Memahami Akuntansi dari Pengertian Hingga Jenisnya

Ketika kamu akan mendirikan usaha, kamu tidak hanya perlu belajar soal promosi, pengolahan modal atau manajemen karyawan. Kamu juga perlu belajar tentang pencatatan keuangan atau yang lebih dikenal dengan akuntansi.

Akuntansi bukan sekadar jurusan perkuliahan, tapi sebuah kegiatan yang berkaitan dengan pencatatan keuangan. Banyak fungsi dan manfaat yang bisa diperoleh ketika kita mempelajari atau mempraktikan teori akuntansi ini.

  • Ratusan perusahaan menggunakan Jojonomic untuk mengelola kegiatan bisnis sehari-hari dan meningkatkan kinerja karyawan.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Melalui artikel ini, kita akan coba bahas apa itu akuntansi, yang nantinya menjadi dasar pengetahuanmu untuk mengetahui istilah dan teori lain yang terkait. Kita akan mulai dengan pengertian dan turunan-turunannya. Langsung saja kita bahas satu persatu, yuk!

Memahami Akuntansi

Saat berbicara tentang akuntansi, ada baiknya jika kita mulai dari teori dan pengertian terkait akuntansi terlebih dahulu. Banyak pakar dan sumber-sumber yang memaparkan soal pengertian akuntansi, kita akan bahas berikut ini.

Menurut A Statement of Basic Accountin Theory, yang diterbitkan oleh American Accounting Association (AAA), akuntansi berarti proses mengidentifikasi, mengukur, dan menyampaikan informasi ekonomi bagi para penggunanya dalam mempertimbangkan berbagai alernatif yang ada dan membuat kesimpulan.

Pendapat lain terkait pengertian akuntansi datang dari American Institude of Certified Public Accountants (AICPA), yaitu seni pencatatan, pengklasifikasian, dan pengikhtisaran transaksi dari peristiwa keuangan dengan cara tertentu, dan dalam ukuran moneter, termasuk penafsiran atas hasil-hasilnya.

Berdasarkan dua pengertian ini, bisa kita simpulkan bahwa akuntansi merupakan kegiatan pencatatan transaksi atau laporan keuangan, untuk memberikan satu informasi bagi perusahaan atau pihak tertentu.

Namun ternyata, ada beberapa pendapat lain yang mengatakan bahwa akuntansi tidak sekadar catatan keuangan, melainkan merupakan satu ideologi. Untuk itu, mari kita coba untuk membahasnya lebih lanjut melalui poin-poin di bawah ini.

Akuntansi sebagai Ideologi

Akuntansi dikatakan sebagai suatu ideologi, karena dia dianggap sebagai alat untuk melegitimasi keadaan sosial. Dalam hal ini, Karl Marx berpendapat bahwa akuntansi merupakan alat yang digunakan untuk memistikkan bukan menyampaikan informasi yang sebenarnya.

Dikatakan sebagai ideologi, juga karena akuntansi tidak memberikan informasi secara benar, melainkan menjadi alat untuk melegitimasi ideologi kapitalisme dan pemilik modal.

Pengertian ini memang cukup berat ya, tapi jangan khawatir! Tidak semua yang dimaksud akuntansi adalah seperti itu. Akan ada pembahasan lain dan contoh terkait akuntansi yang lebih mudah dipahami dan kamu praktikan di perusahaanmu.

Akuntansi sebagai Bahasa Bisnis

Pengertian lain terkait akuntasni melihat akuntansi sebagai bahasa bisnis. Maksudnya adalah akuntansi sering digunakan untuk mengkomunikasikan informasi mengenai perusahaan, kepada pihak-pihak yang memiliki kepentingan.

Dalam kata lain, melalui akuntansi atau proses akuntansi, pihak-phak yang memiliki kepentingan seperti pengusaha, investor, atau pihak-pihak tertentu dapat dengan mudah melihat kondisi perusahaan dan peluang perusahaan melalui informasi keuangan atau transaksi dari proses akuntansi.

Tujuan Akuntansi

Setelah mengetahui pengertiannya, kita akan coba bahas tujuannya. Meskipun cukup tergambar dari penjelasan sebelumnya, yaitu dapat memberikan informasi terkait keuangan perusahaan untuk berbagai pertimbangan. Namun ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui, khususnya terkait informasi apa saja yang ada dalam akuntansi.

  • Informasi akuntansi, sebuah catatan keuangan yang digunakan untuk pengembangan dan pertimbangan perusahaan.
  • Catatan terkait utang usaha dan piutang perusahaan.
  • Daftar gaji, yaitu catatan terkait bukti pembayaran gaji, tunjangan dan berbagai biaya yang harus dibayarkan kepada pekerja.
  • Memberikan informasi terkait catatan inventaris perusahaan.
  • Memberikan informasi terkait aset tetap perusahaan.

Daftar informasi diatas, merupakan bagian dari tujuan umum akuntansi, yang dapat memberikan berbagai informasi penting. Namun, secara khusus, perusahaan menggunakan akuntansi untuk meningkatkan keuntungan dan meminimalisir kerugian. Hal tersebut karena melalui akuntansi, perusahaan dapat melacak potensi untung dan rugi mereka dalam satu periode tertentu.

Fungsi Akuntansi

Tidak cukup rasanya, jika kita hanya mengetahui tujuan dari akuntasi. Selain itu, kita juga perlu tahu apa fungsi dari akuntansi. Hal tersebut dilakukan, supaya kita tahu betul mengapa kita memutuskan untuk melakukan proses akuntansi di perusahaan kita.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi JojoMeet hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Membuat Ringkasan Data

Proses akuntansi dapat menjadi sebuah alat untuk meringkas banyaknya data keuangan perusahaan. Sehingga, data-data tersebut dapat dengan mudah dibaca dan dimengerti oleh berbagai pihak.

Recording Report

Dikatakan recording report,  karena proses akuntansi memiliki fungsi utama merekam dan mencatat transaksi secara sistematis dan kronologis. Rekaman laporan tersebut nantinya akan melewati beberapa proses sampai akhirnya dapat memberikan gambaran terkait keuntungan dan kerugian perusahaan dalam satu periode.

Menjadi Pelindung bagi Properti dan Aset

Fungsi ketiganya adalah melindungi properti dan aset, yaitu melalui fungsi perhitungan aset dan properti yang dilakukan dalam proses akuntansi.

Melakukan Analisis dan Penafsiran

Fungsi keempat adalah melakukan analisisdan menafsirkan data keuangan suatu perusahaan. Awalnya direkam, lalu dicatat, untuk selanjutnya dianalisis dan ditafsirkan informasinya. Hasilnya akan dijadikan bahan pertimbangan perushaan di berbagai hal.

Jenis-jenis Akuntansi

Pada praktiknya, ada beberapa jenis akuntansi yang perlu kita kethaui. Masing-masing dari jenis tidak hanya berbeda pada pengertian, tapi juga fungsi dan cara pembuatan. Kita akan bahas berikut ini.

Akuntansi Keuangan

Jenis pertama adalah akuntansi keuangan atau disebut juga dengan general accounting. Jenis ini adalah jenis yang paling banyak dikenal masyarakat. Pada praktinya akuntansi keuangan berisi berbagai catatan dan penyajian laporan keuangan dalam satu periode.

Nantinya akuntansi keuangan akan menghasilkan informasi yang berguna bagi pihak-pihak yang berkepentingan di perusahaanmu. Ada standar khusus yang harus dipahami dan disepakati antar berbagai pihak di perushaan untuk membuat akuntansi keuangan ini.

Akuntansi Perbankan

Kedua, adalah akuntansi perbankan, yang berisi laporan perbankan. Namun terkait catatan keuangan atau transaksi perusahaan sebagai maksud dari akuntansi tetap sama. Hanya yang dicatat spesifik terkait perbankan.

Aplikasi yang digunakan untuk membuatnya adalah aplikasi-aplikasi terkait perbankan. Dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada pihak-pihak yang memiliki kepentingan. Namun, laporan yang disajikan tidak sekadar laporan keuangan, melainkan juga transaksi yang terjadi di bank.

Akuntansi Biaya

Jenis yang ketiga ini, disebut juga dengan cost accounting. Akuntansi biaya merupakan jenis akuntansi yang mencatat segala hal terkait biaya, atau segala hal terkait pembiayaan perusahaan. Fungsinya adalah untuk membuat perencanaan biaya pada operasional perusahaan, pengendalian biaya, hingga penentuan harga suatu barang atau jasa yang akan dijual.

Akuntansi Audit

Pada jenis keempat, kamupasti bisa mengira-ngira apa itu akuntansi audit. Ya, tidak jauh berbeda dengan yang lain, dan sesuai dengan namany, akuntansi ini bertugas melakukan audit. Dengan kata lain, akuntansi ini adalah akuntansi terkait pemeriksaan laporan masuk dan keluar keuangan.

Biasanya, yang melakukan akuntansi audit adalah pihakindependen, agar hasilnya seimbang atau tidak berat sebelah. Pemeriksaan atau proses auditing dilakukan dengan proses yang kritis, sistematis dan teliti.

Akuntansi Manajemen

Kelima, adalah akuntansi manajemen. Akuntansi ini meliputi kegiatan manajemen perusahaan. Dalam akuntansi ini, akan ada dua jenis informasi yang dihasilkan. Pertama informasi kuantitatif, berupa laporan keuangan, kedua adalah informasi kualitatif berupa laporan non-keuangan. Hal yang cukup membedakan dan menjadi ciri khas, akuntansi manajemen menghasilkan informasi yang bersifat rahasia dan tidak dapat diakses publik.

Akuntansi Pajak

Akuntansi ini tentu adalah akuntansi mengenai pencatatan pajak. Fungsinya adalah untuk menghitung dan menetapkan jumlah pajak yang ditanggung perusahaan. Laporan ini juga mencatat laporan keuangan, hanya saja terkait perhitungan pajak dan pendapatan kena pajak.

Setelah memahami berbagai hal terkait akuntansi, sebagai dasar bagi kamu untuk mengurus keuangan perusahaan, selanjutnya kamu bisa coba untuk mulai mempraktikannya. Tentukan periode akuntansimu, siapkan hal-hal yang kamu perlukan, dan mulai proses akuntansi. Dengan begitu, diharap keuangan perusahaanmu akan lebih baik.

jojo-expense

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Jojo Expense dari Jojonomic untuk membantumu mengelola keuangan. Urusan terkait pengajuan dana atau penggantian dana, bisa lebih mudah dan lebih efisien kamu lakukan. Selamat mencoba!