Respect Kerja : Definisi, Manfaat, dan Tips Penerapannya

respect kerja

Pernahkah Anda melihat senior, setiap kali dia melewati atau memasuki ruangan, dia langsung menarik perhatian semua orang yang ada di sudut ruangan? Ya, rasa respect kerja yang ditunjukkan pada mereka. Sikap ini terutama untuk atasan atau eksekutif senior yang telah memberikan kontribusi jangka panjang kepada perusahaan.

Faktanya, Anda tahu bahwa setiap orang di kantor memang harus dihormati. Anda tidak perlu menunggu hal tersebut selama bertahun-tahun. Jika Anda mengikuti beberapa tip berikut, perlahan-lahan Anda bisa mendapatkan rasa hormat dari rekan kerja Anda. Langsung saja simak tipsnya di bawah ini!

Definisi Respect Kerja

respect kerja

Ada pepatah yang mengatakan: “Jika ingin dihargai oleh orang lain, kamu harus menghargai diri sendiri terlebih dahulu.” Sebagai masyarakat, manusia harus menghargai dirinya sendiri, orang lain, lingkungan kerja dan sekitarnya. Rasa hormat adalah sikap yang membuat kita setara dengan orang lain.

Ketika kita berbicara tentang lingkungan kerja, seringkali kita lupa untuk menumbuhkan rasa hormat (respek) kepada rekan kerja, terutama kepada bawahan, sehingga tim menjadi kurang kompak, fitnah dan banyak konsekuensi negatif lainnya. Semua hal ini terjadi karena kurangnya rasa hormat terhadap diri sendiri.

Dari mana datangnya rasa hormat? Akankah itu muncul tiba-tiba? Jawabannya pasti tidak! ! Rasa hormat dapat dihasilkan dalam diri seseorang karena harus melalui proses. Seorang anak yang tumbuh dalam lingkungan yang penuh hormat (respek) kemungkinan besar akan mengembangkan rasa hormat (respek) terhadap perusahaan saat bekerja. Apa artinya? Keluarga adalah yang pertama memutuskan pengembangan rasa hormat (respek).

  • Trusting (percaya kepada pilihan orang lain): biarkan rekan kerja kita memilih dan bertanggungjawab atas pilihannya.
  • Fair (adil): Dengarkan cerita dari semua sisi sebelum kita menarik kesimpulan.
  • Polite (sopan): Selalu gunakan kata Tolong dan Terima kasih.
  • Reliable (dapat diandalkan): Penuhi janji, tunjukan anda benar menganggap janji tersebut penting.
  • Good Listener (pendengar yang baik): Berikan perhatian penuh saat rekan kerja memerlukan bantuan kita.

Manfaat Respect Kerja

respect kerja

Terlepas dari posisi Anda di perusahaan, di mana pun Anda bekerja, Anda harus menghormati orang lain untuk menjaga hubungan yang baik. Jika kita menjaga hubungan baik di tempat kerja, apa manfaatnya? Keunggulan utamanya adalah suasana kerja pasti nyaman, bila dirasa nyaman pasti akan mempengaruhi efisiensi kerja.

Kantor sebaiknya menjadi rumah kedua Anda, sehingga saat suasana nyaman, Anda akan merasa “betah” di kantor. Anda menghabiskan lebih banyak waktu di kantor daripada di rumah, jadi bayangkan jika Anda tidak berada di rumah? Anda tidak akan merasa bahwa bekerja di kantor hanyalah sekedar “menghitung uang”.

Keuntungan berikutnya adalah jika Anda menemukan bahwa Anda tidak “menghitung uang” di kantor, Anda mungkin mendapatkan promosi karena promosi pekerjaan, atau mendapatkan kontak dengan teman atau lebih banyak klien.

Anda harus bisa lebih mempertimbangkan keuntungan dari mendapatkan promosi. Anda bisa mendapatkan penghasilan lebih besar dan jalur karier yang lebih baik. Semua ini bisa dimulai sesederhana menunjukkan rasa hormat. Lantas, bagaimana jika rekan kerja atau lingkungan kerja Anda tidak mendukung Anda, tetapi suasana kerja sangat negatif?

Menghadapi masalah ini, Anda memiliki dua pilihan: melawan atau melarikan diri. Perjuangan berarti Anda dapat secara konsisten menjadi agen perubahan kantor di mana pun Anda berada. Terbang berarti jika Anda merasa telah melakukan segalanya dan lingkungan kerja masih negatif, Anda dapat memilih untuk berhenti dari pekerjaan Anda dan bekerja di tempat lain.

Tips Melaksanakan Sikap Respect Kerja

respect kerja

Tapi apa sebenarnya sikap hormat dan hormat? Apalagi, bagaimana cara menunjukkan rasa saling menghormati di lingkungan kerja? Ini adalah beberapa teknik yang bisa kita hormati satu sama lain. Tips untuk saling menghormati di kantor:

  1. Perlakukan orang dengan sopan, sopan dan baik hati. Sebagai warga negara Asia dengan etiket pertama. Memperlakukan orang lain dengan sopan dan baik hati adalah sikap yang sangat terpuji. Tidak hanya itu, jika kita diperlakukan dengan sopan oleh orang lain, itu menunjukkan bahwa orang tersebut menghormati dan menghormati kita.
  2. Mendorong rekan kerja untuk mengungkapkan pendapat dan ide. Ketika seseorang mendorong kita untuk mengungkapkan pendapat kita dengan bebas atau memberikan pendapat tentang hal-hal tertentu. Tentunya dengan sendirinya kita akan merasa bahwa orang ini menghargai semua pandangan dan gagasan yang kita miliki.
  3. Berusaha keras untuk menjadi pendengar yang baik. Di lingkungan mana pun, terutama di lingkungan kerja, Anda harus memiliki kemampuan untuk menjadi pendengar yang baik. Sebelum mengungkapkan pendapat kita, kita perlu mendengarkan apa yang dikatakan orang lain. Belajarlah untuk mendengarkan dan memahami, bukan hanya menanggapi.
  4. Gunakan ide-ide bagus dari rekan kerja dan berikan pujian atas nama mereka. Jika pembaca Anda memiliki beberapa rekan yang tertutup atau pemalu, mereka akan merasa tidak aman untuk menunjukkan kecerdasan mereka. Namun, pembaca lain harus tahu bahwa gagasan mereka mudah diimplementasikan. Sekarang, satu cara untuk menghargai dan menghormati mereka adalah dengan menggunakan ide-ide hebat mereka dan memuji mereka atas nama mereka. Mereka akan senang karena seseorang menghargai idenya.
  5. Jangan menghina, menekan orang lain, atau meremehkan ide mereka. Untuk menciptakan lingkungan kerja yang saling menghormati, kita perlu menghindari menyebut nama orang lain, meremehkan nama orang lain, atau bahkan melepaskan ide mereka. Percayalah, mengepung seseorang bukanlah ide yang bagus. Tidak ada yang mau diperlakukan seperti ini.

Kesimpulan

respek

Banyak orang tidak bisa menerima masukan dari orang lain. Agar bisa dihormati dan dihormati oleh orang lain, mohon untuk selalu menerima, mempertimbangkan dan memahami berbagai masukan yang dapat mempengaruhi perkembangan karir Anda. Tentu saja orang lain akan menghormati Anda karena Anda menghargai pendapat mereka dan menjadi orang bijak karena mereka bisa dan mau menerima pendapat orang lain.

Oleh karena itu, inilah beberapa teknik sederhana untuk memenangkan rasa hormat dari rekan kerja. Anda tidak hanya dapat dengan mudah sekedar mengenal orang lain, tapi Anda bisa memulainya sekarang dan menerapkannya. Untuk itu, Bagi perusahaan penting adanya menyediakan pengawasan yang interaktif dan secara otomatis terdata ke dalam sistem perusahaan melalui software JojoTimes.

Pantau kehadiran karyawan kapan pun dan di mana pun. JojoTimes memungkinkan karyawan Anda masuk dan keluar di mana saja. Dilengkapi dengan pengenalan wajah biometrik, penentuan posisi GPS yang akurat, dan deteksi identitas palsu, Anda tidak perlu khawatir tentang penipuan dan kebohongan.

Saat bekerja dari jarak jauh, karyawan Anda mungkin diminta untuk melaporkan aktivitas mereka. Dengan cara ini, Anda selalu dapat memastikan bahwa karyawan Anda benar-benar menggunakan jam kerja mereka sebagaimana mestinya.

Anda juga dapat mengatur dan menyusun rencana kerja dan shift karyawan sesuai dengan kebutuhan masing-masing departemen untuk mengoptimalkan sinkronisasi antara pemberi kerja dan karyawan. Tertarik? Segera daftarkan perusahaan anda dan nikmati uji coba JojoTimes sekarang!