Perbedaan UMP Dengan Upah Lainnya di Indonesia

perbedaan UMP

Perbedaan UMP, UMK, UMSP & UMSK tentunya ada sekalipun keempat hal ini juga memiliki persamaan. Berbeda dengan UMR atau Upah Minimum Regional tampaknya istilah-istilah tersebut cukup asing bagi Anda dan bagi kalangan masyarakat awam. Namun sebenarnya istilah-istilah tersebut tentu sudah banyak dikenal oleh para profesional dan para pegawai yang bekerja di suatu perusahaan. Terlebih lagi oleh Anda sekalian yang bekerja dan berprofesi di bidang ketenagakerjaan. Termasuk pula bila Anda bekerja di bidang keuangan atau payroll atau hal yang berkaitan dengan finansial maupun ekonomi tentu pernah mendengar keempat istilah tersebut.

Secara sekilas istilah-istilah tersebut memiliki pemahaman yang sama dan berkaitan dengan upah minimum atau batas terendah dari pemberian upah kepada tenaga kerja. Namun walaupun keempat istilah tersebut sama-sama merupakan bagian dari hal yang berhubungan dengan upah atau penghasilan tentunya keempat istilah tersebut memiliki pengertiannya masing-masing. Maka tidak ada salahnya bila Anda mau mengetahui dan mengenal keempat istilah tersebut secara lebih dekat sehingga Anda bisa mengerti dengan benar perbedaan masing-masing istilah tersebut secara lebih rinci.

Perbedaan UMP

UMP merupakan singkatan dari Upah Minimum Provinsi. Dari kepanjangannya saja maka sudah bsia diketahui dengan jelas bahwa dalam hal ini upah minimum berlaku untuk seluruh kabupaten atau kota di dalam satu provinsi. UMP ini ditetapkan oleh kepala daerah provinsi atau gubernur dengan memperhatikan adanya rekomendasi dari Dewan Pengupahan Provinsi.

Penetapan UMP

UMP yang ditetapkan oleh gubernur ini dilakukan dengan melalui proses yang cukup panjang. Proses penetapannya setidaknya melibatkan survey kepada masyarakat untuk menentukan angka KHL atau Kebutuhan Hidup Layak oleh DPD. Besar UMP bisa dinaikkan bila berkaitan dengan adanya tuntutan atau demonstrasi dari para buruh secara besar-besaran seperti yang pernah terjadi di Indonesia pada tahun 2012.

Sanksi Bagi Pelanggar

Pelanggar yang dimaksud disini adalah pengusaha yang tidak membayarkan upah karyawan sesuai dengan ketentuan UMP. Maka pengusaha tersebut akan dinyatakan sebagai pelaku kejahatan dan bisa mendapatkan ancaman sanksi berupa penjara dan juga denda. Pengusaha yang melanggar UMP berarti telah melanggar UU No. 13 Tahun 2003 yang mengatur kebijakan tentang UMP.

Tentang UMK

Berbeda dengan UMP yang melingkupi sektor provinsi maka UMK memiliki ruang lingkup yang lebih kecil. UMK atau Upah Minimum Kota/Kabupaten merupakan upah minimum yang berlaku di daerah kabupaten atau kota. Penetapan UMK ini juga dilakukan oleh gubernur namun UMK haruslah lebih besar daripada UMP.

Standar UMK di Indonesia

Nilai UMK lebih tinggi dari UMP dan besarnya UMK ditetapkan di setiap tahun. Sebab hal ini berhubungan dengan perubahan ekonomi yang bisa saja terjadi di tiap kabupaten atau kota. Di Indonesia ini rentang UMK yang cukup jauh adalah di Provinsi Jawa Timur dan Jawa Barat. Namun bagaimanapun juga KHL di tiap kabupaten atau kota bisa berbeda sehingga besar UMK juga berbeda pula.

Pentingnya UMK Bagi Pengusaha

Para pengusaha perlu mengetahui standar UMK yang berlaku di kabupaten atau kota tempat perusahaan berada. Sebab pengusaha sudah seharusnya tidak memberikan upah pada karyawan di bawah UMK. Oleh karena itu pengusaha sudah seharusnya mencari tahu besar UMK di setiap tahun.

Serba Serbi UMSP

UMSP atau Upah Minimum Sektoral Provinsi merupakan upah minimum yang berlaku untuk sektor tertentu di dalam wilayah satu provinsi. UMSP ini juga ditetapkan oleh kepala daerah tingkat I atau tingkat provinsi yaitu gubernur. Maka UMSP ini sah diberlakukan setelah ditetapkan oleh gubernur di provinsi yang bersangkutan.

Penetapan UMSP

Pada dasarnya penetapan UMSP memiliki prinsip yang sama dengan UMP atau UMK dan lainnya. Proses penetapannya diawali dengan adanya pelaksanaan kajian mengenai sektor unggulan berdasarkan pada beberapa variabel. Mengenai sektor unggulan akan ditetapkan oleh dewan pengupahan provinsi atau kabupaten atau kota apakah sektor unggulan ini ada ataukah tidak ada. Sebab sektor unggulan ini nantinya akan berpengaruh pada UMSP.

Ketentuan Besaran UMSP

UMSP yang ditetapkan oleh gubernur tentunya diputuskan dengan beberapa pertimbangan. Misalnya dengan melakukan survey pada sektor unggulan yang ada di suatu provinsi. Sebenarnya proses penentuan UMSP hampir sama dengan UMP yaitu didahului dengan adanya survey KHL. barulah kemudia bisa ditetapkan berapa besar UMSP yang akan diberlakukan.

Informasi UMSK

UMSK yang merupakan singkatan dari Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota. UMSK ini memiliki pengertian sebagai upah minimum yang berlaku secara sektoral di wilayah kota atau kabupaten. Jadi sebenarnya UMSK tidak jauh beda dengan ketiga istilah sebelumnya yaitu UMP dan UMK serta UMSP. Sebab UMSK ini berkaitan pula dengan standar minimum upah karyawan yang berlaku di suatu wilayah.

Penetapan UMSK

Penetapan UMSK dilakukan oleh gubernur. Penetapan ini juga dilakukan dengan langkah awal berupa survey. Upah minimum yang berlaku secara sektoral di wilayah kota atau kabupaten. Upah minimum ini ditentukan dengan langkah awal berupa survey terhadap sektor unggulan. Kemudian pengusaha dan serikat buruh akan mengajukan kesepakatannya agar bisa segera ditetapkan oleh pemerintah daerah.

Perbedaan UMSK Dengan UMSP

UMSK memang memiliki sistem yang sama dengan UMSP. Maksudnya disini adalah baik UMSK maupun UMSP sama-sama merupakan upah minimum yang diberlakukan di suatu wilayah. Namun UMSK ini berlaku di wilayah kabupaten atau kota saja sedangkan [UMSP berlaku untuk seluruh kabupaten atau kota di suatu provinsi.

Penggunaan Dalam Perbedaan UMP, UMK, UMSP & UMSK

Baik UMP dan UMK maupun UMSP serta UMSK memiliki pengertian yang masing-masing berbeda seperti yang telah sedikit dijelaskan di atas. Maka tentunya penempatan dan penggunaan istilah-istilah tersebut juga tentu berbeda. Untuk penggunaan UMP dan UMSP yaitu dalam ruang lingkup provinsi. Sedangkan UMK dan UMSK mengacu pada sektor kabupaten atau kotamadya. Seluruh istilah ini tentunya perlu dipahami secara lebih detail oleh sebuah perusahaan yang mempekerjakan karyawan. Terlebih lagi jika perusahaan mempekerjakan karyawan dalam jumlah yang sangat banyak. Sebab hal ini pada dasarnya berhubungan erat dengan kesejahteraan hidup para karyawan.

Tentunya penjelasan perbedaan UMP di atas menjelaskan pula pentingnya pengaturan upah yang optimal. Sama halnya dengan payroll perusahaan yang sebaiknya menggunakan produk yang tepat. Misalnya dengan memutuskan untuk beralih ke JojoPayroll. Sebagai salah satu produk andalan yang cukup membantu, produk ini dapat membuat pembayaran payroll berjalan lebih efektif dan efisien. Hal ini karena fitur menarik pada JojoPayroll seperti slip gaji digital, perhitungan gaji prorate otomatis, database komprehensif, dan masih banyak lagi.

Nah, jadi jangan ragu untuk beralih pada JojoPayroll. Dapatkan coba gratis selama 14 hari untuk perusahaan Anda. Buktikan sendiri sistem payroll yang lebih efektif di perusahaan Anda. Selamat mencobanya.