan menyetujui syarat ketentuan pinjaman Modal Nasional lalu pilih tombol “Selesai”.

Jika Anda telah menyelesaikan tahapan demi tahapan di atas maka pada menu profil akan melihat form yang berwarna kuning. Artinya data yang diminta pada masing-masing tahapan sudah terisi semuanya.

modal nasional

7. Pastikan kembali Jenis dan Jumlah Pinjaman yang hendak Diajukan

Silakan kembali ke halaman awal atau menu “Peminjam”. Pilih pinjaman angsuran jangka pendek atau pinjaman UKM. Pilih jumlah dan jangka waktu pinjaman sesuai kebutuhan Perhatikan kembali perencanaan pembayaran normal dan tanggal jatuh tempo. Jika Anda setuju dengan ketentuan tersebut silahkan pilih “Daftar Sekarang”

Selesai, Selanjutnya Anda tinggal menunggu pemberitahuan atas pengajuan pinjaman Modal Nasional

Tips Aman Pinjaman tunai Modal Nasional

Pertimbangkan kembali sinkronisasi akun sosial, akun gojek, maupun akun ecommerce Anda. Pilih jenis pinjaman sesuai dengan kebutuhan dana, bisa pinjaman angsuran jangka pendek, atau pinjaman UMUM, Lengkapi informasi pekerjaan selengkap mungkin sesuai dengan dokumen yang Anda miliki.

Pasalnya cukup sulit mengatur tanggal jatuh tempo pembayaran pertama dan kedua sesuai tanggal gajian. Misalnya saja kita pinjam 1 juta selama 28 hari. Skema pembayarannya diangsur sebanyak 2 kali (per 14 hari). Bisa saja tanggal jatuh tempo pembayaran pertama pas setelah tanggal kita gajian. Tapi 14 hari kemudian apakah kita sudah gajian lagi?

Untuk menyiasati hal tersebut kami sarankan untuk mengambil jumlah pinjaman tidak lebih dari 40% gaji bulanan.

Apa syarat pinjam uang lewat Modal Nasional?

Pilihan pinjaman angsuran yang paling pendek. Dalam 28 hari peminjam harus bayar dua kali. Itu artinya baru melewati sekali gajian (bagi penerima gaji bulanan).

Cara menghubungi CS Modal Nasional?

Menghubungi customer service bisa dilakukan melalui surel help@modalnasional.co.id Atau lewat menu “hubungi CS kami” yang ada dalam aplikasi.

Nomor telepon Modal Nasional?

  1. Silakan hubungi 021-80627928 untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang fintech
  2. P2P Lending yang satu ini. Anda juga bisa menanyakan apakah penagihan Modal
  3. Nasional datang kerumah atau via online.

Pembayaran pinjaman Modal Nasional?

  1. Pembayaran pinjaman Modal Nasional bisa dilakukan melalui beberapa cara mulai
  2. lewat ATM, m Banking, hingga di AlfaMart.
  3. Fitur Pinjaman Modal Nasional
modal nasional

Platform keuangan terbaik hanya JojoExpense

Solusi Manajemen Pengeluaran Perusahaan yang Fleksibel, JojoExpense memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis!

Fitur Populer JojoExpense terlengkap

  1. Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  2. Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  3. Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Untuk membuktikan kinerja aplikasi JojoExpense silahkan Anda klik link Coba Gratis Sekarang ini.