Positive Self-Talk Yang Memberikan Berbagai Macam Manfaat

positive self-talk

Positive self-talk mungkin belum dipahami artinya oleh kebanyakan orang. Padahal hal atau peristiwa ini seringkali dilakukan oleh kita semua. Jika dilihat dari kata-katanya maka istilah positive self-talk sebenarnya bisa dimaknai sesuai dengan per kata yang menyusunnya. Jadi istilah tersebut bisa dimaknai sebagai suatu kegiatan berdialog dengan diri sendiri yang cenderung menggunakan berbagai kalimat bersifat positif.

Tentu Anda sekalian pernah melakukan hal ini misalnya dengan maksud untuk menenangkan diri. Atau mungkin Anda melakukannya untuk menyemangati sendiri. Bagaimanapun bentuknya tentunya setiap kalimat positif yang diucapkan dapat memberikan pengaruh positif. Baik terhadap pikiran maupun perasaan dan juga perilaku orang yang mengucapkannya. Maka tak bisa dipungkiri bahwa kalimat positif yang diucapkan oleh Anda akan membaut Anda menjadi berpikir dan bertindak secara positif dan tepat.

Manfaat Positive Self-Talk

Memiliki sudut pandang positif

Tampaknya dalam kehidupan ini lebih banyak orang yang mudah mengatakan atau melontarkan kalimat negatif dibandingkan dengan kalimat positif. Padahal sebenarnya kalimat negatif sangatlah tidak berguna. Bahkan kalimat negatif secara lambat laun bsia merusak diri Anda sendiri. Maka jika Anda merasa bahwa selama ini lebih banyak melontarkan kalimat negatif sebaiknya Anda mulai berubah sikap. Berikanlah perkataan yang baik dan bersifat positif pada diri Anda.

Hal ini tentu akan membantu Anda untuk bisa memiliki sudut pandang yang bersifat positif. Maka Anda juga akan lebih mudah dalam mengambil hikmah positif dari segala macam peristiwa yang terjadi. Hingga Anda bisa terus kuat dan bertahan dalam menghadapi segala hal sulit yang mungkin terjadi.

Memperkuat mental

Adanya positive self-talk juga dapat memberikan manfaat lainnya dalam hidup Anda yaitu memperkuat mental Anda. Jika ditelusuri secara lebih lanjut maka Anda akan melihat bahwa orang yang lebih suka melontarkan kalimat bernada positif akan memiliki mental yang lebih kuat. Maka orang yang bermental kuat seperti ini bsia terhindari dari segala bentuk ketakutan yang meliputi rasa khawatir dan cemas seerta stres ataupun depresi.

Dengan mental yang kuat maka Anda bisa memiliki pola pikir yang lebih jernih. Hingga segala kesulitan yang terjadi tentu bisa Anda atasi dengan lebih baik. Tentu Anda tidak akan mudah putus asa dan tidak akan mudah terpuruk dalam berbagai macam keadaan yang ada.

Memperbaiki performa

Kalimat negatif juga dapat memberikan manfaat lain pada diri Anda yaitu meningkatkan performa. Artinya performa Anda bisa semakin diperbaiki sehingga Anda slelau menampilkan performa yang terbaik. Kalimat positif memang memiliki pengaruh yang cukup besar pada performa seseorang. Tentunya Anda yang memiliki performa lebih baik dapat melakukan segala aktivitas atau kegiatan dengan lebih baik.

Setiap hal dapat dikerjakan dengan tepat sehingga hasilnya akan lebih memuaskan. Bila melakukan kegagalan pun tentu Anda akan tetap mengucapkan kalimat positif sehingga rasa tenang akan timbul dalam diri Anda. Tidak hanya ketenangan tetapi juga kepercayaan diri Anda akan semakin meningkat.

Meningkatkan kualitas

Jika Anda bisa membiasakan diri Anda untuk mengucapkan berbagai kalimat positif maka kualitas hidup Anda akan meningkat. Kualitas hidup yang semakin meningkat biasanya ditandai dengan adanya perilaku seseorang yang cenderung bersifat positif. Misalnya saja seperti memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan bisa lebih menghargai diri sendiri.

Selain itu karakter seseorang yang bersifat positif cenderung optimis dan memiliki harapan serta berusaha untuk dapat mencapai harapan tersebut. Orang yang memiliki hidup berkualitas juga akan merasakan damai dimana saja orang tersebut berada. Dengan adanya kualitas hidup yang meningkat ini maka Anda akan lebih mudah mencapai apa yang diinginkan. Tujuan hidup juga jadi lebih mudah tercapai.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Menjaga kesehatan tubuh

Kesehatan fisik atau tubuh juga dapat terjaga selalu dengan adanya kalimat positif yang bisa Anda ucapkan. Sebab pada dasarnya kebiasaan untuk berpikir dan bertindak secara positif bisa membuat kondisi fisik Anda selalu dalam keadaan fit. Tubuh Anda bahkan bisa saja selalu terlihat tampak bugar karena adanya perkataan positif yang mempengaruhi seluruh aspek kehidupan Anda.

Kondisi fisik yang sehat ini akan membuat Anda selalu terhindar dari segala macam penyakit. Memang pikiran dan perkataan serta perbuatan yang bersifat positif akan membuat daya tahan tubuh Anda menjadi meningkat hingga Anda menjadi lebih kuat dan terhindar dari penyakit apa saja.

Melakukan Positive Self-Talk

Melakukannya secara konsisten

Segala sesuatu yang baru dilakukan tentu saja membutuhkan sebauh konsistensi untuk melakukannya. termasuk pula mengucapkan kalimat yang bersifat positif. Positive self-talk perlu dilakukan secara konsisten agar menjadi sebuah kebiasaan bagi Anda. Jika memang hal ini sudah menjadi kebiasaanbagi diri Anda maka nantinya Anda akan memperoleh berbagai manfaat dari kalimat positif tersebut.

Tinggalkan pemikiran negatif

Jika Anda mengucapkan kalimat positif secara terus-menerus maka segala pikiran negatif akan menghilang dalam diri Anda. Kebiasaan baru Anda yang cenderung selalu mengucapkan kalimat positif akan membuat Anda terhindar dari segala pikiran buruk dan negatif. Maka setiap pikiran negatif mulai muncul segera tinggalkanlah pikiran tersebut dan gantilah dengan pemikiran positif.

Meminta bantuan

Jika Anda menemui kesulitasn dalam menerapkan positive self-talk maka Anda bisa meminta bantuan pada pakar. Anda mungkin bisa memeriksakan diri sehingga Anda akan mendapatkan bantuan untuk bisa membiasakan diri melakukan positive self-talk. Dalam hal ini Anda mungkin bisa meminta bantuan psikolog atau bisa juga Anda mengunjungi psikiater.

Pengaruh Positive Self-Talk

Positive self-talk sebenarnya tanpa disadari sering kita lakukan pada diri kita sendiri. Namun sering pula kalimat yang dilontarkan oleh seseorang apda dirinya bersifat negatif. Perkataan yang bersifat negatif ini tentunya tidaklah baik. Oleh karena itu sudah seharusnya Anda bisa mengubah setiapkalimat yang diucapkan. Sebaiknya berikan dialog positif pada diri sendiri. Maka hal ini akan menumbuhkan semangat dan motivasi baru dalam diri Anda. Tentu Anda akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi di setiap harinya. Sebab positive self-talk bisa membantu membangun pikiran dan perasaan serta tindakan Anda hingga mengarah ke segala sesuatu yang bersifat positif.

Pastinya hal ini seperti saat sedang menentukan sistem keuangan yang paling tepat untuk perusahaan. Sebaiknya gunakan sistem yang telah terbukti seperti misalnya JojoExpense. Produk ini dapat membantu efisiensi keuangan perusahaan secara optimal. Selain itu mencatat seluruh pemasukan serta pengeluaran secara optimal tanpa resiko kecurangan sedikitpun.

Tentunya semua berkat fitur-fitur yang dimiliki oleh JojoExpense, misalnya yaitu fitur berikut ini.

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan perusahaan Anda! Nikmati coba gratis JojoExpense selama 14 hari untuk membuktikan sendiri seluruh manfaat yang telah disebutkan di atas.